Jokowi Center Luncurkan Mesin Pencari Sumber Hoaks

Liputan6.com, Jakarta Ketua Relawan Jokowi Center Teuku Neta merilis mesin pencari sumber hoaks berbasis website di situs resmi thejokowicenter. Menggunakan sistem crawling, mesin tersebut secara otomatis mendeteksi adanya berita miring dan penyebar pertamanya.

“Jadi kita crawling dari Facebook, Twitter, media sosial datanya. Nanti bisa muncul nama-nama penyebarnya,’ ujar Teuku saat acara peluncuran di Hotel Aston, Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Dia mengatakan, meski namanya thejokowicenter, mesin tersebut juga mampu mengungkap penyebar berita bohong terkait Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Menurut dia, mesin tersebut tak hanya mampu mendeteksi hoaks dalam Pilpres saja, melainkan semua berita bohong.

“Hoaksnya semua, tidak hanya Pemilu, apa pun hoaksnya. Hoaks yang menyangkut 02 (Prabowo-Sandi) juga bisa,” kata dia.

Teknologi canggih ini, lanjut Teuku, telah diujicoba selama enam bulan terakhir. Hasilnya media analitik internal Jokowi Center menemukan banyak hoaks yang membicarakan Jokowi seputar isu PKI.

“Media analitik menemukan ada beberapa sentimen untuk Pak Jokowi, sentimen positif, negatif atau netral. Sumbernya ketahuan,” jelas Teuku.

Kerja Sama dengan Bareskrim

Terciptanya hal ini, tidak lepas dari kerja sama Jokowi Center bersama Bareskrim Mabes Polri dan para ahli information technology (IT). Nantinya, Jokowi Center tak segan untuk melaporkan konten tersebut ke pihak terkait dalam misi membersihkan hoaks di Indonesia.

“Jadi kita berkomitmen memberantas hoaks, ujaran kebencian. Tindak lanjut kita lapor ke pihak berwajib, kita hanya sebatas menemukan sumbernya,” Teuku memungkasi.

Cegah Api Meluas, Damkar Lokalisir Kapal-Kapal Nelayan di Muara Baru

Jakarta – Petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang melalap kapal-kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Petugas melokalisir area kebakaran dan menggeser kapal yang belum terbakar.

“Hambatan karena memang kanan kirinya potensi perambatan kebakarannya lebih memungkinkan. Kita lokalisir dulu,” kata Kasudin Damkar Jakut, Satriadi Gunawan di lokasi, Sabtu (23/2/2019).

Informasi terakhir, kata Satriadi, 18 kapal sudah terbakar baik kapal besar maupun kecil. Seluruh kapal-kapal itu terbuat dari kayu.
Satriadi belum memastikan muatan kapal-kapal itu. “Ya kalau muatan sih kita belum cek bener, tapi yang pasti ini kan kapal untuk nelayan kemungkinan ada yang persiapan untuk berangkat atau yang memang sedang bersandar” ucapnya.

Sebanyak 98 personel damkar dan 20 unit damkar telah dikerahkan ke lokasi. Petugas masih berjibaku memadamkan api.

“Kita masih belum bisa prediksikan (kapan pemadaman selesai). Pokoknya prinsipnya secepatnya atasi semuanya. Pantang pulang sebelum padam,” ujarnya.

Petugas damkar awalnya menerima informasi kebakaran pukul 15.19 WIB. Hingga pukul 19.49 WIB, api masih berkobar.
(idh/knv)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ridwan Kamil: 4 Juta Warga yang Tidak Pilih Jokowi, Sekarang Balik Kanan

Liputan6.com, Jakarta – Dewan Pengarah Teritorial Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01 itu terus mengalami kenaikan.

Menurut pria yang biasa disapa Kang Emil ini, walau Jokowi kalah di Pilpres 2014 lalu, namun dia yakin, di Pilpres tahun ini, Jokowi mampu meraih suara besar di Jabar. 

Dia mengatakan, sejauh ini hasil survei mengindikasikan peraihan suara sudah hampir seimbang antara kedua paslon di Jawa Barat. Ridwan menyatakan, bahkan untuk beberapa survei sudah melebihi.

“Ini mengindikasikan berarti ada 4 jutaan warga yang dulu tidak memilih (Jokowi) sudah balik kanan. Meyakini kepada 01. Tentu keyakinannya harus kita buktikan secara faktual nanti di hari pencoblosan,” ujar Ridwan Kamis usai bertemu Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto di Bandung, Jumat, 22 Februari 2019.

Emil menilai, Jokowi-Ma’ruf Amin adalah kombinasi sosok yang pekerja keras dan bisa mengayomi, serta menjaga nilai-nilai keumatan.

“Inilah kondisi paling pas. Yang satu ngegas, yang satu ngerem. Ini pas, sudah jodohnya. Kami doakan nanti di hari pencobolosan bisa sangat maksimal dan bisa saya monitor,” ucap Gubernur Jawa Barat itu. 

 

2 dari 2 halaman

Didukung Tokoh Jabar

Sementara itu, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto menambahkan, seluruh partai politik yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bersama relawan juga akan terus bekerja keras.

Apalagi, di Jawa Barat, ada dukungan dari tokoh seperti Ridwan Kamil, Agum Gumelar, Solichin GP, Deddy Mizwar, Tb Hasanuddin, dan Dedi Mulyadi.

“Seluruh tokoh itu sudah bergabung menyatukan diri dalam kepemimpinan Pak Jokowi dan Kyai Haji Ma’ruf Amin. Ini merupakan hal yang sangat positif dan sebagaimana disampaikan oleh Pak Ridwan Kamil tadi,” tandas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Hasil Liga Italia: Milan Hantam Empoli 3-0

MilanAC Milan menuai hasil bagus di lanjutan Liga Italia. Rossoneri menghantam Empoli dengan skor meyakinkan tiga gol tanpa balas.

Milan menjamu Empoli di San Siro, Sabtu (23/2/2019) dini hari WIB, kubu tuan rumah langsung tampil menekan. Rossonerri sudah mampu membobol gawang Bartlomiej Dragovsky pada menit ke-10 lewat Lucas Paqueta.

Namun wasit menganulir gol tersebut usai berkonsultasi dengan Video Assistant Referee (VAR). Paqueta terlihat berada dalam posisi offside saat menyambar umpan Ricardo Rodriguez menjadi gol.

Di menit ke-21, Samu Castillejo mencoba peruntungannya lewat sepakan dari tepi kotak penalti. Upaya pemain asal Spanyol ini masih mampu ditepis Dragowsky.

Sepanjang babak pertama Milan mendominasi laga dengan penguasaan bola sebesar 60 persen dibanding 40 persen milik Empoli. Walau begitu mereka gagal mengkonversi hal tersebut menjadi gol. Ini membuat skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Milan tak lagi mengulangi kesalahan mereka di paruh pertama. Baru tiga menit laga kembali berjalan mereka sudah unggul melalui Krzysztof Piatek.

Gol pembuka Rossonerri di laga ini bermula dari kerja sama Frank Kessie dan Hakan Calhanoglu di sisi kanan. Nama terakhir lalu menyodorkan umpan menyusur tanah ke depan gawang Empoli. Piatek berada dalam posisi tepat kemudian menyontek bola tersebut menjadi gol.

Il Diavolo tak butuh waktu lama untuk menggandakan kedudukan. Hanya selang dua menit dari gol Piatek, Kassie menggentarkan jala Empoli.

Pemain Pantai Gading ini memanfaatkan umpan terobosan Samu Cestellijo dari sisi kanan. Sebelum ia menchip bola yang memperdayai Dragowski.

Sisi kanan benar-benar menjadi tumpuan serangan Milan di laga ini. Gol ketiga skuat asuhan Gennaro Gattuso kembali berawal dari posisi ini.

Bek kanan Rossonerri, Andrea Conti naik membantu serangan kemudian melepas umpan silang ke tiang dekat. Bola disambar Castillejo untuk mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-67.

Di sisa babak kedua tak ada gol tambahan dari kedua tim yang tersisa. Skor 3-0 untuk Milan menutup laga di San Siro.

Dengan kemenangan ini, Milan kini duduk di posisi keempat klasemen dengan raihan 42 poin. Mereka tertinggal empat angka dari Inter Milan yang menempati posisi ketiga.

Sementara bagi Empoli kekalahan di San Siro membuat mereka tertahan di posisi ke-17 dengan 21 poin.

Susunan pemain

AC Milan : Donnarumma; Conti, Musacchio, Romagnoli, Rodríguez; Kessie, Bakayoko (Biglia 80′), Paqueta (Borini 69′); Castillejo,Calhanoglu, Piatek (Cutrone 69′).

Empoli : Dragowski; Veseli, Silvestre, Dell’Orco; Di Lorenzo, Krunic, Bennacer, Acquah (Ucan 66′), Pasqual (Pajac 74′); Farias (La Gumina 66′),Caputo.
(cas/cas)

HEADLINE: MRT Jakarta, Ikon Baru yang Terwujud Setelah Penantian 34 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tampak semringah. Tiba di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu 20 Februari 2019 pukul 10.30 WIB, JK dan rombongan langsung naik kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta menuju Stasiun Lebak Bulus. Sepanjang perjalanan, JK tampak menikmati moda transportasi baru Ibu Kota ini.

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, JK tak hanya menjajal rasanya jadi penumpang. JK yang mengenakan batik panjang dan bertopi hitam itu juga duduk di kursi masinis saat kereta kembali menuju Stasiun Bundaran HI.

“Sistem ini cocok kalau untuk Jakarta, (karena) penduduknya 10 juta. Pokoknya 10 tahun minimum 200 kilometer harus jadi, baru Jakarta akan bersaing sebagai kota metropolitan,” ujar JK usai mencoba moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Ratangga atau MRT Jakarta memang belum beroperasi secara reguler, namun terus melakukan uji coba setiap harinya hingga diresmikan pada akhir Maret mendatang. Uji coba itu pun belum bisa mengikutkan warga Ibu Kota.

“MRT baru beroperasi penuh antara tanggal 24 Maret dan 31 Maret. Minggu depan uji coba penuh (full trial run), tapi masih belum bisa melibatkan publik. Publik baru bisa mencoba tanggal 12 Maret dan harus mendaftar melalui website MRT,” terang Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamalludin kepada Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

Usai melakukan pendaftaran, nantinya masyarakat akan mendapatkan quick response (QR) code atau bukti pendaftaran yang perlu dicetak. Bukti itu nantinya perlu dibawa pada saat mau menjajal naik MRT. Masyarakat yang ingin naik Ratangga secara gratis itu pun tak dibatasi oleh kuota.

Selama masa uji coba tersebut, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan MRT tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Di sisi lain, jumlah kereta yang disediakan masih dibatasi karena belum diluncurkan secara resmi.

“Nanti prosedurnya masih kita susun, dan batas (jumlah masyarakat) masih kita tentuin, kemudian aksesnya dari stasiun mana dulu. Ini juga belum langsung serempak 13 stasiun langsung full pelayanan, kan masih belum bayar, masih gratis, makanya kita atur dulu,” jelas Muhammad Kamalludin.

Pada Fase I ini, MRT Jakarta memiliki 13 stasiun. Tujuh di antaranya adalah stasiun layang yang berada di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan stasiun bawah tanah berada di Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Jika sudah beroperasi penuh dan semua stasiun telah dibuka untuk melayani jalur perjalanan sepanjang 15,7 kilometer, pihaknya meyakini Ratangga bisa membawa 130 ribu penumpang setiap harinya. Namun, bukan hanya jumlah penumpang yang menjadi perhatian PT MRT Jakarta, melainkan adanya perubahan budaya warga Ibu Kota.

“Kita tentunya ingin mengembangkan budaya mengantre dengan tertib dan teratur, untuk kemudian beralih ke moda lain seperti bus umum dan kendaran pribadi maupun online di tempat yang sudah ditentukan secara disiplin,” ujar Muhammad Kamalludin.

Hanya saja, dia belum mengetahui tarif atau ongkos yang akan dikenakan bagi penumpang Ratangga nantinya. “Tarif akan diumumkan Pemprov DKI,” pungkas dia.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya sedang melakukan kajian final untuk menghitung tarif MRT Jakarta. Dia menyebutkan, kajian tarif MRT Jakarta bakal dihitung berdasarkan jarak per kilometer.

“Tinggal diumumkan, sebelum data lengkap saya tidak akan umumkan (angkanya),” kata Anies saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Oktober 2018 lalu, PT MRT Jakarta mengajukan tarif jarak terjauh, Stasiun Lebak Bulus-Hotel Indonesia sebesar Rp 13 ribu. Usulan tarif ini sudah diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk diputuskan.

Angka tersebut berasal dari kajian tentang kesanggupan masyarakat membayar ongkos perjalanan MRT. Hasilnya, masyarakat akan membayar Rp 8.500 untuk 10 kilometer pertama. Sedangkan untuk rute selanjutnya, formulasi biaya yang dibebankan adalah Rp 700 per kilometer.

Sementara pada peninjauan November tahun lalu, Presiden Jokowi memperkirakan tarif perjalanan menggunakan Ratangga paling tinggi Rp 9.000.

“Tarifnya Rp 8.000 sampai Rp 9.000,” kata Jokowi di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

2 dari 3 halaman

Melayang Bisa, Masuk Terowongan Ayo

Mimpi buruk warga Jakarta akan kemacetan yang setiap hari terpampang di depan mata agaknya bakal segera berkurang. Mulai Maret mendatang, Jakarta akan memiliki sistem transportasi mass rapid transit (MRT) yang diharapkan pemerintah menjadi langkah pertama menghapus kemacetan di Ibu Kota.

Sarana transportasi yang kini juga populer dengan istilah Moda Raya Terpadu itu diyakini bakal membuat warga pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan MRT Jakarta. Alasannya, moda ini bebas macet, cepat dan modern.

“Inilah saatnya untuk mengubah Jakarta. Inilah saatnya untuk menjadikan Jakarta lebih baik dan bebas dari kemacetan,” kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar, beberapa waktu lalu.

Ucapan William tak main-main. Ada tiga moda transportasi berbasis rel yang akan mengepung Jakarta di masa depan. Yakni kereta rel listrik (KRL), light rail transit (LRT) dan MRT. Ketiga moda transportasi dengan sarana kereta tersebut diharapkan mampu melayani mobilitas warga Ibu Kota dalam beraktivitas sehari-hari, sekaligus memangkas kemacetan.

Meski terkesan sama, ketiga moda ini punya beberapa perbedaan baik dari perlintasan, kapasitas penumpang, dan rangkaiannya. LRT atau kereta api ringan, misalnya, mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. Meskipun MRT dan KRL memiliki daya angkut lebih besar, LRT dapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi LRT ini, sistem perlintasannya dibuat melayang sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, headway atau jarak antarkereta dapat dipastikan waktunya.

Sedangkan commuter line atau KRL yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925 merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali mengalami konflik sebidang dengan penyeberangan jalur kendaraan mobil dan motor. Hal ini yang kerap menimbulkan kemacetan serta kecelakaan.

Kemudian MRT yang merupakan transportasi dengan transit cepat dan memiliki daya angkut yang lebih besar dari LRT. Perlintasannya dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang sama halnya dengan LRT.

Ketika tahap pertama mulai beroperasi pada Maret mendatang, 14 rangkaian kereta MRT akan digunakan untuk layanan harian mulai pukul 05.00 pagi hingga tengah malam. Sementara dua lainnya tetap disiagakan jika terjadi keadaan darurat. Rute ini membentang sejauh 15,7 kilometer antara Lebak Bulus di pinggiran selatan dan Bundaran Hotel Indonesia.

Lebak Bulus adalah lingkungan perumahan yang padat penduduk. Dengan transportasi umum lainnya, dibutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk menempuh perjalanan menuju Bundaran HI. Tetapi, dengan MRT waktu perjalanan akan menjadi satu jam lebih pendek atau hanya sekitar 30 menit.

“Kita bersama-sama mencoba MRT dari Bunderan HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 KM. Ini uji coba terus dan saat tadi kita naik dengan kecepatan 60 km per jam, suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya, tidak terdengar, menurut saya sangat bagus sekali,” puji Presiden Jokowi usai menjajal MRT di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar juga memaparkan spesifikasi teknis moda yang diberi nama Ratangga ini. Dia mengatakan, kereta MRT Jakarta dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo asal Jepang. Posisi kemudi masinis berada di sisi sebelah kanan karena disesuaikan dengan arah jalur perjalanan kereta.

Seluruh kereta MRT Jakarta dibuat dari material stainless steel. Satu rangkaian kereta MRT Jakarta dapat menampung sebanyak 1.200 penumpang dan jika sangat padat dapat mencapai 1.950 penumpang. Satu unit kereta atau gerbong memiliki 2 unit penyejuk ruangan.

Satu rangkaian kereta nantinya terdiri dari 6 kereta. Pada kereta 1 dan 6 yang merupakan kereta dengan kabin masinis merupakan kereta tanpa motor penggerak atau disebut juga trailer car. Untuk kereta 2 hingga 5 yang merupakan kereta tanpa kabin masinis memiliki masing-masing 1 pantograf tipe single arm dengan motor penggerak atau disebut juga motor.

Dengan semua keunggulan itu, MRT ternyata tak hanya diperuntukkan bagi warga Jakarta. Paling tidak menurut Presiden Jokowi, moda transportasi jenis ini akan terus digeber di kota-kota lain yang memiliki problem serupa dengan Ibu Kota.

“Memang harus berani memulai seperti di sini. Jakarta sudah memulai. Palembang memulai. Nanti Bandung mulai, Surabaya mulai, Medan mulai. Saya kira memang transportasi massal ini adalah masa depan transportasi kita untuk menghindari kemacetan di kota mana pun,” ujar Jokowi.

Pertanyaan sekarang, apakah proses pembangunan moda MRT di kota-kota lain juga akan memakan waktu yang lama seperti di Jakarta?

3 dari 3 halaman

Mimpi Habibie yang Terwujud di Era Jokowi

Keinginan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang modern, khususnya dari sisi moda transportasi, sudah tercetus sejak lama. Puluhan tahun lalu, banyak sudah studi yang mempelajari pengembangan sarana transportasi modern di Ibu Kota.

Bahkan, sejak 1980 lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus telah dilakukan terkait dengan kemungkinan membangun sistem mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Sementara dari sisi pemikiran, ide awal transportasi massal ini sudah dicetuskan sejak 1985 oleh Bacharuddin Jusuf Habibie yang ketika itu menjabat Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Tak sekadar mencetuskan gagasan, Habibie juga mendalami berbagai studi dan penelitian tentang MRT. Namun, semua gagasan itu tak kunjung terwujud. Salah satu alasan utama yang membuat rencana itu tertunda adalah krisis ekonomi dan politik pada 1997-1999.

Selepas krisis, Jakarta yang ketika itu dipimpin Gubernur Sutiyoso melanjutkan studi sebelumnya. Selama 10 tahun pemerintahan Sutiyoso (1997-2007), setidaknya ada dua studi dan penelitian yang dijadikan landasan pembangunan MRT.

Pada 2004, Sutiyoso mengeluarkan keputusan gubernur tentang pola transportasi makro untuk mendukung skenario penyediaan transportasi massal, salah satunya angkutan cepat terpadu yang akan digarap pada 2010.

Dilanjutkan Agustus 2005, sub Komite MRT dibentuk untuk mendirikan perusahaan operator MRT. Pada 18 Oktober 2006, dasar persetujuan pinjaman dengan Japan Bank for International Coorporation dibuat.

Perlu dua tahun kemudian atau setahun setelah Fauzi Bowo menggantikan posisi Sutiyoso menghuni Balai Kota Jakarta, PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) berdiri pada 17 Juni 2008. Berbentuk badan hukum perseroan terbatas dengan mayoritas saham dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta 99.98% dan PD Pasar Jaya 0.02%)​.

Dikutip dari laman www.jakartamrt.co.id, PT MRT Jakarta memiliki ruang lingkup kegiatan di antaranya untuk pengusahaan dan pembangunan prasarana dan sarana MRT, pengoperasian dan perawatan prasarana dan sarana MRT, serta pengembangan dan pengelolaan properti/bisnis di stasiun dan kawasan sekitarnya, serta depo dan kawasan sekitarnya.

Pada tahun yang sama, perjanjian pinjaman untuk tahap konstruksi ditandatangani, termasuk pula studi kelayakan pembangunan MRT. Pada 31 Maret 2009, perjanjian kredit pertama dengan jumlah 48,150 miliar Yen untuk membangun Sistem MRT Jakarta ditandatangani Pemerintah Indonesia dan Japan International Corporation Agency (JICA) di Tokyo, Jepang. Secara keseluruhan, paket pinjaman dari JICA untuk pengembangan sistem MRT Jakarta bernilai total ¥ 120 miliar Yen.

Namun, semua itu tak membuat pembangunan MRT dimulai yang berarti janji Fauzi Bowo di masa kampanyenya Pilgub 2007 tak bisa dipenuhi. Pada Pilgub DKI Jakarta 2012, dia berjanji lagi bakal mengembangkan dan mengerjakan MRT jika kembali terpilih. Namun, dia kalah dari Joko Widodo atau Jokowi yang kemudian memimpin Ibu Kota.

Pengerjaan desain dasar untuk tahap pertama proyek MRT yang dibuat pada akhir 2010 dilanjutkan. Proses tender berlangsung pada akhir 2012 ketika gubernur baru Jakarta itu tiba-tiba mengatakan ingin meninjau kembali proyek MRT Jakarta. Jokowi juga mengumumkan bahwa proyek ini akan dilanjutkan sebagai salah prioritas dalam anggaran tahun 2013.

Butuh waktu setahun bagi Jokowi memutuskan pembangunan proyek MRT akan mulai dikerjakan. Pembahasan ini juga sempat alot ketika Jokowi rapat dengan warga Fatmawati yang terkena imbas proyek. Pada 28 November 2012, sang gubernur bahkan sempat keluar ruangan lantaran ada kericuhan dan protes warga yang menolak proyek MRT.

Namun, mimpi itu akhirnya mulai diwujudkan. Pada Kamis 10 Oktober 2013, pengerjaan proyek ini resmi dimulai dengan peletakan batu pertama di atas lahan yang rencananya berdiri Stasiun MRT Dukuh Atas, salah satu kawasan paling sibuk di Jakarta Pusat.

“(Sudah) 24 tahun warga Jakarta ini mimpi pengen punya MRT, mungkin juga sudah banyak yang mimpinya sudah hilang karena kok nggak dimulai-dimulai. Alhamdulillah pada pagi hari ini dimulai,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Lebih dari lima tahun setelah proyek ini mulai dikerjakan, MRT yang kini juga disebut dengan Moda Raya Terpadu itu akan segera diresmikan untuk beroperasi secara penuh. Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden RI direncanakan meresmikan moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur Anies Baswedan itu pada Maret mendatang.

Namun, Ratangga dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI bukanlah akhir mimpi Jokowi. Dia juga sudah meminta agar tahun ini juga pembangunan MRT Jakarta tahap kedua, yakni rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan (Ancol) segera dimulai. Demikian pula pembangunan MRT koridor East-West.

“Kita harapkan nanti pada tahapan kedua, HI sampai ke Ancol. Tahun depan plus kita harapkan yang East-West,” kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa 6 November 2018.

Jadi, selamat datang Ratangga dan Jakarta yang makin modern.

3 Alasan Real Madrid Sulit Juara Liga Spanyol Musim Ini

Madrid – Real Madrid ternyat tidak memiliki catatan yang bagus di Liga Spanyol dalam satu dekade terakhir. Los Blancos hanya meraih juara dua kali dalam rentang 10 tahun itu.

Hampir setiap tahun, Los Blancos terlihat kacau dalam tahap penting dan tidak mampu mengejar rival berat mereka Barcelona. Mereka sepertinya juga mengalami hal yang sama pada musim ini.

Real Madrid sempat tampil bagus dalam beberapa pertandingan terakhir dan membuka peluang dalam perburuan gelar La Liga. Setelah mengalahkan sang tetangga Atletico Madrid 3-1 di Wanda Metropolitano, sepertinya Madrid akan bisa mengejar Barcelona.

Namun, mereka justru terpeleset ketika menjamu Girona di Santiago Bernabeu. Tim asuhan Santiago Solari itu secara mengejutkan kalah 2-1 di depan pendukungnya sendiri.

Setelah kekalahan itu, Real Madrid turun ke posisi ketiga di klasemen dan saat ini berjarak 9 poin dari posisi puncak. Sepertinya impian mereka untuk meraih gelar liga pada musim ini sudah berakhir.

Berikut adalah alasan utama kegagalan mereka tersebut seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

Pertahanan yang Bermasalah

Real Madrid membeli kiper peraih Golden Glove Piala Dunia Thibaut Courtois dan mencoret kiper utama mereka Keylor Navas. Tetapi transfer ini masih belum berjalan sesuai rencana.

Courtois adalah kiper yang bagus tetapi ia melakukan banyak kesalahan dan belum mampu mengemas banyak clean sheet. Mantan kiper Chelsea itu sudah kebobolan 29 gol di liga dan sangat buruk di belakang. Penampilannya di El Clasico juga sangat memalukan dan Madrid kalah 5-1.

Pertahanan Madrid musim ini sangat rapuh karena pemain bintang seperti Marcelo dan Raphael Varane tampil sangat buruk. Sergio Ramos merupakan pemimpin di lini belakang, tetapi bek Spanyol itu sangt tidak mungkin untuk mengendalikan pertahanan sendirian.

Cedera juga menjadi momok bagi tim asuhan Santiago Solari itu karena Dani Carvajal, Varane dan Marcelo sudah absen dalam banyak pertandingan.

3 dari 4 halaman

Faktor Piala Dunia

Pemenang Ballon D’or Luka Modric selalu menjadi salah satu pemain paling penting bagi Real Madrid. Dia selalu konsisten dan tim yang bermarkas di Bernabeu itu sudah memenangkan banyak pertandingan karena kecemerlangannya.

Lini tengah Madrid sudah menjadi salah satu yang terbaik di dunia selama beberapa tahun terakhir dan Modric menjadi pemain penting di sana bersama dengan bintang Jerman Toni Kroos. Tapi musim ini, karena Piala Dunia, penampilannya sangat berbeda jauh dan tidak terlihat istimewa. Ini sangat merugikan Madrid karena mereka tidak bisa mengontrol permainan. Baik Kroos dan Modric tidak tampil bagus dan mengecewakan sepanjang musim.

Hal yang sama terjadi dengan peraih Golden Glove Thibaut Courtois dan juara Piala Dunia Raphael Varane. Mereka berdua kembali ke Madrid setelah Piala Dunia yang panjang dan tidak mendapat waktu istirahat yang panjang. Mereka terlihat kelelahan dalam banyak pertandingan dan itu sangat memperngaruhi performa mereka.

4 dari 4 halaman

Lini Depan Mandul

Setelah Cristiano Ronaldo hengkang ke Juventus, Real Madrid tidak membeli pengganti yang sepadan pada musim panas. Satu-satunya striker yang mereka beli adalah Mariano Diaz yang belum bisa menggantikan posisi Ronaldo. Kepergian Ronaldo adalah salah satu alasan utama mengapa Madrid belum bisa memenangkan pertandingan.

Jumlah gol yang dicetak Madrid menurun secara signifikan dan tidak ada yang mampu mencetak banyak gol seperti yang dilakukan oleh Ronaldo. Setelah Gareth Bale dan Marco Asensio bermain di bawah standar dan Isco terus menerus dicampakkan oleh oleh Solari, penyerang yang sering diturunkan Madrid adalah Karim Benzema, Vinicius Junior, dan Lucas Vazquez. Mereka pun belum cukup konsisten untuk selalu mencetak gol di setiap pertandingan.

Sumber: Bola.net

6 Bek Bidikan Juventus di Bursa Transfer Musim Panas

Turin – Juventus salah satu tim yang mengagungkan pertahanan kuat. Kesuksesan yang mereka dapat saat ini mereka dibangun dari pertahanan yang bagus. Gianluigi Buffon, Andreas Barzagli, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonnuci merupakan fondasi utama dari barisan belakang Juventus yang kuat.

Tetapi banyak hal yang sudah berubah sekarang. Buffon sudah meninggalkan Juventus, Barzagli berusia 37 tahun, Chiellini 34 tahun sedangkan Bonnuci 31 tahun. Kini lini belakang Juventus sudah mulai terlihat bermasalah dan tim asuhan Massimiliano Allegri itu bahkan pernah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan.

Meskipun para pemain tersebut punya segudang pengalaman, sepertinya mereka tidak akan bisa bermain untuk jangka waktu yang lama dan Si Nyonya Tua membutuhkan darah muda dan segar untuk mempertahankan gawang mereka.

Menurut laporan, petinggi Bianconeri ingin membangun kembali pertahanan mereka pada musim depan. Mereka akan merekrut sejumlah pemain belakang baru di bursa transfer.

Berikut ini enam bek yang bisa jadi target Juventus pada musim depan seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 7 halaman

Andreas ChristensenAndreas Christensen

Andreas Christensen adalah produk dari akademi Chelsea dan banyak bermain pada musim lalu di bawah Antonio Conte. Pemain internasional Denmark itu baru berusia 22 tahun tetapi dia mampu menunjukkan bisa tampil secara konsisten di level tertinggi.

Meski bukan mungkin bek yang kuat secara fisik seperti Chiellini atau Bonnuci, Christensen bisa membaca permainan dengan baik, punya pengalaman dan potensi yang besar di usia 22 tahun. Seharusnya itu bisa meyakinkan Bianconeri untuk merekrutnya dan menjadikannya sebagai pemain belakang mereka di masa depan.

Mantan bek Borussia Monchengladbach itu tidak banyak mendapat kesempatan pada musim ini dan baru membuat 15 penampilan di semua kompetisi. Dia dikaitkan dengan Juventus pada bursa transfer musim dingin tetapi transfer itu tidak pernah terjadi dan Juve bisa kembali mengejarnya pada musim panas.

3 dari 7 halaman

Nikola Milenkovic

Bek asal Serbia itu sudah mencuri perhatian di Serie A bersama Fiorentina. Milenkovic juga mampu bermain sebagai bek kanan dan sudah berpengalaman bermain di Serie A.

Meski Fiorentina tidak konsisten di Serie A, Milenkovic mampu menampilkan performa yang luar biasa bagi klub. Pada usia 21 tahun, Milenkovic masih bisa berkembang dan bakal menjadi pembelian berkualitas bagi Bianconeri.

Si Nyonya Tua sudah dikaitkan dengan kepindahan sang pemain sebelumnya. Namun, jawara Serie A itu kemungkinan akan menghadapi persaingan dari klub-klub seperti Manchester United dan Tottenham.

4 dari 7 halaman

Joachim Andersen

Jochim Andreson adalah bek asal Denmark yang bermain di Serie A untuk Sampdoria. Dia berusia 22 tahun dan dia mampu bermain sebagai gelandang bertahan juga.

Andersen sudah membuat 25 penampilan untuk Sampdoria di semua kompetisi musim ini. Melihat karakteristiknya, dia bisa menjadi kandidat yang sempurna untuk menggantikan salah satu pemain belakang Juventus saat ini.

Juventus dikabarkan sudah melakukan kontak dengan pihak Sampdoria untuk memboyong sang pemain. Namun, Andersen juga dikaitkan dengan sejumlah klub seperti Arsenal, Tottenham, Manchester United dan Inter Milan.

5 dari 7 halaman

Cristian Romero

Cristian Romero bermain di liga Italia untuk Genoa sebagai bek tengah dan juga bisa bermain sebagai bek kanan. Pemain Argentina itu sudah membuat 17 penampilan untuk timnya pada musim ini.

Romero adalah bek yang banyak kompromi dan sudah menyatakan keinginannya untuk bermain bersama Juventus di masa depan. Mantan bek Belgrano itu adalah salah satu talenta paling menjanjikan di Serie A saat ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk lini belakang Bianconeri.

Menurut beberapa laporan, Juventus dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan Genoa untuk merekrut sang bek pada tahun 2020 dengan biaya mendekati € 30 juta. Selain itu, Presiden Genoa sudah mengkonfirmasi kalau Juventus tertarik dengan Romero.

6 dari 7 halaman

Davinson Sanchez

Davinson Sanchez bermain untuk Tottenham di Premier League. Dia bergabung dengan klub yang berbasis di London pada 2017 dari Ajax dan dia sudah membuat 26 penampilan musim ini untuk Spurs di semua kompetisi.

Pemain asal Kolombia itu adalah pembelian termahal Tottenham dan permainannya meningkat drastis di bawah Mauricio Pochettino. Jika melihat penampilannya, Sanchez seharusnya bisa menjadi pengganti yang bagus untuk Andrea Barzagli atau Giorgio Chiellini.

Petinggi Bianconeri mengangganp Sanchez sebagai tambahan yang bagus untuk lini belakang mereka. Klub yang bermarkas di Turin itu dikabarkan sedang mempertimbangkan tawaran senilai € 80 juta untuk sang bek.

7 dari 7 halaman

Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt adalah pemain internasional Belanda yang bermain untuk Ajax di Eredivisie. Pemain berusia 19 tahun itu juga menjadi kapten dari raksasa Belanda itu dan memenangkan penghargaan Golden Boy pada tahun 2018.

Jika Juventus mencari kapten masa depan atau pemimpin di ruang ganti maka pemain asal Belanda itu akan menjadi pilihan ideal. De Ligt sudah menunjukkan kalau dia memiliki potensi besar dengan jiwa kepemimpinan.

Si Nyonya Tua pasti ingin membawa De Ligt ke Allianz Stadium tetapi mereka kemungkinan akan menghadapi persaingan dari sejumlah klub raksasa seperti Barcelona, Arsenal, Chelsea, dan Bayern Munchen.

Sumber: Bola.net

Cara Mengganti Nama Facebook Lewat PC dan HP, Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan salah satu media sosial yang dapat mempermudah kita untuk selalu berhubungan dengan kerabat, keluarga ataupun orang baru yang belum kita kenal. Berbagai fitur di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg memudahkan kita untuk terhubung meski pun ada hambatan jarak. 

Tak bisa dimungkiri, Facebook kini telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, beberapa orang diantaranya menjadikan akun Facebook-nya dengan nama panggilan agar terkesan unik.

Namun. beberapa di antara mereka yang merasa bosan dengan nama panggilan, ingin mengubah kembali menjadi nama asli di Facebook. Jika kamu sudah mulai bosan dengan nama Facebookmu ,kamu bisa menempuh cara mengganti nama Facebook.

Bagaimana cara mengganti nama Facebook? Kamu saat ini sedang berada di laman yang tepat, karena pada artikel ini akan membahas cara mengganti nama Facebook. Cara mengganti nama Facebook bisa dibilang cukup sederhana, simak cara mengganti nama Facebook baik-baik yaa

Berikut  Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara mengganti nama Facebookyang bisa langsung kamu coba!

2 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat PC

1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah beranjak ke situs web Facebook

2. Lalu, buka menu drop-down, berbentuk ikon panah yang ada di sudut kanan atas

3. Kemudian, klik settings (pengaturan)

4. Pada direktori General, klik opsi tulisan name (nama)

5. Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

6. Terakhir, klik “Review Change”

Perlu diketahui, selain bisa mengubah nama, kamu bisa juga menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang yang telah tersedia.

3 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat HP

Selain mengubah nama melalui desktop, ada cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui smartphone Android dan iOS. Berikut langkah–langkah yang dapat dicoba :

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone

2. Kemudian, klik tombol menu yang berada di sudut kanan atas

3. Lalu, geser ke bawah sampai menemukan “Pengaturan & Privasi”

4. Klik “Pengaturan”

5. Selanjutnya, klik “Informasi Pribadi”

6. Pilih “Nama”

7. Kemudian, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

8. Dan terakhir, klik “Review Change”

Sama seperti desktop, kamu bisa menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang.

4 dari 5 halaman

Penggunaan Nama Faceboook

Facebook adalah suatu komunitas tempat semua orang menggunakan nama yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya nama pada profil Facebokmu merupakan nama yang digunakan teman-temanmu untuk memanggil kamu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan nama asli, tentunya akan mempermudah temanmu untuk menemukanmu.

Nama ini juga harus terlihat pada tanda pengenal atau dokumen dari daftar tanda pengenal Facebook. Kamu bisa menuliskan nama panggilan sebagai nama depan atau nama tengah jika merupakan variasi dari nama yang sebenarnya (misalnya Bob untuk Robert).

Kamu juga dapat mencantumkan nama lain di akun Facebookmu (misalnya: nama gadis, nama panggilan, nama profesional).

Profil Facebook hanya untuk penggunaan individu. Kamu dapat membuat Halaman untuk sebuah bisnis, organisasi, atau gagasan. Dan hal yang penting yang harus diingat adalah dilarang berpura-pura menjadi apa pun atau siapa pun, karena menjadi dirimu sendiri tentu lebih baik.

5 dari 5 halaman

Aturan nama yang diizinkan di Facebook

Namun, Facebook juga memiliki peraturan ketika ingin mengganti nama dala akunnya. Banyaknya kasus, penyamaran, penipuan membuat Facebook menerapkan aturan dibawah ini. Dalam proses penggantian nama Facebook tidak boleh mencantumkan:

1.   Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter, atau tanda baca.

2. Karakter dari beragam bahasa.

3. Gelar apa pun (misalnya: profesional, keagamaan).

4. Kata atau frasa umum, bukan nama.

5. Kata yang menyinggung atau menyiratkan sesuatu yang tidak pantas.

Jika kamu tidak bisa mengganti nama di laman Facebookmu, mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan sebagai berikut

1. Nama kamu tidak mematuhi kebijakan dalam aturan penggantian nama Facebook di atas

2. Kamu baru saja mengubah nama akun Facebookmu dalam 60 hari terakhir atau kamu terlalu sering mencoba mengubahnya.

3. Kamu sebelumnya diminta untuk mengonfirmasikan namamu di Facebook.

4. Namamu tidak cocok dengan nama yang muncul pada item di daftar tanda pengenal Facebook.

Namun, jika kamu tetap mengalami masalah saat penggantian nama akun Facebookmu. Kamu bisa mengisi formulir untuk meminta perubahan nama dan mengonfirmasikan namamu. Atau kamu bisa mengunjungi link berikut

https://www.Facebook.com/help/contact/1417759018475333

Nah, uraian diatas adalah cara mengganti nama Facebook yang bisa kamu praktikan.  Amat sangat mudah bukan?  Jangan lupa untuk memperhatikan aturan nama Facebook yang telah berlaku seperti tulisan di atas. Jika kamu mengalami kendala, langsung mengubungi Facebook untuk meminta memperbaikinya.  Selamat mencoba!

5 Cara Bungkus Kado Unik dan Kreatif, Bisa Kamu Coba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hadiah akan menjadi lebih bermakna jika diberikan dengan cara dan tampilan yang manis. Oleh sebab itu, cara bungkus kado pun harus kreatif agar kadomu menjadi lebih terkenang dan berkesan bagi si penerima. Ada banyak kreasi atau cara bungkus kado unik dan kreatif.  Banyak orang yang belum paham bagaimana cara bungkus kado unik dan kreatif. 

Kado adalah sebuah hadiah yang berupa barang dan atau bisa saja bukan berupa barang secara fisik. Kado itu biasanya diberikan kepada orang yang dinilai istimewa, atau diberikan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap istimewa bagi orang tersebut.

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan kreativitas. Berikut cara bungkus kado unik dan kreatif yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Baju

Beberapa waktu belakangan ini kado bentuk baju memang sangat populer. Cara bungkus kado bentuk baju juga cukup mudah. Bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat dan tidak ribet. Siapkan satu kertas kado secukupnya, selotip, dan gunting.

· Cara bungkus kado pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem.

·  Lipatlah ujung bawah keatas sekitar 8cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

·  Jika sudah berbentuk datar lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing-masing sisinya.

·  Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

·  Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai membentuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

·  Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

3 dari 6 halaman

2. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Tas

Cara bungkus kado unik bentuk tas juga bisa jadi alternatif yang pas dan mudah. Cara bungkus kado bentuk tas ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Bisa langsung ditiru untuk membuat bungkus kado yang unik dan kreatif. Cukup siapkan kertas kado, pita, slotip, lem dan cutter atau gunting.

– Cara bungkus kado pertama, lipat kedua sisi dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. Lekatkan kedua ujungnya menggunakan lem kemudian lipat bagian bawanya kira-kira seperempat dari bungkus kado. Rapikan kemudian rekatkan dengan isolatip hingga membentuk datar seperti paper bag.

– Untuk bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya, setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali.

4 dari 6 halaman

3. Cara Bungkus Kado Unik dan Cantik

Ada cara bungkus kado yang gampang untuk ditiru. Kalau kamu suka gambar menggambar, mungkin cara bungkus kado simple ini akan jadi lebih mudah. Biar lebih terkesan kamu bisa membuat bungkus kado dengan desain gambaran kamu sendiri. Bungkus kado dengan kertas krep akhir-akhir ini lagi banyak dipakai untuk membuat bungkus kado yang unik dan cantik.

– Cara bungkus kado pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kado.

– Cara bungkus kado selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret-coret bungkus krepnya dengan gambar yang kamu inginkan.

– Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu.

5 dari 6 halaman

4. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Permen

Cara bungkus kado unik lainnya, Kamu bisa mencoba membuat bungkus kado yang bentuknya mirip dengan permen. Bentuknya unik dan cara membuatnya juga cukup simple. 

Siapkan kertas kado dan sesuaikan dengan besarnya kado yang akan diberikan. Siapkan juga solasi bening atau solasi bermotif lucu yang cocok dengan kertas kadonya, jangan lupa juga untuk menyiapkan tali.

·  Cara bungkus kado, kemudian bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

·  Dibagian sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen. Tarik pelan-pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan tali yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu.

6 dari 6 halaman

5. Cara Bungkus Kado Unik dan Lucu

Selanjutnya cara bungkus kado yang lucu adalah dengan menambahkan pernak-pernih hiasan kertas seperti confetti. Kamu tahu kan kalau confetti itu cukup meriah dan unik? Ide ini bisa digunakan dalam membuat bungkus kado yang beda dari yang lain. Bahan yang perlu disiapkan adalah bungkus kado polos, kertas krep warna-warni, gunting, selotip, lem.

– Cara bungkus kado unik dengan tema ini, kamu harus memotong krep yang disediakan secukupnya.

– Setelah kado dibungkus dengan kertas dan sudah terlihat rapi, oleskan lem ke bagian kertasnya.

– Bisa kamu oleskan secara merata atau hanya setengah bagiannya saja agar terlihat lebih lucu. Lalu tempelkan kertas krep yang tadi sudah dipotong, selang-seling warnanya supaya tampak lebih hidup.

Hasil Liga Europa: Depak Zurich, Napoli Mantap ke Babak 16 Besar

NaplesNapoli mengalahkan FC Zurich dengan skor 2-0 di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Napoli pun melangkah mantap ke babak 16 besar.

Napoli menjamu Zurich pada pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa di San Paolo, Jumat (22/2/2019) dini hari WIB. Dari laga leg pertama di kandang Zurich, Napoli menang 3-1.

Meski berada di atas angin berkat kemenangan di leg pertama, Napoli tetap tampil menyerang. Lorenzo Insigne sempat mendapat dua peluang bagus dalam waktu berdekatan.

Bola umpan silang yang dibelokkan Simone Verdi mengarah ke Insigne. Dia melepaskan tembakan, tapi diblok. Bola muntah kembali ke arahnya dan pemain Napoli itu mencoba memaksimalkannya. Kali ini tendangan Insigne mengenai mistar gawang.

Peluang kembali didapat Napoli. Dari tendangan bebas, Insigne mengirim bola ke kotak penalti. Dries Mertens meneruskannya dengan tembakan, tapi ditepis oleh Yanick Brecher.

Napoli membuka keunggulan pada menit ke-43. Adam Ounas melakukan tusukan dari kanan dan kemudian mengirim umpan yang dituntaskan dengan tendangan voli oleh Verdi.

Pada awal babak kedua, Zurich sempat dapat peluang emas untuk mencetak gol. Benjamin Kololli melepaskan umpan yang disambut Salim Khelifi dengan tendangan voli. Namun, meski dari jarak dekat, Khelifi tak mampu megnarahkan tendangannya ke gawang.

Adam Ounas nyaris menggandakan keunggulan Napoli lewat tendangan kaki kanannya usai memanfaatkan bola dari sepak pojok. Sepakan Ounas itu memaksa Brecher melakukan penyelamatan dengan kakinya.

Ounas akhirnya benar-benar mencetak gol untuk Napoli pada menit ke-76. Mendapat bola terobosan dari Mertens, Ounas kemudian melepaskan tembakan untuk menjebol gawang Zurich.

Arkadiusz Milik nyari menambah gol Napoli. Striker asal Polandia itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi ditepis oleh Brecher.

Dengan kemenangan ini, Napoli lolos ke babak 16 besar dengan keunggulan agregat 5-1 atas Zurich.

Susunan Pemain

Napoli: Meret; Hysaj, Chiriches (Luperto 56), Koulibaly, Ghoulam; Ounas (Milik 77), Diawara, Zielinski (Allan 66), Verdi; Insigne, Mertens

FC Zurich: Brecher; Winter, Bangura, M Kryeziu, Kololli (Kharabadze 82); Khelifi, Sohm, Domgjoni, Schonbachler (Krasniqi 65); Odey (Zumberi 60), Ceesay

(nds/cas)