‘Kau Pikir KPK Itu Agen Artis?’

Jakarta

Gelaran Festival Lagu Suara Anti-Korupsi (Saksi) yang dihelat KPK usai sudah. Ajang itu sengaja dibikin lembaga antirasuah itu untuk mendorong semangat pemberantasan korupsi melalui musik.

Seleksi band-band yang mengikuti festival itu sebenarnya sudah mulai 28 Juli hingga 28 September di berbagai kota. Setelahnya ada proses penjurian yang sudah dilakukan pada 23-24 Oktober 2018. Sedangkan untuk hari ini, Jumat (30/11/2018) merupakan penampilan 9 finalis yang lolos dari proses penjurian.

'Kau Pikir KPK Itu Agen Artis?'Ketua KPK Agus Rahardjo ikut meramaikan acara (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)

Kesembilan band itu tampil di panggung yang digelar KPK di Plaza Festival, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Selain itu, ada pula bintang tamu dari Cupumanik, Navicula, HIVI!, dan Kawan Lama.

Namun ada yang mencuri perhatian di balik ajang itu. KPK menyediakan backdrop atau latar untuk berfoto dengan berbagai macam tulisan-tulisan di dalam poster berisi dukungan pemberantasan korupsi.

Salah satu poster yang cukup menggelitik bertuliskan ‘KERJAAN KOK KELUAR MASUK KPK. APA BIAR SELALU NONGOL DI TIPI. KAU PIKIR KPK ITU AGEN ARTIS’, seperti tampak di foto di bawah ini:

'Kau Pikir KPK Itu Agen Artis?'Salah satu poster yang menarik perhatian (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)

Banyak dari penonton acara tersebut yang berfoto sembari memegang poster tersebut. Pimpinan KPK yang hadir, Agus Rahardjo, Laode M Syarif, dan Saut Situmorang, turut berfoto dengan latar tersebut.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyebut poster tersebut merupakan kreativitas yang muncul dalam gelaran Hari Anti-Korupsi pada tahun 2016 di Yogyakarta.

“Kreativitas dari Yogyakarta saat itu. Penggunaan bahasa-bahasa yang lebih dekat dengan keseharian,” sebut Febri kepada detikcom.

Sebelumnya Saut sempat menyampaikan harapannya agar lagu-lagu yang dihasilkan dari festival itu dapat didengar publik khususnya para pejabat. Apa tujuannya?

“Ini kalau diputar di gedung DPR atau diputar di mobil-mobil pejabat, mudah-mudahan syaiton (setan) keluar dari dalam mobilnya, sehingga dia (pejabat) tidak korupsi,” ujar Saut.

'Kau Pikir KPK Itu Agen Artis?'Gaya pimpinan KPK berfoto di Festival Lagu Saksi 2018 (Foto: dok Istimewa)
'Kau Pikir KPK Itu Agen Artis?'Gaya pimpinan KPK berfoto di Festival Lagu Saksi 2018 (Foto: dok Istimewa)

Berikut urutan juara dari sembilan band yang jadi finalis festival tersebut:
– Harapan I: DNA dari Lampung
– Harapan II: Alma dari Yogyakarta
– Harapan III: One Zero dari Malang
– Juara III: Meriam dari Yogyakarta
– Juara II: Tiga Warna dari Surabaya
– Juara Favorit: Inoe dari Tangerang
– Juara I: Akar dari Medan

Sedangkan 2 band lainnya yaitu DEN’ORENS dari Banjarmasin dan Novice dari Cilacap.

(dhn/dhn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *