Petugas Dinas Air Dikejutkan Banyaknya Ikan Mati di Kali Ancol

Liputan6.com, Jakarta – Petugas dari Dinas Sumber Daya Air Jakarta dikejutkan dengan banyaknya ikan yang berada di Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, mati.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (24/3/2019), ikan-ikan yang mati pun mengapung di permukaan kali. Matinya ikan ini diduga karena air kali yang tercemar oleh limbah. Air di Kali Ancol ini juga berubah warna menjadi hitam dan keruh.

Kali Ancol yang biasanya dipadati pemancing kini sepi karena air kali yang berwarna keruh diduga akibat tercemar limbah.

Banyaknya ikan yang mati mendadak di Kali Ancol ini baru pertama kalinya terjadi. Diharapkan petugas terkait mengecek perubahan warna kali yang sudah berubah menjadi keruh yang diduga akibat tercemar limbah.

Zaniolo Mulai Dilirik Tim-Tim Top, Roma Beri Kenaikan Gaji 3 Kali Lipat?

JakartaNicolo Zaniolo kabarnya mulai dilirik tim-tim top Eropa. AS Roma sebagai pemilik kabarnya ingin mengamankan sang gelandang dengan kontrak anyar.

Zaniolo baru didatangkan Roma di awal musim ini, sebagai bagian dari transfer Radja Nainggolan ke Inter Milan. Gelandang 19 tahun itu sejauh ini sudah tampil 28 kali, mencetak lima gol dan dua assist.

Sejumlah klub kabarnya berminat kepadanya, sebut saja Manchester United, Arsenal, juga Juventus. Tapi Roma dilaporkan ingin mempertahankan si pemain lebih lama.

Kontraknya saat ini sebenarnya masih berlaku sampai 2023. Tapi gajinya yang hanya 700 ribu euro per tahun (catatan calciomercato) diyakini rawan membuatnya tergoda tawaran klub lain.

Gazzetta dello Sport menyebut Roma akan menaikkan gaji Zaniolo hampir 3 kali lipat. Gaji baru Zaniolo diperkirakan di kisaran 2 juta euro.

Dengan gajinya saat ini, Zaniolo adalah salah satu pemain dengan bayaran terendah di Roma. (raw/rin)


Pelaku Cekik 2 Kali Wanita Berjilbab dalam Mobil di Gowa hingga Tewas

Makassar – Terduga pelaku pembunuhan wanita berjilbab dalam mobil di Gowa, Sulaiha Djafar, merupakan teman sekantor korban di Universitas Negeri Malang (UNM). Pelaku yang bernama Wahyu Jayadi itu mencekok Sulaiha dua kali hingga tewas.

Panit Resmob Polda Sulsel, Ipda Sunardi mengatakan keduanya sebelumnya berada di dalam mobil yang sama dari Jalan Sultan Alauddin, Makassar, menuju Kabupaten Gowa. Mereka hendak menyelesaikan masalah cekcok di kantor.

Bukannya membaik, dalam perjalanan tersebut keduanya justru semakin terlibat perselisihan hebat. Hingga akhirnya pelaku naik pitam dan memutuskan menghabisi nyawa Sulaiha.
“Yang bersangkutan pada saat di perjalanan menghentikan mobilnya di (Jalan) Macanda, Kabupaten Gowa. Korban tiba-tiba mendorong kepala terduga pelaku. Pada saat itu juga pelaku langsung kalut merespons mencekik korban dua kali. Saat itu pelaku merasa korban melawan hingga pelaku mencekik korban sampai mengembuskan napas terakhirnya,” jelas Sunardi, Sabtu (23/3/2019).

Jenazah Sulaiha ditemukan warga Dusun Japing, Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, dalam sebuah mobil berwarna biru, Jumat (22/3), sekitar pukul 08.00 Wita. Saat ditemukan, leher mayat tersebut tersangkut sabuk pengaman.

Dari pemeriksaan mobil, diketahui dompet dan uang Sulaiha masih utuh. Polisi menemukan batu dan bercak darah di dalam mobil korban.

Kepala Humas Polres Gowa AKP Tambunan sebelumnya mengatakan pelaku tercatat sebagai dosen UNM. “Yang kami amankan adalah WJ atau Wahyu Jayadi. Dia dosen di UNM,” kata Tambunan saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (23/3).

Pelaku WJ merupakan dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Makassar (UNM). Tidak hanya itu, WJ juga mengepalai sebuah unit lembaga di kampus tersebut.

Pada halaman website UNM yang dikunjungi detikcom, terlihat nama lengkap pelaku adalah Dr Wahyu Jayadi, SPd, MPd, dan beralamat di Makassar.
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pagi Seru di Pasar Pereng Kali, Pasar Tempo Dulu Bernuansa Milenial

Liputan6.com, Kebumen – Kesan kuno nan otentik begitu terasa saat menjejakkan kaki di Pasar Pereng Kali, Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah.

Kesan pedesaan juga begitu kuat lantaran pasar tempo dulu ini berada di bawah naungan rumpun bambu alias papringan.

Masuk ke pasar ini, waktu seolah berputar kembali ke masa kerajaan, ratusan tahun lalu. Di pasar tempo dulu ini, uang tak terpakai. Pedagang hanya menerima pembelian dengan alat tukar kepeng.

Kepeng itu bisa didapat dengan menukarkan sejumlah rupiah. Tiap kepeng dihargai Rp 2.000. Dengan mata kepeng, segala jajanan tradisional bisa didapat, mulai dari gendol, sawud, jongkong, golak, cetil, lotek, rujak, hingga getuk.

Nuansa tempo dulu juga semakin kuat dengan keberadaan pedagang yang menjual beragam kerajinan tangan khas Grenggeng, Kebumen, yakni hasil anyaman pandan seperti topi dan kerajinan anyaman lainnya.

Layaknya pasar, suguhan dolanan bocah juga ada di pasar ini. Bedanya, seluruhnya adalah permainan tradisional, yang kini mungkin sudah nyaris musnah. Ada congklak, egrang bambu, dan beberapa permainan tradisional lainnya.

Pengembangan pasar pereng kali dilandasi keinginan untuk melestarikan tradisi masyarakat baik berupa makanan, permainan hingga suasana pasar tempo dulu. Selain itu, masyarakat juga ingin memanfaatkan potensi Kali Kemit.

Jokowi: Tunjukkan Pada Saya Presiden Mana Cek Jalan Sampai 8 Kali

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Amin yang digelar Kelompok Relawan KerJo (Pengusaha Pekerja Pro Jokowi). Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bagaimana infrastruktur merupakan pondasi pertumbuhan ekonomi di belahan bagian dunia manapun.

Menurutnya, selama lima tahun dirinya memimpin, ia juga sudah sering memeriksa langsung kelangsungan pengerjaan infrastruktur. Jokowi pun memantang para pendukungnya untuk menunjukkan presiden yang pernah bolak-balik memeriksa pengerjaan proyek infrastruktur sebanyak dirinya.

“Nyaris tiap hari saya di lapangan untuk pastikan setiap program berjalan. Saya datang ke tol Trans-Sumatra sudah 8 kali datang. Tunjukkan kepada saya presiden mana yang ngecek jalan sampai 8 kali. Kalau presidennya datang 8 kali, menterinya pasti datang 16 kali untuk pastikan target dan kualitas bahwa proyek ini berjalan,” ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Ia menjelaskan, kunjungan seperti ini kerap ia lakukan karena mendengar masukan dari masyarakat. Sehingga, Jokowi juga ingin memastikan secara langsung agar proyek berjalan dengan baik.

“Akan saya cek, akan saya kontrol, dan saya monitor terus. Pasti akan saya datangi terus untuk pastikan bahwa proyek besar yang penting berjalan,” tuturnya.

“Jadi sudah kami hitung untuk Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh sudah kami hitung. Kami hitung nanti di 2024, Lampung sampai Aceh akan tersambung sepanjang kurang lebih 2.400 km,” lanjut Jokowi.

Pastikan Proyek Tak Mandek, Jokowi 8 Kali Sidak ke Tol Trans Sumatera

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 01 sekaligus petahana Joko Widodo (Jokowi) terus menggaungkan, gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan di eranya merupakan bentuk fokus utama untuk membangun ekonomi negara ke depan.

Bentuk kepeduliannya lantas coba ia salurkan dengan mengunjungi sebuah proyek besar dan penting nasional seperti Tol Trans Sumatera hingga 8 kali.

“Untuk memastikan setiap proyek itu berjalan, saya datang ke yang namanya Tol Trans Sumatera. Itu sudah 8 kali saya datang ke sana,” ujar dia di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

“Tunjukan kepada saya presiden mana yang ngecek jalan sampai 8 kali. Kalau presiden ngecek 8 kali, menterinya pasti datang 16 kali,” sambungnya.

Dia menyebutkan, panjang Tol Trans Sumatera yang beroperasi mendatang akan bertambah pada Juni 2019, yakni untuk ruas Bakauheni hingga Palembang.

Jokowi pun menjanjikan, Tol Trans Sumatera sepanjang 2.400 km secara keseluruhan akan tersambung dari Bakauheni sampai Aceh pada 2024.

Tak hanya jalan tol, dia pun berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor infrastruktur dalam negeri seperti pelabuhan, bandara hingga penyediaan rumah jika kembali terpilih sebagai RI 1 untuk periode 2019-2024.

“Inilah obat bagi ekonomi kita ke depan. Bapak ibu harus meyakini itu. Infrasyruktur itu fondasi bagi pertumbuhan ekonomi kita, dalam rangka daya saing dan competitiveness kita,” tutur dia.

Penampakan Meteor yang Ledakannya 10 Kali Lipat Bom Atom Hiroshima

Selasa 19 Maret 2019, 11:23 WIB

Foto News

Twitter/@simon_sat – detikNews

Washington DC detikNews – Ledakan sebuah meteor raksasa terjadi di atmosfer Bumi tahun 2018 lalu. Daya ledakan meteor ini tercatat 10 kali lipat dari ledakan bom atom Hiroshima.

Laporan NASA menyebut sebuah meteor meledak di atmosfer Bumi pada 18 Desember 2018. Ledakan meteor semacam ini disebut sebagai ‘fireball’ oleh NASA. Ledakan meteor ini tertangkap oleh satelit militer Amerika Serikat tahun 2018. Pihak NASA lantas diberitahu oleh Angkatan Udara AS. Foto: physics.ox.ac.uk/Simon Proud

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Hasil Liga Jerman: Tertinggal Dua Kali, Dortmund Menang Dramatis atas Hertha

JakartaBorussia Dortmund bangkit dari dua kali ketertinggalan untuk menaklukkan Hertha Berlin. Gol Marco Reus di masa injury time memberikan kemenangan dramatis.

Bertandang ke OlympiaStadion, Minggu (17/3/2019) dinihari WIB di lanjutan Liga Jerman, Dortmund langsung terdesak selepas kick-off. Usai ancaman beruntun dari Marko Grujic dan Maximilian Mittelstadt, Dortmund kebobolan di menit keempat.

Sepakan jarak dekat Salomon Kalou mengoyak gawang Dortmund.

Dortmund merespons di menit ke-13 dan peluang Jacob Bruun Larsen dihalau Rune Jarstein. Semenit berselang, mereka menyamakan skor lewat serangan cepat yang diakhiri sepakan Thoma Delaney dengan kaki kiri.

Kedudukan berubah lagi di menit ke-35. Dortmund memberikan penalti ke Hertha setelah Julian Weigl melakukan hand ball. Kalou maju sebagai eksekutor dan mencetak gol keduanya.

Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Hanya semenit selepas sepak mula babak kedua, Dortmund kembali menyamakan skor. Umpan silang Jadon Sancho disambar Dan-Axel Zagado.

Dortmund mencoba meningkatkan intensitas serangan dan menjaga momentum. Sepakan dari Christian Pulisic dan Jadon Sancho membentur pemain Hertha, sementara upaya Larsen diamankan kiper.

Hertha balas mengancam di menit ke-57 melalui Grujic. Sepakannya cuma mengenai tiang gawang.

Peluang beruntun dari Pulisic sejak menit ke-71 belum membuahkan hasil. Upaya mereka baru membuahkan hasil di masa injury time.

Menerima umpan Sancho, Reus menaklukkan kiper dan membawa Dortmund berbalik memimpin di menit ke-92.

Hertha mencoba menyelamatkan poin di sisa waktu, tapi malah dihukum kartu merah. Vedad Ibisevic diusir wasit dan Dortmund pun mengunci kemenangan.

Dengan kemenangan ini, Dortmund sementara memuncaki klasemen dengan 60 poin dari 26 laga. Mereka unggul tiga poin dari Bayern Munich yang belum memainkan laga ke-26.

Sementara Hertha ada di posisi 10 dengan 35 poin.

Susunan pemain:

Hertha: Jarstein – Stark, Rekik, Torunarigha – Lazaro, Grujic, Maier, Mittelst├Ądt – Duda (Lustenberger 90+2′) – Selke (Leckie 77′), Kalou (c) (Ibisevic 77′)

Dortmund: Buerki – Wolf (Hakimi 78′), Akanji, Zagadou, Diallo – Weigl, Delaney – Sancho (Toprak 90+6′), Pulisic, Bruun Larsen (Guerreiro 75′) – Reus
(raw/din)

Dari Tiga Pertemuan, De Gea Empat Kali Dibobol Messi

JakartaDavid De Gea akan berhadapan dengan Lionel Messi di Liga Champions. Dari tiga pertemuan, De Gea empat kali dibobol Messi.

Manchester United akan bertemu dengan Barcelona di perempatfinal Liga Champions. Setan Merah akan lebih dulu menjamu Barca di Old Trafford pada Kamis (11/4/2019) dinihari WIB. Sepekan kemudian gantian ke Camp Nou.

Duel kedua tim ini akan mempertemukan salah satu kiper terbaik dan striker terbaik, yakni De Gea dan Messi. De Gea sepanjang musim ini sudah bikin 10 clean sheets, tiga di antaranya di Liga Champions.

Messi tampil garang musim ini dengan mengemas 36 gol. Delapan gol dia lesakkan di Liga Champions, yang mengantarkan namanya memimpin daftar top skor bersama Robert Lewandowski.
Dengan catatan itu, Messi bisa menjadi momok untuk De Gea. Terlebih, kiper asal Spanyol tersebut sudah empat kali dibobol Messi dalam tiga pertemuannya di level klub, saat itu De Gea masih dengan kostum Atletico Madrid.

De Gea berhasil tidak kebobolan saat pertama kali bertemu Barca yang diperkuat Messi. De Gea cuma dibobol Zlatan Ibrahimovic dalam laga yang dimenangi Atletico 2-1.

Pada pertemuan kedua, De Gea gagal menjaga kesucian gawangnya dari Messi. Striker asal Argentina itu mencetak satu gol saat Barca menang 2-1 atas Atletico di Vicente Calderon, 19 September 2010.

De Gea babak belur pada pertemuan ketiga. Atletico kalah 3-0 dari Barcelona dengan Messi melesakkan hat-trick di Camp Nou, 5 Februari 2011.

Messi juga pernah menjadi mimpi buruk MU. La Pulga berhasil dua kali bobol gawang The Red Devils di final Liga Champions, yang masing-masing pada 2008/2009 dan 2010/2011. MU kalah dalam dua pertemuan itu.

(ran/nds)

‘Derby Milan Kali Ini Lebih dari Sekadar Gengsi Tim Sekota’

MilanAC Milan akan menjamu Inter Milan pada lanjutan Liga Italia akhir pekan ini. Derby kali ini lebih dari sekadar gengsi tim sekota.

Milan dan Inter akan berusaha saling mengalahkan di San Siro, Senin (18/3/2019) dinihari WIB. Posisi kedua tim di klasemen Serie A saat ini cuma terpaut sedikit.

Tim asuhan Gennaro Gattuso ada di posisi ketiga dengan raupan 51 poin. Sementara Inter ada di posisi keempat dengan koleksi satu poin lebih sedikit.

Milan akan menjauh kalau menang. Sebaliknya Inter akan mengambil alih posisi Milan andai menang.

Pemain Milan, Mateo Musacchio, menegaskan bahwa tim yang dibelanya siap melawan tim manapun dengan performa oke belakangan ini.

Milan tak pernah kalah dalam 10 pertandingan terakhir di Serie A dengan catatan tujuh kali menang dan tiga kali imbang.

“Ini pekan yang spesial, kami semua bekerja dengan baik. Kami mempunyai pekan yang panjang untuk mempersiapkan laga ini. Derby merupakan laga yang berbeda dengan yang lain. Posisi kami di klasemen diperebutkan,” kata Musacchio di Football Italia.

“Kami tahu bahwa kami harus menang, tak hanya untuk kebanggaan kami, tapi juga untuk posisi kami di klasemen. Saya tak takut siapapun,” dia menambahkan.

(cas/luc)