Kehidupan TNI di Tapal Batas: Beri Pengobatan Gratis hingga Mengajar

Liputan6.com, Entikong – Selain menjaga kedaulatan NKRI, TNI yang betugas di wilayah perbatasan juga melakukan tugas-tugas kemanusiaan untuk masyarakat setempat. Hal ini pun dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 511/DY.

Para prajurit TNI yang bertugas di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat mengadakan sunatan masal dan pengobatan gratis di Desa Pala Pasang dan Dusun Gun Jemak.

“Dengan melaksanakan pengobatan atau khitan masal, program yang sudah kita lakukan kemaren kita targetnya 1000 selama kami berada di sini yaitu 5 bulan,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonif 511/DY Letkol Inf Jadi di Dusun Gun Jemak Kabupaten Sanggau, Rabu 31 Oktober 2018.

Kendati mayoritas masyarakat desa tersebut beragama nasrani, mereka tetap antusias untuk di khitan. Jadi mengatakan timnya telah memberikan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan mengenai pentingnya dikhitan.

“Yang pertama kita lakukan saat pertama masuk adalah sosialisasi bahwa khitan itu tidak dilihat dari segi agama, bahwa agama apapun, baik Islam, Kristen, dan sebagainya. Kami masuk melalui penyuluhan-penyuluhan kesehatan bahwa khitan itu adalah untuk kesehatan, itu yang paling utama,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *