3 Alasan Liga Champions Musim Ini Bakal Lahirkan Juara Baru

Liputan6.com, Jakarta Liga Champions saat ini sudah memasuki fase knock-out. Pertandingan leg pertama babak 16 besar pun telah selesai digelar

Tim-tim seperti Paris Saint Germain (PSG), Atletico Madrid, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Real Madrid hampir memastikan lolos ke perempat final. Sedangkan Barcelona, Bayern Munchen, Liverpool masih harus menunggu dengan cemas hingga minggu pertama Maret untuk mengetahui nasib mereka.

Liga Champions telah didominasi tiga serangkai Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munchen selama 5-6 tahun terakhir. Dan Real Madrid telah benar-benar memenangkan tiga trofi Liga Champions berturut-turut dari 2016 hingga 2018.

Namun, mungkin musim ini terlihat ada perubahan keseimbangan kekuatan Pasalnya, beberapa tim yang tidak difavoritkan memiliki kemungkinan kuat untuk memenangkan trofi utama.

Karena itu pula ada 3 alasan mengapa Liga Champions musim ini kemungkinan bakal memiliki juara baru

2 dari 4 halaman

Manchester City

City dan PSG telah mencetak jumlah gol terbanyak di Liga Inggris dan Ligue 1 Prancis sejauh ini, dan memiliki kelebihan untuk maju terus di Liga Champions.

City telah mencetak 127 gol dalam 43 pertandingan di musim yang sedang berlangsung sejauh ini, dan bisa dibilang memiliki lini tengah terbaik di dunia.

Penyerang City yang terdiri dari Sergio Aguero dan Raheem Sterling juga sangat kuat. Dan, keduanya secara konsisten mendapat umpan dari lini tengah, yang dihuni gelandang serang yang hebat seperti David Silva, Kevin De Bruyne dan Riyad Mahrez.

Namun, penampilan tandang City masih menjadi perhatian musim ini. Pasalnya, mereka selalu kalah dari tim-tim seperti Newcastle United dan Lyon.

Manajer City, Pep Guardiola, tentu sangat berharap timnya bisa memenangkan gelar Liga Champions perdananya. Guardiola sukses menanamkan filosofi passing sepakbola di City.

3 dari 4 halaman

PSG

PSG juga bisa dibilang memiliki penyerang terbaik di dunia, dengan pemain-pemain seperti Neymar, Edinson Cavani, Angel Di Maria, dan Kylian Mbappe.

Mereka telah mengalahkan tim seperti Liverpool, Napoli dan Manchester United, dan dapat menjadi lawan yang berbahaya bagi tim mana pun di dunia.

Mbappe yang sensasional telah mencetak 24 gol musim ini sejauh ini dan tetap menjadi pemain muda terbaik di dunia. Meskipun Neymar menderita masalah cedera dan Cavani sudah melewati masa jayanya, PSG secara realistis berharap untuk memenangkan Liga Champions tahun ini.

Mereka dengan nyaman mengalahkan Manchester United 2-0 di leg pertama Babak 16 di Old Trafford. Tentu saja, sukses ini hampir pasti bisa membawa PSG mencapai perempat final.

4 dari 4 halaman

Atletico Madrid

Atletico Madrid secara mengejutkan sukses mengalahkan Juventus 2-0 di Wanda Metropolitano. Ini seakan menunjukan kekuatan Atletico di kandang sendiri.

Mereka hanya kehilangan satu pertandingan kandang di musim ini, usai dikalahkan Real Madrid.

Atletco juga memiliki beberapa pemain yang sangat bagus, seperti Antoine Griezmann, Diego Godin dan Saul Niguez. Griezmann telah mencetak 18 gol sejauh musim ini, dan terus menjadi jimat Atletico.

Atletico tidak mungkin menyerahkan keunggulan 2 gol mereka saat melawan Juventus. Mereka bahkan mungkin bisa beruntung di momemen ketiga kalinya tahun ini, setelah kalah di dua final Liga Champions melawan Real Madrid pada 2013-14 dan 2015-16.

Bertemu Budayawan Jabar, Sekjen PDIP Cerita Upaya Pemerintah Bersihkan Citarum

Liputan6.com, Bandung – Rombongan Safari Kebangsaan VIII yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bertemu budayawan Jawa Barat di kediaman aktor Indonesia, Budi Dalton di Kota Bandung. Turut hadir juga sejumlah budayawan dan seniman seperti Edi Brokoli.

Budi mengatakan, banyak sekali program yang disinergikan dengan para budayawan di Jawa Barat, khususnya yang ada di pinggiran yang jarang tersentuh.

“Saya tidak mewakili, tetapi saya sebagian kecil pelaku budaya, berterima kasih pada PDI Perjuangan, yang telah meluangkan waktunya mendengarkan keluhan budayawan Jabar,” ungkap Budi di lokasi, Jum’at (22/2/2019).

Menurut Budi, target dari berbagai macam programnya adalah kaum milenial dan wilayah yang belum tersentuh.

“Sebetulnya di kalangan milenial sekarang melakukan sesuatu dengan cara masing-masing. Jadi perlu dirangkul dan diarahkan,” tutur dia.

Di saat bersamaan, Hasto turut menyatakan Jabar kaya dengan tradisi kebudayaan. Namun, jika modernitas berdiri tanpa keseluruhan jati diri, maka kebudayaan akan kehilangan akarnya.

“Untuk itu, berbagai strategi kebudayaan harus dijalankan bersama-sama karena sangat sesuai dengan kepribadian kita apalagi di Jawa Barat,” ujar Hasto.

Hasto berharap, dari pertemuan ini para tokoh kebudayaan dapat memperindah politik pada kesejatiannya. Yaitu, dengan kebudayaan tariannya, kuliner dan seluruh nilai luhur bangsa.

“Sekali lagi, kami bertemu dengan para tokoh kebudayaan ini untuk mendorong hijrah politik menjadi wajah yang membangun keadaan politik yang santun, yang toleran, yang mencintai seluruh isi alam raya,” tukas Hasto.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Citarum

Hasto juga mengajak para seniman dan budayawan menjadi bagian penting dalam upaya pelestarian lingkungan di Jabar.

Menurutnya, salah satu langkah konkret pelestarian lingkungan adalah menjaga sumber mata air di Sungai Citarum.

Hasto mengatakan, pemerintahan Jokowi telah berupaya keras agar bisa membersihkan Sungai Citarum dari sampah plastik. Selain itu, pelestarian terhadap kesenian, adat istiadat hingga makanan juga perlu dilakukan.

“Inilah yang membuat politik benar-benar membumi. JokowiKiai Ma’ruf, turun ke rakyat dan menyentuh hal-hal yang fundamental. Tidak lagi bicara fitnah, tebar hoaks sana-sini tetapi benar-benar yang dibutuhkan rakyat,” tandas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Peneliti: Pria dengan Tubuh Pendek Lebih Mudah Marah Dibanding yang Tinggi

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyebut bahwa pria yang memiliki ukuran tubuh pendek lebih agresif dibandingkan rekan-rekannya yang lebih tinggi.

Situs Bright Side menggali jauh ke dalam studi ini dan juga memeriksa studi kontradiktif lainnya untuk sampai ke inti masalah.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Pusat Pengendalian Penyakit di Atlanta, Georgia, orang yang lebih pendek cenderung lebih mudah terbakar amarah dan lebih ganas daripada orang yang tinggi.

Para ilmuwan mengamati 600 pria, berusia antara 18 dan 50 tahun, dan menemukan bahwa mereka yang merasa kurang maskulin atau terintimidasi karena tinggi badan, akan tiga kali lebih mungkin melakukan serangan kekerasan atau tindakan kriminal.

Para ilmuwan mengatakan ini adalah hasil dari tingkat “stres laki-laki” yang menyebabkan mereka menjadi lebih agresif.

Karena stereotip sosial, salah satu cara pria merasa kurang maskulin adalah ketika mereka merasa bahwa tinggi badan mereka lebih pendek daripada rata-rata.

Para ilmuwan mengatakan pria yang lebih pendek bertindak lebih agresif untuk menebus kekurangan tinggi badan mereka.

Sindrom ini secara populer dikenal sebagai “kompleks Napoleon.” Ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1926 oleh psikoanalis Austria Alfred Adler.

Pada tahun 2018, psikolog evolusi Mark van Vugt dan tim peneliti di Vrije Universiteit Amsterdam menemukan bukti kompleks Napoleon pada pria.

Mereka sampai pada kesimpulan bahwa pria yang berperilaku pendek lebih agresif dalam interaksi dengan pria yang lebih tinggi. Menurut para ahli, orang yang lebih pendek memiliki perasaan kerentanan yang lebih kuat dan tingkat paranoia yang lebih tinggi.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Bantahan dari Penelitian Selanjutnya

Pada tahun 2007, penelitian oleh University of Central Lancashire menunjukkan bahwa kompleks Napoleon kemungkinan besar adalah mitos.

Studi ini menemukan bahwa pria pendek lebih kecil kemungkinannya untuk kehilangan kesabaran dibandingkan pria dengan tinggi rata-rata.

Selama percobaan, subjek diharuskan berduel satu sama lain dan detak jantung mereka dipantau. Monitor jantung mengungkapkan bahwa pria yang lebih pendek cenderung kehilangan kesabaran dan membalas.

MU vs Liverpool: Ole Solskjaer Berharap Keajaiban

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) akan menjamu Liverpool di Anfield Stadium, Minggu (24/2/2019) dalam lanjutan Liga Inggris. Di laga ini, manajer carataker MU, Ole Gunnar Solskjaer, berharap keajaiban.

Di laga melawan Liverpool, Setan Merah, sebutan MU, kehilangan dua pemain andalannya, Jesse Lingard dan Anthony Martial. Keduanya mengalami cedera saat melawan Paris Saint-Germain, pekan lalu.

“Saya pikir, kami tidak akan melihat mereka dalam pertandingan berikutinya (melawan Liverpool). Namun mari berharap ada keajaiban,” kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi MU.

“Mari berharap mereka sembuh dengan cepat. Namun, sepertinya mereka akan menepi selama dua atau tingga minggu,” ujarnya menambahkan.

Tanpa adanya Lingard dan Martial, MU akan mengandalkan Juan Mata, Romelu Lukaku, dan Marcus Rahford. Tiga pemain itu berada di lini depan Setan Merah saat menang 2-0 atas Chelsea pada ajang Piala FA.


2 dari 3 halaman

De Gea Kembali

Perubahan akan dilakukan Solskjaer di posisi kiper, meski Sergio Romero tampil mengesankan di bawah mistar gawang MU saat melawan Chelsea, Senin (18/2/2019) atau Selasa dini hari. David De Gea akan mengawal gawang MU saat melawan Liverpool.

Kiper asal Spanyol itu belum pernah kehilangan menit bermain di Liga Inggris musim ini. De Gea juga mengincar clean sheet ketiga secara beruntun, setelah mengalahkan Fulham dan Leicester City.

Untuk urusan bek tengah, Solskjaer tidak terlalu pusing. Dia punya empat pemain yang bisa dimainkan, yakni Victor Lindelof, Eric Bailly, Phil Jones, dan Chris Smalling. Pemain lainnya, Marcos Rojo juga mendekati kebugaran setelah latihan dalam beberapa minggu terakhir.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris


Saksikan video pilihan berikut ini:

Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Detikcom Beber Kronologi Dugaan Persekusi Wartawannya di Munajat 212

Liputan6.com, Jakarta – Acara Munajat 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Februari 2019 menyisakan cerita. Sejumlah wartawan dikabarkan mengalami persekusi.

Persekusi diduga dilakukan sejumlah massa yang menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI) pada Kamis malam tersebut. Wartawan dari CNN Indonesia TV dan Detikcom diduga menjadi korban persekusi.

Detikcom memberikan konfirmasi terkait kebenaran karyawannya bernama Satria Kusuma yang mengalami persekusi.

Melalui laman resminya, Detikcom menjelaskan kejadian bermula saat Satria mengabadikan momen saat ada copet yang tertangkap.

Satria yang juga bersama wartawan lain, diminta untuk menghapus rekaman video yang diambilnya. Karena massa banyak, Satria menghapus video tersebut.

Namun kejadian tak berhenti sampai di situ. Satria justru digiring dibawa ke tenda VIP mereka. Di dalam tenda VIP tersebutlah diduga persekusi terhadap Satria semakin menjadi.

Ia sempat dipukul dan diminta berjongkok. Tak sampai di situ, mereka yang menggunanakan pakaian serba putih itu tahu jika Satria adalah wartawan detikcom, sehingga tindakan intimidatif dalam bentuk verbal pun terjadi.

Berikut kronologi lengkap Detikcom tentang dugaan persekusi wartawan yang dimuat dalam laman resminya:

Wartawan detikcom atas nama Satria Kusuma mengalami penganiayaan dan kekerasan saat sedang menjalankan tugas jurnalistik. Kejadian itu berlangsung saat Satria sedang meliput acara Malam Munajat 212, Kamis (21/2/2019) di Monas.

Sekitar pukul 20.30, terjadi kericuhan yang posisinya di dekat pintu keluar VIP, arah bundaran patung Arjuna Wiwaha. Menurut informasi yang beredar, kala itu ada seorang copet yang tertangkap.

Satria pun langsung mengabadikan momen itu dengan kamera ponsel. Satria tidak sendirian. Saat itu ada wartawan lain yang juga merekam peristiwa tersebut.

Pada saat merekam video itulah Satria dipiting dan kedua tangannya dipegangi. Mereka meminta Satria menghapus video yang sudah direkamnya. Karena dipaksa sedemikian rupa dan jumlah orang yang berkerumun semakin banyak, Satria akhirnya setuju rekaman video itu dihapus.

Satria lalu dibawa ke ruangan VIP mereka. Di dalam tenda tersebut, intimidasi terus berlanjut. Adu mulut terjadi lagi saat mereka meminta ID card Satria buat difoto. Tapi Satria bertahan, memilih sekadar menunjukkan ID card dan tanpa bisa difoto.

Dalam ruangan yang dikerumuni belasan–atau mungkin puluhan–orang berpakaian putih-putih tersebut, Satria juga sempat dipukul dan diminta berjongkok. Tak sampai di situ, mereka yang tahu Satria adalah wartawan detikcom juga sempat melakukan tindakan intimidatif dalam bentuk verbal.

Singkat cerita, ketegangan sedikit mereda saat Satria bilang pernah membuat liputan FPI saat membantu korban bencana Palu. Begitu pun saat mereka mengetahui benar-benar bahwa Satria bukan wartawan ‘bodrex’. Pun mereka juga tahu bahwa Satria sudah berkomitmen akan menghapus semua video di ponselnya.

Satria dilepas setelah diajak berdiskusi dengan salah satu dari mereka, yang mengaku sebagai pihak keamanan Malam Munajat 212 dan mereka kebetulan sesama orang Bogor. Namun jaminannya bukan ID card dan KTP yang diberikan, melainkan kartu pelajar. Satria pun dilepas dan kembali menuju kantor.

Terkait tindak kekerasan dan penghalangan kerja jurnalistik ini, detikcom melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Dengan harapan kejadian serupa tidak terjadi terhadap wartawan lain yang sedang menjalankan fungsi jurnalistik.

detikcom mengutuk keras kekerasan terhadap jurnalis dan upaya menghalangi peliputan jelas melanggar UU Pers, terutama Pasal 4 tentang kemerdekaan pers. detikcom adalah media yang independen, objektif, dan berimbang dan mendukung penuh perjuangan terhadap kebebasan pers.

2 dari 3 halaman

Wartawan CNN Indonesia TV

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/2/2019) Koordinator Liputan (Korlip) CNN Indonesia TV Joni Aswira yang saat kejadian berada di lokasi menjelaskan, malam itu belasan jurnalis dari media berkumpul di sekitar pintu masuk VIP dekat panggung acara. Mereka menunggu sejumlah narasumber untuk melakukan wawancara.

Namun pada pukul 21.00 WIB, terjadi keributan di tengah suara selawatan. Diduga ada pencopet yang ditangkap oleh sejumlah massa. Mendadak sontak kejadian itu memancing para jurnalis mendekati lokasi kejadian, termasuk pewarta foto CNN Indonesia TV.

Menurut pengakuan Joni, kamera jurnalis cukup mencolok, sehingga menjadi bahan buruan beberapa orang. Mereka mengintervensi wartawan foto tersebut untuk segera menghapus gambar kericuhan yang sempat tertangkap.

“Kalian dari media mana? Dibayar berapa? Kalau rekam yang bagus-bagus saja, yang jelek enggak usah,” ucap Joni menirukan oknum massa, Jumat (22/02/2019).

Joni melanjutkan, nasib serupa dialami wartawan Detikcom saat sedang merekam kericuhan. Massa menyuruhnya menghapus gambar, tapi wartawan itu tak mau memberikan ponselnya.

“Massa kemudian menggiring wartawan Detikcom ke dalam tenda VIP sendirian. Meski telah mengaku sebagai wartawan, mereka tetap tak peduli. Di sana, dia juga dipukul dan dicakar, selain dipaksa jongkok di tengah kepungan belasan orang,” ucap dia.

Jurnalis CNNIndonesia yang meliput di lokasi kejadian ikut menjadi saksi kekerasan tersebut. Sementara jurnalis Suara yang berusaha melerai kekerasan dan intimidasi itu terpaksa kehilangan ponselnya.

Koordinaror Humas Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin menampik adanya penganiayaan terhadap wartawan. Namun, dia membenarkan ada pencopet yang diamankan oleh massa.

“Enggak ada. Namanya kan ada copet, jadi laskar (massa) tuh ngamanin semuanya, semuanya diamanin. Kan, kita enggak tahu mana beneran wartawan mana bukan, takutnya kan cuma ngaku aja. Makanya diamanin,” katanya.

Novel juga menjelaskan, pada saat kejadian, tak terlihat tanda pengenal yang diduga wartawan tersebut. Namun, setelah diketahui kalau itu wartawan, pihaknya langsung melepasnya.

“Nah, itu enggak ada. Enggak dipakai. Pas diamanin, terus ditanya-tanya ya kita lepas pas tahu itu wartawan,” ucapnya memungkasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lakukan 3 Hal Ini saat Anda Kehilangan Motivasi saat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta – Bekerja keras setiap hari tentunya akan membuat Anda bosan dan kehilangan semangat serta motivasi. Hal ini sangat wajar, dan sering terjadi oleh para pekerja.

Saat itu tiba, sungguh sulit untuk mengembalikan mood, dan tentunya pekerjaan yang biasanya Anda lakukan akan terasa semakin berat serta pada akhirnya membuat semua pekerjaan terbengkalai.

Namun ternyata hal ini dapat teratasi dengan mudah, mau tahu hal apa saja yang harus Anda lakukan? Dilansir dari Lifehack.org, berikut 3 tips yang dapat mengembalikan motivasi Anda dalam bekerja:

1. Semangatilah Diri Anda dengan Kata-Kata Positif

Jika semangat Anda telah memudar, maka motivasi diri Anda dengan hal-hal dan kata-kata yang positif. Misal, “Aku bisa”, “Aku mampu”. Penuhi pikiran Anda dengan hal-hal positif, bayangkan jika semua tugas Anda selesai dan reward apa yang akan didapatkan.

2 dari 2 halaman

2. Atur Pekerjaan dengan Baik

Jika Anda mendapatkan tugas yang cukup besar dari atasan, maka aturlah dengan baik tugas tersebut. Misal, membaginya kedalam beberapa bagian sehingga Anda mudah untuk mengaturnya.

3. Temukan Motivasi Intrisik Anda

Meskipun saat ini Anda berada dalam pekerjaan yang tidak begitu disukai, namun cobalah untuk menemukan sisi baik dari pekerjaan tersebut sehingga Anda kembali bersemangat lagi.

Cardiff Ceroboh, Uang Duka Emiliano Sala Terancam Tidak Cair

Liputan6.com, Jakarta Emiliano Sala telah dimakamkan di kampung halamannya, Argentina, akhir pekan lalu. Namun pihak keluarga terancam kehilangan uang pensiun Sala gara-gara kecerobohan Cardiff City.

Menurut Times, setiap pemain otomatis masuk dalam skema dana pensiun Asosiasi Pemain Profesional Britania Raya (PFA) saat pertama kali terdaftar di kompetisi papan atas. Dan besarnya uang duka yang disediakan oleh PFA mencapai angka 600 ribu euro atau setara Rp9.5 Miliar.

Dana ini juga berlaku bagi pemain non Premier League yang rutin membayar iuran kepada PFA.

Seperti diketahui, Sala tercatat sebagai pemain Cardiff City saat kecelakaan merenggut nyawanya. Pria berusia 28 tahun itu diboyong dari klub Prancis, Nantes dengan nilai transfer sebesar 15 juta poundsterling dan menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan klub asal Wales tersebut.

Namun seperti dilansir The Sun, Cardiff ternyata melakukan kesalahan saat perekrutan Sala. Ada berkas yang tidak lengkap saat mereka mendaftarkan pemain Argentina itu ke Premier League.

Cardiff kemudian diminta untuk memperbaikinya dan meminta tanda tangan Sala. Sayang, sebelum perbaikan dilakukan, Sala sudah keburu mengalami kecelakaan. Pesawat yang membawanya dari Nantes ke Cardiff, jatuh dan tenggelam di Selat Inggris, 21 Januari 2019 lalu.

Jenazah Sala sempat sulit ditemukan. Namun lewat pencarian tak kenal lelah dari tim pencari independen, jasad Sala pun akhirnya terdeteksi bersama puing pesawat yang ditemukan di dasar laut Selat Inggris. Setelah menjalani visum, jenazah dibawa ke Argentina dan dimakamkan di sana.

Kecerobohan Cardiff dalam melengkapi dokumen Sala membuat pihak keluarga terancam kehilangan uang duka dari PFA. Carfiff pun kabarnya tengah berusah memperbaiki kesalahan itu.


2 dari 2 halaman

Bantah Korupsi

Masalah lain juga muncul setelah kematian Sala. Beredar isu yang menyebutkan bahwa proses transfer yang dilakukan dari Nantes terindikasi korupsi. Namun hal ini segera dibantah oleh broker yang menjadi perantara transfer Emiliano Sala, Willie McKay. Menurutnya, transfer itu bersih.

Dia pun membela manajer Cardiff City, Neil Warnock. “Tidak ada yang kami sembunyikan. Rumor itu murahan, benar-benar murahan,” ujar McKay marah. “Saya sudah muak dengan itu. Saya heran orang-orang mengatakan ini. Saya menunggu telepon dari FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris).”

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Kisah Pilu Pengungsi Suriah yang Kehilangan 7 Anak di Kebakaran Kanada

Liputan6.com, Halifax – Kenyataan suram menghampiri keluarga Barho setelah tujuh anaknya tewas dalam sebuah kebakaran rumah di Kota Halifax, Provinsi Nova Scotia, Kanada.

Keluarga Suriah itu mendapat suaka di Kanada pada 2017, setelah melarikan diri dari perang saudara yang menghancurkan negara asal mereka, demikian sebagaimana dikutip dari CNN pada Kamis (21/2/2019).

Kebakaran itu terjadi pada Selasa 19 Februari 2019 dini hari, kata Kepolisian Daerah Halifax dalam sebuah pernyataan. Seorang tetangga mengatakan dia mendengar suara keras saat api mulai berkobar.

“Saya melompat dari tempat tidur dan melihat ke luar jendela belakang. Hal yang bisa saya lihat hanyalah nyala api keluar dari pintu dapur, dan membakar sebagian besar geladak mereka,” ujar Danielle Burt kepada CBC.

“Itu terjadi sangat cepat. Rumah itu terbakar api dengan cepat,” lanjutnya.

Sang ayah, Ebraheim Barho, terluka parah ketika berusaha menyelamatkan anak-anaknya, dan kini dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

“Dia masih belum sadarkan diri,” ujar East Hants, petugas HEART Society, relawan pengungsi yang mensponsori keluarga mersebut di Nova Scotia.

Sang ibu, Kawthar Barho, berhasil melarikan diri dari kebakaran tanpa terluka, tetapi tampak terguncang karena kehilangan anak-anaknya.

“Dia merasa sulit untuk menerima apa yang telah terjadi, dia hanya mengulangi nama anak-anaknya berulang kali, dan meminta untuk bertemu dengan mereka,” kata Natalie Horne, anggota HEART Society lainnya, kepada stasiun televisi CBC.

Dalam siaran resminya, HEART Society menulis bahwa selama satu setengah tahun terakhir, seluruh anak Barho bisa kembali menikmati hidup seperti pada umumnya: pergi ke sekolah, mengendarai sepeda, berenang, memiliki teman, berlari di halaman, merayakan pesta ulang tahun dan bergaul dengan tetangga sebaya.

“Kebakaran menyudahi hari-hari bahagia yang singkat itu.”


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Disambut dengan Hangat

Kembali pada September 2017, keluarga Barho menerima sambutan hangat ketika mereka pertama kali datang ke Kanada.

Sebuah video yang diunggah di YouTube memperlihatkan bagaimana keluarga Barho menuruni eskalator Bandara Internasional Halifax, disambut hangat oleh sebuah kerumunan kecil.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang telah berupaya keras menjadikan Kanada tempat yang ramah bagi para pengungsi, menyatakan belasungkawa dalam sebuah twit.

Aksi simpati juga dilakukan oleh warga setempat dengan memulai penggalangan dana online melalui GoFundMe, beberapa saat setelah berita kebakaran twersebut menyebar.

Hingga Rabu sore, aksi tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 279 ribu dolar Kanada (setara Rp 2,9 miliar), yang akan digunakan untuk membantu biaya pemakaman, perawatan korban yang masih hidup, dan membangunkan rumah pengganti yang layak.

Banyak orang berdatangan untuk meletakkan bunga sebagai tanda bela sungkawa di depan lokasi bekas kebakaran. Doa bersama juga dilakukan di sana, selama dua hari berturut-turut sejak tragedi tersebut.

“Saya tidak bisa berkata-kata, tentu sangat menyedihkan seorang ibu kehilangan seluruh anaknya,” kata Melissa Hawks, salah satu tetangga kepada CBC.

“Saya harap dia tahu bahwa seluruh warga di sini akan selalu ada untuknya, dan saya juga berharap seiring waktu dia akan bisa kembali kuat,” lanjutnya.

Wall Street Tertekan Pelemahan Data Ekonomi

Liputan6.com, New York – Bursa Amerika Serikat (AS) atau Wall Street tertekan laporan ekonomi yang melemah, usai terjadinya penguatan bursa baru-baru ini. Penurunan saham perawatan kesehatan turut memperlemah pasar saham.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average turun 103,81 poin, atau 0,4 persen, menjadi 25.850,63. Sementara indeks S&P 500 kehilangan 9,82 poin, atau 0,35 persen, menjadi 2.774,88 dan Nasdaq Composite turun 29,36 poin, atau 0,39 persen, menjadi 7.459,71. S&P 500 mengakhiri penguatannya yang terjadi selama tiga hari.

Pasar saham kali ini dipengaruhi data ekonomi. Departemen Perdagangan AS mengatakan pesanan baru untuk barang-barang modal utama buatan AS secara tak terduga turun pada Desember. Ini menunjukkan terjadi perlambatan dalam bisnis untuk peralatan yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi AS.

Selain itu, data lain menunjukkan ukuran Federal Reserve Philadelphia terkait aktivitas bisnis Mid-Atlantic AS menurun pada Februari ke level terlemah sejak Mei 2016.  Sementara laporan lain menunjukkan penjualan rumah di AS turun pada bulan lalu ke level terendah sejak November 2015.

“Kami memiliki pelemahan data yang memungkinkan investor untuk mengambil keuntungan,” kata Paul Nolte, Manajer Portofolio di Kingsview Asset Management di Chicago.

Namun, dia mengakui jika sedikit terkejut dengan adanya beberapa kelemahan dalam data. Beberapa di antaranya terkait perdagangan.

Adapun penguatan pasar saham yang terjadi baru-baru ini didorong oleh harapan kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China dan sinyal dovish dari Federal Reserve. Bahkan, indeks S&P 500 sempat berada mendekati pososi tertinggi dua bulan dan naik sekitar 18 persen sejak level terendahnya di akhir Desember.

Amerika Serikat dan China telah mulai menguraikan komitmen pada masalah-masalah paling sulit dalam perselisihan perdagangan keduanya. Ini menandai kemajuan paling signifikan terkait perang dagang. Bahkan keduanya berusaha mencapai kesepakatan sebelum 1 Maret, Reuters melaporkan.

Perlambatan pertumbuhan global yang tajam, terutama di Cina dan Eropa, bersama dengan memudarnya stimulus fiskal dan ketegangan perdagangan telah memicu kekhawatiran tentang kondisi ekonomi AS baru-baru ini.

Adapun saham yang terpuruk kali ini, antara lain milik saham Pizza Domino yang anjlok 9,1 persen setelah kehilangan estimasi analis terkait penjualan secara kuartalan.

Kemudian Saham Nike Inc turun 1 persen setelah sepatu sneaker yang dikenakan oleh bintang bola basket Zion Williamson terbelah dua selama pertandingan.

 Sekitar 6,9 miliar saham berpindah tangan di bursa AS. Itu dibandingkan dengan rata-rata harian 7,3 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.