Keganasan Ombak Bono dan Legenda 7 Hantu di Sungai Kampar

Bono merupakan gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Biasanya ombak atau gelombang hanya terjadi di tepi pantai atau laut ataupun danau yang luas akibat perubahan arus air dan angin.

Ombak yang berukuran cukup besar ini dimanfaatkan wisatawan untuk bermain selancar. Maka, jika melihat orang berselancar di pantai adalah suatu hal yang sudah biasa, tetapi melihat orang berselancar di arus sungai adalah suatu hal yang luar biasa.

Bono terbesar biasanya terjadi ketika musim penghujan di mana debit air Sungai Kampar cukup besar yaitu sekitar bulan November dan Desember.

Terdapat dua lokasi di Provinsi Riau tempat munculnya ombak Bono, yaitu di Muara (Kuala) Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan dan di Muara (Kuala) Sungai Rokan di Kabupaten Rokan Hilir.

Masyarakat setempat menyebut Bono di Kuala Kampar sebagai Bono Jantan karena lebih besar, sedangkan Bono di Kuala Rokan sebagai Bono Betina karena lebih kecil.

Bono di Kuala Kampar tersebut berjumlah tujuh, bentuknya mirip kuda yang biasa disebut dengan induk Bono. Inilah sebabnya Pemda Pelalawan menamakan kegiatan berselancar di atas Ombak Bono disebut Bekudo Bono yang diambil dari bahasa daerah, artinya menunggangi Ombak Bono.

Pada musim pasang mati, bono jantan akan pergi ke Sungai Rokan untuk menemui bono betina. Kemudian bersantai menuju ke selat Malaka. Itulah sebabnya ketika bulan kecil dan pasang mati, bono tidak ditemukan di kedua sungai tersebut.

Jika bulan mulai besar, kembalilah Bono ke tempat masing-masing, lalu main di sungai Kampar dan sungai Rokan. Semakin penuh bulan di langit, semakin gembira bono berpacu kedua sungai itu.

Muara Sungai Bono yang disebut penduduk sebagai Kuala Kampar memiliki ombak Bono yang dapat mencapai ketinggian 6-10 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *