Juara Dunia Lagi, Hendra Setiawan Ikuti Jejak Liliyana Natsir

Basel- Hendra Setiawan menorehkan tinta emas di Basel, Swiss, Minggu (25/2019). Setelah merengkuh medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 bersama Mohammad Ahsan, Hendra bukan hanya mendapat kado ulang tahun yang indah, tapi juga berhasil mengikuti jejak Liliyana Natsir. 

Hendra Setiawanyang tepat berusia 35 tahun pada 25 Agustus 2019, sudah mengantongi empat gelar juara dunia. Perinciannya, tiga kali bersama Ahsan dan sekali saat berpasangan dengan Markis Kido. 

Torehan itu membuatnya menyamai catatan Liliyana sebagai pemain Indonesia yang paling sukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan empat medali emas.  

Pasangan Hendra/Kido menjadi juara dunia pada 2007 di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu, Hendra/Kido meraih medali emas setelah di final mengalahkan ganda Korea Selatan, Jung Jae-sung/Lee Yong-dae. 

Tiga gelar lainnya diraih Hendra bersama Ahsan, masing-masing pada 2013 di Guangzhou (China), 2015 di Jakarta, Indonesia, dan terakhir pada 2019 di Basel, Belgia. 

Pada final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, di Basel, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil mengalahkan ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Pasangan berjuluk The Daddies tersebut menang melalui pertarungan tiga gim 25-23, 9-21, 21-15. 

2 dari 3 halaman

Prestasi Liliyana Natsir

Sama seperti Hendra Setiawan, legenda bulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir, juga mengoleksi empat gelar Kejuaraan dunia Bulutangkis 2019. Pebulutangkis yang sudah gantung raket pada Januari 2019 tersebut juga meraihnya dengan dua pasangan berbeda. 

Dua titel direngkuhnya saat bersama Tontowi Ahmad, sedangkan dua gelar lainnya saat masih berpasangan dengan Nova Widianto. 

Pasangan Tontowi/Liliyana merengkuh titel juara dunia 2013 dan 2017. Pada 2013, Hendra juga naik podium utama bersama Ahsan. 

Adapun pasangan Nova/Liliyana berjaya pada Kejuaraan Dunia 2005 dan 2007. Uniknya, pada 2007 Hendra Setiawan juga jadi juara dunia saat berpasangan dengan Kido. 

Selain Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir, ada empat pemain lain yang juga memiliki empat gelar, yaitu Cai Yun (China), Fu Haifeng (China), Zhang Nan (China), dan  Gao Ling (China). 

3 dari 3 halaman

Pebulutangkis dengan Koleksi Juara Dunia Terbanyak

5 Gelar Juara Dunia

– Park Joo Bong (Korea Selatan) : 3 titel ganda campuran, 2 titel ganda putra 

– Lin Dan (China): 5 titel tunggal putra 

– Zhao Yunlei (China): 3 titel ganda campuran, 2 titel ganda putra 

4 Gelar Juara Dunia 

– Liliyana Natsir (Indonesia): 4 titel ganda campuran 

– Chai Yun (China): 4 titel ganda putra 

– Fu Haifeng (China): 4 titel ganda putra 

– Zhang Nan (China): 3 titel ganda campuran, 1 titel ganda putra 

– Gao Ling (China): 3 titel ganda putri, 1 titel ganda campuran 

– Hendra Setiawan (Indonesia): 4 titel ganda putra 

 Sumber Bola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *