6 Kebiasaan Baik Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Liputan6.com, Jakarta – Semua orang ingin memiliki kekuatan otak yang maksimal, di mana otak adalah sebagai pusat untuk mengatur kerja dalam tubuh. Banyak trik dan cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mulai dari makan ikan yang bergizi hingga latihan khusus yang dilakukan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak Anda. Melansir dari lifehack.org, Minggu, 14 April 2019, berikut latihan yang harus Anda lakukan.

1. Lakukan Tugas Tersulit di Pagi Hari

Otak Anda bekerja sebaik mungkin ketika segar dan berenergi setelah tidur nyenyak. Jika Anda memiliki tugas untuk melakukan itu membutuhkan banyak pemikiran dan fokus. Waktu terbaik untuk melakukan tugas itu adalah di pagi hari, ketika otak Anda berada pada posisi paling segar.

Ini adalah salah satu alasan mengapa membuka gawai di pagi hari bukanlah ide yang bagus. Anda menyia-nyiakan waktu terbaik otak Anda untuk tugas sederhana yang dapat dilakukan ketika otak Anda tidak segar.

Jauh lebih baik untuk melakukan tugas-tugas kreatif Anda yang paling sulit, mengambil keuntungan dari tingkat energi otak Anda yang lebih tinggi. Cobalah awali pagi hari dan jadwalkan pekerjaa yang membutuhkan konsentrasi kreatif tinggi.

2. Baca Buku, Jangan Bermain Media Sosial

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan pengetahuan Anda selain dengan membaca buku. Kebiasaan dari seseorang lebih menyukai untuk menghabiskan waktu bermain di media sosial. Sebaiknya, jadikan membaca buku sebagai kebiasaan Anda.

Ketika Anda membaca buku, Anda meningkatkan kemampuan otak untuk menyelesaikan masalah dengan pengatahuan yang Anda dapat dari buku. Pelajari tentang teori ekonomi, sejarah, dan psikologi. Semua topik ini memiliki aplikasi praktis nyata untuk kehidupan.

Setop 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mesin Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Terdapat beragam kebiasaan saat berkendara yang dinilai wajar. Namun, terdapat beberapa kebiasaan yang ternyata memberikan dampak buruk terhadap mesin.

Mungkin, tanpa disadari kebiasaan buruk pun bisa dilakukan. Jika terus-terusan dilakukan, bukan tak mungkin akan merusak mobil. 

Berikut ada lima kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mesin mobil rusak, seperti dikutip dari Cartoq:

1. Asal Tancap Gas

Meskipun ada anggapan mobil modern tak perlu dipanaskan saat pertama kali mesin dinyalakan setiap harinya, ada baiknya untuk tetap memanaskan. Sebab mesin mungkin belum mendapatkan suhu fungsi optimal. 

Jika langsung tancap gas setelah menyalakan mesin, itu bisa menyebabkan keausan pada komponen mesin. 

2. Engine Lugging

Banyak orang yang masih menerapkan engine lugging atau mengemudi dengan kecepatan tinggi pada putaran mesin (rpm) rendah. Ini jelas bisa merusak mesin, apalagi kalau mesin turbo.

Jika Anda tetap melakukan engine lugging, itu artinya memaksa mesin bekerja ekstra. Efeknya, mesin bekerja kurang efisien dan suhu mesin mudah panas. Maka itu turunkan gigi saat putaran mesin turun.

 

Sontek, 6 Kebiasaan Orang yang Jarang Sakit

“Dengan tidur selama 8 jam, dapat mengalami penurunan berat badan dan berkurangnya hormon stres,” kata seorang ahli gizi bernama Shawn Talbott. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari pentingnya tidur bagi kesehatan. Alhasil, banyak yang merelakan waktu tidurnya berkurang.

6. Membatasi penggunaan media sosial

Menurut sebuah penelitian dari Depression and Anxiety, semakin banyak waktu yang dihabiskan di media sosial, semakin besar peluang tidak bahagia. Melihat foto atau membaca status teman membuat seseorang sering membandingkan kehidupannya dan kehidupan teman-temannya.

Jika penggunaan media sosial tidak dapat dikontrol, ini dapat memicu perasaan stres, bahkan bisa depresi. Ada baiknya untuk membatasi penggunaan media sosial, agar hal seperti ini tidak terjadi.

Penulis: Dara Elisabeth

Intip, 3 Kebiasaan Pria yang Bikin Wanita Kesal

Liputan6.com, Jakarta – Di dalam sebuah hubungan, biasanya ada saja kebiasaan pria yang mungkin akan membuat kesal. Bahkan tak jarang malah menjadi pemicu terjadinya pertengkaran.

Walaupun tidak menutup kemungkinan sesuatu yang dilakukan wanita juga bikin kesal si Pria setengah mati. Kali ini, Asmara Ku akan berbagi informasi tentang tiga kebiasaan pria yang dapat membuat kesal wanita.

Salah satunya adalah jika pria sudah jarang memberi kabar kepada pasangannya. Walaupun, sebenarnya si Pria memiliki kesibukan kerja atau yang lainnya. Ada baiknya, untuk menyempatkan diri memberi kabar.

Ingin tahu apa lagi kebiasaan pria yang bisa membuat wanita kesal? Simak video selengkapnya di channel AsmaraKu di Vidio.com berikut ini.

Beberapa kebiasaan pria yang bisa membuat wanita kesal setengah mati, kira kira apa saja ya?

Duh! 5 Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Bisa Jadi Penyakit

Jakarta – Kamar mandi menjadi tempat yang pasti disinggahi, entah untuk mandi atau hanya buang air. Untuk sebagian orang, berlama-lama di kamar mandi dapat memunculkan ide-ide kreatif di luar dugaan.

Tetapi kamar mandi menjadi tempat yang banyak didiami kuman, karena itu dapat meningkatkan risiko penyebaran yang dapat menyebabkan penyakit.

Dikutip dari detikHealth dari berbagai sumber, ada beberapa kebiasaan di kamar mandi yang justru bisa membuat kita sakit. Apa saja itu?

1. Main Handphone

Banyak orang yang bisa multitasking, saat buang air besar juga bisa sambil main handphone. Berselancar di instagram hingga bermain game bisa dilakukan dalam berbarengan dengan kegiatan di kamar mandi.

Meskipun itu sudah menjadi suatu kebiasaan, sebaiknya harus dihindari. Karena bagaimanapun kamar mandi merupakan sarang kuman, dengan main handphone maka kuman dapat berpindah dan keluar dari kamar mandi melalui handphone tersebut.

2. Cuci tangan nggak bersih

Kata Charles Gerba, PhD, ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Arizona, cara paling efektif dan efisien untuk mencegah penyakit adalah dengan mencuci tangan dengan bersih.

Tetapi masih banyak orang yang mencuci tangan ‘asal basah’ saja. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20-30 detik. Serta jangan lupa menggosok area di bawah kuku yang bisa jadi tempat kuman.

3. Cuci tangan pakai sabun batangan

Menurut Gerba, sabun batangan justru mengumpulkan bakteri ketika digunakan oleh banyak orang. “Sabun itu sendiri menjadi tempat berkembangbiaknya kuman yang mudah diambil dan disebarkan,” tegasnya.

Gantilah kebiasaan menggunakan sabun batangan menjadi menggunakan sabun cair untuk menghindari penyebaran kuman dari orang lain.

4. Nggak pakai antiseptik

Jangan salah, cuci tangan saja sebenarnya belum tentu membunuh semua kuman. Maka dari itu alangkah baiknya ditambah membersihkan tangan dengan antiseptik agar kuman-kuman mati dan tidak ada penyebaran yang membahayakan tubuh.

5. Pakai handuk ramai-ramai

Biasanya setelah cuci tangan disediakan handuk untuk mengeringkannya. Namun sayangnya dalam satu kamar mandi yang dipakai banyak orang, disedikan hanya satu handuk. Kebiasaan itu juga bisa membuat kuman bersarang dan menyebar ke atau dari tangan orang lain.

(wdw/up)

Bisa Ditiru, Ini 8 Kebiasaan Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

3. Memanfaatkan Pakaian Lama

Kebanyakan orang malu memakai baju yang sudah lama. Tapi tidak dengan keluarga kerajaan, meskipun segala sesuatu yang mereka pakai selalu menjadi perhatian banyak orang.

Kate Middleton dan Ratu Elizabeth II diketahui kerap memakai pakaian lama untuk pergi ke suatu acara. Puteri Charlotte juga sempat mengenakan sepatu bekas pamannya, Pangeran Harry, yang dipakai sekitar 30 tahun lalu. Pangeran George juga memakai gaun baptis sang ayah yang dulu dipakai pada tahun 1984.

4. Lebih Baik Memperbaiki daripada Mengganti

Dengan uang sebanyak yang dimiliki Ratu Elizabeth II, mungkin bisa membeli berbagai barang sesuai keinginan. Tetapi Ratu menentang hal itu.

Daripada membeli baru, ia lebih memilih memperbaiki sarung tangannya yang sudah usang. Bahkan Ratu masih memiliki sepasang sarung tangan dari 40 tahun lalu.

Isu Pesawat Prabowo Dihalangi Jet, TKN: Nafsu Politik, Kebiasaan Fitnah

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyindir kubu capres Prabowo Subianto terkait isu pesawat Prabowo dihalangi jet tempur saat akan terbang di Bandara Halim Perdanakusuma. TKN menyindir kubu Prabowo yang kerap melempar isu tanpa lebih dulu klarifikasi (tabayun).

“Dalam pepatah Arab dikatakan ‘barang siapa yang buruk perilakunya, maka buruk pula cara berpikirnya’. Selalu negative thinking, suuzan, dan kehilangan skill untuk klarifikasi atau tabayun,” kata s kepada wartawan, Kamis (4/4/2019).

Toni, sapaan akrabnya, lalu menyinggung soal kasus Ratna Sarumpaet. Menurutnya, pendukung Prabowo tidak belajar dan berangkat dari nafsu politik grasa-grusu.
“Semua ini berangkat dari nafsu politik, grasa-grusu, kebiasaan melakukan fitnah dan kehilangan prinsip dasar untuk tabayun. Apa yang diharapkan rakyat dari sekelompok orang berkarakter buruk semacam itu?” ucap Sekjen PSI ini.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga akhirnya mengapresiasi langkah TNI AU yang melakukan klarifikasi terkait pesawat jet tempur yang disebut menghalangi pesawat Prabowo. Toni mengimbau agar tak terburu-buru melempar isu ke media sosial karena dapat memancing spekulasi publik.

Wakil Sekretaris TKN Raja Juli AntoniWakil Sekretaris TKN Raja Juli Antoni (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)

“Jangan dilempar ke media sosial dulu. Ini membuat simpang-siur yang tidak perlu, memancing spekulasi dan kericuhan di dunia maya. Kecuali memang itu tujuannya,” ungkapnya.

Isu soal pesawat Prabowo yang dihalangi jet tempur ini awalnya diungkapkan eks Kasum TNI Letjen TNI (Purn) JS Prabowo lewat akun Twitter @marierteman. Dia menyebutkan ada tiga jet tempur yang melintas saat pesawat Prabowo akan lepas landas menuju Purwokerto pada Senin (1/4).

“Info, saat akan menuju Purwokerto (1/4) pswt yg ditumpangi @prabowo aborted take off krn saat akan take off diujung runway melintas 3 jet tempur. Pengaduan resmi + CVR akn disampaikan kpd dirjen perhubungan udara,” cuit JS Prabowo.

“Tgl 2/4 selesai kampanye di Sumbar tdk dikawal Polri. Itu aja,” lanjut dia.

Kadispen AU Marsma TNI Samyoga membantah cuitan itu. Samyoga mengatakan pernyataan itu tidak tepat.

“Apa yang disampaikan Pak JS Prabowo kurang tepat. Karena yang beliau sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda, dan dua-duanya sama sekali tidak melibatkan Sukhoi,” kata Samyoga lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom.
(azr/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kinerja Otak

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini membahas tentang 6 kebiasaan yang dapat merusak kinerja otak. Sebagai sistem pusat yang mengatur kinerja tubuh, otak perlu istirahat agar tak stres.

Selain melewatkan sarapan, ada beberapa hal lain yang bisa merusak kinerja otak, seperti kurang tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan orang lesu dan menjadi pelupa. Alasannya, karena kurang tidur merampas kemampuan neuron Anda untuk berfungsi dengan baik.

Berita lain yang juga menjadi sorotan pembaca tentang cara memesan tiket pesawat murah untuk liburan. Salah satunya memperbanyak informasi mengenai tiket penerbangan.

Pada umumnya ada hari-hari tertentu di mana tiket pesawat menjadi murah yaitu hari Selasa atau Rabu. Terkadang juga ada kejutan mendadak dari maskapai penerbangan itu.

Di samping itu, terdapat 6 khasiat ajaib makan pisang dua hari sekali yang jarang diketahui orang. Dari 6 khasiat itu salah satunya menurunkan risiko kanker.

Pisang dengan kandungan vitamin C tinggi sangat penting dalam memerangi radikal bebas karsinogenik. Serat dalam pisang juga penting untuk mengatur kesehatan pencernaan dan dianggap mengurangi risiko kanker kolorektal.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, simak rangkuman Liputan6.com selengkapnya berikut ini.

6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kinerja Otak

Otak adalah sistem pusat saraf yang mengatur kinerja organ tubuh. Terkadang jika merasa lelah kita ingin mengistirahatkan otak agar tidak stres hingga menjadi lebih rileks.

Namun, sering tak disadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang tidak kita ketahui dapat merusak kinerja otak yang akan membuat Anda menjadi lamban dalam berpikir. Melansir dari hhdresearch.org, Kamis, 28 Maret 2019 berikut enam hal yang dapat merusak kinerja otak tersebut.

Dari enam hal tersebut terdapat melewatkan sarapan. Sarapan dianggap sebagai makanan terpenting selain makan siang dan malam. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah rendah, dan itu sangat merusak otak.

Selanjutnya…

Cara Memesan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan, Apa Saja?

Liburan menjadi alternatif banyak orang untuk mengisi waktu luang. Idealnya kebanyakan dari Anda menginginkan liburan yang menyenangkan dengan biaya tiket yang tidak terlalu mahal, kecuali jika Anda salah satu dari orang yang tidak ada masalah dengan uang.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar penting untuk meminimalkan risiko kanker karena Anda mendapatkan dosis harian nutrisi penting tanpa tambahan garam, gula, pewarna makanan, dan bahan pengawet kimia.

Selanjutnya…

6 Khasiat Ajaib Makan Pisang Dua Hari Sekali yang Jarang Orang Ketahui

Pisang adalah makanan yang sangat populer. Tumbuh di 107 negara, buah ini merupakan tanaman paling berharga keempat di dunia. Pisang sangat sederhana, tapi banyak digunakan untuk pelengkap es krim, sereal, dan yoghurt.

Pisang juga jadi salah satu camilan paling sehat yang bisa Anda miliki. Melansir dari foodprevent.com, Senin, 1 April 2019, berikut khasiat yang bakal didapatkan jika Anda mengkonsumsi pisang dua hari sekali.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dedik Setiawan Ungkap Kebiasaan Baru Timnas Indonesia

Di Arema, kedisiplinan seperti itu masih belum dilakukan karena tugas membersihkan ruang ganti diserahkan kepada bagian perlengkapan atau petugas stadion.

Dedik akan membawa kebudayan itu. Namun dia tentu tidak akan membersihkan ruang ganti sendirian. Setidaknya, mantan striker Persekam Metro FC ini tidak membuang sampahnya sembarangan.

Selain itu, kedisiplinan latihan tepat waktu dan yang lainnya juga otomatis akan terbawa dengan sendirinya. “Intinya, kedisiplinan segala hal sampai sekarang masih terbawa. Jadi ini akan lebih baik untuk saya,” sambungnya.

Kebudayaan membersihkan kamar ganti ini sebenarnya dipoluperkan Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 Rusia. Tim Samurai biru itu selalu membersihkan ruang ganti sendiri usai pertandingan.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Berita video Simon McMenemy mengungkapkan “senjata”-nya untuk membuat Timnas Indonesia berbahaya. Apakah itu?

Top 3 Berita Hari Ini: Terungkap, 6 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Menambah Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang kebiasaan kita yang bisa menambah berat badan. Ada sejumlah hal yangg membuat berat badan kita bertambah. Seperti pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak menentu.

Selain itu, ada kebiasaan lain yang sepertinya baik-baik, tetapi tanpa disadari bisa menambah berat badan Anda. Salah satunya adalah makan terlalu cepat. Tentunya tidak masalah seberapa cepat Anda makan, kalau ternyata jumlah makanannya sama secara keseluruhan.

Namun perut kita faktanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal ke otak bahwa kita kenyang. Berita kedua yang menarik perhatian adalah seputar pemilihan pria dan perempuan tertampan dan tercantik di Asia.

Mungkin lebih tepatnya, selebriti paling ganteng dan paling cantik. Sebuah lembaga film kritikus asal film Inggris, TC Candler, baru-baru ini mengumumkan memilih Lisa BLACKPINK sebagai perempuan tercantik di Asia untuk 2018.

Sedangkan aktor asal China, Wu Jing dinobatkan sebagai pria paling ganteng di Asia. Berita ketiga yang banyak diminati tentang pasangan pengantin baru Syahrini dan Reino Barack. Kini mereka tak lagi segan memperlihatkan kemesraan baik di depan publik maupun di media sosial.

Seperti baru-baru ini, Syahrini sempat memperlihatkan momen bergandeng tangan dengan Reino di sebuah bangunan di Swiss. Dalam video boomerang tersebut, Syahrini terlihat memakai long coat abu-abu berpadu dress dilengkapi belt dan stocking hitam.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Terungkap, 6 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Menambah Berat Badan

Anda tidak akan kaget mendengar bahwa terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan gula akan menyebabkan obesitas. Pola makan”) yang buruk ditambah gaya hidup yang tidak menentu membuat berat badan naik.

Anda mungkin benar-benar menambah berat badan melalui perilaku yang bahkan tidak Anda sadari secara sadar. Melansir dari fitnessengage.com, Kamis, 21 Maret 2019, ternyata, ada banyak kebiasaan yang tampaknya baik-baik, tetapi sebenarnya diam-diam menambah berat badan Anda.

Selanjutnya…

Lisa Blackpink Terpilih Jadi Perempuan Tercantik di Asia

Popularitas dan kecantikan para personil BLACKPINK sudah tak diragukan lagi. Salah satunya adalah Lisa yang punya banyak penggemar. Anggota termuda dari girlband Korea ini baru saja terpilih sebagai perempuan tercantik di Asia untuk 2018.

Dilansir dari The Straits Times, Kamis, 21 Maret 2019, Lisa BlLACKPINK berada di urutan teratas dalam daftar perempuan tercantik yang disusun sebuah lembaga film kritikus asal film Inggris, TC Candler.

Selanjutnya…

Pakai Long Coat, Syahrini Gandeng Mesra Tangan Reino Barack di Swiss

Setelah resmi jadi suami-istri, pasangan Syahrini dan Reino Barack tak lagi segan memperlihatkan kemesraan mereka. Mulai dari rangkaian momen lamaran, akad, hingga belum lama ini, keduanya terlihat bertandang ke Swiss.

Lewat unggahan Instagram Story di akun pribadinya, @princessyahrini, sang penyanyi sempat memperlihatkan momen keduanya bergandeng tangan saat menuruni tangga di sebuah bangunan di Swiss.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini: