Soal Integritas Jokowi, TKN Contohkan Usaha Gibran dan Kaesang

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily meragukan komitmen pemberantasan korupsi pasangan calon presiden 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Berbeda dengan kubu 02, pasangan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin mencantumkan agenda pemberantasan korupsi dalam visi misi.

Visi misi itu mencakup konsisten, komprehensif, sistimatis dan tajam menyentuh episentrum perubahan dalam pemberantasan korupsi.

“Ini kontras dengan visi misi Prabowo-Sandi yang bicara tentang pemberantasan korupsi tidak memiliki rujukan dalam visi dan misinya yang diserahkan ke KPU,” ujar Ace dalam keterangan pers, Selasa (15/1/2019).

Ace menegaskan, kunci pemberantasan korupsi terlihat dari integritas dan rekam si pemimpin. Jokowi, kata dia, tak mempunyai beban kepentingan bisnis keluarga. Dia mencontohkan anak Jokowi, Gibran Raka Buming Raka dan Kaesang Pangaret yang sibuk jualan martabak dan pisang goreng.

“Sebaliknya sulit membayangkan akan tidak ada konflik kepentingan terkait bisnis keluarga Prabowo dan juga Sandi,” katanya.

2 dari 3 halaman

Janji Palsu

Menurutnya, kalau memiliki beban konflik kepentingan dan jalinan kekuatan oligarki. Seperti Prabowo dan trah Cendana di masa lalu. Karena itu Ace menuding komitmen pemberantasan korupsi Prabowo seperti memberikan janji palsu.

“Sebaliknya, kalau rekam jejaknya meragukan dengan sarat beban konflik kepentingan, memiliki jalinan dengan kekuatan oligarki masa lalu dan dikelilingi para pemburu rente, maka itu sama saja menawarkan janji palsu,” kata Ace.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Marak Berita Hoaks untuk Pecah Belah, Mahfud MD Dirikan Gerakan Suluh Kebangsaan

Liputan6.com, Surabaya – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD bersama sejumlah tokoh yaitu Alissa Wahid, Beny Susetyo dan Budi Kuncoro mendirikan Gerakan Suluh Kebangsaan.

Gagasan pendirian Gerakan Suluh Kebangsaan ini pun mendapatkan dukungan dari sejumlah tokoh yaitu Buya Syafii Maarif, KH Mustofa Bisri, Habib Luthfi, Shinta Nuriyah Wahid, Sri Sultan HB X, Franz Magnis Suseno, Garin Nugroho hingga tokoh muda seperti Innayah Wahid, Ari Kriting dan Savic Ali.

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud MD menuturkan, lahirnya gerakan tersebut karena adanya keprihatinan dalam memandang kondisi Indonesia belakangan ini. Menurut Mahfud belakangan ini banyak berita hoaks dan upaya pemecah belah bangsa yang terjadi.

“Polarisasi semakin tajam. Celakanya lagi ini disemarakkan dengan berita hoaks. Berita bohong yang dikapitalisasi sedemikian rupa. Berita hoaks juga diorganisir tampaknya,” tutur Mahfud di Surabaya, Selasa (15/1/2019) malam.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa Gerakan Suluh Kebangsaan ini berusaha untuk menyebarkan optimisme di Indonesia. Selain itu Mahfud juga menyebut jika gerakan yang dipimpinnya ini berusaha menyebarkan keberagaman di Indonesia.

Anggota Dewan Penasihat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini mengungkapkan, bahwa keberagaman adalah sebuah kekuatan bangsa Indonesia. Mahfud menegaskan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia tidak untuk dipertentangkan.

“Perbedaan harus dirawat. Tidak usah dipertentangkan. Kalau dirawat keberbedaan itu menjadi padu dan saling menguatkan,” ucap Guru Besar UII ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena Nurhadi Aldo

Saat ditanya mengenai fenomena munculnya Calon Presiden (Capres) nomor urut 10, Nurhadi Aldo, sang kreator yang menginginkan adanya kertas kosong pada kontestasi Pilpres, Mahfud menjawab bahwa secara konstitusional itu pasti tidak bisa dan itu hanya guyonan-guyonan saja.

“Tapi saya baca juga di media, karena itu ditafsirkan untuk mengajak orang golput, maka itu tidak boleh. Dan sang kreator sudah meminta maaf,” ujar Mahfud.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harry Kane Akan Absen Sampai Maret

London – Pukulan telak bagi Tottenham Hotspur. Harry Kane dikabarkan akan menepi sampai Maret 2019 akibat cedera pergelangan kaki yang dideritanya.

Kane mengalami kerusakan ligamen pergelangan kaki kiri usai diterjang Phil Jones di menit-menit akhir saat Tottenham dikalahkan Manchester United 0-1, akhir pekan lalu. Bomber Tottenham itu mesti mengenakan boot pelindung dan berjalan memakai kruk ketika menuju klinik untuk menjalani pemindaian.

Dalam sebuah pernyataan Tottenham mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, Kane harus absen tidak sebentar. Kane diperkirakan baru akan comeback pada dua bulan ke depan.


“Setelah pemeriksaan awal, kami bisa memastikan bahwa @HKane (merujuk pada akun Twitter Kane-red), mengalami kerusakan otot ligamen pada pergelangan kaki kirinya, yang dialami pada pertandingan hari Minggu. Dia akan terus dipantau oleh staf medis kami seiring dengan dia memulai proses rehabilitasi dan diprediksi akan kembali berlatih pada awal Maret,” bunyi keterangan yang dikutip Telegraph.

Dengan demikian, penyerang internasional Inggris itu sepertinya akan melewatkan dua leg laga babak 16 besar Liga Champions melawan Borussia Dortmund.

Selain itu, Kane juga tidak akan bisa bermain di pertandingan leg kedua semifinal Piala Liga melawan Chelsea pada 24 Januari. Andai Spurs mampu lolos ke final pun, Kane masih akan absen karena laga akan digelar pada pekan terakhir bulan Februari.

Di Premier League, Kane akan melewatkan sejumlah pertandingan Liga Inggris termasuk melawan Chelsea dan Arsenal.

Spurs layak cemas karena selama ini Kane selalu diandalkan sebagai ujung tombak utama. Di musim ini saja, Kane telah mengemas 20 gol dalam 31 penampilannya di seluruh kompetisi. Tidak hanya itu, kekuatan Spurs akan semakin berkurang karena Son Heung-min juga tengah dipanggil ke timnas Korea Selatan untuk tampil di Piala Asia.

(rin/raw)


Jangan Salah Pilih, Ini Tips Memilih Bluetooth Speaker Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang menjadikan musik sebagai teman setia yang dapat menghibur di manapun dan kapan pun. Musik kerap dibutuhkan untuk menghibur hati yang sedang galau atau menambah kegembiraan suasana saat berpesta dengan teman tersayang.

Karena itu, kini semakin banyak orang yang membutuhkan bluetooth speaker agar bisa mendengarkan musik dengan lebih puas. Terlebih lagi, sekarang semakin banyak orang mendengarkan musik dari aplikasi streaming. Apakah Anda juga suka mendengarkan musik dari aplikasi streaming dan sedang mencari bluetooth speaker?

Kalau iya, ada beberapa panduan untuk memilih bluetooth speaker yang bagus nih agar tak salah pilih. Simak, yuk!

Kompatibilitas

Sebelum membeli bluetooth speaker, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah speaker-nya kompatibel dengan gadget yang Anda miliki atau tidak. Biasanya, speaker hadir dengan versi Bluetooth tertentu. Jika versi bluetooth-nya tidak sesuai dengan gadget Anda, maka kemungkinan besar speaker tak bisa terkoneksi. Sebaiknya, sebelum membeli tes kompatibilitasnya terlebih dahulu dengan mengoneksikannya ke gadget Anda.

Kualitas suara

Ini merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan saat membeli bluetooth speaker. Tentu Anda ingin suara dari speaker terdengar lebih kuat dan jernih daripada gadget, kan? Karena itu, pastikan speaker yang Anda pilih memiliki kualitas suara yang bersih, jelas, dan bisa mengeluarkan suara keras tanpa terdengar pecah. Speaker yang bagus juga mampu meningkatkan daya intensitas pada suara bass dan treble sehingga terdengar lebih keras dan kuat. Jangan ragu untuk mengetes kualitas suara speaker dengan memasang musik bervolume kencang sebelum membelinya.

Fitur lengkap

Faktor lain yang membedakan speaker terbaik dengan speaker lain adalah fitur yang melengkapinya. Semakin lengkap fitur yang dimiliki oleh speaker tersebut, kian banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Karena itu, sebaiknya pilih bluetooth speaker yang sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Salah satu bluetooth speaker yang memiliki fitur cukup lengkap adalah Polytron Bluetooth Multimedia Speaker PMA Series. Speaker PMA Series menyediakan USB Input untuk memasang lagu dari flashdisk dan SD Card Input untuk memory card. Tentunya speaker dilengkapi pula dengan koneksi bluetooth V2.1 A2DP yang dapat diaktifkan secara mudah lewat remote control atau aplikasi Polytron Audio Connect yang bisa diunduh lewat PlayStore.

Aplikasi tersebut memudahkan Anda dan teman-teman untuk mengoperasikan speaker dari jarak jauh tanpa harus membawa remote control. Lewat aplikasi, Anda bisa ON/OFF speaker, mengontrol bass dan treble, serta menyalakan bazzoke.

Anda juga bisa mendengarkan lagu dari stasiun radio kesayangan lho dengan speaker PMA Series. Hal ini berkat dukungan fitur Digital FM Radio yang mampu menyimpan atau memprogram stasiun radio kesayangan dalam 40 memori stasiun radio.

Keunggulan lain yang tersedia di speaker Polytron PMA Series ialah Anda bisa memasang lampu warna-warni di speaker PMA. Fitur Ambience Lights yang memiliki tujuh pilihan warna, yaitu merah, biru, ungu, cyan, hijau, kuning, dan putih. Anda dapat memilih salah satunya atau menyalakannya secara bergantian untuk menambah kemeriahan pesta.

Speaker PMA Series telah dilengkapi pula dengan dua mic input untuk memudahkan Anda berkaraoke ria bersama teman-teman saat berpesta. Level suara mic dan echo-nya dapat Anda sendiri lewat fitur MIC & Echo Control.

Guna memberikan kualitas suara terbaik, speaker tersebut juga memiliki fitur Bass & Treble Control. Anda dapat memanfaatkan fasilitas Bass & Treble Control untuk menyesuaikan sendiri suara bass dan treble hingga selaras dengan lagu yang sedang didengarkan. Ditambah fitur Bazzoke yang mampu menambah kekuatan dari nada rendah.

Adapun beberapa fitur lainnya ialah AUX Input, LINE Input, tombol Next dan Previous, Voice Prompt, LED Display, dan remote control.

Apabila Anda tertarik, ada beberapa tipe speaker PMA Series yang bisa dipilih. Jika ingin memiliki bluetooth speaker dengan ukuran tak terlalu besar tapi memiliki suara fantastis, maka Anda bisa memilih PMA 9300 Gold atau Silver. Daya audio-nya mencapai 30 Wrms dan THD 10 persen.

Selanjutnya, ada PMA 9503 yang hadir dengan warna Gold. Suaranya lebih dahsyat karena daya audio-nya mencapai 100 Wrms.

Jika mencari suara yang lebih dahsyat lagi, maka PMA 9502 dapat menjadi pilihan tepat. Bagaimana tidak, kekuatan speaker-nya mencapai 140 watt RMS. Tipe ini hadir dalam warna elegan dan desain futuristik. Juga display LED yang lebih besar.

Untuk mengetahui tentang kelebihan dari masing-masing speaker tersebut silakan kunjungi link ini. Tertarik mencoba?


(Adv)

Ma’ruf Amin Tak Ikut Jokowi Bertemu Ketum Parpol, Ini Alasannya

Jakarta

Cawapres Ma’ruf Amin tidak ikut hadir dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) mengungkapkan, pertemuan hanya membahas evaluasi apa yang sudah dilakukan pemerintahan Jokowi-JK.

“Ini pada dasarnya melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan. Bukan khusus pertemuan mengenai persiapan debat nanti tanggal 17 Januari, ada pertemuan lagi yang berbicara debat secara khusus, tapi memang ini adalah pertemuan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan pemerintah,” kata Rommy usai rapat bersama Jokowi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Rommy mengungkapkan, pertemuan ketum parpol KIK bersama Ma’ruf Amin pasti penting. Namun pertemuan tersebut dilakukan di lain waktu. Pertemuan menurutnya hanya melakukan koreksi atas apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam 4 tahun terakhir.

“Kita melakukan koreksi, melakukan self correction terhadap apa yang sudah dilakukan pemerintah, apa yang masih perlu diperbaiki, dan kemudian mana keluhan-keluhan masyarakat yang masih merupakan PR untuk pemerintahan ini terlepas dari persoalan mau debat, mau Pilpres lagi atau tidak,” ujarnya.

Rommy mengungkapkan, masing-masing pimpinan partai politik sudah turun ke lapangan dan menerima berbagai masukan yang beragam dari masyarakat.

“Termasuk bagaimana misalnya menyelesaikan probloem-problem dari pegawai-pegawai honorer apakah itu guru, bagaimana menangani ojek online dan juga termasuk bagaimana melakukan percepatan penanganan gempa di NTB, di Sulawesi Tengah. Uang yang sudah masuk mengapa itu kemudian masih belum bisa dicairkan dan seterusnya,” tuturnya.

“Itu kita bahas sampai detil dan presiden memberikan apresiasi penuh terhadap apa-apa yang sudah kita sampaikan. Jadi pendek kata penyampaian itu merata. Sampai terorisme pun tadi kita melakukan (pembahasan),” lanjutnya.

Meski rapat tersebut tidak spesifik membahas persiapan debat, namun rapat tersebut juga membahas berbagai masalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme, yang juga merupakan tema debat pertama capres-cawapres 17 Januari mendatang. Rommy pum menegaskan Jokowi-Ma’ruf siap menghadapi debat nanti.

“Saya bisa memastikan Koalisi Indonesia Kerja termasuk Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma’ruf Amin lebih dari siap untuk debat tanggal 17 Januari yang akan datang, dengan kekuatan yang penuh dengan kesadaran yang prima, dengan pengetahuan yang paripurna dan juga dengan bahan yang sangat memadai dari apa yang sudah disampaikan,” imbuhnya.


(nvl/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jalani Operasi Obesitas, Ini Kabar Terbaru Titi Wati

Liputan6.com, Palangka Raya – Titi Wati, warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah, perempuan obesitas yang memiliki bobot hingga 350 kilogram masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus.

Setelah dimasukkan ke RSUD, Titi Wati pun mulai menjalani diet ketat. Hal ini sangat diperlukan agar ia bisa menjalani operasi bariatrik. Operasi tersebut merupakan operasi pemotongan usus lambung.

Dengan begitu, diharapkan berat badan Titi Wati hingga 15-20 kg dalam sebulan. Nantinya, volume lambung Titi Wati akan berkurang hingga 50 persen.

Usai menjalani diet ketat, Titi Wati pun menjalani dioperasi hari ini. Dokter dari RS Sanglah, Bali juga khusus didatangkan untuk membantu operasi.

Dokter pun sudah siap melakukan operasi. Keluarga juga mendampingi Titi Wati jelang operasi.

Berikut 3 fakta dari keluarga Titi Wati jelang operasi Titi Wati yang dihimpun Liputan6.com:

2 dari 5 halaman

1. Keluarga Menemani Operasi Hari Ini

Suasana haru terlihat pagi ini, Selasa (15/1/2019) di kamar Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Dorrys Sylvanus Palangka Raya menjelang operasi bedah digestif terhadap Titi Wati (37), pasien obesitas yang mempunyai berat 350 kilogram.

Sejumlah keluarga seperti Faedy (suami), Herlina (anak), keponakan dan kakak kandung Titi Wati tampak menangis saat keluar dari ruangan, meninggalkan Titi Wati yang hendak masuk ruang operasi.

Titi Wati sekitar pukul 07.00 WIB telah dipindahkan dari ruang Aldeweis kamar Nomor 25 yang telah ditempatinya selama 4 hari ini ke ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS), tempat ia akan dioperasi bedah digestif. Operasi dimulai pada pukul 10.00 WIB dan ditangani oleh delapan dokter bedah yang datang langsung dari Bali.

3 dari 5 halaman

2. Suami Mendampingi

Menurut Faedy (54), suami Titi Wati, keluarga menangis terharu karena akhirnya Titi Wati bisa dioperasi dengan bantuan banyak pihak.

“Operasi ini kan bagi kami baru pertama kali, jadi batin kami bergejolak antara sedih dan senang,” ujarnya.

Pria asal Pacitan, Jawa Timur, ini berharap agar operasi yang dilakukan tim dokter bisa berjalan dengan baik.

“Kami mohon doa semua pihak agar operasi istri saya bisa berjalan lancar,” katanya.

4 dari 5 halaman

3. Motivasi dari Ibu Gubernur

Faedy, suami Titi Wati yang berprofesi sebagai pencari kayu di hutan itu mengaku biaya berobat dan operasi sudah ditanggung oleh pemerintah dan pihak lain secara pribadi.

“Bahkan baru saja Ibu Gubernur (Yulistri Ivo Azhary, istri Gubernur Kalteng Sugianto Sabran) juga menjenguk istri saya,” kata Faedy.

usai melihat kondisi pasien Titi Wati, Yulistri Ivo Azhary mengatakan kedatangannya ke rumah sakit Dorrys Sylvanus adalah dalam rangka memberikan motivasi dan kekuatan kepada Titi Wati sebelum menjalani proses operasi.

“Karena yang namanya operasi tentu pasien agak panik,” ujarnya.

Ia juga meminta agar pihak rumah sakit Dorrys Sylvanus agar selalu memberikan informasi perkembangan pasien ini kepada gubernur dan dirinya.

“Supaya kalau ada apa-apa kita siap bantu,” katanya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Gara-gara Perang Dagang, Investasi China di AS Turun 83%

Jakarta – Ledakan investasi China ke Amerika Serikat hampir lenyap. Investasi asing dari China ke AS anjlok 83% pada 2018, menurut laporan yang dirilis oleh firma hukum Baker McKenzie.

Investasi langsung dari China ke Amerika turun drastis pada 2018 menjadi hanya $ 5,5 miliar atau setara dengan Rp 79 triliun (pada kurs Rp 14.500). Aset China lainnya senilai $ 12 miliar atau sekitar Rp 174 triliun di seluruh dunia juga diperkirakan akan dijual tahun ini.

Penguapan uang China di Amerika Serikat ditengarai penyebabnya adalah pembatasan yang diberlakukan oleh negeri matahari terbit pada investasi di luar negeri. Tren ini diperburuk dengan sikap AS yang telah memperketat dan mengkaji investasi asing, belum lagi dampak perang dagang AS-China.


“Orang China memborgol diri mereka sendiri untuk berinvestasi di luar negeri. Dengan munculnya peraturan dari Trump, Amerika Serikat seperti menaruh tanda “Tidak Dijual” di pintu depan (kepada China),” kata Scott Kennedy, direktur Proyek Bisnis dan Ekonomi Politik China di Pusat Studi Strategis dan Internasional, seperti dikutip dari CNN, Selasa (15/1/2019).

Padahal sebelumnya, investasi Tiongkok ke Amerika Serikat mencapai US $ 45,6 miliar atau setara Rp 661 triliun pada tahun 2016, tahun di mana raksasa asuransi HNA membelanjakan 25% sahamnya untuk mengakuisisi serangkaian hotel kelas atas.

Tetapi investasi asing langsung melambat menjadi US$ 29 miliar atau setara Rp 420 triliun pada tahun 2017. Ketika itu China memberlakukan pembatasan pada investasi luar negeri dalam upaya membendung arus modal keluar.

Investasi di Amerika Serikat kemudian menyusut menjadi hanya US$ 4,8 miliar atau setara dengan Rp 69 triliun tahun lalu di tengah tindakan keras Washington terhadap China. “Sebuah penurunan besar,” ungkap Kennedy.

“Real estate, transportasi dan infrastruktur, investasi China di sektor-sektor ini “sebagian besar telah hilang,” menurut laporan Baker McKenzie.

Sementara itu, para pejabat AS pun mengamati investasi Tiongkok dengan intensitas yang lebih besar. Komite Investasi Asing di Amerika Serikat telah menolak beberapa transaksi penting, termasuk tawaran Broadcom (AVGO) senilai US$ 117 miliar atau setara dengan Rp 1.696 triliun untuk Qualcomm (QCOM).

Hal ini terjadi setelah tahun lalu, Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang yang memperluas kekuatan CFIUS (Committee on Foreign Investment in the United States) alias lembaga pengawas investasi asing. UU itu dapat memblokir transaksi luar negeri untuk tujuan keamanan nasional.

Namun, berbeda dengan AS, beberapa ekonomi besar, termasuk Perancis, Jerman, Spanyol dan Swedia, mengalami peningkatan investasi dari China menurut laporan Baker McKenzie.

Bahkan Kanada, memiliki investasi dari China yang melonjak 80% menjadi US$ 2,7 miliar Rp 39 triliun tahun lalu. Termasuk divestasi, Kanada menikmati lebih banyak investasi Tiongkok daripada Amerika Serikat pada 2018, kata Baker McKenzie. (zlf/zlf)

Alat Pendeteksi Bencana Akan Dijaga Anggota TNI

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyetujui usulan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo agar alat pendeteksi bencana alam dijaga oleh TNI.

Jokowi telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengeluarkan surat perintah untuk menjaga dan mengamankan alat pendeteksi bencana.

“Saya laporkan ke Bapak Presiden, kalau boleh alat deteksi ini dianggap ‎sebagai obyek vital nasional yang harus diamankan oleh unsur TNI. Presiden sudah menugaskan Panglima TNI agar mengeluarkan surat perintah bahwa alat ini dijaga oleh unsur TNI,” ujar Doni di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menurut dia, penjagaan ini untuk mencegah alat pendeteksi bencana mengalami kerusakan dan hilang baik karena faktor alam maupun ulah manusia. Doni mengaku pihaknya akan memperjuangkan anggaran untuk pemeliharaan alat pendeteksi bencana.

“Selama ini alat sudah dipasang, dikelola oleh BMKG bersama BPPT. Habis itu tidak ada kontrol, tidak ada yang bertanggung jawab. Menjaga ini kan butuh biaya‎,” katanya.

Doni mengatakan berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) alat pendeteksi bencana alam di sejumlah titik mengalani kerusakan serta hilang. Untuk itu, dia berjanji segera memperbaiki alat pendeteksi yang rusak serta melakukan pengadaan terhadap alat yang hilang.

“Tadi pagi kita sudah rapat, saya katakan kalau boleh kurang dari tiga bulan mulai dari perencanaan sampai pengadaan alat dan tergelar. Kita kan tidak tahu bisa saja terjadi bencana detik ini, jam ini minggu ini bulan depan dan sebagainya,” jelas Doni.

2 dari 3 halaman

Evaluasi

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta jajarannya mengevaluasi sistem peringatan dini bencana yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut dia, sistem peringatan dini juga harus dipastikan dalam kondisi yang baik sehingga masyarakat dapat meminimalisir apabila bencana datang.

“Yang berkaitan dengan sistem peringatan dini, ini agar dievaluasi, dicek di lapangan dan pengujian dan pengorganisasi sistem peringatan dini betul-betul semua pada posisi yang baik. Ini agar rakyat bisa tahu, sehingga korban yang ada bisa minimalkan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas dengan topik ‘Peningkatan Kesiagaan Menghadapi Bencana’ di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1/2019).

Jokowi mengingatkan agar kesiapan manajemen kebencanaan serta koordinasi dan sinergi seluruh lembaga pemerintahan dari pusat hingga daerah diperkuat.Sehingga, kata dia, semua pihak bisa merespons bencana dengan cepat.

“Dan melakukan simulasi penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan, secara rutin,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Asteroid Kiamat Seberat 87 Juta Ton Ancam Bumi? Ini Kata NASA

Liputan6.com, New York – Pada 8 Januari 2019, melalui Twitter, “Origins Spectral Interpretation Resource Identification Security Regolith Explorer” atau OSIRIS-REx mengumumkan bahwa misi angkasa luar NASA ini telah satu minggu mengorbit ‘asteroid kiamat’ raksasa yang dikenal sebagai Bennu.

Wahana tersebut juga mengabadikan penampakan permukaan Bennu dalam sebuah foto dan menyebut, jarak asteroid dan Bumi pada waktu itu adalah 64 juta mil. Konon, asteroid berbobot 87 juta ton itu bisa melepaskan energi 80.000 kali lebih besar dari bom atom Hiroshima, jika bertabrakan dengan Bumi.

“Saat aku mengorbit asteroid, Bennu juga melanjutkan orbitnya mengelilingi Matahari. Kami –Bennu dan aku– saat ini berjarak sekitar 103 juta kilometer (64 juta mil) dari Bumi,” tulis OSIRIS-Rex melalui akun @OSIRISREx.

Selain itu, NASA juga menyampaikan bahwa ‘asteroid kiamat raksasa’ itu diperkirakan memiliki panjang 500 kaki dan 1.664 kali lebih berat dari kapal legendaris Titanic. Tingginya pun melebihi bangunan Empire State yang ada di New York City.

Lembaga antariksa pemerintah Amerika Serikat tersebut menambahkan, bila Bennu berbenturan dengan Bumi, maka potensi bencana akan berdampak pada jutaan kehidupan di planet ini.

Di satu sisi, NASA pun juga memperingatkan penduduk agar tetap tenang, karena Bennu diprediksi tidak akan melaju dekat dengan Bumi sampai abad mendatang.

Penyelidikan yang dilakukan oleh OSIRIS-Rex saat ini sedang berfokus untuk mengorbit Bennu dan meluncurkan misi pengamatan. Satelit yang hanya memiliki periode kehidupan dari 2016 hingga 2023 ini berencana mendarat di permukaan Bennu pada tahun 2020.

OSIRIS-Rex akan mengumpulkan sampel batu itu sebelum kembali ke Bumi, semoga dapat membantu membuka beberapa rahasia di balik asal-usul keberadaan manusia.

Para peneliti berharap, asteroid yang merupakan bagian dari asteroid Apollo ini akan membantu membuktikan sebuah teori bahwa miliaran tahun yang lalu, asteroid bertabrakan dengan Bumi dan mentransfer bahan kimia penting ke permukaan Bumi, serta mendorong organisme untuk berkembang biak.

Lantas, mengapa Bennu dijuluki ‘asteroid kiamat’ dan dinyatakan membawa ancaman potensial bagi jutaan nyawa makhluk hidup di Bumi?

Para ilmuwan mengatakan, jika Bennu bertabrakan dengan Bumi, dampaknya akan banyak energi yang terlepas bila dibandingkan dengan seluruh senjata nuklir yang pernah diledakkan dalam sejarah.

Pada 6 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima (Jepang), dan menewaskan hampir 100.000 orang sebagai upaya untuk mengakhiri Perang Dunia II.

Senjata itu melepaskan energi yang setara dengan 16 kiloton TNT melintasi radius ledakan satu mil. Tetapi, ilmuwan NASA percaya dampak ‘serangan’ Bennu bisa mengalahkan pengeboman itu, yakni hampir 80.000 kali lipat.

Meskipun meyakinkan, NASA bersikeras kemungkinan tabrakan antara Bumi dan Bennu –sekitar satu dibandingkan 2.700– sangat tipis.

Tetapi sebaliknya, jika benda langit itu tidak sesuai perkiraan para ilmuwan, maka wahana antariksa yang dirancang oleh NASA untuk menghentikan Bennu kemungkinan besar tidak akan efektif.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Misi Ketiga NASA

Akan tetapi, mungkin ada harapan lain untuk usaha terbaru NASA, yaitu HAMMER atau Hyper-velocity Asteroid Mitigation Mission for Emergency Response vehicle, yang dirancang untuk meledakkan asteroid dengan bom nuklir atau mengarahkan asteroid ke jalur yang berbeda.

“Konsekuensinya akan mengerikan,” kata Kirsten Howley, seorang ahli fisika di Lawrence Livermore National Laboratory yang merupakan bagian dari tim pertahanan planet itu.

Menurut Howley, meluncurkan satu pesawat deflektor ke Bennu bisa memakan waktu hingga tujuh setengah tahun. Meski demikian, ia berpendapat bahwa lebih baik bertindak cepat daripada persiapan pencegahan dilakukan secara mendadak.

HEADLINE: Raih 6 Kemenangan Beruntun, Solskjaer Kembalikan Wajah Asli MU

Liputan6.com, Jakarta – Manchester United (MU) telah kembali! Enam kemenangan beruntun yang diraih Tim Setan Merah mengindikasikan klub yang bermarkas di Old Trafford ini bisa kembali jadi ancaman di Liga Inggris.

Terakhir, bersama caretaker manajer mereka, Ole Gunnar Solskjaer, MU sukses menghantam salah satu kandidat juara Liga Inggris musim ini, Tottenham Hotspur 1-0 di kandang lawan, Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019). Gol semata wayang kemenangan MU dicetak penyerang muda Marcus Rashford.

Enam kemenangan beruntun ini juga mengantar Solskjaer, yang berasal dari Norwegia, sukses memecahkan rekor manajer legendaris MU, Sir Matt Busby, yang sempat bertahan 73 tahun.

“Inilah Manchester United yang sesungguhnya,” ujar kiper David de Gea yang juga tampil gemilang, melakukan 11 penyelamatan, usai laga. “Kami mengalahkan sebuah tim hebat.”

Kemenangan atas Tottenham memang seperti penahbisan bahwa MU benar-benar bangkit. Sebelumnya, lima kemenangan yang mereka raih — satu di Piala FA–memang tak terlalu diperhitungkan.

Sebab, lawan-lawan yang mereka kalahkan ketika itu tim-tim yang kekuatannya relatif di bawah MU. Sebut saja Cardiff City, Huddersfield, Bournemouth, Newcastle United, plus Reading di Piala FA.

Tapi, Tottenham, ini adalah klub Inggris yang terus menjulang prestasinya dalam dua-tiga musim terakhir. Bahkan, musim ini, mereka adalah salah satu kandidat kuat juara Liga Inggris, bersaing dengan Manchester City dan pemuncak klasemen, Liverpool.

Tak pelak, penampilan Rashford dan kawan-kawan pun menuai pujian dari mantan bintang MU yang kini pundit di stasiun televisi Sky Sports, Gary Neville.

“Manchester United sekarang seperti Manchester United lima atau 10 tahun lalu,” ujar Neville, bangga.

Sepuluh tahun lalu, adalah salah satu masa kejayaan MU saat masih dilatih Alex Ferguson. Ketika itu, di musim 2007/08, Setan Merah memenangkan tiga gelar sekaligus, Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Kini, perlahan tapi pasti, MU juga mulai jadi ancaman serius di papan klasemen Liga Inggris. Berada di posisi keenam, nilai mereka, 41, kini sama dengan Arsena di posisi kelima. Dengan Liverpool, yang ada di puncak klasemen, MU berselisih 16 poin.

Prestasi ini juga bertolak belakang dengan kiprah mereka sebelumnya, saat masih ditangani Jose Mourinho. MU tampil tak meyakinkan, dan sempat jadi bulan-bulannya suporternya sendiri.

Hingga akhirnya Solskjaer datang menggantikan Mourinho sebagai caretaker manajer per 19 Desember 2018. Solskjaer, 45 tahun, yang juga mantan penyerang MU, dikontrak hingga akhir musim.

2 dari 4 halaman

Kembalikan

Tak pelak, Solskjaer, yang selama di MU mencetak 126 gol dalam 366 laga pun dianggap mampu mengembalikan “ruh” MU. Tim yang sempat melempem, tak lagi greget, kini kembali menjadi kekuatan yang menakutkan.

Skema menyerang kembali dipraktikkan dengan taktis oleh Anthony Martial dan kawan-kawan. Lihat saja, dari total enam pertandingan itu, MU sukses melesakkan 17 gol. Dari kebobolan mereka juga minim, hanya empat gol.

“Manajer berhasil membawa kebahagiaan untuk kami. Pemain selalu tampil bagus dan tim saat ini sangat kuat,” De Gea memuji Solskjaer. “Kami kini tahu cara mengontrol pertandingan, membuat peluang, itu sangat baik bagi kami.”

Tak hanya jitu meracik strategi, Solksjaer juga dianggap mampu kembali menggali potensi bintang MU yang sempat melempem performanya di era Mourinho. Rashford dan Paul Pogba bisa jadi contohnya.

Bagi Rashford sendiri, golnya ke gawang Tottenham adalah gol ketiganya dalam tiga pertandingan terakhir bersama MU. Sedangkan Pogba, belakangan, benderang lagi sinarnya di lapangan.

3 dari 4 halaman

Pogba Bersinar Lagi

Di bawah asuhan Solksjaer, Pogba memang kembali mampu mempertontonkan kemampuan terbaiknya. Tidak hanya jadi jenderal lapangan tengah, sebagai pengatur serangan tim, Pogba juga bisa jadi eksekutor andalan.

Di bawah asuhan Solskjaer, andalan timnas Prancis berusia 25 tahun ini sudah mencetak empat gol. Dia juga telah membuat empat assist, termasuk untuk gol Rashford ke gawang Tottenham.

Tak heran, selain prestasi MU yang menjulang, kembali gemilangnya kiprah Pogba juga disebut-sebut sebagai sukses besar Solskjaer. Sebab, performa pemain berusia 25 tahun ini sempat melempem di era Mourinho.

Bahkan, Pogba yang diboyong MU dari Juventus seharga 89,3 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,6 triliun sempat terlempar dari skuat inti Tim Setan Merah.

4 dari 4 halaman

Bakal Permanen?

Tak pelak, kini spekulasi pun bermunculan bahwa manajemen MU bakal mempermanen kontrak Solksjaer, bukan lagi sebagai caretaker. Padahal, sebelumnya, kencang beredar rumor, bahwa MU akan mengontrak manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, mulai musim depan.

Menariknya, Solksjaer sendiri mengaku tidak pernah membebani pikirannya dengan ambisi menjadi pelatih permanen MU. “Setiap hari, saya hanya menjalankan tugas sampai kontrak saya berakhir Juni nanti,” kata Solskjaer, yang masih terikat kontrak dengan klub asal kampung halamannya, Moldne.

Solskjaer menambahkan, “Saya akan berlibur di sana (ketika kontrak berakhir), tapi tidak…saya tidak memikirkan itu sama sekali.”