Potensi Pendukung Kehidupan Ditemukan di Planet Asing Dekat Bumi?

NASA belum lama ini mengungkap kalau eksoplanet (planet asing) terdekat Bumi, Proxima Centauri b (Proxima b), yang konon kelak bisa dihuni manusia.

Dalam keterangan resminya seperti dikutip Phys, Selasa, 18 September 2018, Proxima Centauri b ternyata memiliki kehidupan organisme lewat sumber air yang ada di dalamnya.

Hasil penelitian ini, dipublikasikan dalam sebuah jurnal ilmiah berjudul Habitable Climate Scenarios for Proxima Centauri b with Dynamic Ocean. Adapun penelitian dipimpin oleh Anthony Del Genio, ilmuwan dari NASA Goddard Institute of Space Studies.

Del Genio mengakui, adanya kandungan air di atas permukaan planet menjadikan ekosistem planet bisa bertahan dalam berbagai kondisi.

Karenanya, ekosistem tersebut bisa jadi dikatakan layak untuk menjadi tempat tinggal organisme hidup.

Tak cuma adanya bukti kandungan air, Proxima Centauri b juga berada dalam zona layak huni dari posisi orbit planet. 

Planet mengorbit bintang yang bernama Proxima Centauri, di mana jaraknya sekitar 4,2 tahun cahaya dari Bumi, atau setara dengan 40 triliun kilometer.

Meski begitu, para astronom membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari karakteristik dari planet ini. Pasalnya, kata Del Genio, kandungan air dan zona layak huni bukan jadi jaminan bahwa Proxima Centauri b bisa dihuni manusia.

“Kita tidak tahu kalau Proxima b ini memiliki atmosfer atau tidak, tanpa ini ya mana mungkin manusia bisa hidup,” ucapnya.

Tak cuma itu, karakteristik bintang Proxima Centauri juga digolongkan sebagai kategori ‘kurcaci merah’.

Menurut Del Genio, bintang ini tidak sepanas Matahari, jadi planet harus berada sangat dekat untuk mendapat cahaya demi iklim yang mendukung kehidupan di dalamnya.

Meskipun planet ini hanya berjarak sekitar 4,2 tahun cahaya, para peneliti menyebut kemungkinan mengunjunginya masih sangat jauh. Apalagi dengan wahana luar angkasa yang diluncurkan, terlebih dengan teknologi yang ada saat ini.

Masalah lain yang belum dipecahkan adalah lokasi pasti tersebut. Para peneliti menuturkan tak mungkin Proxima b terbentuk di lokasinya saat ini.

Menurut seorang peneliti Anglada-Escude kemungkinan planet itu itu terbentuk di tempat lain dan sampai di sana karena migrasi.

Ada Metana di Planet Mars, Apakah Tanda Ada Kehidupan?

Jakarta – Untuk pertama kalinya peneliti berhasil mengkonfirmasi adanya gas metana di planet Mars. Apakah tanda ada kehidupan?

Gas metana pertama kali ditemukan oleh robot penjelajah Curiosity pada tahun 2013. Tapi, saat itu peneliti tidak berhasil mengkonfirmasi hasil temuannya.

Dalam hasil penelitian yang diterbitkan pada hari Senin (1/4/2019) peneliti independen mengkonfirmasi bahwa robot Curiosity mendeteksi lonjakan gas metana pada tanggal 15 Juni 2013. Saat menjelajahi kawah Gale, Curiosity mencatat kandungan metana sebesar 5,78 bagian per miliar (parts per billion/ppb). Sehari setelahnya, menggunakan instrumen yang dimiliki oleh orbiter Mars Express, tercatat lonjakan kandungan metana di atmosfer yang mencapai 15,5 ppb.

“Walaupun observasi sebelumnya, termasuk Curiosity, telah diperdebatkan, konfirmasi independen pertama tentang lonjakan metana ini meningkatkan kepercayaan pada deteksi,” tulis laporan tersebut seperti dikutip detikINET dari Space, Kamis (4/4/2019).

Laporan ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Marco Giuranna dari Institute for Space Astrophysics and Planetology di Roma, Italia. Dengan laporan ini, teori bahwa adanya kehidupan di Mars pun menjadi semakin menguat.

Adanya metana memang merupakan satu pertanda yang menandakan suatu area bisa ditinggali. Bahkan bisa juga menjadi penanda bahwa area tersebut pernah ditinggali makhluk hidup.

Tapi, selain dihasilkan dari mikroba, metana juga bisa muncul dari proses yang disebut serpentinisasi. Proses ini melibatkan reaksi yang muncul dari batu olivine dengan kabon dioksida dan air. Gas metana yang ada di Bumi juga dihasilkan dari kedua proses tersebut.

Penelitian ini memang tidak memiliki kesimpulan tentang asal dari gas metana tersebut. Giuranna pun mengatakan jika gas tersebut bukan berasal dari mikroba, setidaknya dengan adanya gas metana membuat planet merah tersebut berpotensi untuk menjadi habitat manusia.

Gas tersebut bisa digunakan untuk menjadi sumber karbon dan energi. Selain itu, manusia juga bisa memanfaatkan metana yang terperangkap di bawah permukaan Mars untuk membuat bahan bakar roket. (vim/afr)

Bantah Viralkan Kehidupan Ferdinand PD, TKN Jokowi: Tak Fair Salahkan Kami

Jakarta – Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menuding kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin berada di balik tuduhan selingkuh dan peretasan akun Twitter-nya. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf membantah pihaknya yang menjadi pelaku pemviralan kehidupan pribadi Ferdinand.

“Tidak fair kalau kemudian menyalahkan tim 01, yang perlu dilakukan kalau itu benar, ya minta maaf. Kalau itu tidak benar ya melakukan klarifikasi. Itu yang harus dilakukan, bukan malah menuduh kelompok politik tertentu apalagi kompetitornya. Karena tidak ada upaya atau interupsi atau perintah untuk memviralkan itu, jelas nggak ada,” ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Rabu (3/4/2019).

Karding menegaskan, apa yang dialami Ferdinand tak ada kaitannya dengan Jokowi-Ma’ruf Amin. Kubu 01 disebutnya bukan pelaku peretasan akun Twitter Ferdinand yang memposting foto-foto tidak senonoh pemiliknya.


“Saya kira apa yang dialami oleh Mas Ferdinand itu adalah suatu yang alami viralnya, bukan karena diviralkan atau secara khusus dikelola tim 01 Jokowi, tidak seperti itu,” kata Karding.

“Di zaman sekarang ini, di era keterbukaan, era media sosial, memang kita harus super hati-hati untuk bersikap, melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma dan hukum di publik karena sangat mungkin itu menjadi viral,” sambung politikus PKB itu.

Terkait menyebarnya kehidupan pribadi Ferdinand di jagad dunia maya, Karding memberikan imbauan. Ia meminta semua pihak untuk tidak sembrono atau melakukan hal-hal yang bisa berbuntut panjang di kemudian hari.

Bantah Viralkan Kehidupan Ferdinand PD, TKN Jokowi: Tak Fair Salahkan KamiFoto: Ferdinand Hutahaean. (dok. pribadi).

“Pesan atau hikmah dari peristiwa ini jangan melakukan hal-hal yang kira-kira bisa berdampak negatif terhadap diri maupun orang-orang yang ada di sekitar kita. Itu yang penting,” ucap Karding.

Ia pun menyebut siapa saja bisa menjadi viral selama isunya seksi. Karding juga menegaskan, segala hal yang viral belum tentu terkait dengan urusan politik.

“Dunia medsos itu, sepanjang isunya seksi, kalau isunya gampang diviralkan, pasti akan viral dengan sendirinya. Kita tak bisa mengatur jagad medsos ini dengan kekuatan kita. Di luar politik, baik karena motif iseng, karena isu seksi, maka itu akan viral dengan sendirinya. Tidak harus dari perspektif politik,” sebut anggota Komisi III DPR itu.

Seperti diketahui, akun Twitter Ferdinand diretas dan menampilkan sejumlah foto dirinya yang kurang senonoh. Selain itu juga muncul video Ferdinand bersama seorang wanita yang diviralkan adalah selingkuhannya.

“Itu pacar saya, bukan selingkuhan saya. Itu video di lombok Desember 2016. Saya dan pacar saya AL menghabiskan akhir tahun 2016 di Lombok Gili Trawangan. Status saya sendiri, jadi boleh dong pacaran? Saya pisah dengan mantan istri saya 2011. Masa nggak boleh pacaran? ūüėāūüėā” tutur Ferdinand, Rabu (3/4).

Ferdinand lalu menuding peretasan akun Twitter-nya hingga viral videonya tersebut terkait dengan urusan politik. Ia lalu menuding kubu Jokowi-Ma’ruf yang menjadi dalangnya.

“Saya meyakini bahwa ini tidak terlepas dari politik. Ini terkait dengan politik dan ini terkait dengan aktivitas saya, aktivitas kami yang menjadi korban di dalam politik. Mohon maaf saya harus menyatakan dan meminta supaya Pak Jokowi memerintahkan pendukungnya supaya tidak melakukan hal-hal seperti ini… saya melihat bahwa ini tidak terlepas dari politik,” beber Ferdinand.
(elz/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gas Beracun Ini Menjadi Penanda Kehidupan Alien di Angkasa Luar?

Liputan6.com, California – Para ilmuwan yang mencari tanda-tanda kehidupan alien dinilai harus memperhatikan karbon monoksida (CO), menurut sebuah studi baru yang dikutip dari Live Science, Minggu (24/3/2019).

Zat tersebut sangat beracun bagi manusia dan sebagian besar kehidupan hewan di Bumi, karena karbon monoksida mampu melekat erat pada hemoglobin sehingga mencegah protein dalam darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Gas itu biasanya tidak dinilai sebagai “biosignature” yang menjanjikan, unsur yang biasanya ditargetkan oleh para ahli astrobiologi dalam pencarian alien. Banyak peneliti menganggap CO sebagai anti-biosignature, karena merupakan sumber karbon dan energi yang tersedia di Bumi.

Namun, kali ini, para ahli mengklaim telah menemukan banyak CO di atmosfer planet ekstrasurya. Temuan ini disebut telah menyingkap anggapan yang menyebut bahwa tidak ada kehidupan lain di luar Bumi. Dalam hal ini, karbon monoksida ada di atmosfer zona exoplanet Proxima B yang mengorbit bintang katai merah (Red Dwarf) Proxima Centauri.

Tim ilmuwan juga menguji kandungan gas ini dalam dua model atmosfer planet yang berbeda. Pengujian dilakukan untuk melihat seberapa jauh gas karbon monoksida bisa berakumulasi.

Model pertama adalah atmosfer Bumi pada tiga miliar tahun lalu, di mana atmosfernya memiliki kandungan karbon monoksida yang lebih besar dibanding sekarang.

Model kedua adalah kondisi bintang katai merah seperti Proxima Centauri, yang kini juga memiliki kandungan karbon monoksida yang berlimpah.

Bintang Katai Merah Tipe-M. Kredit: NASA JPL-Caltech

“Kita tidak kaget kalau Proxima Centauri memiliki tingkatan kandungan karbon monoksida yang tinggi,‚ÄĚ ujar ilmuwan Edwan Schwieterman.

“Bagaimana pun, (atmosfer Proxima Centauri) tidaka kan menjadi tempat yang baik bagi manusia atau hewan tinggal karena karbon monoksida yang terlalu banyak dapat mempersempit kemungkinan mereka untuk hidup.

Sementara itu, kehidupan mikroba adalah hal yang biasa di Bumi pada 3 miliar tahun lalu, tidak seperti keberadaan binatang (fosil paling awal dari organisme multisel berasal dari sekitar 600 juta tahun yang lalu).

Hasil riset tim menunjukkan bahwa karbon monoksida dapat terakumulasi dalam jumlah yang signifikan pada masa lalu, mencapai konsentrasi sekitar 100 bagian per juta (ppm), atau sekitar 1.000 kali lebih tinggi dari level saat ini.

“Itu berarti kita bisa mengharapkan adanya kandungan CO yang tinggi di atmosfer planet ekstrasurya yang mengorbit bintang seperti matahari kita,” kata penulis utama studi ini, Timothy Lyons, seorang profesor biogeokimia di University of California, Riverside (UCR).

Para ilmuwan juga menerapkan model mereka pada sistem exoplanetary, khususnya yang berpusat pada katai merah, bintang-bintang kecil dan redup yang membentuk sekitar 75 persen dari populasi bintang di galaksi Bimasakti.

Tim menemukan bahwa planet katai merah yang dikatakan bisa dihuni manusia, konon mengandung banyak oksigen di atmosfernya yang didukung oleh tingkat CO yang tinggi. Faktanya, konsentrasi karbon monoksida pada dunia semacam itu bisa mencapai beberapa persen.

“Mengingat konteks astrofisika yang berbeda untuk planet-planet ini, kita seharusnya tidak terkejut ketika menemukan biosfer mikroba yang ‘mempromosikan’ karbon monoksida tingkat tinggi,” tutur pemimpin penelitian Edward Schwieterman, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Ilmu Bumi UCR.

“Namun, ini tentu bukan tempat yang baik untuk kehidupan manusia atau hewan seperti yang kita kenal di Bumi,” tambahnya.

Studi baru tentang pencarian alien tersebut telah diterbitkan pada minggu lalu di The Astrophysical Journal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Marvel merilis trailer kedua dari film Captain Marvel. Dalam trailer terbarunya dijelaskan masa lalu Captain Marvel hingga cerita ia diselamatkan alien.

Pakai Sex Toys, Bikin Kehidupan Seks Lebih Panas?

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua pasangan tertarik menggunakan sex toys atau alat bantu seks. Risih atau tak biasa kerap menjadi alasan yang dilontarkan mereka yang tidak menggunakan sex toys.

Namun, tak ada salahnya menilik hasil polling yang dilakukan We-Vibe tentang alat bantu seks. Polling ini dilakukan terhadap 1.000 pria dan wanita usia 35-55. Apa hasilnya? Mulai dari meningkatkan komunikasi hingga membuat kehidupan seks jadi lebih panas, berikut seperti dilansir Bustle, Jumat (22/3/2019).

1. Menjaga kehidupan seks tetap ‘panas’

Sekitar 82 persen partisipan mengaku mereka berusaha keras untuk menjaga kehidupan seks semenarik mungkin alias tetap panas. Salah satu caranya lewat bantuan alat bantu seks.

Tak mengeherankan juga bila banyak yang membeli sex toys untuk membuat seks adalah hal menyenangkan. Sekitar 45 persen partisipan mengatakan hal ini.

2. Komunikasi soal seks lebih terbuka

Sebanyak 49 persen pasangan yang menggunakan vibrator mengatakan bahwa mereka menjadi lebih sering berkomunikasi. Ada juga sebanyak 29 persen yang tidak menggunakan vibrator, memiliki tingkat keterbukaan dan komunikasi yang biasa saja.

3. Mengarahkan pasangan lebih baik

Sekitar 29 persen pasangan yang menggunakan vibrator mengaku tidak memiliki keraguan untuk memberikan arahan kepada pasangan di tempat tidur.

4. Seks tak selalu panas dengan sex toys

Tidak semua partisipan sepakat sex toys adalah satu-satunya cara untuk membuat kehidupan seks menjadi lebih panas. Sekitar 77 persen mengaku lebih senang mencoba posisi seks yang baru untuk membuat seks lebih hot.

Penulis: Dara Elizabeth

Saksikan juga video menarik berikut

4 Keajaiban Musik bagi Kehidupan Seks Seseorang

2. Pengaruh dalam menilai pasangan

Seringkali, ketika istri atau suami terlihat sangat seksi, sebuah lagu yang seksi mungkin terngiang-ngiang di kepala Anda. Ada penjelasan ilmiah soal ini.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Media Psychology mengungkapkan bahwa musik pop bisa mempengaruhi minat Anda pada pasangan seksual yang potensial. Studi ini menyatakan, mereka yang mendengarkan musik yang secara sugestif seksual sebelum menilai pasangan, cenderung ingin berhubungan seks.

3. Membuat Anda merasa senang

Penelitian dalam jurnal Nature Neuroscience menyatakan, sebuah lagu memiliki efek merangsang kesenangan pada otak. Bagian yang disentuh sama dengan ketika seseorang mengalami orgasme.

Untuk studi ini, para ilmuwan mempelajari sebuah gambar otak sementara subyek mendengarkan musik. Mereka menemukan, area otak yang menyala saat seseorang mendengarkan lagu sama seperti ketika kita mendapatkan kenikmatan seksual.

4. Membuat PDKT menjadi lebih mudah

Bagi orang yang ingin mendekati lawan jenis, musik bisa membantu Anda. Setidaknya itulah terungkap dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Perancis.

Para ilmuwan membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok. Yang satu mendengarkan lagu romantis dan yang lainnya suara netral. Hasilnya, perempuan yang mendengarkan musik romantis akan lebih mudah menerima seorang pria daripada mereka yang tidak.

Begini Kehidupan 37 Wanita yang Menghuni di Kampung Janda

Pasuruan – Para penghuni Kampung Janda tinggal secara gratis di Perumahan Arbain, Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Mereka tidak terbebani sewa rumah sehingga penghasilan mereka bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

“Tak ada biaya sama sekali di sini, alhamdulillah. Penghasilan bisa untuk bayar listrik dan keperluan sehari-hari,” kata Nurussatik (47), salah satu penghuni Kampung Janda saat berbincang dengan detikcom, Selasa (12/3/2019).

Janda tiga anak asal Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan ini mengatakan para penghuni Kampung Janda mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja di sejumlah bidang. Sebagian bekerja di pabrik sebagian lain sebagai pembantu rumah tangga.

“Ada juga yang punya keahlian tertentu jadi bisa mengajar kursus, ada yang menjahit, ada yang bikin usaha jajanan rumahan kecil-kecilan. Anak-anak yang sudah dewasa tapi belum menikah juga membantu bekerja. Ada yang jadi ojek online dan lainnya,” terangnya.
Nur Hayati, penghuni lain mengaku bisa memenuhi kebutuhan dengan usaha jajanan rumahan. “Saya buat rengginang, dijual di sekitar sini,” terang warga Bangil ini.

Beberapa bulan terakhir pihak pemerintah setempat memberikan pelatihan pembuatan handycraft dari kertas bekas. Meski belum bisa diandalkan sebagai mata pencaharian, hasil karya para janda ini sudah diikutkan dalam sejumlah pameran.

“Iya ada pelatihan-pelatihan. Ibu-ibu sangat semangat belajar. Semoga nantinya bisa menjadi pemasukan tambahan,” timpal Nurussatik.

Sementara Lurah Gempeng, M Ikhwan, mengatakan pihak kelurahan sangat mengapresiasi kreativitas para penghuni Kampung Janda.

“Kami upayakan ke dinas-dinas terkait agar mereka mendapatkan pelatihan-pelatihan lebih intensif. Hasil karya mereka juga sudah diikutkan sejumlah pameran. Kantor kami juga pakai produk mereka seperti vas bunga, tempat tisu dan lainnya,” terang Ikhwan.

Selain itu untuk meringankan beban hidup para penghuni, pihaknya juga memastikan mereka menerima berbagai bantuan dari pemerintah. “Kan mereka memang berhak, makanya kita pastikan dapat rastra dan bantuan lainnya,” kata Ikhwan.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

9 Gambar Kata-Kata Bijak Kehidupan, Agar Selalu Berpikir Positif

Liputan6.com, Jakarta Sayur tanpa garam akan terasa hambar. Begitu juga dengan hidup tanpa tantangan pasti akan terasa datar-datar saja. Hidup manusia dipenuhi dengan perasaan hati yang berbeda setiap harinya. 

Terkadang, seseorang merasa senang saat bertemu dengan orang yang disayang. Di lain waktu, seseorang merasa sedih karena harus kehilangan sesuatu yang berharga dari hidupnya.

Meskipun demikian, merasa down ataupun kurang motivasi adalah hal yang wajar dialami manusia. Untuk kamu yang sedang dirundung masalah, percayalah bahwa setiap permasalahan dalam hidup pasti dapat terselesaikan.

Cobalah untuk menghadapi permasalahan hidup dengan positif. Jika memandang hidup dengan keluhan dan amarah, pasti kehidupan akan menjadi beban yang berat.

Semakin kamu melatih diri untuk bersabar, maka kamu bisa jadi pribadi yang jauh lebih baik. Apalagi, kamu tidak hidup sendiri di dunia ini. Banyak orang terdekat yang peduli padamu. Bahkan, gambar kata-kata bijak pun bisa kamu jadikan sebagai sumber semangat untuk jalani hari-harimu.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan gambar kata-kata bijak yang bisa jadi acuan untuk selalu berpikir positif dan semangat menjalani hidup, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (10/3/2019).

2 dari 3 halaman


Gambar Kata-kata Bijak Tokoh Dunia

1. George Bernard Shaw

George Bernard Shaw adalah seorang sastrawan asal Irlandia yang terkenal akan kecerdasannya. Dia pernah menerima hadiah Nobel untuk salah satu karya sastranya dan juga Piala Oscar.

Salah satu kata bijak yang dilontarkan George Bernard Shaw patut untuk kamu pahami. Dia mengungkapkan bahwa seseorang harus membangun jati diri, ketimbang mencari jati diri.

2. Bertrand Russell

Bertrand Russell adalah seorang filsuf sekaligus ahli matematika. Bertrand merupakan salah satu tokoh dunia yang sangat produktif dalam menulis buku untuk menyuarakan pendapatnya.

Sebagai seorang filsuf, Bertrand menjelaskan bahwa rasa takut harus ditaklukkan untuk menjadi sosok yang bijaksana.

3. BJ Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan BJ Habibie? Ya, beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang ke-tiga.

Dalam sebuah kesempatan, seperti yang terlihat dalam gambar kata-kata bijak, BJ Habibie menuturkan bahwa jika seseorang membenci atau menghina dirimu, jadikan kebencian mereka sebagai pujian karena mereka justru memperhatikanmu, lebih dari kamu memperhatikan dirimu sendiri.

3 dari 3 halaman


Gambar Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan

4. Jangan Berhenti Belajar

Gambar kata-kata bijak selanjutnya ditujukan untuk anak sekolah. Jika kamu merasa malas, ingat bahwa orangtua di rumah membanting tulang demi membayar biaya sekolahmu. Meski kamu berpikiran untuk berhenti sekolah, bayangkan bagaimana perasaan orangtua yang bersusah payah mengumpulkan uang.

Oleh karena itu, jangan berhenti belajar agar kamu bisa tumbuh menjadi orang yang pintar, untuk dirimu sendiri dan juga keluarga yang telah mendukungmu.

5. Be Yourself

Jangan membandingkan apa yang kamu punya dengan milik orang lain. Kamu tidak tahu seberapa berat tantangan yang mereka hadapi untuk bisa mencapai posisi itu. Terlebih, kamu justru terlalu memikirkan mereka yang sedang berjuang sendiri.

Alhasil, alih-allih mendapat kebahagiaan, hati kamu justru semakin mengeras karena terus-menerus iri dengan orang lain. Maka, gunakan gambar kata-kata bijak ini sebagai motivasi hidupmu.

6. Jangan Memandang Sebelah Mata

Jika kamu sama sekali belum pernah mencoba sesuatu, maka kamu pun tidak akan tahu seperti apa rasanya maupun manfaatnya. Sama saja dengan memandang sesuatu dengan sebelah mata, kamu tidak tahu pemandangan apa yang selama ini tidak kamu lihat bentuknya karena kamu tidak mau tahu.

7. Bangun dan Kejarlah Mimpi

Saat musim kemarau, pohon yang tadinya rimbun dengan dedaunan dan buah-buahan akan mulai berguguran. Namun, saat musim hujan datang, mereka akan kembali tumbuh dan memamerkan keindahannya melalui dedaunan yang hijau dan buah-buahan yang segar.

Begitu pula dengan hidupmu. Janganlah kamu merasa hidupmu telah berakhir hanya karena kamu mengalami satu kegagalan. Bangun dan kejarlah mimpi seperti pohon yang terus hidup meski angin dan musim kemarau menghadang.

8. Belajarlah dari Kegagalan

Kamu harus tahu bahwa kegagalan hanyalah sebuah luka memar yang seiring berjalannya waktu akan sembuh. Kegagalan bukanlah tato yang terasa sakit saat dibuat dan terasa sakit saat dihapus.

9. Lakukan Apapun dengan Tulus

Buya Hamka membandingkan manusia dengan binatang yang sebenarnya sangat berbeda. Namun, manusia terkadang tidak melihat potensinya sebagai makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran.

Tingkah manusia seringkali lebih buruk daripada apa yang dilakukan binatang yang sejatinya tidak punya akal. Untuk itu, melakukan segala hal dengan rasa tulus sebaiknya dijadikan motto hidup manusia agar hati merasa ikhlas.

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang hubungan orangtua dengan anak. Adalah tugas orangtua untuk membimbing anak-anaknya. Namun kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan bisa berdampak pada kehidupan masa depannya.

Salah satu contohnya, saat orangtua membuat keputusan untuk anak-anaknya, mereka tidak membiarkan anaknya mandiri. Padahal setiap anak berhak untuk membuat pilihan dengan dukungan dan sesuai dengan usia mereka.

Kalau itu terjadi, ketika dewasa mereka akan sulit bertahan dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Berita kedua yang banyak diminati masih seputar pernikahan Syahrini dengan Reino Barack.

Pakaian yang dikenakan keduanya saat lamaran dirancang oleh Danny Satriadi. Danny bukan orang baru bagi Syahrini. Dalam sejumlah unggahan, desainer itu menyebut perempuan yang kerap disapa Incess itu sebagai true friend.

Sejumlah potret d media sosial pun menggambarkan kedekatan mereka. Salah satunya saat Syahrini dan Danny terlihat bersama-sama duduk di jet pribadi. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah tentang pria yang tak kunjung menikah. Para perempuan tentu ingin menjalin hubungan dengan pria yang serius yaitu dan bisa diajak berkomitmen.

Namun terkadang, mencari pria yang serius itu tak mudah, beberapa dari mereka ragu untuk berkomitmen dan terikat pernikahan. Secara umum, ada tiga alasan utama kenapa seorang pria tak kunjung menikah.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Orangtua bertanggung jawab untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Namun, terkadang mereka kurang memahami bagaimana cara mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan menciptakan pandangan yang berdampak pada kehidupan masa depannya. Dilansir dari brightside.me, Rabu, 27 Februari 2019, berikut kesalahan orangtua yang dilakukan kepada anaknya.

Selanjutnya…

Makna Gambar Burung Bangau di Belakang Gaun Pertunangan Syahrini

Syahrini baru saja melangsungkan pernikahannya di Jepang, Rabu, 27 Februari 2019 lalu. Momen pernikahan Syahrini dan Reino Barrack pun dinanti masyarakat karena digelar tertutup.

Lewat unggahan foto di akun Instagramnya @princesyahrini pada Minggu, 3 Maret 2019, rasa penasaran kebenaran tentang berita pernikahan itu mulai terjawab. Ia mengunggah video pertunangan yang digelar di Tokyo, Jepang, yang menampilkan Reino Barrack berlutut meminta Syahrini menikah dengannya.

Selanjutnya…

3 Alasan Pria Tak Kunjung Ajak Menikah

Menjalin hubungan khusus dengan seseorang memang terasa indah dan membuat hidup lebih berwarna. Di sisi lain, sebagai orang dewasa dan usia tentu terus bertambah wajar kalau kita ingin menikah.

Anda tentu ingin bertemu dan menjalin hubungan dengan pria yang serius yaitu bisa diajak berkomitmen dan menjalin hubungan cinta yang tidak hanya sekedar pacaran.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

6 Kesalahan Orangtua yang Berpengaruh pada Kehidupan Dewasa Anak

Liputan6.com, Jakarta РOrangtua bertanggung jawab untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya.  Namun, terkadang mereka kurang memahami bagaimana cara mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dapat menyebabkan anak mulai menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitar mereka dan menciptakan pandangan yang berdampak pada kehidupan masa depannya. Melansir dari brightside.me, Rabu, 27 September 2019, berikut kesalahan orangtua yang dilakukan kepada anaknya.

Anak tidak pernah diajarkan untuk mengambil keputusan sendiri

Ketika orangtua membuat keputusan untuk anak-anaknya, mereka tidak membiarkan anaknya mandiri. Setiap anak berhak untuk membuat pilihan dengan dukungan dan sesuai dengan usia mereka. Ketidakmampuan dalam mengambil keputusan membuat orang tidak mampu memecahkan masalah. Jika hal itu terjadi pada anak, ketika dewasa mereka akan sulit bertahan dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. 

Berdebat di depan anak

Jika orangtua terus berdebat, anak-anak mungkin berpikir bahwa mereka yang harus disalahkan. Mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi dan berpikir mereka bersalah. Ketika dewasa nanti biasanya mereka mencoba menghindari konflik yang berbeda atau sebaliknya, melecehkan orang lain.

Di masa depan, anak perempuan yang sering melihat orangtuanya debat akan secara tidak sadar menunjukkan kepada pria bahwa mereka lebih kuat. Mereka akan berpikir bahwa laki-laki dapat mengulangi perilaku ayahnya. Selain itu, mereka sering memahami bahwa apa yang mereka lakukan adalah buruk dan dapat menyebabkan masalah.

Orangtua menuntut yang tidak mungkin

Seorang anak mempercayai orang dewasa dalam kehidupan mereka, terutama orang tuanya sendiri. Mereka akan berjuang untuk melakukan semua yang diperintahkan. Jika gagal, mereka mulai berpikir bahwa mereka adalah pecundang yang tidak pantas dicintai.

Di kehidupan dewaasa, mereka akan selalu terlalu fokus pada kesuksesan. Jika mereka gagal melakukan yang terbaik (menurut pendapat mereka), mereka akan merasa tidak bahagia, dan bahkan tertekan. Orang-orang ini juga biasanya berusaha mencegah anggota keluarga mereka dari bahagia.

2 dari 2 halaman

Terlalu Memanjakan Anak

Memenuhi keinginan anak adalah fenomena normal. Orangtua sering memperbolehkan anak untuk menonton TV atau bermain game, sehingga tidak mengganggu mereka. Tidak masalah jika situasi ini tidak sering terjadi. Tetapi, kebanyakan orangtua membiarkan kebiaasan buruk anaknya dan lebih memanjakan karena mereka terlalu sibuk.

Anak yang mendapat perlakuan ini biasanya tidak dapat menjalani kehidupan secara mandiri dan akan bergantung kepada orang lain. Mereka juga tidak mengerti apa yang mereka inginkan dan itu mempengaruhi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai masalah.

Sebagai seorang ayah, tidak cukup memperhatikan anak

Kebanyakan ayah lebih sibuk untuk bekerja dan lupa untuk memperhatikan anaknya. Sebenarnya ayah merupakan seseorang yang dapat menjadi bagian dari perkembangan pribadi anak. Apa yang terjadi jika anak tidak mendapatkan perhatian dari seorang ayah?

Anak laki-laki mungkin akan berperilaku sama seperti ayahnya dulu. Sedangkan, anak perempuan biasanya mengalami kesulitan dalam membangun hubungan romantis. Masalahnya, wanita memilih pria yang menyerupai ayah mereka. Mereka ingin memiliki keluarga yang bahagia, tetapi pengalaman masa kecil mereka membuat mereka merasa curiga terhadap pria.

Meremehkan perasaan anak Anda

Terkadang anak-anak marah tentang hal yang terlihat konyol bagi orang dewasa. Tetapi alih-alih mendapat dukungan, mereka malah mendapat penilaian (Seperti “Itu buruk,” “Itu bagus,” atau “Anak laki-laki tidak menangis”) atau perintah (Seperti “Berhenti menangis” atau “Jangan marah”). Begitulah perasaan dan emosi diremehkan.

Semakin seseorang memahami dan mengendalikan perasaannya, makan tersebut akan semakin tangguh. Dalam kehidupan orang dewasa, anak-anak seperti ini tidak dapat membagikan emosi mereka dan menekan amarah mereka sampai meledak. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah: