Kaca Film Bisa Memengaruhi Performa AC Mobil, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu aksesori yang kini wajib dipasang oleh pemilik mobil, adalah kaca film. Pasalnya, dengan menggunakan pelindung panas tersebut, kabin mobil akan tetap sejuk dan nyaman ketika melintas di jalan raya dengan suhu yang tinggi.

Banyak mitos terkait penggunaan kaca film ini, dan salah satunya bisa memengaruhi performa AC di kendaraan kesayangan.

Menurut GM Sales and Marketing PT Global Auto International, Distributor Kaca Film ICE-U Konica Minolta, Andy Hartono, material kaca film memang memiliki kemampuan menolak panas. Namun, setiap kaca film pastinya memiliki material yang berbeda, dan kemampuan yang berbeda juga.

“Pengaruhnya buat AC itu cepat dingin, karana kaca film memiliki daya tahan panas yang berbeda,” jelas Andy saat ditemui di Booth Konica Minolta, IIMS 2019, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (29/4/2019).

Lanjutnya, jika mobil parkir di tempat panas yang sama, maka setiap mobil dengan kaca film yang berbeda-beda pasti kabin di mobil dinginnya bakal berbeda-beda. Dengan melihat hal tersebut, banyak pabrikan yang melakukan pengujian dengan menjemur mobilnya, dan menggunakan kaca film yang berbeda-beda sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan satu produk kaca film.

“Salah satu APM ada yang pernah melakukan itu, tendering kaca film, agar mendapatkan satu perbandingan komparasi setiap kaca film,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *