Tagar Debat Pilpres 2019 Jadi Trending Topic di Twitter

Liputan6.com, Jakarta – Bersamaan dengan debat kedua capres 2019 yang digelar malam ini di Hotel Sultan, Jakarta, keriuhan juga terjadi di linimasa Twitter.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (17/2/2019), tagar Debat Pilpres 2019 kini menduduki peringkat pertama Trending Topic di Twitter Indonesia.

Kebanyakan kicauan merupakan dukungan terhadap masing-masing calon presiden yang akan melakukan debat dengan pembahasan seputar infrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Ada pula kicauan berisi harapan dari warganet terhadap Indonesia ke depannya melalui debat ini. Untuk mengetahui lebih lengkap kicauan para warganet, simak beberapa twit yang sudah dihimpun berikut ini.






2 dari 2 halaman

Jelang Debat Capres, Lini Masa Mulai Dibanjiri Dukungan Kedua Kubu

Keriuhan debat kedua capres 2019 yang digelar pada malam ini di Hotel Sultan, Jakarta, sudah mulai terasa.

Berbagai dukungan dari kedua kubu pun sudah mulai meramaikan lini masa media sosial (medsos), terutama Twitter.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com jelang sore ini, tagar yang terkait dengan debat kedua capres, seperti #PrabowoMenangDebat dan #DebatPintarJokowi bertengger di trending topic Twitter Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lengkap kicauan para warganet, simak beberapa twit yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com, berikut ini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Eks Elite NATO Peringatkan Uni Eropa Soal Intervensi Rusia dalam Pemilu

Munchen – Mantan Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Anders Fogh Rasmussen memperingatkan Uni Eropa supaya mencegah intervensi Rusia dan kekuatan asing terhadap Pemilu parlemen Eropa. Pemilu akan digelar pada bulan Mei nanti.

Dilansir AFP, Minggu (17/2/2019), Pemilu itu bakal diikuti 350 juta warga 27 negara Uni Eropa. Dia menyebut ada “kekuatan jahat” yang mengintai.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, sangat mungkin ada kekuatan asing yang menargetkan banyak pemilu, termasuk yang dilakukan dengan cara membobol sistem pemilihan, secara diam-diam mendukung kandidat-kandidat, atau lewat berita-berita beracun di media tradisional maupun daring (online),” kata Rasmussen.


Mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan adanya intervensi Rusia dan pelaku-pelaku lain. “Khususnya dari Rusia dan juga aktor-aktor lain, untuk menghancurkan kepercayaan orang-orang pada tiap proses demokrasi di negara-negara kita,” ujar Biden pada peluncuran bersama lembaga Komisi Transatlatik untuk Integritas Pemilu.

Dia menyebut ada ancaman serangan siber, pengaruh operasi uang gelap, dan disinformasi. Mereka memunculkan inisiatif agar parpol-parpol dan para kandidat menandatangani janji untuk tidak meminta bantuan dan bersekongkol dengan orang yang hendak menghancurkan demokrasi.

Dia juga ingin agar tak ada yang menyebarkan hasil audio atau video “deep fake”, yakni hasil manipulasi digital, serta penggunaan jejaring otomatis yang diistilahkan sebagai “bot” untuk menyebarkan pesan daring.

Inisiatif ini disebut sebagai kelompok politik bi-partisan transatlantik, berisikan pemimpin bidang politik, teknologi, bisnis, dan media. Mereka punya keinginan mencegah “gelombang baru intervensi terhadap pemilu”.

“Intervensi asing terhadap pemilu bukan hanya ancaman serius terhadap institusi demokrasi, saya percaya ini juga merupakan ancaman terhadap keamanan,” kata Biden.

Dia berbicara di sela acara Konferensi Keamanan, Munchen. Kepala intelijen dari Jerman, Prancis, dan Inggris hadir di acara ini. Kepala badan mata-mata Prancis DGSE, Bernard Emie, juga memperingatkan bahwa benua Eropa sedang menghadapi ancaman campur tangan dan agresi eksternal yang sedang bertumbuh.

“Ini datang dari pihak negara dan non-negara,” kata Bernard Emie yang memperingatkan soal serangan siber yang bertujuan mendestabilisasi proses elektoral.

Ngomong-ngomong soal intervensi Rusia, baru-baru ini ada berita soal ‘propaganda Rusia’ di khalayak publik Indonesia. Awalnya, Jokowi yang merupakan capres petahana Pilpres 2019 bicara soal hal itu. Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia lewat akun Twitternya membantah adanya propaganda Rusia.

“Sebagaimana diketahui istilah ‘propaganda Rusia‘ direkayasa pada tahun 2016 di Amerika Serikat dalam rangka kampanye pemilu presiden. Istilah ini sama sekali tidak berdasarkan pada realitas,” tegas Kedubes Rusia lewat akun Twitter resmi @RusEmbJakarta pada Senin (4/1/2019).

Jokowi sendiri menegaskan, istilah ‘propaganda Rusia’ hanya terminologi dari artikel yang dia baca. Itu bukanlah merujuk ke Rusia sebagai negara. “Ini kita tidak bicara mengenai negara, bukan negara Rusia tapi terminologi dari artikel di Rand Corporation,” kata Jokowi ditemui di kediaman Akbar Tandjung, Jl Purnawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019).
(dnu/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Pria Australia yang Masuk Islam Demi Cinta

Liputan6.com, Wagga Wagga – Ketika pria Australia Bogart Lamprey memberitahu keluarganya bahwa dia akan masuk Islam, mereka jelas tak gembira. “Mereka pikir saya akan gabung dengan ISIS,” katanya.

Bogart mengaku keluarganya tidak begitu senang dengan keputusan ini.

Dia menggambarkan keluarganya sebagai tipikal yang sangat merepresentasikan budaya Australia.

Namun alasan di balik keputusan pria berusia 32 tahun ini agak menyentuh hati: dia jatuh cinta pada pujaan hatinya.

Terlepas dari perbedaan latar belakang kultur, pria yang biasa disapa Bo ini, jatuh cinta pada Noora Al Matori, wanita kelahiran Irak tapi dibesarkan di Australia.

Noora dan Bo ketemuan untuk pertama kalinya di sebuah kafe di kota pedalaman Wagga Wagga.

Sejak itu, tekad Bo sudah tak terbendung lagi. Selain pada Noora, Bo juga telah jatuh cinta pada kehidupan dan budaya Noora.

Saat pertemuan pertama tersebut, Bo memang sudah langsung kepincut dengan Noora yang usianya setahun lebih muda.

Saudara Bo sampai bercanda bahwa dia mungkin akan menikahi Noor, dan bagi Bo, itu bukan candaan semata.

“Saya juga sempat menertawakan candaan ini, tapi saya kemudian merasa saya akan menikahinya,” katanya kapada ABC News, dikutip pada Sabtu (16/2/2019).

Selama enam bulan sejak melihat Noora untuk pertama kalinya, Bo bolak-balik ke kafe yang sama dengan harapan bisa melihat Noora lagi.

Dan, kalau bisa menyapanya dan berkenalan.

“Setiap kali datang ke sana, saya tanya wanita tua yang bekerja di situ mengenai Noora,” kata Bogart.

Setelah berusaha beberapa kali, dia pun akhirnya bisa ngobrol dan ngopi bareng, meskipun bagi Noora hubungan itu tak lebih sebagai teman.

“Saya menganggapnya sebagai teman. Saya besar di lingkungan orang Australia. Teman saya banyak. Jadi tak ada masalah dengan hal itu,” kata Noora.

Namun dia mengaku tak pernah membayangkan dirinya akan menikah dengan seseorang yang bukan orang Timur Tengah.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 3 halaman

Mendalami Budaya Calon Pasangan

Selama beberapa tahun sejak perkenalan itu, Bogart Lamprey terus mendalami budaya dan kehidupan Noora Al Matori.

Dia tahu bahwa jika ingin hidup bersama Noora, dia harus melakukannya dengan cara tradisional.

“Saya jadi tahu dan memahami agama ini, saya memeluknya, saya belajar Al-Quran setiap malam dan akhirnya masuk Islam,” katanya.

“Lalu saya minta Noora agar menyampaikan ke ayahnya untuk bertemu dan minta restu menikah dengannya. Dan berharap Noora juga mau menikah dengan saya,” papar Bogart lagi.

Sebelumnya dia sebenanrya sudah beberapa kali bertemu dengan keluarga Noora namun hanya sebagai teman. Kali ini situasinya sangat berbeda.

“Saat saya bilang ke ayah bahwa Bo suka saya dan akan datang minta restu, ayah saya memutuskan pergi liburan selama tiga bulan dan menggantung keinginan Bo,” ujar Noora.

“Dia ingin memastikan apakah Bo akan bertahan atau akan pergi,” katanya.

Tapi Bogart tak kemana-mana. Dia malah menghabiskan waktu menjalin hubungan dengan anggota keluarga Noora lainnya.

Ketika akhirnya bertemu dengan ayah Noora, Bo datang bersama keluarganya. Dia pun mendapatkan restu sang calon mertu begitu pula dari calon istrinya.

Kedua keluarga itu pun coba saling memahami budaya dan tradisi masing-masing, terutama ketika hari pernikahan kian dekat.

Bagi Bo, pilihannya sudah jelas, apakah keluarganya mau menerima atau tidak, dia akan lanjut dengan kehidupannya bersama Noora.

“Bagi saya, sangat penting agar keluargaku menghargai Bo sama seperti keluarganya menghargai saya,” ujar Noora.

Mereka pun saling menunjukkan penghormatan pada tradisi masing-masing. Keluarga ini, misalnya, bertemu di perayaan hari Natal atau Idul Fitri.

“Ibunda Bo selalu berusaha menyenangkan kami kita,” ujar Noora.

“Kami mengunjunginya saat Natal dan itu tidak ada salahnya. Hubungan ini saling menghargai dan menghormati,” katanya.

Keluarga Noora sendiri selalu berusaha menyayangi suaminya ini, menganggapnya sebagai keluarga sendiri.

“Sepanjang yang saya rasakan, ibunda Noora sudah jadi ibu kedua saya,” kata Bo.

“Cara mereka memperlakukanku sangat luar biasa,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Menikah…

Bogart Lamprey dan Noora Al Matori kini telah menikah selama hampir empat tahun dan bermukim di Canberra.

Mereka dikaruniai seorang putri, Jamila, yang berusia tiga tahun. Dia dididik sebagai seorang Muslim, tetapi mereka ingin membesarkannya dalam kedua budaya.

Jamila belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris.

“Saya dan Bo sama-sama berharap hal yang sama darinya,” kata Noora.

“Jika dia ingin pakai jilbab ketika usianya lebih dewasa, bisa saja. Tapai dia tak mau juga tak apa-apa,” ujarnya.

“Aku hanya ingin dia tumbuh dan menghargai dirinya seperti kami menghargai dia,” ujar Bo.

Bila kelak Jamila bisa sama seperti Noora atau setengahnya pun, Bo mengaku akan pria paling bahagia di dunia.

Barcelona Ingin Rakitic Bertahan

Liputan6.com, Jakarta Masa depan Ivan Rakitic di Barcelona menyisakan tanda tanya besar Pelatih Barca Ernesto Valverde ingin Rakitic tetap di Nou Camp.

Rakitic sudah menjadi salah satu pemain penting Barcelona sejak direkrut dari Sevilla pada musim panas 2014. Gelandang asal Kroasia itu sejauh ini sudah mencatatkan 248 penampilan di semua kompetisi bersama Blaugrana. 

Kontrak Rakitic bersama Barcelona saat ini masih berlangsung sampai 2021. Namun Barcelona dikabarkan masih belum punya keinginan untuk menambah masa bakti Rakitic.

Situasi tersebut membuat masa depan Rakitic di Barcelona menjadi tidak jelas. Apalagi sang pemain belakangan ini dihubungkan dengan dua tim asal Inggris, Manchester United dan Chelsea.

Valverde sendiri menegaskan bahwa Rakitic menjadi pemain yang sangat penting di Barcelona. Ia berharap pihak klub bisa tidak melepas sang pemain di bursa transfer.

“Klub akan melakukan apa yang dirasa nyaman untuk memiliki salah satu skuat terbaik di dunia,” kata Valverde kepada Barca Blaugranes.

“Rakitic adalah bagian yang sangat penting dari tim, tetapi begitu juga para pemain lain, terutama yang bermain secara teratur.

“Jadi kita lihat saja, tapi saya yakin klub akan melakukan apa yang harus dilakukan.”

2 dari 2 halaman

De Jong

Barcelona sudah mencapai kesepakatan untuk menggaet Frenkie De Jong dari Ajax. Gelandang 21 tahun itu baru akan bergabung dengan Barca mulai musim depan.

Kedatangan De Jong jelas akan membuat lini tengah Barca semakin padat. Apalagi, mereka juga sudah merekrut Arturo Vidal dan Arthur Melo pada musim panas lalu.

Dengan kedatangan De Jong, Rakitic disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang akan dilepas Barcelona. Barca kabarnya bersedia menjual Rakitic untuk memberikan ruang kepada De Jong.

Sumber Bola.net

MotoGP: Jorge Lorenzo Ingin Pensiun Bersama Honda

Liputan6.com, Bologna – Jorge Lorenzo sudah siap untuk menghabiskan karier balapnya di MotoGP bersama Repsol Honda. Klub berlambang sayap terkepak ini disebutnya sudah memberi harapan baginya untuk bangkit lagi.

Setelah tak diperpanjang Ducati Repsol pada akhir musim lalu, Lorenzo sempat berniat pensiun. Namun adanya tawaran dari Repsol Honda membuatnya kembali bergairah membalap di MotoGP.

Dia frustrasi karena Ducati lebih memilih Danilo Petrucci untuk Mission Winnow Ducati, tim pabrikan Ducati. Sedangkan Lorenzo masa depannya sempat abu-abu dan bahkan lakukan kontak dengan Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Berbicara dengan Sky Italia pekan ini, Lorenzo menegaskan dirinya telah menganggap kisahnya bersama Ducati sebagai masa lalu.

“Saya tak pernah menyerah, bahkan saat masa-masa sulit saya selalu tetap bekerja. Saya mendapatkan kesempatan ini bersama Honda, yang memberi saya akhir baik untuk musim 2018,”ujarnya seperti dikutip Motorsport.

“Saya tidak mengatakan bahwa saya ingin mengakhiri karier saya bersama Honda, namun ini bisa jadi tim terakhir saya. Hasilnya akan memutuskan, namun ini keinginan saya.Saya tidak lagi memikirkan Ducati, saya tahu bahwa saat saya menyukai motornya, dan kami menaruhnya di tempat yang tepat, kami dapat menggapai puncak.”

2 dari 3 halaman

Dream Team

Kombinasi Marquez-Lorenzo, pemenang gelar juara dunia MotoGP sejak 2012, dicap sebagai dream team milik Repsol Honda. Lorenzo mengatakan setuju dengan julukan tersebut kalau melihat statistik kedua.

Dia membenarkan dirinya dan Marquez pantas menerima julukan tersebut.”Secara angka, jelas bahwa kami adalah salah satu pasangan rekan satu tim terkuat dalam sejarah MotoGP,”katanya.

“Terkadang, Anda dapat memenangi banyak gelar karena persaingannya tidak terlalu tinggi. Namun secara kecepatan dan bakat alami, kami bahkan lebih kuat dari yang ditunjukkan angka. Itu kenyataanya.”

Akibat cedera fraktur tulang Skaphoid saat latihan, Lorenzo melewatkan tes pramusim pertama di Sepang. Saat ini, Lorenzo sedang menjalani serangkaian program pemulihan di Lugano bersama fisioterapis barunya, Angelo Scribano, menggantikan sang ayah, Claudio Scribano.

3 dari 3 halaman

Tampil di Qatar

Lorenzo 100% yakin akan peluangnya tampil pada tes kedua di Qatar. Ini dikarenakan progres pemulihan yang berjalan lebih baik dari perkiraan.Meski mengklaim dirinya bukan unggulan musim 2019, X-Fuera bertekad mempersembahkan kemenangan pertama bersama HRC secepat mungkin.

“Tak ada yang mustahil, mungkin akan terjadi pada (balapan pertama di) Qatar, sekalipun itu akan sulit,” tandasnya.

Bukan Lamborghini Urus, Bentley punya SUV Terkencang di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Lamborghini dikenal sebagai pabrikan otomotif yang gemar meluncurkan mobil-mobil kencang. Bahkan SUV miliknya, Urus, diyakini sebagai salah satu SUV yang terkencang. 

Kini, mengutip dari Topgear.com, Bentley Bentayga tak hanya sekadar mewah, tapi juga berhasil menjadi SUV tercepat di dunia dengan kecapatan maksimum 305,77 km/jam.

Sebelumnya, gelar tersebut diraih oleh Lamborghini Urus yang kecepatan maksimumnya mencapai 304,97 km/jam. Ya, selisihnya memang sangat tipis, hanya 0,805 km/jam.

Prestasi tersebut tak terlepas dari mesin W12 6.000cc twin-turbo yang diatur ulang. Alhasil, tenaganya pun naik menjadi 626 Tk dengan torsi maksimum mencapai 900 Nm.

Akselerasinya pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kini, Bentley Bentayga Speed hanya membutuhkan 3,9 detik untuk mencapai 100 km/jam, lebih cepat 0,2 detik dari sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk menunjang performanya, Bentley Bentayga Speed juga dibekali dengan suspensi yang diatur ulang dan knalpot baru. Selain itu, rangkanya dibuat lebih rigid dan pilihan Sport pada mode berkendara turut disesuaikan.

Dengan embel-embel “Speed” di belakangnya, SUV super mewah ini memiliki tampilan yang lebih sporty, meski tidak signifikan. Kini, kaca lampu utamanya tampak lebih gelap dan pelek baru 22-inci.

Sisi interior Bentley Bentayga Speed juga berbeda dengan varian standarnya. Kabin mobil SUV ini didominasi warna hitam dengan aksen gold. Namun, warna ini bisa diubah sesuai keinginan konsumen.

Hal paling mencolok adalah penggunaan badge “Speed” di dashboard, jok, dan pijakan kaki. Komponen kecil ini juga terdapat di eksterior Bentley Bentayga Speed, tepatnya pada pintu depan.

Rencananya, Bentley Bentayga Speed akan melakoni debutnya dalam gelaran Geneva Motor Show 2019. Diprediksi, harga termurahnya di Inggris bisa menyentuh atau bahkan lebih dari GBP200.000 atau sekitar Rp3,6 miliar (Kurs GBP1 = Rp18.109).

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bontang Bakal Jadi Kota Gas

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 5.005 sambungan jaringan gas (jargas) rumah tangga di Kota Bontang, Kalimantan Timur resmi beroperasi. Hal ini untuk mewujudkan Kota Bontang menjadi City Gas pada 2020, dimana seluruh masyarkatnya sudah menggunakan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-harinya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, Program city gas itu sudah berjalan di tiga wilayah, pertama Prabumulih, yang kedua Tarakan dan yang ketiga Bontang, di Kalimantan Timur.

“Banyak gas-nya, masak tidak bisa buat city gas,” kata Jonan, di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Usulan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur dan Bontang sangat mungkin untuk direalisasikan, mengingat Kota Bontang memiliki sumber gas yang cukup besar tingga melengkapinya dengan pipa distribusi untuk mengalirkannya ke masyarakat.

“Jika Pemerintah Kalimantan Tiimur mengusulkan jaringan gas kota, selama ada pipa transmisinya mak itu akan cepat direalisakan karena Pemerintah mengoptimalkan potensi sumber daya alam setempat sesuai dengan harapan Presiden Republik Indonesia yang akan dituangkan dalam Peraturan Presiden, dan jika sudah disetujui inshaa Allah keinginan menjadikan Bontang sebagai city gas dapat terwujud,” jelas Jonan.

Jonan menegaskan, pentingnya sinergi dari Pemerintah Daerah, DPR dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan program jaringan gas kota, untuk memberikan akses energi yang lebih murah dan bersih bagi masyarakat.

“Kalau ketiga lembaga tidak kompak, nanti implementasinya juga susah, jadi mohon dukungannya” harap Jonan kepada para Anggota DPR dan Pemerintah Daerah agar bisa terus bersama memajukan masing-masing daerah,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Harus Diikuti Kota Lain

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, menambahkan, keinginan menjadikan Bontang sebagai City Gas pada 2020 harus diikuti pula dengan kota-kota lainnya di Provinsi Kalimantan Timur, seperti Samarinda dan Balikpapan. Sehingga menjadikan Kalimantan Timur sebagai provinsi pertama yang menyandang predikat sebagai City Gas pertama di Indonesia.

“Setelah Bontang, kota –kota lainnya di Kalimantan Timur seperti Samarinda dan Balikpapan juga akan menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar sehingga harapan Kami nanti Kalimantan Timur menjadi provinsi pertama sebagai provinsi City Gas,”ujar Hadi.

Walikota Bontang Neni Moerniaeny menyampaikan, harapannya untuk menjadikan Bontang menjadi City Gas, bukan tanpa alasan, karena Bontang merupakan Kota penghasil gas yang cukup besar dengan infrastruktur gas relatif sudah memadai, dari 15 kelurahan yang ada tinggal 1 kelurahan saja yang belum ada infrastruktur jaringan gas kota.

“Saya ingin perjuangkan insya Allah Bontang tahun 2020 bisa dideklarasikan sebagai City Gas, semuanya teraliri gas, kita melihat api atau asap PT Badak setiap hari masa kita susah cari yang LPG 3 kilo, tapi berkat komitmen dari bapak Jokowi harapan itu dapat terwujud” harap Neni.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Melihat Masa Muda Ani Yudhoyono, Ditemani Caktor hingga Menolak Asmara

Liputan6.com, Jakarta – Ani Yudhoyono yang lahir dari keluarga Sarwo Edhie Wibowo sudah terbiasa hidup dengan latar belakang TNI. Sebelum menikah dengan SBY, Ani juga pernah tinggal di Komplek RPKAD.

Kuatnya pengaruh gaya hidup sederhana dari kedua orangtua membuatnya tidak ada keinginan menjadi seperti anak gaul Jakarta. Dirinya hanya mendekam saja sebagai anak-anak RPKAD Cijantung yang bergaul hanya di sekitar kompleks. Fase masa mudanya sangat mempengaruhi pembentukan mental Ani keepan.

“Maka sesulit apa pun, berjuanglah untuk terus berada di bidang putih. Jika kita berdiri di atas titik yang benar, kita bisa membawa cahaya kepada semua warna. Yang putih tetap terang. Yang hitam terpanggil menuju terang. Dan yang abu-abu menjadi mantap memilih jati diri yang baik, yang memutihkan dirinya. Inilah kalimat Papi mengenai kepemimpinan yang kelak sangat berguna membentuk mentalku.”

Demikian kata Ani Yudhoyono dikutip dari buku Kepak Sayap Putri Prajurit, Karya Alberthiene Endah, Jumat (15/2/2019).

Peristiwa G30S PKI merupakan pembelajaran pertama bagi dirinya. Dalam situasi saat itu, Ani dan anak-anak kompleks RPKAD menjadi lebih dewasa. Sebab semua menyadari keluarga RPKAD sedang berada dalam situasi yang berbahaya karena isu yang beredar.

Sang ayah yang diberi tugas untuk menumpas PKI, kerap bepergian. Sekali pergi bisa berbulan-bulan demi mencari sisa-sisa pengikut PKI.

Hal itu sering membuat Ani Yudhoyono bertanya pada dirinya sendiri, “Apa ibu tidak gelisah ditinggal suami yang entah bagaimana nasibnya.” Tetapi ia tahu bahwa ibunya adalah sosok yang tangguh dan seorang istri tentara sejati.

Saat G30S PKI sudah mereda dan menuju era Orde baru, sang ayah membawa kabar mengejutkan. “Papi akan pindah ke Medan,” kata Ani. Saat itu situasinya ia akan melakukan ujian SMP.

Akhirnya dibuatlah keputusan agar sang ayah dan ibu berangkat terlebih dulu. Kemudian disusul anak-anak setelah urusan sekolah mereka beres.

2 dari 3 halaman

Tidur Ditemani Caktor

Tinggal di Medan berbeda dengan situasi saat di Cijantung. Rumah mereka terletak di pinggir jalan. Saat itu sedang populer kendaraan bernama caktor, alias becak motor. Kendaraan ini beroperasi tanpa kenal waktu dan mengeluarkan suara yang memekakkan telinga. Hal itu yang menyebabkan mereka sulit tidur di malam hari.

Seiring berjalannya waktu sang Ayah dipindah ke Irian Jaya menjadi Pangdam XVII Cendrawasih. Keluarga harus pindah kembali. Tapi situasi Irian Jaya saat itu masih belum memungkinkan. Terutama untuk pendidikan, khususnya bagi Wiwiek yang harus berkuliah. Akhirnya empat anak terbesar kembali tinggal di Cijantung.

Setelah kembalinya Ani dan saudara ke Cijantung, dirinya kembali melanjutkan sekolah di SMA Slamet Riyadi, Cijantung sebelum mendapatkan kembali sekolah negeri. Tahun 1968 Ani dan saudarinya mendaftar di SMA 24. Inilah masa SMA seorang Ani Yudhoyono.

Sekolah di SMA 24 berbeda dengan sekolah di Medan yang murid-muridnya sangat patuh. “Pada hari pertama aku masuk, ada pelajaran menggambar. Gurunya sering terkantuk-kantuk. Pada saat itulah aku menyaksikan ragam perilaku yang mencengangkan. Murid cowok asyik mengepulkan asap rokok dan yang cewek dengan santai menarik sesuatu dari kolong meja, mangkuk bakso! Astaga!” kata Ani Yudhoyono.

Mulai dari situ, Ani memahami karakter kawannya. Hari-hari awal bersekolah memang butuh adaptasi. Kemudian Ani semakin dekat dengan sejumlah siswa.

Teman-teman di SMAnya merasa kaget, “Anak jenderal kok sekolah di sini?”. Tapi Ani menjelaskan bahwa keluarganya memang hidup sederhana saja.

Masa SMA Ani sama seperti anak SMA pada umumnya. Diisi dengan belajar, olahraga, main, makan di kantin, bahkan diwarnai dengan perkelahian dan candaan masa remaja.

3 dari 3 halaman

Menolak Asmara

Walau rajin belajar, Ani tidak menutup diri dari pergaulan. Pergi ke pusat perbelanjaan, berenang, atau hanya berkumpul di rumah bersama kawan sering dilakukan.

Asmara remaja bukan hal yang asing bagi anak SMA. Laki-laki yang naksir Ani juga ada. Tapi Ani memang tidak berani menanggapi. Sebab Ani hanya tinggal bersama Saudarinya, tanpa orangtua. Ibunya sudah mewanti-wanti agar semua anak bisa menjaga sikap sebagai remaja putri.

Tanpa nasihat dari Ibu sebenarnya Ani juga enggan berpacaran. Selain itu, para pria di kompleks Cijantung juga menjaga perempuan di kompleksnya. Seakan tak rela jika wanita dikompleks tersebut dipacari oleh lelaki luar.

Itulah masa muda Ani sebelum akhirnya bertemu sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono.

Selepas SMA, Ani mengambil kuliah kedokteran. Hingga saat dirinya memasuki tahun ketiga kuliah, Ani bertemu SBY saat masih menjadi taruna. Hingga akhirnya saat SBY diwisuda menjadi AKABRI terbaik, orangtuanya bertemu Ayah dan ibu untuk melamar Ani. Kini usia pernikahan mereka telah menginjak 42 tahun.


Saksikan video pilihan berikut ini:

TKN Jokowi Nilai Pidato Kebangsaan Prabowo Klise dan Tanpa Solusi

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menilai pidato kebangsaan yang disampaikan oleh capres Prabowo Subianto klise dan tidak menawarkan solusi. Materi pidato yang dipaparkan Prabowo di Semarang, Jawa Tengah juga disebut minim substansi.

“Pidato kebangsaan Prabowo di Semarang kembali mempertontonkan seperti biasa: penuh retorika, klise dan tanpa solusi. Prabowo menyampaikan akan menurunkan harga pangan tapi tak menjelaskan bagaimana cara menurunkan harga pangannya tersebut. Apa yang disampaikannya tidak ada substansi yang mendalam dan solutif,” kata jubir TKN, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Sabtu (16/2/2019).

Ace kemudian menyoroti isi pidato Prabowo tentang uang Indonesia yang lebih banyak beredar di luar negeri. Secara tidak langsung, menurut Ace, Prabowo sedang memuji kinerja Jokowi atas program tax amnesty.

“Prabowo mengatakan uang Indonesia banyak ke luar negeri tapi mengakui adanya program yang spektakuler dari Pak Jokowi tentang tax amnesty,” imbuh dia.

Hal lain yang disorot Ace adalah keinginan Prabowo untuk menurunkan harga pangan. Menurut Ace, tindakan nyata justru sudah dilakukan Jokowi dengan membuat harga stabil dalam empat tahun pemerintahannya.

“Prabowo mengatakan soal harga pangan akan dia turunkan, tapi tak jelaskan bagaimana cara menurunkannya. Padahal pemerintahan Jokowi telah mampu menstabilkan harga dengan sangat baik yang terbukti dengan angka inflasi yang sangat rendah selama 4 tahun terakhir ini,” papar dia.

Ace lalu menyinggung soal strategi firehood of falsehood. Bagi Ace, pidato Prabowo seolah-olah paradoks sebab di awal menyatakan tidak pesimis tetapi di bagian akhir pidato, Prabowo menyinggung soal negara hancur.

“Substasinya lebih banyak menyampaikan kecemasan seperti membenarkan strategi firehood of falsehood dengan mengatakan bahwa Indonesia seperti badan yang sakit. Padahal apa yang dikatakannya sakit, tak jelas. Apanya yang sakit? Semua baik-baik saja,” tuturnya.

“Apalagi di saat pidato penutupan Prabowo mengatakan lebih baik hancur daripada dijajah kembali? Ini sebuah paradoks. Di awal mengatakan tidak pesimis, tetapi di akhir bilang hancur. Ini mengulangi kembali narasi pesimismenya,” sambungnya.

Karena itu, Ace menegaskan tak ada hal yang baru dari pidato kebangsaan Prabowo. Menurut Ace, Prabowo justru kembali memperlihatkan kecemasan kepada rakyat.

“Dari apa yang disampaikan Prabowo dalam pidato kebangsaannya, tidak ada yang baru. Tak ada tawaran program yang konkret dan solutif. Kembali mempertontonkan kecemasan untuk meraih simpati. Tapi gagal memberikan tawaran yang dapat meyakinkan rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan pidato kebangsaannya tentang swasembada energi pangan dan air. Prabowo berbicara tentang badan Republik Indonesia yang disebutnya tengah sakit.

“Saudara-saudara sekalian, kita tadi mendengarkan masukan-masukan, temuan-temuan tentang kondisi yang dihadapi oleh bangsa kita saat ini dan sudah berapa kali saya sampaikan bahwa kalau kita ingin dengan jujur, dengan realistis, dengan berani untuk meneliti diri kita sendiri, meneliti badan kita sendiri,” kata Prabowo di Semarang, Jumat (15/2/2019).

Prabowo juga bicara banyak hal mengenai kondisi bangsa. Mantan Danjen Kopassus ini berjanji mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

“Demikian yang ingin saya sampaikan, para pakar rela berjuang dengan keahlian masing-masing, kita akan mencari solusi-solusi dari masalah-masalah kesulitan-kesulitan bangsa kita. Insyaallah kita akan mencapai, kita yakin Indonesia menang,” kata Prabowo.
(knv/aud)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kepribadian Penyuka Dekorasi Rumah Tak Biasa, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta – Ada beragam upaya yang dapat ditempuh untuk mempercantik setiap sudut rumah. Pilihan furnitur dan dekorasi tentu menjadi faktor yang tidak kalah penting. Setiap orang tentunya bisa memilih sesuai dengan selera seperti dekorasi yang tak biasa.

Fimela.com merangkum, ahli desain interior Thom Filicia menyampaikan bahwa memajang dekorasi-dekorasi yang keluar jalur dari dekorasi inti atau bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan kehidupan pemilik rumah berarti ia tidak puas dengan kehidupannya kini.

Hal tersebut seperti rumah yang didesain seakan-akan pemilik rumah memiliki hobi berburu hewan memilih pajangan tanduk rusa, senapan laras panjang, topi koboi lengkap dengan karpet imitasi kulit hewan.

Padahal pada kenyataannya, ia tak pernah pergi ke hutan, dan hal ini menimbulkan pertanyaan. Dekorasi unik dan aneh yang tidak seharusnya ada di rumah mungkin memang terlihat artistik.

Namun di balik itu, hal tersebut dapat menimbulkan gambaran kepribadiannya tidak terlalu baik. Kendati demikian, tidak semua pajangan dapat dianggap sama seperti ini.

Ada pula kemungkinan lain seperti rancangan desain interior yang menyarankan adanya pajangan tersebut. Lantas, bagaimana dengan dekorasi rumah yang Anda pilih? Apakah sudah sesuai keinginan? (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: