Kelemahan Grand Livina dan Kelebihannya, Wajib Disimak bagi Pengguna Baru

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan mobilitas masyarakat saat ini cukup tinggi. Tak heran banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari alat transportasi pribadi. Salah satunya adalah mobil. Alasannya, kendaraan roda empat itu mampu menampung lebih banyak orang, jadi cocok digunakan sebagai alat transportasi keluarga.

Salah satu mobil yang diminati sebagian keluarga di Indonesia adalah Nissan Grand Livina. Mobil dengan muka multi purpose vechile (MVP) atau multi fungsi yang dapat digunakan sebagai pengangkut penumpang sekaligus kendaraan pembawa barang ini merupakan andalan dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

2 dari 6 halaman

Mobil Pilihan Keluarga Indonesia

Banyak yang mengakui kalau mobil ini cukup nyaman dan irit jika dibanding MPV sekelasnya, hal ini membuat Grand Livina sampai saat ini masih mampu bersaing dengan kompetitornya

Mobil keluarga ini pertama kali meluncur pada tahun 2006, dan telah mendapatkan tempat tersendiri bagi keluarga. Buat kamu yang mencari mobil dengan harga terjangkau namun memiliki bagus, Grand Livina bisa menjadi pilihannya.

Namun meskipun mobil ini telah bertahan cukup lama di Indonesia, mobil keluarga satu ini memiliki kekurangan. Jika kamu berminat untuk membeli mobil satu ini, kamu perlu tahu kelemahan Grand Livina dan Kelebihannya, agar tak salah untuk memilihnya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019) berikut ini kelemahan Grand Livina dan kelebihannya sebagai mobil keluarga.

3 dari 6 halaman

Kelemahan Grand Livina

1. Ground Clearance Rendah

Kelemahan Grand Livina yang pertama ialah ground clearance yang masih rendah. Hal inilah yang kurang menguntungkan menggunakan mobil keluarga satu ini. Mobil ini terbilang rendah dan kurang baik dipakai untuk jalanan yang terlau banyak lubang ataupun polisi tidur dengan tinggi yang bervariasi. Apalagi saat muatan yang ada pada mobil ini terlalu berat atau membawa banyak barang, maka ground clearance akan semakin rendah. Mobil dengan MPV ini memiliki ukuran hanya 175 mm, tentu saja ini terlalu rendah untuk mobil dengan muka MPV.

2. Peredam Kabin Masih kurang

Kelemahan Grand Livina lainnya ialah peredam kabin yang dirasa masih kurang. Hal ini mengakibatkan suara-suara yang berasal dari arah luar dapat terdengar. Tentu saja hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

3. Bangku pada baris ke tiga cukup sempit

Selanjutnya kelemahan Grand Livina terletak pada bangku baris ketiga yang cukup sempit. Namun demikian hal ini dirasa cukup relatif. Baris ketiga ini juga bisa diakali sebagai perluasan bagasi Grand Livina.

4 dari 6 halaman

Fitur Pengaman Kurang

4. Tidak dilengkapi kunci immobilizer

Mobil Grand Livina ini tidak dilengkapi dengan kunci immobilizer. Sehingga jika tanpa kunci aslinya, mobil ini dapat dengan mudah dibawa kabur oleh pencuri. Karena fitur ini dirasa cukup penting dalam sebuah mobil, maka hal ini termasuk dalam kelemahan Grand Livina.

5. Kapasitas mesin kurang besar

Kelemahan Grand Livina yang lain ialah kapasitas mesih yang kurang besar. Meskipun kapasitas yang disediakan pada mesin mobil Grand Livina 1.5 L, akan tetapi mobil dengan body lebih besar tentunya membutuhkan tenaga yang lebih. Namun kapasitas 1.5 L tersebut memang telah standar bagi ukuran mobil dengan bentuk MPV di Indonesia.

6. Tidak ada varian Diesel

Selain itu kelemahan Grand Livina lainnya ialah tidak adanya variasi mesin diesel yang di sediakan seperti mobil lainnya. Sehingga bahan bakar yang harus digunakan tidak bisa memakai ssesuka pengendara.

5 dari 6 halaman

Kelebihan Grand Livina

Namun diluar kelemahan Grand Livina, tentunya terdapat kelebihan yang dapat menguntungkan penggunanya. Berikut ini kelebihan Grand Livina:

1. Lapisan body tebal

Kelebihan dari Grand Livina bisa dilihat dari struktur desain dan dimensi yang terdapat pada mobil tersebut. Memiliki bobot mencapai 1250kg dengan bahan material yang tebal membuat body Grand Livina ini terlihat lebih kokoh. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Grand Livina yang menjadi daya Tarik.

2. Eksterior yang modern dengan Interior yang Elegan

Desain eksterior dari Grand Livina ini terlihat modern namun tetap menampilkan sisi sporty. Pada bagian headlamp juga dipasang dengan desain terbaru, hingga menghasilkan cahaya yang cukup terang. Selain pada headlamp yang dipasang dengan desain baru, bagian belakang lampu juga tak kalah apik. Desain yang terdapat pada bagian belakang lampu juga terlihat modern dengan tambahan high mount lamp yang diletakkan pada belakang atas.

Selain eksterior yang menawan, kelebihan dari Grand Livina ini terletak pada interior yang elegan. Kabin pada Grand Livina ini disajikan dengan konsep mewah nan elegan. Kabin ini tentunya akan memberi kenyamanan bagi pengendaranya.

6 dari 6 halaman

Irit Bahan Bakar

3. Kelengkapan fitur

Selain interior yang elegan, Grand Livina juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung yang canggih. Seperti Display Wide 6 inch touch screen, USB/ iPhone/Ipod connectivity. Ditambah dengan fitur dual SRS airbag pada bagian depan penumpang dan pengemudi. Selain itu dalam Grand Livina juga telah terpasang sensor parkir dan kamera belakang, sehingga penggemudi akan lebih mudah untuk memarkirkan kendaraan.

4. Kualitas Handling

Kelebihan lainnya ialah pada kualitas handling yang dimiliki oleh Grand LIvina. Grand Livina memiliki kualitas handling yang nyaman dan mudah untuk dikendalikan. Selain kualitas handling bang baik, suspense yang berkualitas terutama pada kualitas banting yang cukup empuk menambah nilai lebih pada mobil keluarga satu ini.

5. Bahan Bakar Irit

Bagian terpenting yang manjadi incaran para pencari mobil ialah tingkat keiritan bahan bakar. Grand Livina memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang cukup bagus dengan performa yang baik. Mobil keluarga ini mampu menempuh jarak 9 hingga 12 km dalam kota dengan menggunakan BBM 1 liter.

Meskipun Grand Livina memiliki kelemahan dan kelebihannya, akan tetapi mobil ini tetap menjadi salah satu pilihan terbaik bagi sesorang yang mencari mobil dengan muka MPV.


Reporter: Novita Ayuningtyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *