Hujan Lebat, Bandara Adi Soemarmo Tutup 45 Menit

Liputan6.com, Boyolali – Bandara Adi Soemarmo Boyolali tutup selama 45 menit dari pukul 17.30-18.15 WIB akibat hujan lebat yang terjadi sejak Minggu (17/2) sore.

“Karena faktor cuaca ini menyebabkan jarak pandang hanya 600 meter sehingga penerbangan tidak bisa dilakukan,” kata Pejabat Humas Bandara Internasional Adi Soemarmo Danar Dewi di Boyolali, Minggu (17/2/2019).

Menurut dia, penutupan sementara dilakukan oleh otoritas terkait demi keamanan.

Ia mengatakan akibat penutupan tersebut setidaknya ada dua maskapai penerbangan yang terkena dampak, yaitu Citilink dengan kode penerbangan QG 127 relasi Solo-Halim Perdana Kusuma dan Lion Air JT539 relasi Solo-Soekarno Hatta.

Di sisi lain, untuk penerbangan ke arah Solo sejauh ini tidak ada yang terdampak. Sebelumnya, tepatnya pada Jumat (15/2) bandara tersebut juga melakukan hal serupa akibat cuaca buruk.

Berbeda dengan saat ini, pada hari Jumat tersebut penutupan dilakukan sekitar 40 menit.

“Pada saat itu jarak pandang hanya sekitar 500 meter sehingga tidak memungkinkan bagi pilot untuk tetap mengoperasikan pesawat,” katanya dilansir Antara.

Meski demikian, menurut dia, tidak ada penerbangan yang terdampak penutupan baik yang menuju Solo maupun berangkat dari Solo. Sebagaimana diketahui, jarak pandang ideal bagi pilot untuk bisa mengoperasikan pesawat sekitar 1,6 km.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kendaraan Lapis Baja hingga Mobil Pemadam Bersiaga di Lokasi Debat Capres

Liputan6.com, Jakarta – Pengamanan Hotel Sultan, Jakarta diperketat, menjelang debat calon presiden (debat capres) yang diselenggarakan pada Minggu (17/2/2019), pukul 20.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, di lokasi debat capres, di Hotel Sultan, pengamanan dilakukan pihak kepolisian dari berbagai kesatuan, di antaranya Brimob dan Sabara.

Untuk memperkuat pengamanan, ratusan petugas berseragam dan tanpa seragam disiagakan. Selain itu juga disiagakan kendaraan lapis baja dan menyiagakan anjing pelacak untuk mendeteksi adanya bom.

Selain pihak keamanan, juga disiagakan satu unit mobil pemadam kebakaran, serta fasilitas pendukung kehanda‎lan pasokan listrik. 

PLN Distribusi Jakarta Raya telah menyiapkan satu unit Power Bank berkapasitas 1.000 kilo Volt Amper (kVA), dan satu unit Power Bank 630 kVA untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik.

Sebagai cadangan pasokan PLN juga disiapkan tiga unit UPS masing-masing 500 kVA untuk menjamin keandalan pasokan listrik. Selain itu, langkah mitigasi risiko lain juga disiapkan, termasuk dengan memasok listrik dari 2 sumber yang berbeda dengan dilengkapi Automatic Change Over (ACO).

Apabila sumber utama terganggu, dapat secara otomatis berpindah ke sumber pasokan listrik lainnya.

Untuk diketahui, debat capres‎ akan dilaksanakan pukul 20.00, adapun yang akan dibahas dalam debat tersebut adalah pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam (sda) dan lingkungan hidup.

2 dari 2 halaman

Pengusaha: Debat Capres Bukan Ajang Saling Serang tapi Adu Terobosan

Sebelumnya, kedua kandidat calon presiden (capres) akan saling beradu program terkait masalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup pada malam ini.

Dalam debat nanti, para pengusaha berharap agar kedua capres akan mengemukakan visi dan misi jangka pendeknya dan jangka panjangnya secara konkret. Bukan hanya sekedar saling serang dan beradu argumen.

“Tentu kami dari pengusaha lebih melihat ke depannya seperti apa. Dari sisi energi, apa yang akan difokuskan oleh pemerintah dan bagaimana korelasinya dengan peluang investasi di bidang sumber daya alam yang ada,” ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 17 Februari 2019.

Kemudian dari sisi kebijakan pangan, lanjut Shinta, pengusaha ingin melihat adanya terobosan yang dilakukan sehingga Indonesia tidak hanya menjadi negara pengimpor komoditas pangan, melainkan menjadi negara pengekspor.

“Minimal mampu memenuhi kebutuhan pokok sendiri dan memadukannya dengan potensi investasi jangka pendek dan jangka panjang,” ungkap dia.

Kebijakan di bidang lingkungan hidup, kata Shinta, juga tidak kalah penting. Sebab, keberlanjutan bangsa dan negara sangat didukung oleh daya dukung lingkungan.

“Nah, konsepnya gimana? bagaimana menciptakan keseimbangan antara investasi dan lingkungan dan bagaimana memperbaiki yang telah rusak. Negara akan berperan seperti apa? Bagaimana apresiasi pemerintah kepada perusahaan atau orang yang telah membantu dan mendukung pembangunan  yang berkelanjutan,” jelas dia.

Sementara untuk infrastruktur, dalam debat tidak tidak perlu membahas apa yang telah terjadi. Shinta berharap, kedua kandidat tidak berdebat soal perlu tidaknya membangun jalan tol.

“Ke depan bagaimana? apa fokus infrastruktur untuk mendukung seluruh kehidupan bangsa, energi, pangan, SDA, lingkungan dan lainnya. Jangan sampai infrastruktur menguntungkan salah satu sisi saja, baik untuk investasi tapi tidak baik dari sisi lingkungan. Itu tidak boleh. begitu pula sebaliknya. Ini yang ingin kita dengar,” tandas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Eks Elite NATO Peringatkan Uni Eropa Soal Intervensi Rusia dalam Pemilu

Munchen – Mantan Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Anders Fogh Rasmussen memperingatkan Uni Eropa supaya mencegah intervensi Rusia dan kekuatan asing terhadap Pemilu parlemen Eropa. Pemilu akan digelar pada bulan Mei nanti.

Dilansir AFP, Minggu (17/2/2019), Pemilu itu bakal diikuti 350 juta warga 27 negara Uni Eropa. Dia menyebut ada “kekuatan jahat” yang mengintai.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, sangat mungkin ada kekuatan asing yang menargetkan banyak pemilu, termasuk yang dilakukan dengan cara membobol sistem pemilihan, secara diam-diam mendukung kandidat-kandidat, atau lewat berita-berita beracun di media tradisional maupun daring (online),” kata Rasmussen.


Mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan adanya intervensi Rusia dan pelaku-pelaku lain. “Khususnya dari Rusia dan juga aktor-aktor lain, untuk menghancurkan kepercayaan orang-orang pada tiap proses demokrasi di negara-negara kita,” ujar Biden pada peluncuran bersama lembaga Komisi Transatlatik untuk Integritas Pemilu.

Dia menyebut ada ancaman serangan siber, pengaruh operasi uang gelap, dan disinformasi. Mereka memunculkan inisiatif agar parpol-parpol dan para kandidat menandatangani janji untuk tidak meminta bantuan dan bersekongkol dengan orang yang hendak menghancurkan demokrasi.

Dia juga ingin agar tak ada yang menyebarkan hasil audio atau video “deep fake”, yakni hasil manipulasi digital, serta penggunaan jejaring otomatis yang diistilahkan sebagai “bot” untuk menyebarkan pesan daring.

Inisiatif ini disebut sebagai kelompok politik bi-partisan transatlantik, berisikan pemimpin bidang politik, teknologi, bisnis, dan media. Mereka punya keinginan mencegah “gelombang baru intervensi terhadap pemilu”.

“Intervensi asing terhadap pemilu bukan hanya ancaman serius terhadap institusi demokrasi, saya percaya ini juga merupakan ancaman terhadap keamanan,” kata Biden.

Dia berbicara di sela acara Konferensi Keamanan, Munchen. Kepala intelijen dari Jerman, Prancis, dan Inggris hadir di acara ini. Kepala badan mata-mata Prancis DGSE, Bernard Emie, juga memperingatkan bahwa benua Eropa sedang menghadapi ancaman campur tangan dan agresi eksternal yang sedang bertumbuh.

“Ini datang dari pihak negara dan non-negara,” kata Bernard Emie yang memperingatkan soal serangan siber yang bertujuan mendestabilisasi proses elektoral.

Ngomong-ngomong soal intervensi Rusia, baru-baru ini ada berita soal ‘propaganda Rusia’ di khalayak publik Indonesia. Awalnya, Jokowi yang merupakan capres petahana Pilpres 2019 bicara soal hal itu. Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia lewat akun Twitternya membantah adanya propaganda Rusia.

“Sebagaimana diketahui istilah ‘propaganda Rusia‘ direkayasa pada tahun 2016 di Amerika Serikat dalam rangka kampanye pemilu presiden. Istilah ini sama sekali tidak berdasarkan pada realitas,” tegas Kedubes Rusia lewat akun Twitter resmi @RusEmbJakarta pada Senin (4/1/2019).

Jokowi sendiri menegaskan, istilah ‘propaganda Rusia’ hanya terminologi dari artikel yang dia baca. Itu bukanlah merujuk ke Rusia sebagai negara. “Ini kita tidak bicara mengenai negara, bukan negara Rusia tapi terminologi dari artikel di Rand Corporation,” kata Jokowi ditemui di kediaman Akbar Tandjung, Jl Purnawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019).
(dnu/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Puji Donald Trump, Wapres AS: Kepemimpinan Luar Biasa Hebat

Liputan6.com, Munich – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence menegur ketidakkompakan dukungan negara-negara Uni Eropa atas isu di Iran dan Venezuela.

Di saat bersamaan, dia juga menolak usulan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk memasukkan Rusia dalam upaya kerja sama global, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Minggu (17/2/2019).

Menyebut hasil kepemimpinan Donald Trump sebagai “luar biasa hebat”, Pence berujar di hadapan para pejabat senior Eropa dan Asia bahwa Uni Eropa harus mendukung pengunduran diri AS dari perjanjian nuklir Iran, dan mengakui pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, sebagai presiden setempat.

“AS lebih kuat dari sebelumnya, dan Amerika memimpin di panggung dunia sekali lagi,” kata Pence kepada para pejabat di Konferensi Keamanan Munich, seraya menyebut AS sukses menerapkan kebijakan luar negerinya, mulai dari Afghanistan hingga Korea Utara.

Sebelumnya, para pemimpin Eropa bermasalah dengan retorika Donald Trump, yang mereka katakan tidak menentu dan mengganggu. Hal tersebut utamanya merujuk pada keputusan presiden AS ke-45 itu, untuk menarik diri dari perjanjian nuklir Iran –yang disepakati pada 2015– dan menuduh Teheran terus mengembangkan bom nuklir.

Tetapi Pence –yang selama kunjungannya ke Polandia menuduh Inggris, Jerman dan Prancis merusak sanksi AS terhadap Iran– mengulangi permintaannya agar kekuatan Eropa menarik diri dari kesepakatan tersebut.

“Rezim Iran secara terbuka mendukung Holocaust, dan mereka mencari cara untuk mencapainya,” ujar Pence, yang juga mengunjungi kamp konsentrasi Nazi Auschwitz.

“Sudah tiba waktunya bagi mitra Eropa kami untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran yang menghancurkan, dan bergabung dengan kami membawa tekanan ekonomi dan diplomatik,” lanjutnya mengajak.

Sementara itu, dalam upaya mendorong kebijakan Donald Trump yang mendukung negara berdaulat, Pence mengatakan: “sekali lagi dunia lama dapat mengambil sikap yang kuat dalam mendukung kebebasan di dunia baru”.

“Hari ini kami menyerukan Uni Eropa untuk melangkah maju demi kebebasan dan mengakui Juan Guaido sebagai satu-satunya presiden Venezuela yang sah,” katanya, menyebut Nicolás Maduro sebagai diktator yang harus mundur.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Tanggapan Kanselir Jerman

Pidato Wapres Pence terlihat kontras dengan apa yang disampikan kanselir Jerman Angela Merkel, tentang pembelaannya atas perdagangan luar negeri dan hubungan dengan Rusia, serta ajakan untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah-masalah global.

Berbicara di depan Pence, Merkel mempertanyakan apakah keputusan AS untuk meninggalkan kesepakatan nuklir Iran dan menarik diri dari Suriah adalah cara terbaik untuk mengatas pengaruh Teheran di Timur Tengah.

Merkel juga membela rencana pembangunan jalur pipa gas alam baru dari Rusia ke Jerman yang kembali dikecam oleh Pence.

Sebelumnya, pemerintahan Trump menuduh Jerman sebagai “tawanan” Rusia karena bergantung pada sumber energi yang berasal dari Negeri Beruang Merah.

“Jika selama perang dingin … kami mengimpor gas Rusia dalam jumlah besar, saya tidak tahu mengapa jika saya berkata bahwa ini lebih buruk: Rusia tetap menjadi mitra kami,” bela Merkel secara sarkas.

Selama sesi tanya jawab pada KTT terkait, Merkel menambahkan bahwa akan salah jika mengecualikan Rusia secara politis, meski Pence menyebut Washington “meminta pertanggungjawaban Rusia” atas anekasi Krimea dari Ukraina pada 2014 lalu.

“ecara geostrategis, Eropa tidak memiliki minat untuk memutuskan semua hubungan baik dengan Rusia,” kata Merkel.

Di lain pihak, Wapres Pence juga menyampaikan pesan Trump tentang kritik terhadap surplus Jerman terhadap neraca perdagangannya dengan AS, dan mengancam akan mengenakan tarif pada industri otommotif negara ekonomi terbesar Eropa itu sebagai balasannya.

“Jika itu dipandang sebagai ancaman keamanan bagi Amerika Serikat, maka kami terkejut,” kata Merkel, mengundang tepuk tangan dari hadirin.

“Kami bangga dengan (industri mobil kami), banyak yang diproduksi di AS dan diekspor ke China,” lanjutnya kembali mengundang tepuk tangan.

Polisi : Tidak Ada Rekayasa Lalu Lintas Saat Debat Capres

Liputan6.com, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tak akan memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk pengamanan debat capres yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, malam ini. Namun, keputusan rekayasa sewaktu-waktu dapat diberlakukan jika kondisi lalu lintas mengalami kepadatan.

“Tidak ada rekayasa, hanya pengamanan lalu lintas di sekitar Hotel Sultan diperketat. (Namun) Apabila situasi di lapangan ada kemacetan kami akan laksanakan diskresi,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat dikonfirmasi, Minggu (17/2/2019).

Kata Yusuf, untuk kelancaran lalu lintas ia menerjunkan ratusan personel. “Sebanyak 614 personel ya,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan sebanyak 2.981 personel gabungan TNI, Polri akan diturunkan saat debat capres kedua calon Presiden pada hari Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Personel tersebut nantinya akan dibagi menjadi tiga ring.

Argo mengatakan pengamanan juga dibantu oleh pasukan pengamanan presiden di lokasi acara debat.

“Pertama di lokasi debat itu sendiri, ring kedua di sekitar hotel, keluar masuk jalan hotel, ring ketiga Hotel Sultan ke Bundaran Semanggi,” ujar Argo, Jumat (15/2/2019).

2 dari 3 halaman

Skenario Pengamanan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan, dari pengalaman debat pertama kemarin, tak ada personel tambahan.

“Sesuai yang kemarin aja, 2.000 berapalah gitu, itu yang kelebihannya dimasukin semua BKO,” ujarnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengamankan semua titik sekitar lokasi debat. Termasuk pengamanan di area nonton bareng debat di Parkir Timur Senayan.

“Sekarang juga ada di GBK di Parkir Timur sudah disiapin untuk dua tempat. (Pengamanan) Sudah kita pisahkan dua, ditengah-tengahnya ada petugas polrinya. Ini karena spacenya lebih besar ya mudah mudahan tidak akan ketemu. Karena pintu masuknya juga sudah kita pisahkan, terus masuknya juga tempatnya sudah kita siapin,” pungkasnya.

Sementara itu pantauan merdeka.com, lokasi debat capres masih terlihat sepi. Hanya beberapa petugas yang melakukan pengamanan dibantu oleh petugas keamanan hotel.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Debat Capres Kedua, Tim Gabungan Jaga 3 Ring Pengamanan

Fokus, Jakarta – Sedikitnya 2.000 personel gabungan akan menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan debat kedua capres Pemilu 2019. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (17/2/2019), Golden Ballroom 2 Hotel Sultan telah siap dengan tata panggung, lampu, dan dekorasi. Kursi penonton pun telah disusun rapi.

Sementara itu, untuk pengamanan akan difokuskan pada tiga titik area. Area pertama ring satu atau lokasi debat. Area kedua, wilayah sekitar Hotel Sultan. Area ketiga, jalanan sekitar lokasi debat.  

Indosiar akan menyiarkan secara langsung debat kedua capres Pemilu 2019 yang di mulai pada pukul 18.00 WIB. (Karlina Sintia Dewi)

Ma’ruf Amin Singgung Negara Punah di Istigasah: Emangnya Dinosaurus!

Jakarta – Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin, menghadiri Tabligh Akbar dan Istigasah Kubro bersama warga se-Jakarta Timur di GOR Setu Cipayung, Jakarta. Ma’ruf menyelipkan sindiran politik dalam acara itu.

Pantauan detikcom, ratusan warga berkumpul di GOR Setu, Minggu (17/2/2019). Mayoritas warga terlihat memakai busana muslim bewarna putih.

Ma’ruf tiba pukul 09.24 WIB di Gor Setu. Kedatangan Ma’ruf disambut marawis.
Ma’ruf mengenakan jas bewarna abu-abu, sarung dan peci. Ketika turun dari mobil, Ma’ruf dihampiri sejumlah orang untuk bersalaman dan berfoto bersama.
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, turut hadir dalam acara ini. Sejumlah petugas keamanan mengamankan area sekitar GOR.

“Hari ini kita beristigasah. Memohon kepada Allah. agar negara kita dijaga diselamatkan Allah menjadi negara yang maju,” ujar Ma’ruf di GOR Setu.

Ma’ruf juga menyinggung soal prediksi sejumlah orang soal Indonesia bakal punah. “Jangan seperti kata orang, Indonesia akan menjadi negara yang bubar. Naudzubillah min dzalik. Indonesia akan punah? memangnya dinosaurus apa!” ujar Ma’ruf.

“Indonesia akan semakin kuat, bahkan akan menjadi negara nomor 6 di dunia, ada yang mengatakan no 4 di dunia. Kita mohon kepada Allah, supaya makin hari, negara kita makin kuat, makin sejahtera,” ujar Ma’ruf.
(tor/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi vs Prabowo, Siapa yang Lebih Kuasai Materi di Debat Capres Kedua?

Liputan6.com, Jakarta – Debat kandidat Calon Presiden (Capres) akan kembali digelar pada Minggu 17 Februari 2019. Dalam debat kedua tersebut akan mengangkat tema Energi, Pangan, Sumber Daya Alam (SDA), Lingkungan Hidup dan Infrastruktur.

Lantas kandidat mana yang akan lebih menguasai materi dalam debat ke-2 ini?

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani menyatakan dalam debat ke-2 ini, Capres nomor urut 01 yaitu Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan akan lebih unggul. Pasalnya, telah memiliki pengalaman dan telah menjalankan program-program di kelima sektor yang akan diperdebatkan. Terlebih lagi terkait dengan infrastruktur.

“Kalau Pak Jokowi karena petahana dan sudah ada track record lebih mudah diketahui,” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Minggu (17/2/2019).

Sementara untuk Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, dinilai masih minim akan pengalaman dalam mengurusi masalah, energi, pangan, SDA, lingkungan hidup dan infrastruktur.

“Tapi kalau Pak Prabowo kan belum ada track record di pemerintahan jadi agak sulit bisa di tebak,” kata dia.

Selain itu, lanjut Shinta, pengalaman Prabowo di dunia militer dan sebagai pengusaha juga dinilai tidak terkait dengan kelima sektor tersebut. namun demikian, para pengusaha tetap menunggu program apa yang akan ditawarkan oleh kedua kandidat ini.

“Kalau beliau (Prabowo) pengalamannya militer dan sebagai pengusaha tidak bisa dijadikan indikasi kemampuan dalam topik-topik tersebut,” tandas dia.

2 dari 3 halaman

2.000 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Debat Pilpres Kedua

Sebelumnya, Sebanyak 2.000 personel akan diterjunkan dalam pengamanan debat capres di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, 17 Februari 2019 mendatang. Dalam debat ini, capres Jokowi dan Prabowo akan beradu gagasan tentang tema Energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.



“Untuk pengamanan debat capres putaran 2 yang ada di Hotel Sultan dari kepolisian menyiapkan 2.000 personel gabungan Polri TNI,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Kamis 14 Februari 2019.

Ia pun menjelaskan, nantinya para personel keamanan akan disebar ke beberapa titik yang dianggap rawan. Terlebih, pada titik atau jalur yang dilalui peserta debat.

“Jadi pengamanan yang difokuskan di ring satu dari debat itu sendiri. Nanti ada paspampres di ring 1, ring 2 nanti TNI-Polri, dan ring 3 ada Polri yang untuk mengatur jalannya keluar masuk kendaraan menuju Hotel Sultan,” jelasnya.

Lalu, terkait apakah akan adanya pengalihan arus jalan saat debat capres tersebut, Ia tak menjelaskan secara rinci. Namun dia menyebut pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan tergantung situasinya nanti.

“Apakah nanti ada pengalihan arus atau buka tutup atau nanti melewati busway itu nanti diskresi yang dilakukan Dirlantas Polda Metro. Jadi Masalah rekayasa lalin kita tunggu hari H nya,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jenguk Ahmad Dhani, Sandiaga: Saya Bawa Secercah Harapan Keadilan

Liputan6.com, Sidoarjo – Cawapres Sandiaga Uno menyempatkan diri menjenguk terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik ujaran Idiot, Ahmad Dhani Prasetyo di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surabaya, Medaeng Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (16/2/2019).

Setiba di rutan Medaeng, Cawapres nomor urut 02 ini disambut puluhan pengunjung yang ingin berswafoto. Beberapa orang mendapatkan kesempatan tersebut, tapi banyak juga yang terhalang oleh keamanan.

“Bang Sandi, Bang Sandi,” teriak beberapa orang yang berharap mendapat kesempatan selfie bersama Sandiaga Uno.

Tak banyak kata yang terucap saat Sandiaga Uno hendak masuk ke dalam rutan Medaeng. “Nanti saja ya setelah saya ketemu sama Mas Dhani,” kata Sandi sambil berjalan menuju Rutan Medaeng.

Saat keluar dari rutan Medaeng, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa dirinya tidak membawakan sesuatu apa pun saat menjenguk Ahmad Dhani.

“Tidak bawa apa-apa, karena diimbau untuk tidak membawa apa-apa ke sini. Akan tetapi saya membawa harapan Insyaallah, hukum dibawa Prabowo – Sandi lebih adil lagi,” ucapnya.

Sandiaga berharap, proses hukum yang dijalani Ahmad Dhani bisa berlangsung dengan penuh keadilan.

“Yang perlu kita soroti ada proses keadilan hukum. Tidak tebang pilih, tidak tajam ke satu sisi dan tumpul ke sisi yang lain. Hukum itu tidak digunakan untuk memukul lawan, akan tetapi memihak kepada kawan. Itu harapan kita,” ujar Sandiaga.

2 dari 2 halaman

Dhani Banyak Tersenyum

Selama menjalani proses penahan, Ahmad Dhani didoakan agar selalu diberikan kesehatan dan ketabahan.

“Insya Allah beliau diberikan kesehatan. Beliau diberikan ketabahan. Karena tentunya menghadapi tekanan, baik proses hukum dan prosedur hukum ini membutuhkan mental yang sangat kuat,” ucapnya.

Sandiaga juga menyampaikan bahwa Ahmad Dhani benar-benar menjalani perkara ini dengan senyuman.

“Mas Dhani lebih banyak tersenyum. Kita ngobrol beberapa menit, senyum beliau ber menit-menit,” katanya.

Selama pertemuan 15 menit, tambah Sandi, Ahmad Dhani banyak senyum. “Lima belas menit pertemuan, senyumnya 14 menit,” ucapnya.

Dalam pertemuan, tidak ada pesan yang disampaikan Ahmad Dhani ke Sandiaga. Baik pesan pribadi maupun politik. “Kita hanya ngobrol biasa,” ujarnya.

Sandiaga juga mengaku prihatin melihat kondisi Ahmad Dhani yang mendekam di rutan Medaeng. Sebab, kata dia, ruangan penjara itu sudah melebihi kapasitas atau over capasity.

“Yang perlu kita soroti adalah over capacity. Ibarat kapal, kapal yang hanya bisa mengirim 100 penumpang sekarang diisi lebih dari 500 penumpang,” katanya.

Menurutnya, saking penuhnya rutan itu, para tahanan harus tidur berdesak-desakan. “Berarti ini akan mengakibatkan kapal ini kecelakaan, karam mungkin berakibat banyak sekali masyarakat yang akan kehilangan sanak saudaranya karena keadaan di dalam lapas sendiri sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Ahmad Dhani resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jawa Timur. Penetapan tersangka itu terkait dengan ucapan “idiot” yang dilontarkannya kepada warga Jawa Timur yang menolaknya dalam kampanye #2019GantiPresiden.

Dalam kasus ini, Ahmad Dhani dijerat Pasal 28 Ayat (2) Jo 45A ayat (2) dan atau 27 Ayat (3) serta Pasal 45 ayat (3) Undang undang Nomor 19 Tahun 2016 UU ITE dengan ancaman hukuman minimum enam tahun penjara.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Kominfo dan KPU Ajak Tokoh Adat Tangkal Hoax Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kota Singkawang melakukan sosialisasi pemilu kepada masyarakat dan tokoh adat Dayak di Kalimantan Barat. Sosialisasi ini digelar sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam Kemenkominfo, Bambang Gunawan mengatakan sosialisasi pemilu merupakan program yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Kali ini, pihaknya turut melibatkan para tetua dan tokoh adat setempat dalam Forum Sosialisasi Pemilu 2019 Menjadi Pemilih Cerdas.

“Kali ini kita lakukan pendekatan dengan melibatkan tokoh adat. Dengan pendekatan melalui para tetua atau kepala suku, masyarakat memahami akan arti pentingnya memilih dalam pemilu serta sekaligus dapat terdorong untuk berpartisipasi aktif secara cerdas dalam memilih di pemilu mendatang,” ujarnya, Sabtu (16/2/2019).

Kominfo dan KPUD Singkawang juga mengkampanyekan penangkalan berita hoax dalam pemilu. Kampanye antihoax merupakan bagian dari upaya menjadikan pemilih cerdas dalam memilih.

Gunawan menyampaikan kepada masyarakat adat suku Dayak bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangkal berita hoax agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan informasi yang benar, terutama terkait pemilu 2019.

“Terkait berita hoax jelang pemilu, Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai upaya seperti menerima aduan konten untuk diblokir dan terutama melakukan berbagai forum-forum literasi seperti ini agar masyarakat lebih aware terhadap informasi hoax agar menjadi pengguna handphone yang cerdas dalam menerima informasi,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Diminta Terlibat Aktif

Kasubdit Informasi Dan Komunikasi Pertahanan Dan Keamanan Kemenkominfo, Dikdik Sadaka menambahkan bahwa pendekatan kesukuan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan partisipasi pada pemilu mendatang.

Kominfo telah memetakan suku-suku tertentu, melalui para tokoh dan tetua mereka untuk terlibat dalam aktif dalam kampanye peningkatan partisipasi pemilih serta menjadi masyarakat yang cerdas dalam menyalurkan hak pilih.

“Jika masyarakat adat sudah memahami pentingnya arti pemilu, maka akan mendorong partisipasi aktif secara cerdas dalam memilih di pemilu mendatang,” ujarnya.

Atas hal ini, Ketua Dewan Adat Suku Dayak Aloysius Kilim turut mengkampanyekan agar masyarakat adat memastikan diri mereka terdaftar sebagai pemilih dan hadir di TPS pada 17 April 2019 mendatang.

“Kenali baik calon (caleg dan capres), pastikan kita semua masyarakat adat hadir di TPS dan memilih sesuai hati nurani,” ujar Aloysius.

Kemudian, Ketua KPU Singkawang Riko, mengatakan pihaknya selaku penyelenggara pemilu mengimbau agar masyarakat Dayak untuk memastikan di mana lokasi mereka untuk memilih. Ia pun menegaskan bahwa Kota Singkawang telah siap menyongsong pemilu serentak pada 17 April 2019.

“Kami mengimbau agar masyarakat adat untuk memastikan ke KPU Singkawang jika ingin pindah lokasi pemilihan, untuk memastikan diri bisa memilih pada 17 April nanti. Kalau tidak memilih, maka kita akan mendapatkan wakil rakyat yang tidak kompeten,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com


Saksikan video pilihan berikut ini: