Gus Ipul: Menang Pilpres Jangan Jumawa, Kalah Lapang Dada

Sebelumnya, Lembaga survei Indo Barometer menggelar quick count pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 17 April 2019. Quick count dilaksanakan di 1.200 TPS sebagai sampel, dari 810.329 TPS yangtersebar di 34 Provinsi.

Dari data 99,67 persen yang sudah masuk, hasilnya pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat 54,32 persen. Sementara pasangan nomor urut 02 mendapat 45,68 persen.

Margin of error dalam hitung cepat itu sebesar kurang lebih 1 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 99 persen. Metode penarikan sampel TPS yaitu stratified and sistematic random sampling.

Sementara, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 sebanyak 192.866.254. Adapun pemilih yang datang (partisipasi pemilih) ke TPS sebesar 80,73 persen. Dan yang tidak datang (golput) sebesar 19,27 persen. Dari total suara yang datang, sebesar 97,23 persen adalah suara yang sah. Adapun suara yang tidak sah berjumlah 2,77 persen.

Kalah Hitung Cepat, Saham Perusahaan Sandiaga Anjlok

Jakarta – Pemilihan umum telah dilakukan. Meski hasil perhitungan manual KPU belum keluar, namun sudah banyak bertebaran hasil quick count yang dikeluarkan berbagai lembaga survei.

Hampir seluruh hasil quick count lembaga survei menunjukkan kemenangan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hasil quick count itu sepertinya cukup mempengaruhi beberapa saham secara spesifik. Terlebih bagi saham-saham yang berkaitan bagi orang-orang penting di kedua belah kubu.

Seperti saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) yang hari ini anjlok cukup dalam. SRTG sempat turun ke level Rp 3.400 atau anjlok 11% dari penutupan sebelumnya Rp 3.840.

Setelah itu saham SRTG kembali menguat, meskipun masih berada di zona merah. Hingga berita ini diturunkan saham SRTG telah anjlok hampir 6% ke posisi Rp 3.610 dan bergerak ke 5,47% dengan posisi Rp 3.630.

Seperti diketahui Sandiaga Uno calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto merupakan salah satu pemilik dan pendiri dari perusahaan investasi ini. Sandi sudah beberapa kali menjual kepemilikan sahamnya di SRTG dan diakuinya untuk dana kampanye.

Terakhir kali Sandi jual saham SRTG totalnya 19 juta lembar di bulan April 2019. Seluruh penjualan saham SRTG itu dilakukan di harga Rp 3.775 per lembar saham. Jika dihitung maka total dana yang didapat Sandi sebanyak Rp 71,7 miliar.

Jumlah saham SRTG yang dimiliki Sandi pun kembali berkurang. Sebelum transaksi-transaksi itu dia memiliki 605.365.429 lembar saham atau 22,3138%, kemudian berkurang menjadi 586.365.429 lembar saham atau setara 21,6134%.

Sandi sebelumnya juga sudah berkali-kali menjual saham Saratoga. Nilai saham yang dilepas dari Oktober 2018 hingga Maret 2019 mencapai Rp 561,7 miliar atau setengah triliun lebih.

(das/fdl)

Hasil Liga Champions: Kalah 2-3 dari City, Tottenham Tetap ke Semifinal

Manchester – Tottenham Hotspur ke semifinal Liga Champions! Meski kalah 3-4 dari Manchester City di leg II perempatfinal, The Lilywhites unggul gol tandang dalam agregat 4-4

Di Etihad Stadium, Manchester, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, lima gol tercipta di babak pertama. City unggul 3-2 atas Tottenham. Gol The Citizen dicetak Raheem Sterling di menit ke-4 dan 21, serta Bernardo Silva. Adapun Tottenham mendapat dua gol dari aksi Son Heung-min di menit ke-7 dan 10.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama menambah satu gol. Sergio Aguero sempat membawa City unggul 4-2, sebelum Fernando Llorente memperkecil skor menjadi 4-3. Skor bertahan hingga jeda.

Di menit akhir, Sterling sempat membobol gawang Tottenham. Tapi VAR menganulirnya karena sebelumnya Aguero, yang memberi umpan, sudah dalam berada dalam posisi offside. Skor 3-4 tetap bertahan saat peluit tanda akhir laga berbunyi.

Hasil itu sudah cukup mengantarkan Tottenham lolos ke semifinal dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 4-4, setelah menang 1-0 di kandang pada leg pertama. Selanjutnya, Tottenham akan menghadapi Ajax Amsterdam di semifinal.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Benjamin Mendy (Leroy Sane 84′), Aymeric Laporte, Vincent Kompany, Kyle Walker, Ilkay Guendogan, David Silva (Fernandinho 63′), Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Bernardo Silva, Sergio Aguero

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris, Danny Rose, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Kieran Trippier, Victor Wanyama, Dele Alli, Moussa Sissoko (Fernando Llorente 41′), Christian Eriksen, Lucas Moura (Ben Davies 82′), Son Heung-min (yna/nds)


Kalah Lagi, PSG Belum Bisa Kunci Gelar Juara

NantesParis Saint-Germain kembali batal mengunci gelar juara Ligue 1. Untuk kali kedua secara beruntun, PSG menelan kekalahan di liga usai tumbang di markas Nantes.

Bertanding di La Beaujoire, Nantes, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, PSG kalah dengan skor 2-3 dari tuan rumah.

PSG sempat unggul lebih dulu lewat gol Dani Alves pada menit ke-19. Namun Nantes berbalik unggul lewat gol Diego Carlos dan Abdul Waris pada menit ke-22 dan 44.

Di babak kedua, PSG semakin tertinggal usai Diego Carlos mencetak gol keduanya untuk Nantes di menit ke-52. PSG baru bisa memperkecil ketertinggalan semenit jelang laga usai lewat gol Metehan Guclu.

Dengan kekalahan ini, PSG sudah membuang tiga kali kesempatan untuk mengunci gelar juara Ligue 1. Sebelum dikalahkan Nantes, PSG diimbangi Strasbourg dan dihajar Lille 1-5.

Meski demikian, PSG masih kokoh di puncak klasemen dengan 81 poin dari 32 pertandingan. Les Parisiens unggul 17 poin atas Lille yang ada di peringkat kedua.

PSG berikutnya akan menghadapi AS Monaco di Parc des Princes, Senin (22/4/2019) dini hari WIB. Mampukah PSG mengunci gelar juaranya?

(nds/cas)


Penyesalan Kapten MU Setelah Kalah dari Barcelona

Jakarta Ashley Young menyesali performa rekan-rekannya di Manchester United (MU) yang gagal memaksimalkan peluang pada awal-awal pertandingan. Menurutnya, jalan pertandingan bisa berubah jika Setan Merah mencetak gol pertama pada laga tersebut.

MU dipastikan tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 0-3 dari Barcelona di Camp Nou. Hasil itu membuat The Red Devils kalah 0-4 dalam agregat total.

Ashley Young mengakui kalau timnya bisa saja mengubah keadaan jika mampu mencetak gol pertama pada laga tersebut. Peluang yang dimaksud adalah peluang yang dimiliki Marcus Rashford pada awal-awal pertandingan.

“Kami memulai laga dengan cara yang luar biasa. Kami bisa menghasilkan dua atau tiga peluang yanag bagus, namun tidak berhasil memaksimalkannya,” ujar Young.

“Itu menjadi hal yang sangat sulit bagi MU. Jika saja kami bisa mencetak gol pertama pada laga tersebut. Kami pasti masih memiliki peluang untuk mendapatkan hasil pertandingan yang berbeda.”

“Namun, kualitas berbicara. Barcelona bisa menunjukkan kualitas mereka dan memenangi pertandingan,” ungkap Young.

Manchester United harus berjuang di Premier League untuk menjamin tempat mereka pada Liga Champions mendatang. Saat ini, The Red Devils masih bersaing untuk finis di peringkat empat besar.

Berita video highlights leg II perempat final Liga Champions 2018-2019 antara Barcelona melawan Manchester United yang berakhir dengan skor 3-0 di Camp Nou, Selasa (16/4/2019).

Prabowo Kalah (Lagi)

Hanya berselang sekitar tiga jam dari pidato pertama, Prabowo kembali naik panggung. Dia kembali menyatakan kemenangan dan memberikan angka perolehan suara yang lebih ‘meyakinkan’ lagi. “”Saya mau kasih update bahwa berdasarkan real count kita, kita sudah berada di posisi 62 persen. Ini adalah hasil real count dalam posisi lebih dari 300 ribu TPS. Saya sudah diyakinkan angka ini tidak akan berubah banyak. Bisa naik 1 persen atau turun 1 persen,” kata Prabowo. Tak lama kemudian, dia bersujud syukur ditemani beberapa pendukungnya. Meski hasil perhitungan resmi versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih lama, malam ini kemenangan seolah sudah ada di Kartanegara.

Yang jadi soal, angka yang disampaikan Prabowo ini bukan hanya jauh beda dengan hasil hitung cepat sebagian besar lembaga survei, tapi bisa dibilang berlawanan. Berdasar hitung cepat lembaga survei seperti Charta Politika, Indo Barometer, LSI Denny JA dan CSIS-Cyrus Network, Prabowo-Sandiaga kalah lumayan jauh dari Jokowi-Ma’ruf Amin. Makanya muncul tudingan dari kubu Prabowo soal penggiringan opini kemenangan Jokowi oleh lembaga survei.

Tudingan Prabowo ini dijawab Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Hasbi. Hasil hitung cepat yang dilakukan Cyrus Network yang bekerjasama dengan CSIS menyimpulkan, Jokowi-Amin menang dengan angka 55,55 persen suara sementara Prabowo-Sandiaga Uno hanya meraih 44,45 persen dukungan. Hasan menegaskan pihak yang membuat poling (pollster) bekerja secara profesional. Cyrus bersedia diaudit atas rilis survei yang dibuat.

Dia tak terima bila lembaga surveinya dituduh menggiring isu dan menipu. “Lembaga survei bisa berpihak tapi ketika memaparkan hasil, maka dia profesional. Lembaga yang bergabung di Persepi bersedia diaudit. Yang buat saya khawatir adalah pertama ada tuduhan dari orang bahwa pollster sedang menipu. Kemudian ada pollster yang menangkan dia. Buat saya ini nggak fair. Kalau mau, diadu aja. Lembaganya bener apa nggak,” kata Hasan.

Dia juga memastikan lembaga survei yang ada di bawah Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) tidak pernah mengeluarkan hitung cepat dengan data bohong. Hasan mengatakan pihaknya sempat diaudit soal survei yang digelar di 2.002 TPS se-Indonesia. Hasan malah balik menyindir balik klaim Prabowo yang mengaku menang berdasarkan exit poll internal yang dilakukan di 5.000 TPS.

Dia menantang lembaga survei Prabowo untuk sportif membuka data-data survei tersebut. Menurut Hasan, Cyrus melakukan pengumuman kemenangan Jokowi-Ma’ruf setelah data yang masuk mencapai 87 persen. Pengumuman disampaikan karena dianggap tak akan ada lagi perubahan perolehan suara yang signifikan.

Prabowo-Sandi Kalah Telak di TPS Ketua DPW Gerindra Sulut

Liputan6.com, Manado – Pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno kalah telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Kelurahan Winangun 2, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Diketahui, TPS itu berada di kompleks kediaman Ketua DPW Partai Gerindra Sulawesi Utara, Wenny Lumentut. Bahkan sejak pagi hari, Wenny sudah mencoblos di situ.

“Pak Wenny mencoblos di sini tadi pagi, sebelum dia keliling memantau di TPS lain,” ujar Glenn, warga setempat.

Berdasarkan perhitungan resmi KPPS TPS 02, perolehan suara pasangan Joko Widodo – Maaruf Amin sebanyak 211. Sedangkan Prabowo – Sandi hanya mendapat 27 suara. Dari total suara sebanyak 238 dengan tidak ada surat suara yang rusak.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Ma’ruf Amin mengaku akan lapang dada dan menerima hasil pemilu. Pernyataan itu disebutnya saat menunggu hasil quick count bersama keluarga.

Sultan HB X: Kalah Menang Itu Biasa

Liputan6.com, Yogyakarta – Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Kelurahan Panembahan Keraton Yogyakarta. Bersama istri GKR Hemas, keempat anak serta menantunya dan cucu mencoblos tak jauh dari keraton.

Berjalan kaki Sultan HB X datang ke TPS menggunakan batik merah sekitar pukul 07.24 WIB masuk di Ndalem Cokronegaran lokasi TPS. Masuk dalam daftar urut 91 dari 285 daftar pemilih tetap di TPS ini.

Usai mencoblos Sultan HB X berpesan untuk menghargai keputusan Pemilu 2019.

“Saya kira terserah masyarakat pilihan publik. Kalah menang itu biasa saja. Pilihan itu kan publik yang milih. Ya ikhlas saja,” kata Sultan HB X, Rabu (17/4/2019).

Jika ada gugatan setelah Pemilu menurutnya diatur dalam UU. Namun paling penting adalah kejujuran dalam Pilu 2019.

“Gugatan sah-sah aja. Saya kira jujur saja artinya kalau selisih suara besar ya susah kenapa saya dikatakan kalah. Ya jujur saja,” katanya.

Terkait ada anggapan adanya pengerahan massa jika salah satu paslon kalah dinilai tidak akan terjadi.

People power gak lah. Harapan saya Indonesia lebih baik,” katanya.

Sultan mengaku ia lebih mudah membaca surat suara melalui wajahnya. Sebab menurutnya secara psikologi orang lebih mudah mengenal wajah daripada nama.

“Kalo pemilih tidak dari rumah tidak ada pikiran mencari dia pahami agak lebih lama saya cenderung gambar orang daripada nama,” katanya.

Sultan mengaku membutuhkan waktu lebih lama ketika mencoblos di Pemilu 2019 ini. Kurang lebih hampir 8 menit sampai selesai mencoblos.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Simak juga video pilihan berikut ini:

Debat kelima Pilpres 2019 akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta pada Sabtu 13 April 2019.

Urusan Tendangan Bebas, Griezmann Hanya Kalah Lawan Messi

Liputan6.com, Madrid – Antoine Griezmann kembali jadi aktor kemenangan Atletico Madrid atas Celta Vigo, Sabtu (13/4/2019). Satu golnya dan satu assistnya membantu Atletico menang 2-0 atas tamunya,

Griezmann membuka keunggulan Atletico lewat eksekusi tendangan bebas di menit 42. Griezmann kemudian merancang assist untuk gol kedua Atletico yang diciptakan Morata pada menit 74.

Griezmann sudah mengukir 14 gol dan 9 assist dalam 32 penampilan untuk Atletico di La Liga musim ini. Dari 14 gol itu, tiga gol dicetak Griezmann lewat direct free kick.

Hanya satu pemain yang torehan gol tendangan bebasnya di La Liga musim ini lebih banyak daripada Griezmann. Satu pemain itu adalah Lionel Messi dari Barcelona.

Griezmann telah mencetak tiga gol tendangan bebas dari 11 percobaan di La Liga musim ini. Hanya Lionel Messi yang sudah mencetak lebih banyak gol tendangan bebas daripada dia.

Messi sudah mencetak enam gol tendangan bebas di La Liga 2018/19. Namun Messi mengukirnya lewat 38 percobaan.

Bukan Napas Api bak Naga, Hewan Ini Punya ‘Senjata’ yang Tak Kalah Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta – Naga adalah makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Ia biasanya dimunculkan dalam berbagai perayaan kebudayaan.

Umumnya, seekor naga digambarkan sebagai wujud dari ular besar, namun ada pula yang mendeskripsikannya sebagai kadal bersayap yang memilik beberapa kepala dan dapat mengembuskan napas api.

Tetapi meskipun literatur sejarah dan modern terkait naga amat banyak, tidak ditemukan bukti fisik yang menyimpulkan bahwa makhluk legendaris ini ada.

Selain itu, tidak ada makhluk hidup di Bumi yang bisa menyemburkan api dari mulutnya, seperti naga. Meski demikian, tahukah Anda bahwa ada beberapa hewan yang mampu memuntahkan asap, racun, dan kotoran berbahaya dari tubuh mereka?

Bahkan ada karnivor yang dapat menyebarkan api, sehingga mereka bisa mendapatkan mangsa incarannya dengan gampang.

“Tidak ada binatang yang tahan atau kebal api,” kata Rachel Keeffe, seorang mahasiswa doktoral yang mempelajari reptil dan amfibi di University of Florida, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Ada satwa yang dapat menahan suhu super tinggi seperti ventilasi hidrotermal –retakan di permukaan planet yang secara geotermal memanaskan perairan. Cacing tertentu contohnya, bisa hidup di lingkungan super panas, tetapi bukan api,” imbuhnya, sebagaimana dilansir dari Live Science, Minggu (14/4/2019).

Ambil perumpaan, ular kobra penyembur –spesies kobra yang dapat menyemburkan racun dari taring mereka ketika mempertahankan diri.

Kalajengking afrotropical dalam genus Parabuthus, juga dapat menyemprotkan bisa yang sangat mematikan.

Selain itu, ada pula tokek Strophurus yang mampu ‘menembakkan’ goo (zat lengket atau berlendir) dengan bau tidak sedap dari ekornya untuk menakuti predator.

“Itu tidak beracun atau apa pun, hanya kotoran saja,” imbuh Keeffe, yang ikut menulis dan mengilustrasikan buku The Anthropology of Dragons: A Global Perspective.

Hewan liar lain yang punya pertahanan dari bokong mereka antara lain sigung (Mephitidae) dan kumbang pengebom (Pheropsophus jessoensis), yang mengeluarkan kentut berupa bahan kimia beracun ketika terancam.