ODGJ Kehilangan Hak Pilih dalam Pemilu 2019, Jika…

Selain enam pasien ODGJ, terdapat pula 10 pasien yang sedang menjalani rehabilitasi ketergantungan napza juga memberikan suaranya dalam pemilu serentak 2019.

Ahmad mengaku ini bukan pertama kalinya ODGJ memberikan hak suaranya dalam Pemilu. Menurut Ahmad, isu pasien ODGJ bisa memberikan suara dalam pemilu menjadi marak karena baru tahun ini dicantumkan dalam UU.

“Pemilu sebelumnya juga sudah ada, selalu ada yang berpartisipasi di pemilu,” ucapnya.

Ahmad menerangkan untuk pencoblosan di RSJ Ghrasia berbeda dengan rumah sakit kebanyakan. Jika di rumah sakit, bilik dan kotak suara diputar dari kamar ke kamar, namun di RSJ Ghrasia pasien bisa langsung datang ke bilik dengan didampingi perawat.

Di dalam RSJ Ghrasia terletak TPS 23 Pakembinangun Pakem dan untuk jadwal pencoblosan kemungkinan dilakukan siang hari.

“Perawat hanya mengantar sampai TPS, nanti di dalam bilik pasien sendirian mencoblos,” kata Ahmad.

Ia juga menegaskan rumah sakit tidak intervensi atau mengarahkan pilihan ODGJ. Ia beralasan, sebagai ASN netralitas harus dijaga. Terlebih, pasien ODGJ mampu pilih juga tidak bisa diarahkan karena mereka sudah mengetahui siapa yang akan mereka pilih.

“Jumat lalu, KPU lewat KPPS setempat juga sudah sosialisasi,” ucapnya. 

Simak video pilihan berikut ini:

KPU pastikan semua masyarakat dapatkan hak pilih dalam Pemilu 2019. Termasuk penderita gangguan jiwa tepatnya disabilitas mental.

Merinding Lihat Kampanye Akbar Prabowo, Habiburokhman Sampai Kehilangan Sandal

Jakarta – Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengaku merinding melihat massa kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di GBK, Jakarta. Sendal Habiburokhman sampai hilang. Begini ceritanya.

Habiburokhman mengaku sudah berada di GBK sejak subuh. Dalam hitungan menit, dia menyebut massa secara tiba-tiba memenuhi GBK.

“Tadi saya menjelang jam 3 (pagi) belum begitu ramai, tapi dalam hitungan menit tiba-tiba ramai. Ini luar biasa, saya tidak pernah mengalami kejadian seindah ini ya, sedramatis ini, sampai tadi merinding melihat langsung antusiasme masyarakat yang menginginkan perubahan,” ucap Habiburokhman di GBK, Minggu (7/4/2019).

Dia mengaku pihaknya tidak memobilisasi massa. Saking ramainya, Habiburokhman mengaku kehilangan sandal.

“Kita sendiri nggak lakukan mobilisasi, nggak datangkan orang dan sebagainya seperti kampanye zaman dulu. Ini benar-benar inisiatif dan antusiasme masyarakat melakukan apa yang dia bisa, menyerahkan apa yang dia punya demi kemenangan Prabowo-Sandi,” ucap Habiburokhman.

“Sampai sandal hilang nih, akhirnya nyeker,” sebut dia.
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Julian Assange Kehilangan Suaka, Sudah Dinanti Amerika

Jakarta – Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, akan kehilangan suaka di Kedutaan Besar (Kedubes) Ekuador di London, Inggris. Sebabnya, Assange dianggap ‘berulang kali melanggar’ ketentuan suakanya.

Warga Australia ini sudah tujuh tahun berlindung di Kedubes Ekuador. Pemerintah Ekuador menduga Assange atau WikiLeaks berperan atas tersebarnya foto Presiden Ekuador, Lenin Moreno, saat tinggal di Eropa beberapa tahun lalu. Foto-foto itu tersebar di media sosial.

Moreno sendiri tak secara langsung mengatakan Assange pelaku penyebaran foto-foto tersebut. Namun Moreno sudah mengingatkan Assange tidak punya hak ‘meretas akun-akun pribadi maupun telepon-telepon’. Termasuk tidak bisa mencampuri politik negara lain, khususnya yang punya hubungan baik dengan Ekuador.

“Tuan Assange telah melanggar kesepakatan yang kami capai dengannya dan penasihat hukumnya, terlalu banyak,” sebut Moreno dalam wawancara dengan Ecuadorian Radio Broadcasters’ Association, seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (5/4/2019).

“Bukannya dia tidak bisa berbicara dan mengekspresikan dirinya secara bebas, tapi dia tidak bisa berbohong ataupun meretas akun-akun privat atau telepon,” imbuhnya.

Akun Twitter WikiLeaks pada Jumat (5/4) waktu setempat, seperti dilansir media Inggris, Evening Standard, menyebutkan Assange akan diusir dari Kedubes Ekuador di London ‘dalam hitungan jam hingga hari’. Kicauan itu didasarkan WikiLeaks dari ‘seorang sumber level tinggi’.

Juventus Kehilangan 9 Pemain Lawan Cagliari, Termasuk Ronaldo

Dengan sembilan pemain yang mengalami cedera, tidak banyak pilihan bagi pelatih Massimiliano Allegri. Apalagi untuk mengisi lini serang. Praktis Allegri hanya punya bomber muda Moise Kean yang bisa diandalkan sebagai juru gedor.

Kean sendiri dalam performa yang bagus belakangan ini. Pemain berusia 18 tahun sukses mencetak tiga gol pada tiga laga terakhirnya. Termasuk satu laga saat bermain untuk timnas Italia.

Allegri juga membawa sejumlah pemain dari tim muda untuk laga melawan Cagliari. Pemain tersebut yakni Grigoris Kastanos, Hans Nicolussi Caviglia, dan Stephy Mavididi.

Skuat lengkap Juventus untuk laga melawan Cagliari:

Penjaga Gawang: Szczesny, Pinsoglio, Del Favero;

Belakang: De Sciglio, Chiellini, Caceres, Alex Sandro, Bonucci, Cancelo, Rugani;

Gelandang: Pjanic, Matuidi, Emre Can, Bentancur, Kastanos, Nicolussi Caviglia;

Penyerang: Kean, Bernardeschi, Mavididi

Sumber: Bola.net

Persebaya Terancam Kehilangan Ruben Sanadi di Semifinal Piala Presiden

Namun, dr. Tommy, sapaan akrab Pratama Wicaksana berkeyakinan bahwa Ruben akan pulih lebih cepat dari yang diperkirakan. Sebab, bek 32 tahun tersebut dinilai punya kemauan untuk segera pulih dari cedera.

“Kami yakin, dia bisa pulih dengan cepat. Ruben tipikal pemain yang disiplin dan penuh motivasi untuk segera kembali bermain,” Tommy menambahkan.

Dan, sebagai salah satu upaya agar bisa segera pulih, Ruben menjalani terapi platelet rich plasma (PRP). Terapi ini dapat merangsang pertumbuhan sel dan mempercepat penyembuhan cedera.

MU Enggan Kehilangan Paul Pogba

Manchester United dikabarkan akan melakukan langkah pencegahan untuk mempertahankan Pogba. Mereka dikabarkan akan menawarkan kontrak baru kepada sang gelandang dalam waktu dekat ini.

Kontrak Pogba sendiri baru berakhir pada tahun 2021 mendatang. United juga memiliki opsi untuk menambah masa bakti Pogba selama satu tahun, sehingga ia baru bisa meninggalkan Old Trafford di tahun 2022 mendatang.

Namun manajemen United percaya bahwa meski durasi kontrak Pogba masih cukup panjang, namun para klub peminat sang gelandang tidak akan menyerah begitu saja. Untuk itu mereka tidak mau mengambil resiko dan siap memberikan sang gelandang kontrak baru dalam waktu dekat.

Sumber: Bola.net

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Berita video highlights Piala FA 2018-2019 antara Chelsea melawan Manchester United yang berakhir dengan skor 0-2, Senin (18/2/2019).

Bayern vs Liverpool: FC Hollywood Kehilangan Banyak Pilar

Dengan cederanya beberapa pemain, Kovac percaya dengan kemampuan seorang Franck Ribery yang dalam beberapa pekan mampu bermain dengan baik. Pemain 36 tahun itu dipercaya oleh sang pelatih untuk membuat perbedaan dalam pertandingan.

“Adapun Franck, ada kualitas. Dia bisa menjadi pemain kunci dengan kemampuannya dan membuat perbedaan,” tutur Kovac

Munchen yang diuntungkan bermain di markas sendiri, Allianz Arena, tentunya hanya ingin meraih kemenangan. Dukungan dari suporter fanatik mereka menjadi suntikan semangat tambahan untuk Die Roten.

Hal tersebut sejalan dengan ambisi pelatih Bayern Munchen, Niko Kovac. Dirinya tidak ingin ada hasil imbang apalagi sampai harus ke babak adu penlati. Pelatih Kroasia itu sudah menyiapkan taktik yang lebih efisien untuk membongkar pertahanan solid Liverpool.

“Bagaimanapun, kita harus menang. Tidak akan ada hasil nol-nol dan menuju ke babak adu penalti. Kita akan membuat gol, kita tidak bisa mengandalkan hasil imbang tanpa gol. Kami fokus untuk menang,” ujar pelatih 47 tahun itu.

Bayern vs Liverpool: The Reds Disebut Kehilangan Taji, Alisson Bergeming

Liputan6.com, Liverpool – Perebutan tiket ke perempat final Liga Champions akan kembali digelar dini hari WIB nanti. Liverpool akan bertandang ke markas Bayern Munchen, Stadion Allianz Arena, dinihari nanti. Pada perjumpaan di leg pertama bulan lalu, keduanya hanya bermain imbang tanpa gol di Anfield Stadium.

Menjelang laga ini, kubu The Reds memilik modal yang bisa dibilang cukup bagus. Dari lima pertandingan terakhir mereka di semua ajang, Liverpool belum tersentuh kekalahan. Namun, tiga hasil seri tanpa gol menjadi perhatian.

Hilangnya sentuhan magis dari seorang Mohamed Salah menjadi pertanyaan. Lini serang Liverpool seperti kehilangan tajinya.

Berbeda dengan tim tamu, Bayern Munchen memiliki hasil yang jauh lebih baik. Dari enam pertandingan sebelumnya, anak asuh Niko Kovac juga belum terkalahakan. Terakhir, tim Bavaria menang telak 6-0 atas Wolfsburg.

Bukan hanya akan bertarung di Liga Champions, Liverpool kini tengah bertarung dengan Machseter City di ajang Liga Inggris. Kini The Kop hanya berselisih satu poin dengan City yang berada di posisi pertama.

Banyak yang menyarankan agar Liverpool melepas Liga Champions guna mengejar piala Liga Inggris. Namun kiper asal Brasil milik Liverpool , Alisson Becker bergeming.

“Tidak, kami memilih untuk memenangkan kedua kompetisi,” ujar Alisson, 26 tahun. “Liverpool belum pernah memenangkan Liga Premier tetapi kami berjuang untuk keduanya. Kami tidak ingin keluar, jangan mengubah apapun. Kami berjuang untuk Liga Premier,” lanjutnya.

Ingin Rayakan Gol ke Gawang MU, Aubameyang Kehilangan Topeng

Aubameyang memang dikenal punya cara unik untuk berselebrasi setelah mencetak gol. Saat masih bermain untuk Borussia Dortmund,, bersama dengan Marco Reus, dia pernah berselebrasi dengan topeng tokoh Batman dan Robbin.

Nah, selebrasi dengan topeng rupanya ingin dilakukan Aubameyang di Arsenal. Tepatnya usai mencetak gol penalti ke gawang Manchester United. Tapi, topeng tersebut ternyata raib dan tidak ditemukan.

“Saya sangat senang karena saya cetak gol dan kami menang. Ini adalah sebuah laga yang sangat penting. Saya ingin melakukan selebrasi dengan topeng, tapi saya tidak menemukannya. Jadi, lain waktu saja,” ucap Aubameyang dikutip dari situs resmi klub.

“Ini adalah hasil yang bagus. Kami bekerja keras hari ini dan sejak awal kami tahu ini akan menjadi sebuah laga yang berat. Kami melakukan dengan baik dan memenangkan laga,” tandas pemain berusia 29 tahun.

El Nino Bikin Sebagian Ibu Kota Filipina Kehilangan Pasokan Air Bersih

Liputan6.com, Manila – Beberapa wilayah di ibu kota Filipina tengah menderita kekurangan air bersih, akibat pembatasan pasokan, menyusul kondisi kering akibat hantaman gelombang panas El Nino.

Manila Water Co dan Metro Pacific Investments Corp, dua-duanya berada di bawah naungan Ayala Corporation Maynilad Water Services Inc, mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa pihaknya telah menerapkan penyesuaian operasional, yang mengakibatkan rendahnya pasokan air di beberapa area tertentu di Metro Manila, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Sabtu (9/3/2019).

Untuk diketahui, seluruh wilayah Manila kini dihuni oleh sekitar 12,9 juta orang, dengan sebagian besar tinggal di area padat penduduk dan jaringan air bersih terbatas.

Di saat bersamaan, masyarakat di wilayah yang seharusnya tidak terpengaruh oleh pengurangan pasokan air bersih, mulai melakukan penimbunan, termasuk meningkatnya permintaan terhadap jasa layanan air swasta.

Manila Water mengatakan kondisi yang sama akan dialami oleh berbagai wilayah utama ibu kota Filipina, seperti distrik bisnis Makati, Marikina dan Pasig.

Beberapa kota satelit di sekitar Manila, seperti di Las Pinas City, Muntinlupa City, dan beberapa bagian dari provinsi Cavite di selatan, diprediksi akan terdampak dalam beberapa hari ke depan.

Otoritas pemerintah pada layanan air bersih dan sistem drainase telah meminta konsumen untuk menggunakan air dengan bijak di tengah kondisi El Nino, yang mungkin berlanjut hingga Juni mendatang, terutama di Filipina utara. 

Sementara itu, ketinggian di Bendungan Angat, yang memasok sebagian besar kebutuhan air untuk wilayah Metro Manila, turun menjadi 201,7 meter pada Jumat 8 Maret, dari sebelumnya 204,6 meter pada 1 Maret, lapor otoritas terkait.

Simak video pilihan berikut:

Masyarakat miskin di Filipina memungut makanan sisa dari tempat sampah yang kemudikan diolah, dijual dan dikonsumsi. Makanan sisa ini diberi nama Pag-Pag.