Terlalu Sering Pakai Fitur Ini Bisa Bikin Kaca Mobil Retak

Liputan6.com, Jakarta – Kebanyakan mobil baru yang beredar saat ini, sudah dilengkapi fitur defogger. Komponen ini sendiri, memiliki kegunaan yang cukup penting, terlebih saat hujan, dengan memberikan energi panas terhadap kabut yang menempel pada kaca belakang.

Biasanya, ada dua tipe defogger yang terpasang pada mobil. Satu yang terhubung dengan AC (air conditioner) dan tipe lain yang terpasang langsung di kaca.

Cara kerja keduanya mirip, dengan memanfaatkan pemanas untuk mencegah atau menghilangkan pengembunan pada kaca.

Namun, meskipun fitur ini cukup penting digunakan saat hujan, tapi jangan terlalu sering menggunakan defogger.

Melansir laman resmi Daihatsu Indonersia, defogger tidak disarankan digunakan secara terus menerus.

Ternyata, untuk mobil yang belum dilengkapi arus pemutus otomatis, pengendara harus menekan lagi tombol untuk mematikan fungsi defogger.

Lebih parahnya, penggunaan defogger secara terus menerus bisa membuat kaca mobil retak, hal itu dipicu karena kaca memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat tersebut.

Priyanka Chopra Pakai Sepatu Kaca Cinderella Bertabur Kristal

Liputan6.com, Jakarta – Penampilan Priyanka Chopra sering menarik perhatian dan mengundang perhatian. Meski sudah menikah dengan Nick Jonas, banyak yang memuji aktris Bollywood tersebut karena kerap tampil memukau di berbagai kesempatan.

Begitu juga saat menghadiri sebuah acara di New York, Amerika Serikat, baru-baru ini. Priyanka berhasil mencuri perhatian lewat sepatunya. Ia berjalan di New York dengan mengenakan sepatu ‘kaca’ yang cantik.

Sepatu tersebut bening dan transparan serta disebut-sebut seperti sepatu Cinderella. Dilansir dari Pop Sugar, 11 April 2019, sepasang sepatu ‘kaca’ PVC label Sergio Rossi memang terlihat mewah.

Wajar saja karena sepatu tersebut menampilkan kristal besar di sepanjang sisi dan tumit. Bagaikan princess modern, pemain film Baywatch itu memadukan sepatu ‘kaca’ tersebut dengan setelan blazer dan rok pensil mini abu-abu koleksi Ralph & Russo.

Penampilan bak pekerja kantoraan itu dikenakannya saat menghadiri acara ‘Women in the World Summit’ yang berlangsung pada 10-12 April 2019. 

Acara yang dihadiri Priyanka membahas tentang pengaruh perempuan sebagai pemimpin dunia dihadiri oleh sejumlah tokoh terkenal seperti Hillary Clinton dan Oprah Winfrey.

Kaca Jendela KRL Pecah Dilempar OTK

Jakarta – Kaca jendela kereta rel listrik (KRL) pecah dilempar orang tak dikenal (OTK). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengecam tindakan tersebut.

“PT KCI mengecam berbagai bentuk vandalisme terhadap KRL, termasuk tindakan pelemparan terhadap KRL yang terjadi pada Sabtu (16/3) di antara Stasiun Klender Baru-Stasiun Buaran. Akibat kejadian ini salah satu kaca jendela KRL KA 1439 pecah,” kata VP Corcom KCI Ernie Sylviane Purba lewat keterangannya, Sabtu (16/3/2019).

Dia mengatakan tak ada korban akibat peristiwa ini. Namun, KRL yang dilempar batu mesti menjalani penggantian kaca di Dipo KRL Bukit Duri.


PT KCI meminta masyarakat untuk tidak melakukan vandalisme dalam bentuk apapun terhadap KRL. Sebab perbuatan tersebut berdampak pada pelayanan terhadap penumpang KRL.

“Selain itu melakukan vandalisme dan beraktivitas sembarangan di sekitar rel juga dapat membahayakan diri sendiri,” tutur Ernie.

PT KCI rutin melakukan pencegahan melalui patroli maupun sosialisasi ke berbagai lokasi yang rawan pelemparan KRL. Dalam setiap sosialisasi ini petugas menyampaikan berbagai bahaya dan kerugian yang ditimbulkan akibat tindakan vandalisme terhadap KRL.
(jbr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Momen Ani Yudhoyono Lepas Rindu ke Cucu Lewat Kaca Pintu

Minggu 03 Maret 2019, 11:36 WIB

Foto News

Instagram Aliya Rajasa – detikNews

Jakarta detikNews – Selama sakit, Ani Yudhoyono tak bisa dijenguk secara langsung. Cucu-cucunya juga hanya bisa melepas rindu lewat kaca pintu rumah sakit. Begini momennya

Ani Yudhoyono kemarin dijenguk oleh tiga cucunya yaitu Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, Gayatri Idalia Yudhoyono. Ketiganya adalah anak Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan Aliya Rajasa.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Sinopsis Sinetron SCTV Cinta Suci Episode Jumat 1 Maret 2019: Sandra Panik, Monica Mau Bunuh Diri

Liputan6.com, Jakarta Sinetron Cinta Suci episode Jumat malam ini. Suci keluar dari kamar itu sebentar tapi tiba-tiba Cleo menyenggol Suci. Jelas, Suci kaget dan marah. Cleo bilang nggak sengaja. Suci nggak percaya dia yakin Cleo sengaja karena mau balas dendam sama Suci.

Sementara itu Cinta Suci juga bercerita tentang Sandra mendengar suara cermin pecah itu dari kamar Monica dia kaget banget. Jangan-jangan Monica mau bunuh diri. Sandra buru-buru cari anak kunci kamar itu tapi hilang nggak tahu kemana. Sandra panik.

Sandra langsung mencegah dan berusaha ambil pecahan kaca itu dari tangan Monica. Lalu, Monica teriak dan minta mamanya biarkan dia bunuh diri, karena dia sama sekali sudah nggak punya alasan lagi buat hidup.

Sementara itu di rumah Aditya. Bu Saras sedang menyiapkan sarapan sama Lestari. Aditya muncul dengan wajah yang murung, Lestari mencoba mencarikan suasana.

Drama Cinta Suci selanjutnya…..

2 dari 2 halaman

Cleo Menghasut Sisca

Aditya mencoba mengetuk kamar Bunga dan mengajaknya sarapan. Tak lama Bunga keluar dengan pakian rapi. Aditya tanya Bunga mau ke mana. Bunga bilang Aditya nggak usah sok perhatian ke dia.

Cleo masuk ke kamar Sisca dan membawakan Sisca banyak pakaian branded yang bagus. Sisca kaget dan tanya apa maksud Cleo. Lalu, Cleo bilang dia cuma mau kasih Sisca semacam hadiah.

Cleo keluar dari kamar SIsca dengan lega, dia yakin sebentar lagi Sisca akan masuk dalam perangkapnya. Tiba-tiba Suci muncul dan menghadang Cleo. Suci rupanya melihat semua usaha Cleo untuk menghasut Sisca.

Akting di Cinta Buta SCTV, Ratu Rizky Nabila Jadi Selingkuhan Anjasmara

Liputan6.com, Jakarta – Penyanyi Ratu Rizky Nabila menjejak panggung hiburan ke ranah akting. Di depan kamera, meski tak sedang mengolah vokal, ia tetap mampu memberikan hiburan melalui aktingnya di layar kaca.

Ratu Rizky Nabila terlibat dalam sinetron Cinta Buta yang tayang di SCTV. Dalam sineton itu, ia berperan sebagai selingkuhan Anjasmara.

Tentunya, berhadapan langsung dengan aktor yang sudah malang melintang di layar sinetron dianggap sebagai tantangan khusus. Ratu Rizky Nabila menyadari, akting yang diperlihatkannya tak boleh biasa-biasa saja.

“Siapa yang enggak tahu akting Mas Anjas (Anjasmara-red). Buat aku kebanggaan banget bisa adu akting dengan beliau,” kata Ratu Rizky Nabila saat dihubungi di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

2 dari 3 halaman

Pendalaman Karakter

Karena tahu lawan mainnya di sinetron yang dibintangi Nikita Willy dan Rezky Aditya tak sembarangan, Ratu Rizky Nabila melakukan sejumlah persiapan sebelum proses syuting dimulai.

Salah satunya dengan mendalami karakter yang dimainkan. “Script itu enggak cuma aku hafal. Tapi aku masukin banget karakter cewek yang diselingkuhi dan terbiasa selingkuh seperti apa,” dia menjabarkan.

3 dari 3 halaman

Totalitas

Bagi Ratu Rizky Nabila, dipercaya untuk membintangi sinetron garapan SinemArt merupakan prestasi besar dalam kariernya di panggung hiburan.

“Jadi harus 100 persen totalitas. Aku orangnya berusaha menjawab profesionalitas kerja dengan kualitas. Enggak cuma ramai diomongin di media sosial, tapi sebagai entertainer kita harus tanggung jawab dengan pekerjaan dan karya yang sedang kita buat,” dia menukas.

Cerita Mistis Keris Berjalan dari Tanah Jawa hingga ke Serambi Makkah

Liputan6.com, Aceh – Keris tua itu tak pernah sekalipun dimandikan lazimnya ritual yang sering dilakukan kepada benda-benda pusaka sejenisnya. Ia hanya diikat kawat dan ditutupi kaca seukuran panjang dan lebar keris tersebut di dalam sebuah tiang beton.

Benda pusaka itu tak pernah disentuh. Dibiarkan begitu saja. Seolah mengambang di antara tiang-tiang beton lain yang ada di sekelilingnya. Jika hari sepi, aura magis bisa begitu kental dirasakan bagi yang datang ke tempat keris itu berada.

Banyak kabar burung beredar tentang keris tersebut, yang sebagian besar tidak bisa diterima akal sehat. Ada yang bilang keris itu datang sendiri mengikuti seorang ulama saat datang dari tanah Jawa ke Aceh.

Menurut kabar, yang menguasai keris itu disebut-sebut terpana dengan kealiman sang ulama, lalu mengikutinya hingga ke tanah kelahiran sang ulama tersebut.

Cerita lain mengatakan, keris itu masih memiliki silsilah pemilik yang masih bertautan darah dengan si ulama. Makanya, tak heran jika keris itu mengikuti keturunan pemiliknya terdahulu yang berhak menjadi ahli waris.

“Dia ikut Abu. Keris itu ikut saat Abu Peuleukueng pulang dari Jawa,” kata Masykur, saat berbincang dengan Liputan6.com, di sebuah warung kopi di Nagan Raya, beberapa waktu lalu.


2 dari 3 halaman

Sang Pemilik Keris

Jika berkunjung ke Masjid Jamik Abu Habib Muda Seunagan Peuleukueng di Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Anda akan melihat keris itu ditambat pada tiang utama masjid.

Tiang tempat keris itu berada dicat kuning sepia bergaris hijau dikelilingi tiang lainnya yang berwarna putih.

Abu Peuleukueng atau sang ulama yang konon diikuti oleh keris tadi yang menaruh benda pusaka itu di tiang masjid.

Selain cerita di atas, terdapat kisah lain ikhwal asal muasal keris itu. Tim Liputan6.com menjajakinya lewat sejumlah literasi dan wawancara dengan keturunan Abu Habib Muda.

Abu Peuleukueng atau Abu Habib Muda Seunagan adalah seorang ulama yang juga Republiken sejati. Ia punya jasa mempertahankan lndonesia yang saat itu baru saja dikumpulkan bak puzzle setelah lepas dari cengkeram kolonialis-fasis, dari unsur-unsur yang membahayakan kesatuan RI.

Salah satu yang ditentangnya adalah upaya DI/TII melalui masinisnya Daud Beureueh, yang ingin pisah dari RI lalu membentuk negara sendiri berasaskan Islam sebagai tumpuannya.

Saat itu, pertumpahan darah antara kelompok Abu Habib Muda dengan Daud Beureueuh yang notabene saudara sebangsa tak terelakkan.

Sukarno, Sang Presiden pun terkagum oleh nasionalisme yang ditunjukkan oleh Abu Habib Muda.

Sang ulama itu digadang-gadang berperan dalam mempertahankan perdamaian dan kedamaian Aceh. Lebih luas Indonesia pada masa awal berdirinya. Ia pun diundang ke istana sebagai tamu negara.

Setelah bertemu Sukarno, Abu Habib Muda Seunagan minta diantar ke Masjid Demak. Menurut dia, salah satu tiang masjid itu dibangun oleh pendahulunya bernama Said Athaf.

3 dari 3 halaman

Asal Keris

Sebagai catatan, Masjid Demak dibangun pada masa pemerintahan Raden Patah, Sultan I Demak, pada 1481 Masehi. Pembangunan dilakukan bersama para wali, sehingga masjid ini dikenal sebagai Masjid Wali. Masjid Demak menjadi saksi sejarah kebesaran agama Islam dan juga Kesultanan Demak.

Sementara, beberapa literasi menyebut Said Athaf memiliki nasab dengan Nabi Muhammad, melalui Raden Fatah hingga ke Ja’far As-siddiq selaku keturunan cucu Nabi Muhammad, yakni Husein.

Selanjutnya, setiba di Masjid Demak, Abu Habib Muda tidak langsung masuk ke dalam masjid. Namun, terlebih dahulu ia mengitari masjid dengan mengucapkan tasbih sebanyak tujuh kali.

Di dalam masjid, ia menyaksikan satu tiang yang tampak berbeda dengan tiang lainnya. Tiang inilah yang dibangun oleh Said Athaf dari serbuk kayu sisa pembuatan tiang masjid tiga temannya.

Konon, keris tersebut berada di Masjid Demak dan mengikuti Abu Habib Muda saat pulang. Namun, ada juga yang mengatakan kalau pengurus masjid memberikannya kepada Abu Habib Muda sebagai cendera mata.

Terlepas benar tidaknya rumor mengenai keris tersebut, sosok Abu Habib Muda Seunagan memang cukup fenomenal di Aceh. Ia dengan tarekat Syattariahnya cukup mengemuka di Aceh.

Pengikutnya pun tak tanggung-tanggung. Jumlah mereka ribuan. Tersebar di seluruh Aceh, dengan pusatnya Nagan Raya.

Ulama bernama asli Habib Muhammad Yeddin bin Habib Muhammad Yasin ini wafat 14 Juni 1972. Dia dimakamkan di kompleks masjid yang dibangunnya, di tempat keris tersebut berada.


Simak video pilihan berikut ini:

Membongkar Isi Tas Syahrini, Ada Permen Swiss, Kosmetik dan 10 Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta – Sudah dua hari Syahrini dan Reino Barack, menjalani biduk rumah tangga, setelah Rabu, 27 Februari 2019 pagi menjalani akad nikah di Masjid Camii Tokyo, Jepang. Keduanya sudah resmi menjadi pasangan suami istri.

Sejak prosesi pernikahan, tak satu media maupun video atau foto boleh mengabadikan momen penting pasangan tersebut. Padahal selama ini Syahrini dikenal rajin membagikan foto-foto-foto maupun video kegiatannya di media sosial.

Pemilik nama asli Fatimah Syahrini Jaelani ini juga dikenal dengan segala busana dan gaya cetarnya. Ia selalu tampil mewah dan elegan bak ratu kerajaan. Maka tak heran jika ia sering disebut atau menyebut dirinya princess.

Profesi penyanyi serta pebisnis sukses membuat Syahrini memiliki banyak barang mewah dengan harga miliaran. Ia pun tak sungkan memperlihatan isi tas mewahnya.

Dilansir dari akun YouTube Channel ‘The Princess Syahrini, 27 Februari 2019, perempuan asal Bogor ini membongkar dan menunjukkan barang-barang apa saja yang ada di dalam tasnya.

Di video tersebut terungkap kalau Syahrini selalu membawa pouch atau semacam kantung untuk menaruh semua barang-barangnya di dalam tas. Ini dilakukan karena ia sering menggonta-ganti tasnya sehingga tak perlu repot memindahkan isinya.

Ia pun mengeluarkan benda di dalamnya satu persatu. Ada permen untuk tenggorokan yang merupakan resep dari dokter dan hanya dijual di Swiss.

2 dari 2 halaman

Uang untuk Tip

“Ini permen para penyanyi dunia, semacam lotion untuk tenggorokan yang dipakai kalau mau nyanyi,” terang kakak dari Aisyah Rani ini. Lalu ada power bank serta sejumlah kosmetik sepert blush on, eyeliner, lipstick, lipgloss dan parfum.

Ada parfum merek Princess Syahrini Perfume dan beberapa merek lainnya dalam bentuk botol yang lebih kecil. Ada juga obat tetes mata, bros, ikat rambut, permen, cokelat, tisu basah, kaca kecil, earphone dan uang logam dari berbagai negara.

Tak lupa, Syahrini memperlihatkan kartu kredit miliknya yang jumlahnya 10 buah. Terakhir dan tak kalah penting, uang kertas yang terdiri dari beberapa lembar uang Rp 100 ribu.

“Ini penting buat kasih tip ke supir kalau dia lembur, satpam atau siapa saja. Biasanya Rani yang masukin duitnya ke tas aku,” tandas Syahrini. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga Oppo F1s Selfie Expert, Kamera Depan 16 MP Buat Pecinta Selfie

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan vendor smartphone Oppo? Smartphone yang berbasis di Dongguan, Guangdong, China ini pertama kali didirikan pada tahun 2004. Saat ini pun, di Indonesia Oppo menjadi salah satu ponsel yang diminati.

Pemasaran Oppo di Indonesia pun tak tanggung-tanggung. Berbagai baliho dan juga iklan yang kerap muncul, tentu saja akan mudah diingat oleh siapa pun yang melihatnya.

Selain itu, pihak Oppo pun selalu menggandeng para selebritis terkenal untuk menjadi brand ambassador mereka. Untuk Indonesia saja, Oppo menggandeng beberapa penyanyi papan atas seperti Raisa dan Isyana Sarasvati.

Bukan hanya di Indonesia saja, Oppo juga menggandeng boyband Korea Selatan 2PM dan juga mantan anggota EXO Luhan. Bahkan anggota klub FC Barcelona pun turut menjadi brand ambassador Oppo.

2 dari 6 halaman

Oppo Menawarkan Fitur Kamera Terbaik

Oppo sendiri termasuk salah satu vendor smartphone baru di Indonesia. Meskipun baru, akan tetapi Oppo pun sudah banyak mengeluarkan varian series.

Salah satu varian yang cukup terkenal ialah Oppo seri F. Tipe dari seri F yang banyak peminatnya ternyata Oppo F1s. Harga Oppo F1s Selfie Expert ini memang dipasarkan bagi kelas menengah. Akan tetapi, meskipun harga Oppo F1s Selfie Expert ditujukan untuk kalangan menengah, namun kualitas yang disajikan tidak main-main.

Oppo sendiri memang smartphone yang selalu mengandalkan kualitas kamera yang dimiliki olehnya. Selaras dengan tagline serta harga Oppo F1s Selfie Expert, tentu saja sudah dapat dipastikan kualitas kamera yang mumpuni bagi kamu yang suka berselfie.

Saat ini pun sepertinya mencari sebuah smartphone kualitas kamera depan menjadi salah satu pertimbangan bagi para penggunanya. Maka tak salah jika harga Oppo F1s Selfie Expert ini cukup tinggi.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut harga Oppo F1s Selfie Expert yang memiliki kualitas kamera depan 16 MP, Kamis (28/2/2019).

3 dari 6 halaman

Desain dan Tampilan

Ponsel pintar Oppo F1s ini telah menggunakan material aluminum pada bagian belakang serta kaca di bagian depan. Tentu saja hal ini membuat Oppo F1s memiliki tampilan yang cukup elegan. Bukan hanya memiliki tampilan yang elegan, akan tetapi ponsel ini pun akan sangat nyaman saat sedang dipegang.

Selain itu, bezel pada ponsel ini pun cukup tipis, dengan lebar layar sebesar 5,5 inchi dengan rasio 70% pada screen. Tentu saja layar yang dimiliki oleh Oppo F1s ini bisa dibilang cukup luas dan nyaman untuk menonton ataupun bermain game.

Dimensi yang dimiliki oleh Oppo F1s Selfie Expert ini pun sebesar 154.5 x 76 x 7.4 mm dengan berat sebesar 160 gram. Harga Oppo F1s Selfie Expert yang ditawarkan pun sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Hal itu karena layar pada smartphone ini telah menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen.

Oppo F1s ini pun telah dilengkapi dengan pelindung layar corning gorilla glass, sehingga kamu tak perlu khawatir bila mengalami goresan. Resolusi pada layar yang dimiliki oleh Oppo F1s ini ialah HD 720 x 1280 pixel dengan kepadatan mencapai 267 ppi.

4 dari 6 halaman

Dapur Pacu

Dengan harga Oppo F1s Selfie Expert yang ditawarkan, dapur pacu dari smartphone ini pun patut diperhitungkan. Pasalnya, Oppo F1s ini dibekali dengan chipset Mediatek MTk7650.

Selain itu untuk membantu sistem kerjanya, ponsel ini pun dilengkapi dengan CPU dengan Octa core 1.5 Ghz Cortex-A53. Untuk membantu tampilan grafis pada layar agar tampak lebih apik, ponsel ini pun memiliki GPU Mali-T860 MP2. Sistem operasi yang dimiliki oleh Oppo F1s ini pun telah menggunakan sistem android OS, v5.1 (Lollipop).

Untuk membantu kinerjanya, smartphone ini pun dilengkapi dengan ukuran RAM sebesar 3 GB. Kapasitas penyimpanan internal pada Oppo F1s pun cukup banyak, yaitu sebesar 32 GB. Namun jika menurutmu kapasitas pada memori internal masih dirasa kurang, kamu pun bisa menambahkan dengan memori eksternal hingga 128 GB.

5 dari 6 halaman

Kamera dan Fitur Tambahan

Harga Oppo F1s Selfie Expert ini pun sebanding dengan tagline serta keunggulannya. Ponsel ini memang memiliki keunggulan pada kamera depan, yaitu sebesar 16 MP.

Bukan hanya kualitas kameranya saja yang mumpuni, akan tetapi fitur yang ada pada kamera depan ini cukup mengesankan. Kamera depan Oppo F1s ini dilengkapi fitur beautify dengan sensor 1/3.1 inchi dan juga aperture F/2.0 Sehingga mampu untuk menangkap cahaya lebih meski kamu berada pada kondisi cahaya yang minim.

Pada kamera belakang pun kualitas yang dimiliki tak kalah dari kamera depan. Kamera utama Oppo F1s ini memiliki kualitas sebesar 13 MP dengan aperture F/2.2 dan detection autofocus serta LED Flash. Selain itu pada kamera belakang juga memiliki sensor 1/3.06 inchi yang mampu memaksimalkan sensivitas cahaya yang ada.

Fitur lain yang dimiliki oleh Oppo F1s ini ialah sensor fingerprint atau sidik jari. Sensor pada tombol dibuat dengan teknologi self-learning arithmetic dari Oppo. Jadi bila kamu sering menggunakan sensor sidik jari, maka tingkat sensitif dan akurasi pun akan meningkat. Smartphone ini pun dilengkapi dengan Accelerometer, proximity serta kompas.

6 dari 6 halaman

Baterai, Konektivitas dan Harga Oppo F1s Selfie Expert

Ponsel yang memiliki Dual SIM card ini memiliki jenis baterai non-removable Li-Po 3075 mAh. Dengan kata lain kamu tidak bisa untuk melepas pasang baterai ini. Smartphone ini pun telah didukung dengan jaringan 4GLTE.

Dengan segala spesifikasi yang cukup meyakinkan, harga Oppo F1s Selfie Expert ini bisa dibilang ramah di kantong. Karena harga Oppo F1s Selfie Expert ini dibandrol sekitar Rp 2,6 juta. Akan tetapi harga ini bisa berbeda ditiap daerahnya.

Kisah Pilu Ayah Gantikan Wisuda Almarhumah Anak: Dia 3 Kali Gagal Sidang

Jakarta – Kisah seorang ayah menggantikan almarhumah putrinya yang wisuda di UIN Ar-Raniry, Aceh viral dan membuat haru. Sang ayah, Bukhari, dengan tegar mengambil ijazah Rina Muharrami. Bukhari menuturkan momen itu.

Bukhari berkisah, pada saat wisuda digelar pada Rabu (27/2/2019) kemarin, dirinya pagi-pagi dihubungi seorang dosen. Dia diminta datang ke kampus lebih cepat karena tidak ada undangan layaknya orang tua lain.

Tiba di UIN Ar-Raniry, Bukhari bertemu sang dosen. Dia ditemani masuk ke tempat wisuda dan bergabung bersama tamu undangan lain.

“Waktu itu bapak dosen itu sudah bilang agar saya mengambil ijazah Rina. Menurut beliau sayang kan ijazah tidak diambil,” kata Bukhari dengan mata berkaca-kaca saat ditemui rumah duka di Desa Cut Rumpun, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Kamis (28/2).

Jelang prosesi wisuda digelar, Bukhari kembali diberi tahu tata caranya. Saat mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Tarbiyah dipanggil, Bukhari ikut maju.

Pria berusia 59 tahun itu ikut berbaris bersama wisudawan lainnya untuk naik ke panggung. Saat wisudawan lainnya bertoga, Bukhari memakai kemeja lengan panjang dan peci. Dia lalu menerima ijazah Rina lalu bersalaman dengan rektor dan dekan di atas panggung. Bukhari juga dipeluk lalu mendekap erat ijazah putrinya itu dan turun dari panggung.

“Saat bersalaman itu, pak Rektor bilang ‘sabar pak, sabar’. Itu yang membuat saya haru sampai keluar air mata,” jelas pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan tersebut.

Usai menerima ijazah, air mata Bukhari tak terbendung terlebih kala melihat semua orang menangis. Bukhari sempat minta langsung pulang, tapi dicegah.

Kisah Pilu Ayah Gantikan Wisuda Almarhumah Anak: Dia 3 Kali Gagal SidangFoto: Ayah gantikan almarhumah anak saat wisuda (Dok. UIN Ar-Raniry)

Menurut Bukhari, putrinya Rina mulai mengalami sakit beberapa hari menjelang sidang. Putri sulungnya dibawa ke rumah sakit oleh teman-teman kampusnya karena tiba-tiba demam.

Beberapa jam di rumah sakit Zainal Abidin Banda Aceh, dia dibolehkan pulang. Esok harinya, Rina kembali kuliah seperti biasa.

“Rina tiga kali gagal sidang karena sakit dan akhirnya dia sidang pada tanggal 24 Januari. Dua hari usai sidang, dia kembali sakit dirawat di Puskesmas Blang Bintang karena kembali demam,” ungkap Bukhari.

Empat malam dirawat di rumah Puskesmas, dokter membolehkannya pulang. Namun tiba di rumah, kondisi Rina agak berlainan. Malam itu, dia sudah tidak tidur.

Pihak keluarga membawa Rina ke Rumah Sakit Meuraxa, Banda Aceh. Usai diinfus, Rina koma selama tiga hari sampai akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Selasa 5 Februari pagi.

“Hasil diagnosa dokter dia menderita tipes. Tapi menurut dokter penyakitnya diperparah karena Rina beban sehingga menyerang otaknya,” beber Bukhari.

“Selama hidup, dia anak cerdas dan tidak pernah membebankan orang tua. Dia gak pernah mengeluh,” ungkap Bukhari didampingi istrinya Nur Bayani (48).
(agse/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>