Penjelasan Kemenag Soal Pemecatan Dosen Bercadar di IAIN Bukittinggi

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Agama membenarkan adanya dosen bercadar bernama Hayati Syafri yang  diberhentikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun demikian, Kemenag membantah diberhentikannya karena penampilannya yang bercadar.

“Hayati Syafri diberhentikan sebagai ASN karena melanggar disiplin pegawai,” kata Kasubbag Tata Usaha dan Humas Itjen Kementerian Agama Nurul Badruttamam kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/2/2019). 

Dia mengatakan pemberhentian Hayati sebagai ASN dosen Bahasa Inggris di IAIN Bukuttinggi itu sesuai data rekam jejak kehadiran secara elektronik melalui data sidik jari di kepegawaian kampus terkait.

“Berdasarkan hasil audit Itjen, ditemukan bukti valid bahwa selama tahun 2017 Hayati Syafri terbukti secara elektronik tidak masuk kerja selama 67 hari kerja,” kata dia.

Atas dasar itu, Nurul membantah jika pemberhentian Hayati dari ASN karena persoalan cadar. Akan tetapi, pemberhentian itu terjadi karena pertimbangan alasan kedisiplinan.

2 dari 2 halaman

Mengacu Regulasi PNS

Dia mengaku, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Pasal 3 ayat 11 dan 17. Dalam regulasi itu PNS yang tidak masuk kerja secara akumulatif minimal 46 hari kerja, tanpa keterangan yang sah dalam satu tahun, harus diberikan hukuman disiplin berat berupa diberhentikan secara hormat/tidak hormat.

Hayati, lanjut dia, juga terbukti sering meninggalkan ruang kerja dan tidak melaksanakan tugas lainnya pada 2018, seperti sebagai penasihat akademik dan memberikan bimbingan skripsi kepada mahasiswa. 

“Itu merupakan pelanggaran yang harus dikenai hukuman disiplin berat, yaitu diberhentikan dengan hormat sebagai PNS. Jika ada keberatan, Hayati Syafri masih mempunyai hak untuk banding ke Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) ataupun ke PTUN,” kata Nurul.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

 

Oppo Ungkap Smartphone 5G Pertama Besutannya, Kapan Dirilis?

Liputan6.com, Barcelona – Bersamaan dengan pengumuman teknologi kamera 10x lossless zoom di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, Oppo secara resmi memperkenalkan smartphone 5G pertamanya ke publik.

Menurut  VP Oppo, Anyi Jiang, Oppo menyadari 5G merupakan teknologi smartphone masa depan. Karenanya, perusahaan asal Tiongkok itu tidak ingin ketinggalan menghadirkan teknologi ini. 

“Kami terus bekerja sama dengan perusahaan teknologi lain, mulai dari chipset dan operator untuk membawa teknologi 5G bersama-sama,” tuturnya saat gelaran MWC 2019 di Barcelona Sabtu (23/2/2019) waktu Spanyol. 

Senada dengan Anyi, Director of Standars Research Oppo, Henry Tang, mengatakan Oppo selalu berupaya menghadirkan teknologi terbaru ke penggunanya, tidak terkecuali layanan 5G.

Dia mengatakan Oppo sudah memulai tim standarisasi 5G sejak 2015. Sejak itu, pengembangan 5G terus dilakukan hingga akhirnya tahun lalu, Oppo memperkenalkan purwarupa smartphone 5G besutannya.

Menurut Henry, kehadiran smartphone 5G Oppo tidak hanya menghadirkan konektivitas yang lebih baik, tapi juga cara menikmati konten yang lebih beragam.

“Kami berencana menghadirkan layanan 5G cloud gaming yang dapat menghadirkan gim AAA ke perangkat mobile,” tuturnya menjelaskan.

Tidak hanya itu, kehadiran smartphone 5G pertama Oppo ini nantinya turut merevolusi kehidupan pengguna smartphone dalam menikmati konten video 4K, 8K, hingga tiga dimensi (3D).

Turut hadir dalam acara itu adalah President Qualcomm, Cristiano Amon, yang menyebut Oppo sebagai salah satu rekanan dengan visi dan misi sama untuk menghadirkan teknologi baru ke industri.

Sebagai bagian dari pengembangan 5G ini, Oppo juga mengumumkan telah memulai sebuah proyek khusus 5G bersama sejumlah rekanan, seperti Telstra, Swisscom, Optus, dan Singtel.

2 dari 2 halaman

Oppo Resmi Umumkan Kehadiran Kamera 10x Lossless Zoom

Dalam kesempatan tersebut, VP Oppo Anyi Jiang juga menuturkan Oppo terus berupaya menjangkau pasar global secara lebih luas. Karenanya, Oppo selalu mengadopsi teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

“Kami selalu berupaya untuk selalu satu langkah lebih dekat dengan konsumen,” tuturnya saat konferensi pers di MWC 2019, Sabtu (23/2/2019), waktu Barcelona. Salah satu yang diperkenalkan Oppo dalam ajang tahun ini adalah teknologi 10x lossless zoom.

Menurut Product Manager Oppo, Chuck Wang, teknologi ini dihadirkan Oppo agar lebih banyak pengguna smartphone dapat mengeksplosari fotografi dan membuat hasil karya yang tidak kalah dari fotografer profesional.

“Dengan teknologi yang kami perkenalkan ini, pengguna perangkat Oppo dapat mengambil gambar yang menakjubkan dengan sangat mudah,” ujarnya menjelaskan. Untuk memungkinkan hal tersebut, Oppo menggunakan konfigurasi tiga lensa kamera belakang.

Chuck menuturkan tiga kamera tersebut itu terdiri dari lensa utama beresolusi 48MP, satu lensa ultra wide 120 derajat, dan satu lensa telephoto. Ketiga lensa itu mampu menangkap focal lenghts yang luas mulai dari 16mm-160mm, sehingga menghasilkan 10x lossless zoom.

Lebih lanjut Chuck menuturkan agar lensa ini dapat disematkan di smartphone, Oppo mengembangkan modul periskop berstruktur horizontal. Hal itu memungkinan ketebalan lensa berkurang hingga hanya sekitar 6,76mm, hampir setara dengan Oppo R17 Pro.

“Biasanya, saat mengambil foto zoom, hasil foto akan menjadi buram. Untuk mengatasi hal tersebut, kami menyertakan optical image stabilization (OIS) di lensa utama dan telephoto. Presisi stabilitasi lensa telephoto ini mencapai 0.001445 derajat,” tutur Chuck.

Lantas, kapan produk smartphone Oppo dengan teknologi 10x lossless zoom akan rilis? Chuck menuturkan smartphone Oppo yang hadir dengan teknologi baru ini siap diproduksi dan direncanakan hadir pada kuartal kedua 2019.

(Sulung/Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Raih Kecepatan Tanpa Batas dengan Taylormade Golf M5 dan M6

Liputan6.com, Jakarta – TaylorMade Golf adalah salah satu perusahaan yang kerap berinovasi dan menjadi pelopor utama dalam industri Driver Golf selama 17 tahun terakhir. Inovasi dan teknologi terbaru mereka bisa dirasakan di generasi terbaru line M yang berbahan kayu logam lewat produk M5 dan M6.

Teknisi ahli TaylorMade Golf sudah mengembangkan produk ini sejak tahun lalu dengan teknologi Twist Face. Di tahun ini, produk dari Amerika Serikat ini memperkenalkan teknologi injected Twist Face terbaru.

Ada empat fitur kunci dalam desain kecepatan Speed Injected Twist Face yang mampu memaksimalkan kecepatan bola tanpa batas. Yang pertama adalah permukaan titanium yang sangat tipis yang didesain ulang Inverted Cone Technology (ICT). Yang kedua adalah direkayasa ulang menjadi lebih fleksibel dengan menempatkan Hammerhead 2.0.

Ketiga adalah busa dalam sebagai pendukung yang telah didukung resin pada bagian isi dengan jumlah yang disesuaikan. Yang keempat adalah algoritma paten untuk dapat disetel di setiap kepala.

TaylorMade memiliki teknik rekayasa baru dan proses pembuatan yang efektif, sehingga memastikan setiap pemain golf mendapatkan sebuah kepala driver yang hebat dan cepat. Tongkat pemain didesain dengan lebih tipis serta permukaan yang lebih fleksibel.

Untuk memperkenalkan M5 dan M6 untuk para penggemar golf di Indonesia, TaylorMade Golf bekerjasama dengan PT MAP Aktif Adiperkasa, Tbk menggelar acara bertajuk “Make Everybody Faster with Speed Injected Twist Face” di Pondok Indah Driving Range, Jakarta Selatan, pada Jumat, 22 Februari 2019.

2 dari 2 halaman

Terbang Lebih Cepat

Selain dihadiri para pecinta golf, acara ini juga dihadiri tiga Pegolf Indonesia yaitu Adrian Halimi, Rinaldi Adiyandono, dan Danny Masrin. Rinaldi mengapresiasi kehadiran TaylorMade M5 dan M6.

Menurut Rinaldi pada Liputan6.com, bola yang dipukul terasa terbang lebih cepat. Usai sesi demo oleh Danny Masrin dan Rinaldi, giliran para penggemar golf menjajal M5 dan M6. 

“Kita membuat demo dengan produk M5 dan M6. Kita menyediakan simulator untuk bisa melihat kecepatan dan jarak bola terbang,” kata Tinneke Agustina, Golf Division General Manager PT MAP Aktif Adiperkasa, Tbk. Sebelum acara demo, TaylorMade lebih dulu memaparkan mengenai keunggulan M5 dan M6 kepada media dan pecinta golf yang hadir.

Sesi tersebut disampaikan oleh Sim Simon selaku TaylorMade Senior Sales Manager SG & MY & Export. TaylorMade M5 dan M6 dapat diperoleh di gerai-gerai Golf House dan di sejumlah toko jaringan PT MAP Aktif Adiperkasa, Tbk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Oppo Resmi Ungkap Teknologi Kamera 10x Lossless Zoom di MWC 2019

Liputan6.com, Barcelona – Oppo akhirnya mengumumkan kehadiran dua teknologi anyar besutannya ke publik. Bertempat di Mobile World Congress (MWC) 2019, perusahaan asal Tiongkok itu secara resmi memperkenalkan teknologi kamera 10x lossless zoom.

Dalam kesempatan tersebut, VP Oppo, Anyi Jiang menuturkan, Oppo terus berupaya untuk menjangkau pasar global secara lebih luas. Karenanya, Oppo selalu mengadopsi teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

“Kami selalu berupaya untuk selalu satu langkah lebih dekat dengan konsumen,” tuturnya saat konferensi pers di MWC 2019, Sabtu (23/2/2019), waktu Barcelona. Salah satu yang diperkenalkan Oppo dalam ajang tahun ini adalah teknologi 10x lossless zoom.

Menurut Product Manager Oppo, Chuck Wang, teknologi ini dihadirkan Oppo agar lebih banyak pengguna smartphone dapat mengeksplosari fotografi dan membuat hasil karya yang tidak kalah dari fotografer profesional.

“Dengan teknologi yang kami perkenalkan ini, pengguna perangkat Oppo dapat mengambil gambar yang menakjubkan dengan sangat mudah,” ujarnya menjelaskan. Untuk memungkinkan hal tersebut, Oppo menggunakan konfigurasi tiga lensa kamera belakang.

2 dari 3 halaman

Kombinasi Tiga Lensa Kamera

Oppo ungkap kemampuan Teknologi kamera 10x zoomless. (Liputan6.com/ Sulung Lahitani)

Chuck menuturkan tiga kamera tersebut itu terdiri dari lensa utama beresolusi 48MP, satu lensa ultra wide 120 derajat, dan satu lensa telephoto. Ketiga lensa itu mampu menangkap focal lenghts yang luas mulai dari 16mm-160mm, sehingga menghasilkan 10x lossless zoom.

Lebih lanjut Chuck menuturkan agar lensa ini dapat disematkan di smartphone, Oppo mengembangkan modul periskop berstruktur horizontal. Hal itu memungkinan ketebalan lensa berkurang hingga hanya sekitar 6,76mm, hampir setara dengan Oppo R17 Pro.

“Biasanya, saat mengambil foto zoom, hasil foto akan menjadi buram. Untuk mengatasi hal tersebut, kami menyertakan Optical Image Stabilization (OIS) di lensa utama dan telephoto. Presisi stabilitasi lensa telephoto ini mencapai 0.001445 derajat,” tutur Chuck.

Lantas, kapan produk smartphone Oppo dengan teknologi 10x lossless zoom akan rilis? Chuck menuturkan smartphone Oppo yang hadir dengan teknologi baru ini siap diproduksi dan direncanakan hadir pada kuartal kedua 2019.

3 dari 3 halaman

Smartphone 5G Oppo

Bersamaan dengan acara ini, Oppo secara resmi memperkenalkan smartphone 5G pertamanya ke publik. Director of Standars Research Oppo, Henry Tang, mengatakan Oppo selalu berupaya menghadirkan teknologi terbaru ke penggunanya, tidak terkecuali layanan 5G.

Oleh sebab itu, dia mengatakan Oppo sudah memulai tim standarisasi 5G sejak 2015. Sejak saat itu, pengembangan 5G terus dilakukan hingga akhirnya menutup tahun lalu, Oppo memperkenalkan purwarupa smartphone 5G-nya yang mengambil desain Find X.

Menurut Henry, kehadiran smartphone 5G Oppo tidak hanya menghadirkan konektivitas yang lebih baik, tapi juga layanan konten yang lebih beragam.

“Kami berencana menghadirkan layanan 5G cloud gaming yang dapat menghadirkan gim AAA ke perangkat mobile,” tuturnya menjelaskan.

Turut hadir dalam acara itu adalah President Qualcomm, Cristiano Amon, yang menyebut Oppo sebagai salah satu rekanan dengan visi dan misi sama untuk menghadirkan teknologi baru ke industri.

Sebagai bagian dari acara ini, Oppo juga mengumumkan telah memulai sebuah proyek khusus 5G bersama sejumlah rekanan, seperti Telstra, Swisscom, Optus, dan Singtel.

(Sulung/Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Inter Milan Terdepan dalam Perburuan Gelandang Barcelona

Liputan6.com, Jakarta – Prestasi tim yang tidak stabil membuat Inter Milan akan mencoba merombak tim pada musim panas nanti. Salah satu pemain yang diincar adalah gelandang Barcelona Ivan Rakitic.

Gazzetta dello Sport melaporkan Inter Milan sangat serius mengejar Rakitic. Mereka sudah mengajukan penawaran kepada pemain asal Kroasia itu. 

Inter Milan menawarkan kontrak sampai 2022. Rakitic akan mendapat bayaran 6,5 juta euro per musim di Giuseppe Meazza.

Tawaran dari Inter Milan ini kabarnya membuat Rakitic tergoda. Gaji yang diberikan Inter jauh lebih besar satu juta euro ketimbang yang diberikan Barcelona saat ini.

Rakitic konon tidak betah di Barcelona. Pasalnya Blaugrana sudah memastikan akan mendatangkan gelandang Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam musim depan.

2 dari 2 halaman

Banyak Peminat

Kehadiran De Jong bakal menggusur Rakitic. Apalagi Barcelona juga masih punya pemain muda potensial yakni Arthur Melo.

Untuk mendapatkan Rakitic, Inter Milan harus bersaing dengan beberapa klub Liga Inggris. Manchester United dan Chelsea dikabarkan juga sangat berminat.

Awas, Kurang Minum Air Putih Bikin Miss V Tersiksa

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya tubuh yang bisa dehidrasi, vagina (Miss V) juga bisa mengalaminya. Bila vagina sudah dehidrasi, hal ini bisa membuat kehidupan seksual tersiksa.

Kekeringan pada area vagina merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi wanita. Menggunakan pelumas saat berhubungan seksual memang bisa membantu. Namun, minum air putih secukupnya itu lebih penting.

“Jaringan vagina terdiri dari selaput lendir yang berfungsi untuk mengatur kelembapan dan kehadiran cairan vagina. Dehidrasi, dapat menyebabkan kekeringan pada vagina,” kata dokter kebidanan dan kandungan Lakeisha Richardson seperti dikutip Brides, Jumat (22/2/2019).

Jika wanita tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh, maka tidak akan memiliki cukup cairan untuk mengirimkannya ke vagina Anda agar lembap.

“Dehidrasi mengurangi pelumasan vagina alami. Hal ini terjadi karena kurangnya cairan esensial yang diperlukan untuk membuat sekresi pada vagina,” tambah Richardson.

2 dari 2 halaman

Gejala vagina kering

Bila tubuh dehidrasi, kemungkinan besar vagina pun mengalami hal yang sama. Ada beberapa gejala yang terlihat jelas.

“Tanda-tanda dehidrasi termasuk kulit kering, urine pekat (gelap), mulut kering, dan frekuensi buang air kecil berkurang ,” kata Richardson.

Apabila seorang wanita mengalami salah satu dari gejala-gejala tersebut dan memiliki masalah vagina, kemungkinan itu berhubungan dengan dehidrasi. Jika Anda sudah minum cukup atau lebih dari biasanya tapi tidak membantu, Richardson, menyarankan untuk mengonsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan.

Pastikan juga, jika vagina masih kering selalu gunakan menggunakan pelumas. Jika tidak, bisa amat menyiksa bagi wanita.

“Kekeringan vagina dapat menyulitkan untuk mengalami orgasme karena rasa sakit, iritasi, lecet vagina, dan kemungkinan pendarahan,” tutup Richardson.



Saksikan juga video menarik berikut

5 Negara dengan Tingkat Kelaparan Terparah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Krisis pangan masih menjadi ancaman di sejumlah negara. Akibatnya, banyak orang yang mengalami kelaparan dan gizi buruk.

Masalah krisis pangan, gizi buruk, dan kelaparan banyak dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Di antaranya masalah iklim di negara tersebut. Alasan lain juga ada, misalnya karena adanya perang yang berkecamuk di negara itu.

Masalah ini tentu mengkhawatirkan. Pasalnya, banyak jiwa yang telah tewas akibat permasalahan ini. PBB pun telah melakukan banyak usaha untuk masalah ini.

Seperti dikutip dari laman Concernusa.org, Sabtu (23/2/2019), berikut 5 negara dengan masalah kelaparan terbesar di dunia:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah (CAR) tetap berada di urutan teratas dalam daftar ini sebagai “negara paling lapar di dunia.”

Republik Afrika Tengah telah mengalami ketidakstabilan, kekerasan etnis dan konflik sejak 2012. Hal ini mengganggu produksi pangan dan menggusur lebih dari satu juta orang. Lebih dari separuh penduduk membutuhkan bantuan kemanusiaan.

3 dari 6 halaman

2. Chad

Di Chad, kekeringan terus-menerus terjadi dan kehadiran hujan yang sulit diprediksi. Hal semacam ini akhirnya menyebabkan petani gagal panen.

Negara ini telah berjuang melawan krisis kelaparan selama bertahun-tahun. Sekitar sepertiga dari populasi mengalami kekurangan gizi kronis dan 40 persen anak di bawah lima tahun menjadi kerdil. Konflik di wilayah itu telah menyebabkan ratusan ribu pengungsi dari Nigeria, Republik Afrika Tengah, dan Sudan yang memasuki Chad. Kesemua pencari suaka itu pun membutuhkan bantuan makanan darurat.

4 dari 6 halaman

3. Yaman

Yaman berada dalam cengkeraman konflik brutal yang telah mendorong sebagian besar penduduk harus keluar dari negaranya.

Perang saudara terus memicu krisis pangan. Sekitar 18 juta orang menghadapi kelaparan dan delapan juta orang berisiko kelaparan.

Lebih dari 11 juta membutuhkan bantuan kemanusiaan hanya untuk bertahan hidup.

5 dari 6 halaman

4. Sierra Leone

Sierra Leone adalah satu dari lima negara dengan tingkat kelaparan yang mengkhawatirkan. Meskipun stabilitas politik dan perdamaian relatif setelah perang saudara selama satu dekade, kemiskinan yang merajalela terus meninggalkan Sierra Leone ke bagian bawah Indeks Pembangunan Manusia.

Sierra Leone dihantam keras oleh Ebola beberapa tahun yang lalu, yang dengan cepat diikuti oleh kekurangan pangan yang meluas. Negara ini terus terkena dampak banjir dan tanah longsor, yang terakhir menewaskan ratusan orang.

6 dari 6 halaman

5. Haiti

Haiti juga memiliki tingkat kelaparan tertinggi di dunia. Negara kepulauan ini telah menderita akibat ketidakstabilan politik dan bencana alam seperti badai, banjir, dan gempa bumi.

Lebih dari setengah populasi hidup dengan kurang dari US$ 2 per hari, dan degradasi lingkungan yang parah telah membatasi produksi pangan.

Belasan Mahasiswa Desak Prabowo Kembalikan Lahan HTI di Gayo

Liputan6.com, Banda Aceh – Belasan mahasiswa yang mengatasnamakan diri Gayo Merdeka meminta Prabowo Subianto untuk mengembalikan lahan yang ada di kawasan Aceh Tengah dan Bener Meriah kepada masyarakat.

Para pendemo yang mengusung sejumlah poster bertuliskan “Prabowo Kembalikan Tanah Kami” dan beraksi di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh, mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat.

“Kami minta Prabowo Subianto dengan izin hutan tanaman industri (HTI) yang dikuasai oleh PT Tusam Hutan Lestari dapat segera dikembalikan ke masyarakat,” kata koordinator aksi Gayo Merdeka, Muhammaddinsyah di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (23/2/2019).

Ia menjelaskan, penguasaan hak atas tanah di Gayo adalah hak mutlak masyarakat Gayo yang tidak boleh dihilangkan, dikurangi, dialihkan dan dikuasai oleh oknum yang memiliki modal.

Ia menyebutkan, penguasaan tanah 93.300 hektare di Aceh Tengah dan Bener Meriah harus segera dikembalikan ke masyarakat Gayo.

“Aksi yang kami gelar ini juga bagian menyuarakan kepentingan rakyat di mana kehadiran perusahaan tersebut belum memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ucap Muhammaddinsyah seperti dikutip Antara.

2 dari 3 halaman

Pengembalian Semua Keuntungan

Pihaknya meminta Prabowo untuk segera mengembalikan tanah tersebut kepada rakyat Gayo, dan meminta PT THL angkat kaki dari daerah tersebut serta meminta maaf kepada rakyat setempat.

“Kami juga meminta mengembalikan semua keuntungan yang selama ini diterima diberikan kepada masyarakat,” ujar Muhammaddinsyah.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan kembali menggelar aksi serupa jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pertamina Tambah Dua Titik BBM Satu Harga di Maluku dan Papua

Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian KESDM) kembali meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di dua lokasi berbeda yakni masing-masing di Maluku dan Papua, pada Jumat 22 Februari 2019.

Adapun yang titik yang diresmikan adalah SPBU Kompak 86.975.26 Air Buaya, Kabupaten Buru dan SPBU Kompak 86.995.18 Bolakme, Kabupaten Jayawijaya. Kedua titik ini merupakan titik BBM Satu Harga yang telah uji operasi pada 2018.

“Dengan beroperasinya SPBU BBM 1 Harga di Kecamatan Air Buaya – Kab.Buru dan Bolakme – Kab. Jayawijaya maka Pertamina MOR VIII sudah merealisasikan 39 titik lokasi dan direncanakan 12 titik lokasi akan beroperasi di tahun 2019,” kata General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian, Sabtu (23/2/2019).

Ia pun menambahkan, Pertamina terus menjaga komitmen untuk melayani masyarakat dan mendukung program Pemerintah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Ini adalah wujud upaya Pertamina untuk merajut nusantara,” tambah Iin.

Sementara itu, Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial, menyatakan, BBM Satu Harga adalah wujud kepedulian dari Pemerintah melalui BUMN untuk merealisasikan keadilan sosial dan mewujudkan konsep membangun Indonesia dari pinggiran.

Oleh karena itu, Pemerintah mengapresiasi kepada Pertamina atas upaya penyediaan energi hingga ke wilayah pelosok secara merata dengan harga terjangkau.

“Upaya pemerataan energi melalui BBM Satu Harga merupakan usaha yang luar biasa Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) serta badan usaha pendamping agar mampu menggerakkan sektor-sektor ekonomi, termasuk di Buru yang masuk wilayah 3T,” papar Ego

SPBU 86.975.26 Kecamatan Air Buaya, Kab. Buru yang diresmikan hari ini memasok BBM jenis Premium, Solar, dan Pertalite dengan masing-masing berkapasitas 5KL.

Titik suplai berasal dari TBBM Namlea yang berjarak sekitar 100 km dan ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil tangki selama tiga jam. Adapun kuota per bulan untuk Premium sebesar 60 KL dan Solar 20 KL.

2 dari 2 halaman

Sebelum Ada Titik BBM Satu Harga

Sebelum ada titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat yakni sejauh kurang lebih 60 KM ke APMS Lala.

Kemudian kurang lebih 88 KM ke SPBU Namlea sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 9.000 per liter dan Solar 10.000 per Liter di wilayah ini.

Dengan ada SPBU ini, masyarakat Kecamatan Air Buaya kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter.

Sementara itu, BBM di distrik Bolakme dikirim dari supply point Terminal BBM Jayapura yang diangkut menggunakan mobil tangki kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat terbang dan mobil truk.

Jarak yang ditempuh yakni sejauh 145 km dengan waktu tempuh normal hingga 3 jam. Adapun setiap dua kali dalam sebulan akan dipasok masing-masing sebanyak 50 KL Bio Solar dan 150 KL Premium.

Pertamina berharap agar kehadiran titik BBM Satu Harga ini memberi dampak positif di bidang ekonomi dan sosial bagi masyarakat di wilayah masing-masing. 

Selain itu, Pertamina juga mengharapkan agar seluruh pihak khususnya kepada pemerintah daerah, Kepolisian, dan para stakeholders agar dapat mendukung dan mengawasi pelaksanaan program BBM Satu Harga di wilayah Air Buaya dan juga Bolakme sehingga proses distribusi BBM dapat berjalan dengan lancar dan seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya. (Yas)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ketika Eceng Gondok Bikin Dongkol Nelayan Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo – Eceng gondok atau sering disebut gulma tampak merusak pemandangan di pantai sekitar Pelabuhan Gorontalo.

Tidak hanya merusak pemandangan, keluhan juga datang dari nelayan setempat. Mereka mengeluhkan enceng gondok yang memenuhi pantai Kelurahan Pohe, Kecamatan Hulontalangi, Kota Gorontalo.

Karena tanaman mengambang ini seringkali menyangkut di mesin perahu dan juga jala ikan.

“Dengan tercemarnya pantai Gorontalo dengan eceng gondok ini sering mengganggu kapal. Jala ikan kami pun sering rusak akibat tersangkut di tumpukan eceng gondok ini,” kata Jefri, salah satu nelayan kepada Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019).

Kehadiran tanaman ini sudah kerap dikeluhkan, bahkan di teluk Gorontalo, enceng gondok bertebaran di mana-mana.

“Tanaman ini berasal dari Danau Limboto yang terbawa arus hingga ke Teluk Gorontalo dan memenuhi pinggiran pantai sekitar pelabuhan Gorontalo,” kata Jefri.

Sudah bertahun-tahun kondisinya demikian dihadapi nelayan. Biasanya jika ada hujan di hulu, air danau mengalirkan tanaman ini ke arah muara dan menuju Teluk Gorontalo. Kejadian serupa juga melanda nelayan di Kecamatan Dumbo raya tepatnya di Kelurahan Leato.

“Padahal sering melakukan bersih-bersih lingkungan ternyata eceng gondok ini tidak ada habisnya,” kata nelayan lainya, Wahyu Urumi.

Saksikan video pilihan berikut ini: