Banten Jadi Lokasi Pertama Kampanye Terbuka TKN Jokowi-Ma’ruf

Jakarta – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir mengumumkan jadwal kampanye terbuka yang akan dilakukan jajarannya. Provinsi Banten sebagai lokasi pertama kampanye terbuka TKN.

“Insyaallah besok tanggal 24 kita akan adakan kampanye di Banten, tepatnya di Ciceri, Stadion Maulana Yusuf Ciceri. Akan dihadiri oleh paslon capres-cawapres,” kata Erick di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/4/2019).

Kampanye tersebut akan dimulai pukul 16.00 WIB. Namun sejak pukul 14.00 WIB sudah ada acara seperti karnaval dari alun-alun di sepanjang jalan.
Erick menjelaskan partai koalisi Indonesia Kerja akan mendirikan panggung-panggung rakyat. Akan ada pawai akbar, tambah Erick, kurang lebih 2 sampai 2,5 km menjelang GOR Maulana Yusuf.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto, menjelaskan alasan dipilihnya Banten sebagai lokasi kampanye akbar perdana. Yaitu karena berdasarkan undian yang dilakukan KPU, TKN mendapat giliran di zona B pada 24 Maret besok.

“Kita pilih di Banten karena hasil undian, tanggal 24 kita dapat Zona B, di mana di dalamnya ada Banten. Ini momentum baik bagi Pak jokowi dan Kiai Haji Ma’ruf Amin untuk memulai di sebuah tempat yang dalam konteks kesejarahan begitu luar biasa. Dari pemerintahan kerajaan-kerajaan di Banten, saat itu sudah membangun hubungan diplomatik yang sangat baik. Kiai Haji Ma’ruf amin juga lahir di Banten,” terangnya.

Hasto menambahkan lagi alasan dipilihnya Banten sebagai lokasi pertama, karena TKN menilai masih dibutuhkannya penguatan dukungan bagi Jokowi dan Ma’ruf di Banten.

“Banten kami pilih karena penduduknya juga padat dan berdasarkan hasil survei butuh penguatan dari Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma’ruf Amin,” ucap Hasto.

Hasto melanjutkan, seluruh partai pendukung akan melakukan kampanye preconditioning sebelum Jokowi dan Ma’ruf tiba di GOR Maulana Yusuf.

“Seluruh partai termasuk PDIP juga, besok pagi juga akan mengadakan kampanye terlebih dahulu sebagai preconditioning sehingga pada saat jam 15.00 WIB, ketika kampanye itu dihadiri Pak jokowi dan Kiai Haji Ma’ruf, seluruh partai Koalisi Indonesia Kerja akan bergerak ke Banten,” tutur Hasto.

Jadwal Kampanye Terbuka TKN Hingga Akhir Maret

TKN Jokowi-Ma’ruf telah menyusun jadwal kampanye terbuka hingga akhir Maret 2019. Setelah di Banten, calon presiden petahana Jokowi akan melanjutkan kampanye ke Banyuwangi, Jawa Timur.

“(Tanggal) 25 (Maret 2019), kita akan ke Banyuwangi, tepatnya di alun-alun. Itu pagi hari, kurang lebih pukul 09.00 sampai 11.30 WIB-lah,” kata Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir.

Setelah itu, masih di hari yang sama, Jokowi akan bertolak ke GOR Jember dan berkampanye pukul 13.30 sampai 15.30. Malamnya, Jokowi kampanye di GOR Ken Arok.

Pada 26 Maret 2019, Jokowi akan berkampanye di Banda Aceh. Setelah siang di Banda Aceh, Jokowi akan ke Riau dan dijadwalkan melakukan kampanye di dua titik lokasi.

Keesokannya, 27 Maret 2019, Jokowi dijadwalkan berkampanye di Pontianak Convention Center, Pontianak, Kalimantan Barat. Di 28 Maret 2019, Jokowi akan menghadiri kampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur dan melanjutkan ke Mamuju, Sulawesi Barat.

“Untuk tanggal 29 dan 30 (Maret 2019) mungkin kampanye, kan lokasinya ya yang dekat saja, karena ada debat. Kita lihat juga zonanya karena ada zona A zona B,” pungkas Erick.
(aud/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bawaslu Investigasi Laporan soal Mobil Pelat TNI di Kampanye Prabowo

Jakarta – Bawaslu akan menginvestigasi lebih lanjut soal laporan mobil dinas pelat TNI yang mengangkut logistik di acara kampanye relawan capres Prabowo Subianto. Bawaslu akan menyampaikan keputusan soal laporan itu ke publik.

“Jadi kita melakukan investigasi nanti. Dan kami kan punya waktu untuk bisa melakukan investigasi, pengumpulan dan nanti akan membuat kajian apakah ini masuk memenuhi unsur pelanggaran pemilu atau tidak. Tentu nanti apapun keputusan kita akan sampaikan kepada publik,” kata Ketua Bawaslu Abhan di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Abhan belum bisa memberitahukan apakah pihak kubu Prabowo-Sandi akan diundang untuk dimintai keterangan. Dia juga masih merahasiakan siapa pemilik mobil yang dimaksud.

“Kita nanti dulu, kita belum bisa menyampaikan kesimpulan itu (pemilik mobil). Itu kalau itu sudah kesimpulan,” ujarnya.

TNI sebelumnya menyelidiki mobil berpelat dinas TNI yang mengangkut logistik acara relawan Prabowo-Sandiaga itu. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa pemilik mobil tersebut merupakan purnawirawan TNI.

“Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini,” kata Kabidpenum Puspen TNI Letkol Inf Abidin Tobba dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (23/3).

Abidin menjelaskan pemilik mobil berpelat dinas TNI itu berinisial RAT. Saat pensiun, RAT tidak mengembalikan pelat mobil dinas TNI yang digunakannya semasa aktif.

“Diketahui bahwa pemilik mobil Pajero berpelat nomor dinas TNI 3005-00 adalah seorang Purnawirawan TNI, pensiun tahun 2001, berinisial RAT,” jelas Abidin.

“Pada saat pensiun, yang bersangkutan mengembalikan mobil dinas, namun pelat nomor dinasnya tetap dipegang yang bersangkutan,” imbuhnya.
(azr/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jelang Kampanye Terbuka, Ma’ruf Safari Politik di DKI Jakarta-Banten

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin, safari politik ke beberapa titik DKI Jakarta dan Banten menjelang kampanye terbuka. Ma’ruf mengatakan kampanye terbuka akan difokuskan kepada teknis kampanye.

“Ya kami terus hari ini itu Jakarta dengan FBR (Forum Betawi Rembug). Tangerang dengan komunitas NU. Nanti sore terus ke Serang ada pertemuan pondok-pondok pesantren,” ujar Ma’ruf sebelum safari politik di kediamannya Jl. Situbondo No. 12, Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Ma’ruf dijadwalkan akan menghadiri apel barisan pengawal ulama di lapangan PIK Penggilingan, Cakung Jakarta Timur. Selanjutnya, ia akan menghadiri acara PWNU Banten.


Sedangkan pada Minggu (24/3) mantan Rais Aam PBNU itu akan menghadiri haul Ibunda di Serang, Banten. Ma’ruf mengaku jadwal kampanye di Serang berbarengan dengan kampanye calon presiden Petahana, Joko Widodo, namun menurutnya bukanlah sebuah masalah.

“Besok, ada acara di tempat saya, yang sudah lama dirancang, haul ibu saya sekitar 20-25 ribu orang, pengajian. Walaupun besok itu saya tidak tahu kalau TKN ada kampanye Pak Jokowi di Serang juga. Tidak masalah, untuk lokasinya berbeda. 25-26 mungkin saya terus ke Jawa Tengah,” lanjutnya.

Ketua MUI non aktif itu juga membocorkan taknis kampanye terbuka yang akan dimulai besok. Menurut dia, lebih difokuskan pada sosialisai pencoblosan.

“Ya lebih tajam. Kami lebih arahkan kepada teknis kampanye. Artinya teknis pencoblosan. Arahnya itu, kenapa harus mencoblos, bagaimana caranya mencoblos, bagaimana menangkal hoaks, pada sasaran lebih fokus dan lebih tajam. Karena kami kampanyenya kan sudah langsung,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan kampanye yang ia lakukan lebih kepada inti dari pesan yang ingin ia sampaikan. Salah satu di antaranya alasan memilih dia dan Jokowi.

“Kalau kemarin kan masih miring-miring gitu kan kampenyenya. Sekarang to the point kita bahwa masyarakat sudah harus memilih, menentukan, kenapa harus menentukan pilihannya, kenapa harus pilih 01, bagaimana cara milihnya. Bagaimana datang ke TPS. Arahnya sudah lebih pada artinya itu penggiringan kepada langkah-langkah yang pasti,” tutupnya.

Sebelum berangkat safari politik Ma’ruf Amin dan Nyai Wury Estu Handayani tampak dihampiri oleh sang cucu, Zaza. Zaza meminta untuk digendong kakek.

Seperti diketahui, Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan kampanye ke beberapa titik di DKI Jakarta dan Banten pada Sabtu 23 Maret hingga Minggu 24 Maret. Kampanye akan diawali ke Cakung, Jakarta Timur, selanjutnya menghadiri acara PWNU di Banten. Sedangkan pada Minggu (24/3) Ma’ruf dijadwalkan akan menghadiri sejumlah agenda di Pondok pesantren Tanara, Serang, Banten.

(aan/aan)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Jokowi Minta Sosok yang Pakai Mobil Berpelat TNI untuk Kampanye Diungkap

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin meminta TNI transparan menjelaskan mobil berpelat nomor dinas yang angkut logistik kampanye Prabowo Subianto. TKN meminta TNI tegas bila anggotanya terbukti terlibat.

“TNI harus transparan kepada masyarakat dan memberitahukan siapa sebenarnya pelaku pelanggaran disiplin dan tata tertib di TNI tersebut, apalagi undang-undang mewajibkan TNI netral di setiap pemilu,” kata anggota TKN Inas Nasrullah kepada detikcom, Jumat (22/3/2019).

Inas mengatakan pelaku dinilainya berani karena memindahkan pelat nomor resmi ke mobil yang berbeda. Dia meminta TNI memberitahukan siapa pelakunya.


Sementara itu Wakil Ketua TKN Johnny G Plate menyindir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang tidak mematuhi undang-undang (UU) pemilu. Dia mengatakan bila sebagai peserta pemilu saja berani melanggar aturan apalagi jika terpilih nanti.

“Jika taat UU pemilu saja sulit apa yang bisa diharapkan dari calon pemimpin seperti ini? Baru sebagai peserta pemilu sudah langgar UU apalagi nanti bisa semua UU diterabas,” kata Wakil Ketua TKN Johnny G Plate saat dikonfirmasi terpisah.

Johnny mengingatkan semua peserta pemilu harus taat pada aturan yang ada. Dia menegaskan tidak dibenarkan TNI terlibat dalam kampanye.

“Peserta pemilu yang harus sadar bahwa menggunakan fasilitas dan melibatkan personil TNI tidak dibenarkan dan melanggar UU pemilu,” ucapnya.

Sebelumnya, TNI telah melakukan pengecekan ke registrasi Mabes TNI. “Hasil dari pengecekan dari data yang ada di registrasi Mabes TNI, bahwa nomor tersebut betul nomor kendaraan yang ada di Mabes TNI, yang mana nomor tersebut adalah 3005-00,” kata Danpuspom TNI Mayjen Dedy Iswanto dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3).

“Namun jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI, yang mana data di registrasi militer, berjenis Mitsubishi Lancer. Mungkin itu yang bisa saya klarifikasi,” sambungnya.

Saat ini TNI tengah menelusuri soal berpindahnya pelat dinas untuk sedan Mitsubishi Lancer ke Mitsubishi Pajero. Dedy mengatakan TNI juga sedang mendalami bila memang ada anggota TNI yang terlibat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan telah menegur pengemudi mobil berpelat dinas TNI tersebut. Dikatakan bahwa sopirnya adalah seorang purnawirawan.

“Mobil TNI sedang diselidiki dan pelat nomornya pada saat itu kami menemukan, Panwascam Tanah Sereal, kejadian di Kota Bogor, menegur yang bersangkutan pakai mobil pelat dinas. Kemudian diganti dengan pelat biasa, sehingga kemudian kami masukkan pada laporan pengawasan. Nanti kita tindak lanjut bagaimana penindakannya,” kata Anggota Bawaslu Rahmat Bagja di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Bagja mengaku sudah mengantongi identitas pemilik mobil. Dia memberi tahu profesi sosok pemilik mobil itu merupakan purnawirawan, namun dia enggan menyebut siapa orang tersebut.

“Masih dalam penyelidikan. Jangan, orangnya sedang diproses,” katanya.

“Purnawirawan,” imbuhnya saat ditanya sosok pemilik mobil.
(fdu/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anies Turunkan 2 Jari Emak-emak Kampanye

Jakarta – Dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemukan simbol kampanye yang diperagakan warganya bernama Satimah. Satimah yang berpose 2 jari saat bersama Anies, diminta sang DKI-1 untuk tidak berkampanye.

Ceritanya, Anies yang berkunjung ke Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019) berhenti dan mengecek salah satu katering rumahan milik Satimah. Satimah yang masih beres-beres peralatan keluar mengunjungi Anies.

Satimah mengenakan baju kampanye Anies di Pilgub 2017 dengan tulisan ‘Anies-Sandi‘. Sandi yang dimaksud adalah Sandiaga Uno, eks Wagub DKI Jakarta yang kini maju di Pilpres 2019 sebagai cawapres pasangan Prabowo Subianto.
Meminta foto bersama Anies, Satimah awalnya malu-malu sebelum berpose di hadapan para wartawan. Dia beberapa kali mengacungkan dua jari dengan gaya jenaka. 02 adalah nomor urut pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Si ibu tampaknya pendukung Prabowo-Sandiaga. Di dinding rumahnya, ada stiker Prabowo-Sandiaga yang cukup jelas terlihat.

Anies pun tersenyum melihat tingkah Satimah. Lalu, dia menegur agar Satimah tidak kampanye.

“Jangan kampanye,” kata Anies. Satimah pun menurunkan dua jarinya.

Anies langsung berbincang soal usaha Satimah yang disebut sudah dijalankan sejak 2001. Dia menyediakan katering untuk masyarakat yang datang ke Pulau Pramuka. “Ini ada pesanan dari ITB. Saya angkat pakai gerobak,” kata Satimah.

Selain itu, Satimah mengadu soal program kewirausahaan OK OCE. Dia berharap dana OK OCE segera cair.

“Program OKE OCE juga uangnya belum cair pak,” kata Satimah.

Anies yang saat itu hanya menjawab ‘iya’, lalu menjelaskan lebih jauh perihal aduan Satimah.
(gbr/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU RI Sebut ASN Boleh Hadiri Rapat Kampanye Terbuka, Asal..

Liputan6.com, Jakarta – Komisoner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan aparatur sipil negara (ASN) boleh hadir dan mendengar langsung visi misi dari peserta Pemilu di rapat kampanye terbuka. Namun, dengan beberapa catatan.

“Boleh hadir, tapi tidak boleh pada saat jam kerja, kemudian tidak boleh pakai atribut dan lainnya,” kata Wahyu di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Menurut dia, tindakan ini semata menjaga netralitas mereka dalam pesta demokrasi, dan juga kesetaraan sebagai hak warga negara yang memiliki hak pilih.

“Jadi kan mereka punya hak pilih, ya boleh datang ya artinya, tapi tak untuk ikut kampanye,” jelas dia.

Rapat kampanye terbuka dimulai pada 24 Maret 2019, secara nasional. KPU RI telah membagi zonasi untuk giat ini yang tersebar masing-masing 17 provinsi untuk kubu TKN Jokowi-Ma’ruf dan BPN Prabowo-Sandiaga.

Bawaslu Imbau Pendukung Capres Tertib Saat Kampanye Umum

JakartaBawaslu mengimbau para pendukung dua pasangan capres-cawapres tertib saat menggelar kampanye umum. Bawaslu menegaskan, jika ada pelanggaran, akan ditertibkan langsung di lokasi.

“Imbauan kami, semua pihak agar menjaga diri, saling memahami posisi masing-masing di antara tim pendukung, peserta pemilu, pelaksana kampanye, khususnya pelaksana kampanye harus banyak menanyakan aturan kepada Panwas yang ada di lapangan. Jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Dia menjelaskan, jika ada pelanggaran di kampanye rapat umum, Bawaslu akan menindak langsung di tempat. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyelesaian masalah terkait kampanye itu.

“(Pelanggaran) diselesaikan di tempat, supaya nggak ada pidana, karena repot harus ada pembuktian dan lainnya, sehingga konflik itu diselesaikan di awal,” katanya.

Selain itu, Bawaslu mempercayakan kesiapsiagaan kepolisian untuk menyiapkan pengamanan kampanye umum kedua paslon.

“Masyarakat juga nikmati sebagai pesta demokrasi, pasti ada yg macet, nikmatikah sebagai pesta demokrasi, lima tahun sekali. Kemungkinan itu ada pengalihan arus, kami meminta masyarakat memahami hal tersebut,” katanya.
(zap/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Coret 11 Parpol Tak Lapor Dana Awal Kampanye Pemilu 2019

Berikut data ketidaklengkapan LADK mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dirilis situs resmi KPU RI:

PKB: 6 Kabupaten, 3 Kota, tersebar di 6 Provinsi

Garuda: 1 Povinsi (Kalimantan Timur), 10 Kabupaten, 20 Kota, tersebar di 26 Provinsi

Berkarya: 27 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 11 Provinsi

PKS: 8 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 6 Provinsi

Perindo: 2 Kabupaten, 2 Kota, tersebar di 4 Provinsi

PPP: 19 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 9 Provinsi

PSI: 43 Kabupaten, 6 Kota, tersebar di 19 Provinsi

PAN: 5 Kabupaten, 2 Kota, tersebar di 2 Provinsi

Hanura: 7 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 6 Provinsi

PBB: 57 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 18 Provinsi

PKPI: 90 Kabupaten, 16 Kota, tersebar di 24 Provinsi

Larangan Penggunaan Odong-Odong untuk Kampanye Akbar Pilpres 2019

Liputan6.com, Serang – Mobil odong-odong dan kereta-keretaan, yang biasa ditumpangi anak-anak di wilayah Banten akan dilarang digunakan untuk keperluan kampanye dan memuat massa.

“Tidak ada uji kelayakannya, itu kan untuk pariwisata, bukan untuk kampanye. Adanya odong-odong di jalan raya itu tidak untuk kelayakannya,” kata AKP Mochamad Sofian, Wakil Kepala Operasional (Wakaops) Polres Serang Kota, yang ditemui usai rapat dengan KPU Kota Serang, Banten, Kamis, 21 Maret 2019.

Selain odong-odong, penggunaan truk dan mobil pikap, tidak diperkenankan untuk mengangkut massa kampanye akbar. Karena berbahaya bagi keselamatan penumpangnya.

Sementara bagi pengendara roda dua yang akan berkampanye, wajib menggunakan helm, menggunakan knalpot standard, dan membawa surat kendaraan. Jika tidak, maka akan ditindak secara hukum.

“Tentunya kampanye setiap partai mematuhi aturan. Tidak ada kampanye itu harus melanggar aturan,” terangnya.

Rapat koordinasi dengan KPU Kota Serang, Banten, Kamis (21/03/2019). (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Terkait adanya pelibatan anak-anak yang belum memiliki hak pilih, saat konsolidasi caleg partai salah pendukung capres dan cawapres, pihak KPU enggan berkomentar banyak.

“Kalau kemarin itu kegiatan kampanye atau bukan, itu bisa konfirmasi ke Bawaslu. Karena harusnya mereka melaporkan ke pihak kepolisian, KPU, dan Bawaslu,” kata M Fahmi Musyafa, Komisioner KPU Kota Serang, Banten.

Pihaknya mengaku telah mengimbau keseluruhan partai politik (parpol) peserta pemilu, agar tidak membawa anak-anak di bawah umur dalam kegiatan politik.

“Kita tekankan agar seluruh pimpinan parpol tidak membawa anak-anak dalam kampanye rapat umum,” dia menandaskan.

Simak video pilihan berikut ini:

Petugas PPS berkeliling komplek perumahan menjemput warga yang hendak memilih dengan menggunakan odong-odong. Warga pun antusias menyambutnya.

Tunjukkan Video Teror Masjid New Zealand Saat Kampanye, Erdogan Dikecam

Ankara

Sehari setelah penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, yang menyebabkan 50 orang meninggal dunia, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mempertontonkan rekaman video aksi itu dalam kampanye untuk memacu dukungan dari kalangan konservatif.

Rekaman video dan juga ringkasan yang disebut berasal dari manifesto tersangka pelaku serangan diputar lewat layar besar di Istanbul pada Sabtu (16/03). Namun aksi Presiden Erdogan itu sontak mendapat kecaman luas.

Kecaman utama muncul dari kubu oposisi di Turki, Partai Rakyat Republik dan pemimpin Partai Kebahagiaan Mutlak, Temel Karamollaoglu.

Kubu oposisi mengatakan Presiden Erdogan menggunakan rekaman video itu untuk menambah angka dukungan menjelang pemilihan daerah sebelum akhir bulan ini.

‘Konflik antara salib dan bulan’

Adapun Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters, mengatakan ia telah menghubungi mitra kerjanya dari Turki untuk menyampaikan keprihatinan atas penggunaan rekaman penembakan para jamaah Salat Jumat di dua masjid Christchurch pada Jumat (15/03).

Dalam acara kampanye di hadapan pendukungnya, Erdogan mengatakan tersangka memberikan ancaman kepada Muslim di Turki dan dua kali mengunjungi negara itu.

“Kita tidak ingin menyaksikan konflik antara salib dan bulan lagi,” kata Erdogan ketika merujuk konflik antara pemeluk Kristen dan Islam.

Pada Jumat (15/03), tak lama setelah penembakan di dua masjid Selandia Baru, presiden Erdogan mengklaim bahwa tersangka telah “menjadikan negara kita, bangsa kita dan saya sendiri sebagai sasaran” dan memperingatkan kepada negara-negara lain, khususnya Barat, untuk mengatasi peningkatan sentimen Islamofobia untuk mencegah serangan serupa.

“Jika tidak diambil langkah-langkah segera, berita-berita tentang bencana lain akan muncul setelah peristiwa ini,” tegasnya.

Selain 50 orang yang meninggal dunia, penembakan di Masjid Al Noor dan masjid di Linwood melukai 50 lainnya, termasuk warga negara Indonesia.

Polisi telah menetapkan pria Australia atas nama Brenton Tarrant, 28, sebagai tersangka. Ia menyiarkan aksi penembakan tersebut melalui Facebook Live.

Ia dihadirkan di persidangan pada Sabtu (16/3) dan dikembalikan ke tahanan tanpa pembelaan. Sidang selanjutnya dijadwalkan pada 5 April mendatang.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>