Top 3 News: Ucap Terima Kasih Anies pada Ahok Usai MRT Diresmikan

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 News hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan Mass Rapid Terpadu (MRT) fase 1 di di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu, 24 Maret kemarin.

Usai diresmikan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih pada para gubernur pendahulunya yang turut andil dalam proses pembangunan moda transportasi baru ini.

Keriuhan terjadi begitu Anies menyebut nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam jajaran gubernur yang sangat berperan penting hingga MRT kini bisa dinikmati warga Ibu Kota.

Sementara itu, dari sebuah bengkel kecil di Bogor, Jawa Barat, seorang pandai besi bernama Friyani berhasil menyulap lempengan baja menjadi puluhan pisau-pisau berkualitas tinggi dengan berbagai ukuran. Bahkan pisau buatannya kini diakui dunia dan mampu menembus pasar internasional.

Friyani mengaku kemampuannya tersebut dia peroleh dengan melihat media berbagi video tentang bagaimana teknik pembuatan pisau.

Kasus yang menjerat para petinggi di PT Krakatau Steel juga tak kalah menyita perhatian. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini telah mengamankan enam orang atas kasus suap pengadaan barang dan jasa di tubuh perusahaan penghasil baja ini.

Dari keenam orang tersebut, empat di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka. Salah satunya Direktur Produksi dan Riset Teknologi PT Krakatau Steel Wisnu Kuncoro. Lewat operasi tangkap tangan (OTT) di kawasan Bintaro, KPK mengamankan Rp 20 juta dari tangannya yang diberikan tersangka lainnya, yaitu Alexander Muskitta (AMU).

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 24 Maret 2019:

Luncurkan On My Way, Alan Walker Berterima Kasih kepada PUBG

Liputan6.com, Jakarta – Musikus EDM Alan Walker baru-baru ini menggandeng Sabrina Carpenter dan Farruko untuk single terbarunya, On My Way. Lagu soundtrack gim ponsel PUBG ini sudah bisa didengarkan sejak Kamis (21/3/2019) lalu.

Suara Farruko yang terdengar sangat Latin, mengisi lirik On My Way pada bagian rap berbahasa Spanyol. Tema lagu ini berkisah tentang hubungan asmara yang berakhir setelah sang pria memutuskan untuk pergi jauh demi kebaikan kedua belah pihak, seperti disampaikan Billboard.com, Kamis.

Tak hanya dalam format single audio, lagu On My Way juga sudah memiliki sebuah videoklip. Digambarkan dalam videonya, seorang wanita muda sedang mencari bebatuan misterius yang membawanya pada perjalanan penting demi menyelamatkan planetnya.

Alan Walker mengaku terhormat bisa menggandeng dua penyanyi yang dianggapnya memiliki bakat hebat dalam bermusik itu. Kekagumannya tersebut disampaikan dalam sebuah pernyataan tertulis.

Bicara Karir di Pemerintahan, Jokowi: Jangan Kasih yang Coba-coba

JakartaCapres petahana Joko Widodo (Jokowi) berbicara pengalamannya di pemerintahan mulai dari menjadi wali kota Solo, gubernur DKI Jakarta, hingga presiden. Jokowi mengingatkan untuk tidak memberi amanat pemimpin di pemerintahan untuk orang yang masih coba-coba.

“Saya ingat waktu jadi wali kota dari pengusaha. Bapak ibu ingat, bahwa saya saat ini masih pengusaha. Hanya sudah tidak saya urus. Waktu saya masuk dari pengusaha ke wali kota,” kata Jokowi kepada pendukungnya di acara Deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Ma’ruf, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Jokowi mengungkapkan, dirinya perlu waktu 2 tahun untuk menyesuaikan diri di pemerintahan saat beralih dari pengusaha ke wali kota Solo. Jokowi memerlukan adaptasi karena menurutnya pengusaha dan pemerintahan sangat lah berbeda.

Jokowi Hadiri Deklarasi '10.000 Pengusaha'Jokowi Hadiri Deklarasi ‘10.000 Pengusaha’ Foto: Grandyos Zafna

“Itu baru pada posisi kota. Bayangkan yang namanya negara terdapat 514 kabupaten dan kota. Sekali lagi saya perlu belajar sesuaikan diri 2 tahun. Lah kalau negara kalau saya nggak punya pengalaman sebagai wali kota dan gubernur ya saya nggak tahu berapa tahun (menyesuaikan diri sebagai presiden),” imbuhnya.

“Wali kota saja 2 tahun apalagi presiden. Artinya jangan diberikan yang masih coba-coba. Setuju nggak? Itu yang saya maksud. Saya ngomong apa adanya,” lanjutnya.
(nvl/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menlu New Zealand: Terima Kasih Atas Ucapan Duka yang Diberikan RI Pada Kami

Jakarta – Wakil Perdana Menteri sekaligus Menlu New Zealand Winston Peters berterima kasih kepada pemerintah dan publik Indonesia yang memberi dukungan moral dan simpati atas aksi teror terhadap dua masjid di Christchurch. Dia menyatakan, terorisme adalah musuh bersama.

“Kami bekerja sama dengan semua negara yang melihat bahwa terorisme merupakan sebuah masalah dan kami juga saling berbagi informasi. Dan saya yakin ini menjadi perhatian Indonesia juga, terutama dalam konteks mencegah ini akan terjadi lagi,” kata Peters di sela-sela acara High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Fairmont Hotel Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Peters mulanya bercerita, dalam pertemuan ini ada banyak hal yang dia bahas bersama Menlu RI Retno LP Marsudi. Dia mengaku banyak bertukar pikiran mengenai pengalaman masing-masing dalam menangani berbagai isu strategis.

“Banyak hal yang kami bahas mengenai hubungan RI-New Zealand. Kami sangat tertarik dengan perkembangan yang telah dilakukan Indonesia belakangan ini, terutama pengaruh politik di bagian dunia ini. Dan apa yang telah dilakukan Indonesia, yang kita lakukan bersama telah memberikan yang terbaik bagi dunia dan kawasan dan semoga bisa terus begitu,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Peters mewakili negaranya juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan publik Indonesia terkait teror yang mengoyak kedamaian di Selandia Baru.

“Terima kasih juga atas ucapan duka yang diberikan Indonesia kepada kami. Indonesia, negara muslim terbesar, paham apa yang terjadi di sini, dan kami berharap Indonesia bisa memberikan pengaruhnya untuk mengoreksi misinterpretasi segala hal yang mungkin bisa menjadi dampak atas teror Christchurch,” ucapnya.

Terkait teror ini, Peters mengaku menyampaikan kepada Menlu Retno bahwa pelakunya diduga lone wolf terrorist atau tidak terafiliasi dengan kelompok radikal. Peters menegaskan polisi bekerja ekstra keras untuk mengusut tuntas kasus ini.

“Investigasi masih terus berlangsung. Tapi perwira tinggi polisi senior kami yakin pelaku merupakan lone terrorist acting by himself. Tapi kami membuka segala kemungkinan lain, kami melakukan penyelidikan seluas-luasnya, publik tahu dunia harus tahu hal ini. Saya yakinkan kepada Retno, kepada dunia, Selandia Baru akan memperlakukan keluarga korban dengan layak,” ucapnya.

“Saya kini melihat, komen-komen keras tentang apa yang terjadi seputar Christchurch justru malah akan menambah parah situasi. Misalnya apa yang dikatakan oleh beberapa anggota parlemen negara lain. Pada akhirnya, semua ini adalah sebuah tragedi menyedihkan bagi kemanusiaan dan tugas kita para pemimpin dunia sekarang adalah memberikan keyakinan pada masyarakat tentang moderasi, toleransi dan menghargai semua agama,” sambung Peters.
(hri/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPK Selesai Geledah Kantornya, Menag Lukman: Terima Kasih Bekerja Cepat

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengaku sudah langsung dapat bekerja lagi di kantornya di Kementerian Agama pascapenggeledahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ini kan penyegelan baru Jumat malam, sudah selesai Jumat. Dan saya berterima kasih kepada KPK yang bekerja cepat sehingga tidak terlalu mengganggu karena sekarang saya akan bisa bekerja,” tutur Lukman di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Lukman menyebut, dia banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Meski bisa kembali bekerja, dia belum mengetahui apa aja yang diamankan KPK dari kantornya.

“Saya dapat informasi bahwa ruangan saya sudah bisa dibuka lagi dan proses penggeledahan KPK sudah katanya, saya mendapat informasi sudah selesai. Sehingga saya harus segera memasuki ruangan saya karena ada beberapa surat-surat yang harus saya tindak lanjuti, harus saya baca, harus saya tandatangani,” jelas dia.

Lukman mengatakan, dia menunggu KPK menindaklanjuti penggeledahan tersebut. Nantinya, dia baru akan memberikan pernyataan resmi ke masyarakat terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan sejumlah pejabat Kemenag.

“Saya minta juga kepada teman-teman media untuk menahan diri juga untuk tidak, menahan diri juga menanyakan hal-hal yang terkait dengan kasus ini,” Lukman menandaskan.

Ruang Kerja Digeledah, Menag: Terima Kasih KPK Bekerja Cepat

Jakarta – Ruang kerja Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin digeledah KPK terkait operasi tangkap tangan (OTT) Romahurmuziy. Menag berterima kasih karena KPK bekerja cepat sehingga dirinya bisa kembali bekerja di ruangannya.

“Saya berterima kasih, saya mendapatkan informasi bahwa ruangan saya sudah bisa dibuka lagi dan proses penggeledahan KPK sudah, katanya sudah selesai. Saya sangat berterima kasih KPK bekerja cepat,” ujar Menag Lukman Hakim di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Lukman mengaku belum tahu barang apa saja yang dibawa tim penyidik KPK dari penggeledahan. KPK sebelumnya menyegel sejumlah ruangan termasuk ruang Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan.

“Belum tahu (soal barang yang dibawa KPK). Ini baru mau masuk. Saya mendapatkan konfirmasi bahwa ruangan saya sudah dibuka. Proses penggeledahan sudah dilakukan,” katanya.

Karena penggeledahan sudah rampung, Menag mengaku ingin segera kembali bekerja di ruangannya. Sebab ada dokumen yang harus ditindaklanjuti terkait tugas-tugasnya.

“Katanya sudah selesai sehingga saya harus segera memasuki ruangan saya karena ada surat-surat yang harus saya tindaklanjuti, yang harus saya baca, yang harus tandatangani,” ujar Lukman.

Menag Lukman Hakim sebelumnya berjanji kooperatif dengan KPK terkait pengusutan kasus dugaan suap jual-beli jabatan di Kemenag. Lukman Hakim juga berharap ruangan yang disegel KPK bisa segera difungsikan kembali.

Penggeledahan di Kemenag terkait penanganan kasus Romahurmuziy, tersangka penerima suap total Rp 300 juta. Diduga Romahurmuziy membantu seleksi jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Muafaq dan Haris juga ditetapkan KPK sebagai tersangka.Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy, sedangkan Haris diduga menyetor duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Tanya Harga Jeruk di Pasar Balige, Pedagang Malah Kasih Gratis

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Jokowi meninjau Pasar Balerong Balige di Jalan Sisingamangaraja, Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara (Sumut).

Saat tiba di Pasar Balerong Balige, orang nomor satu di Indonesia itu langsung disambut warga dan pedagang. Mereka berebut untuk berswafoto dan bersalaman dengan Jokowi.

Hal unik terjadi saat Jokowi menanyakan harga jeruk yang ada di Pasar Balerong. Namun seorang pedagang bernama Marlina br Siagian malah berniat ingin memberikannya secara gratis kepada Jokowi.

“Berapa ini sekilo harganya, Bu?” tanya Jokowi kepada pedagang, Jumat (15/3/2019).

Marlina, pedagang jeruk, tidak langsung menjawab berapa harganya. Marlina malah memberikan jeruk secara gratis.

“Untuk Bapak saja, saya kasih sama Bapak,” ucap Marlina kepada Jokowi.

Mendengar jawaban Marlina, Jokowi tersenyum heran.

“Saya nanya harganya, kok malah mau dikasih,” ujarnya.

Marlina mengaku senang bisa bertemu langsung dengan Jokowi dan mengunjungi Pasar Balerong.

“Saya senang kali bisa jumpa sama Pak Jokowi. Biar Bapak itu tahu keadaan masyarakatnya di sini,” ucapnya.

Jokowi datang ke Sumut dalam rangka kunjungan kerja. Di Pasar Balerong, Jokowi juga didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Dikatakan Luhut, Jokowi ingin melihat langsung perekonomian kerakyatan di Sumut.

“Kita ingin melihat dan merasakan apa keluhan-keluhan mereka selama ini,” kata Luhut.

Setelah mengunjungi Pasar Balerong, rombongan Presiden langsung menuju SMKN 1 Balige untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Setelah itu, rombongan menuju Kabupaten Humbang Hasundutan meninjau Pasar Onan Baru, Dolok Sanggul.

Andi Arief Mencuit, Polri: Mungkin Pengacara Kasih Handphone

Jakarta – Politikus Demokrat Andi Arief mencuit untuk pertama kali setelah ditangkap terkait narkoba. Polisi menyebut Andi Arief kemungkinan bisa mencuit karena dipinjamkan handphone saat menjalani pemeriksaan.

“Yang bersangkutan masih di ruang pemeriksaan, di sana. Oleh pengacara mungkin dikasih handphonenya, jadi masih bisa update status,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat diminta konfirmasi, Selasa (5/3/2018).

Dedi mengatakan, kemungkinan penggunaan handphone terjadi saat istirahat pemeriksaan. Andi Arief ditegaskan Dedi masih menjalani pemeriksaan di Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Jl MT Haryono, Jakarta Timur.

“Masih didalami (soal diperbolehkannya menggunakan HP), masih belum disimpulkan. Mungkin saat istirahat, kemungkinan oleh pengacaranya dikasih handphone sehingga yang bersangkutan bisa mengupdate statusnya,” ujar Dedi.

Lewat akun Twitter, Andi Arief meminta maaf karena membuat marah dan kecewa usai ditangkap karena mengonsumsi narkoba. Dia juga minta didoakan.

Andi mengatakan kesalahan bisa membenamkan tapi bisa juga menjadi titik awal dari pencarian jalan hidup. Dia meminta maaf sudah membuat berbagai pihak marah dan kecewa. Selain itu, Andi Arief mengundurkan diri dari posisi Wasekjen Demokrat.

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf Amin soal Pidato AHY: Terima Kasih di Tengah, Nanti Ikut 01

JakartaMa’ruf Amin menganggap pidato Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mempertegas posisi Partai Demokrat (PD) berada di tengah dalam Pilpres 2019. Ia menyinggung soal banyaknya kader PD yang mendukungnya bersama capres Joko Widodo.

“Kita berterima kasih ya dia berada di tengah. Sehingga orang-orang yang kemudian mendukung kami menjadi tidak merasa ada ancaman, jadi mereka aman. Makin banyak nanti orang Demokrat yang ikut ke 01,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019).

Pidato AHY menjadi sorotan karena mengambil tema rekomendasi untuk presiden mendatang, namun tidak menyebut nama Prabowo Subianto. Padahal Demokrat di Pilpres 2019 ini mengusung Prabowo-Sandi bersama Gerindra, PKS, dan PAN.


“Memang Demokrat secara kelembagaan dia mendukung sebelah, tapi di daerah-daerah, gubernur, wali kota, bupati banyak mendukung sini. Jadi mungkin juga AHY itu membuat pernyataan seperti ya supaya semuanya menjadi enak,” tutur Ma’ruf.

Ketum MUI ini menilai pidato AHY semalam, Jumat (2/3), positif karena memberikan pesan bagi presiden mendatang. Ma’ruf juga menyoroti harapan AHY agar pemerintah nanti melanjutkan program prorakyat ayahnya yang juga Ketum PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjadi presiden.

“Positif saja, berarti siapapun jadi presiden supaya terus dilanjutkan, siapa saja,” ucapnya.

Ma’ruf pun menyoroti soal AHY yang tak menyebut nama Prabowo dalam pidatonya. Ia pun menganggap pidato AHY ditujukan untuk pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf.

“Saya sih inginnya begitu ya. Saya inginnya begitu ya,” tegas Ma’ruf.

Pidato AHY bertajuk ‘Rekomendasi Partai Demokrat untuk Presiden Indonesia Mendatang’ menimbulkan pertanyaan. Ini lantaran tak ada penyebutan nama Prabowo-Sandiaga Uno yang diusung oleh Partai Demokrat.

Demokrat pun kemudian dinilai ingin menunjukkan berada di tengah, meski secara resmi mengusung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019. PAN, sebagai salah satu koalisi, menegaskan Demokrat tetap solid mendukung Prabowo-Sandi.

“PD sudah jelas bersama dengan koalisi Prabowo-Sandi. Secara resmi, PD ikut mengusung pasangan ini. Kader-kader PD di lapangan juga bekerja untuk memenangkan Prabowo-Sandi,” ungkap Wasekjen PAN Saleh Daulay.

Ikuti Perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

AHY Sampaikan Rekomendasi PD untuk Presiden Mendatang Malam Ini

Jakarta – Komandan Kogasma Pemenangan Pemilu Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menyampaikan pidato politiknya malam ini. Pidato AHY mengangkat tema ‘Rekomendasi Partai Demokrat kepada Presiden Indonesia Mendatang’.

Pidato politik AHY akan disampaikan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) pukul 19.30 WIB. Pidato ini disampaikan AHY menyusul mandat yang diberikan Ketum PD sekaligus ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Teman-teman yang baik, Insyaallah, malam ini saya akan menyampaikan pidato politik dengan judul ‘Rekomendasi Partai Demokrat kepada Presiden Indonesia Mendatang’. Live di @tvonenews pukul 19.30-20.00 WIB. Terima kasih, dan semoga berkenan menyaksikan. Salam, AHY,” ujar AHY lewat akun Twitter @AgusYudhoyono.
Mandat itu sebelumnya disampaikan SBY karena tidak bisa ikut terlibat dalam masa kampanye hingga hari pencoblosan, 17 April 2019. SBY harus mendampingi sang istri, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan medis di Singapura karena mengidap kanker.
Melalui secarik surat, AHY diberi tugas memimpin pemenangan Pemilu PD. Sedangkan anak kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari PD.

“Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY melalui surat yang dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Panjaitan di kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2).
(dkp/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>