Jonan Ingin PLN Bangun Jaringan Listrik Sumatera seperti di Jawa

Pembangunan infrastruktur kelistrikan di Sumatera tersebut, merupakan salah satu target di bidang kelistrikan yang harus dicapai. Target selanjutnya adalah meningkatkan rasio eletrifikasi nasional menjadi 99,9 persen pada akhir tahun 2019, lebih tinggi dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

“Capaian 99,9 persen ini merupakan target Kementerian ESDM, karena Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) itu 97,5 persen diakhir tahun 2019. Saat saya lapor ke Bapak Presiden, saya utarakan bahwa ini akan saya kebut dan saya minta dukungan Presiden, dan hari ini sudah lewat 97,5 persen.

Hari ini rasio elektrifikasi sudah mencapai 98,05 persen, akhir tahun 2018 harapannya mencapai 98,5 persen dan akhir tahun 2019 harapannya 99,9 persen,” imbuh Jonan.

Selain peningkatan rasio elektrifikasi 99,9 persen pada akhir 2019, target dibidang kelistrikan selanjutnya adalah melistriki wilayah terisolir dan belum terjangkau listrik PLN dengan Solar Home System (SHS), serta mempertahankan harga listrik agar tetap terjangkau oleh masyarakat dengan meminta PLN melakukan efisiensi.

“Kita akan coba menyelesaikan untuk wilayah-wilayah yang belum ada jaringan listriknya atau sulit akan dipasang home solar system. Tahun lalu hampir 80.000 home solar system yang sudah pasang, tahun ini kita pasang 175.000 dan tahun depan mungkin sekitar 150.000 supaya target rasio elektrifikasi nasional akan tercapai yakni 99.9 persen,” tandasnya.

Tonton Video Ini:

Ini Cara PLN Mendeteksi Pencurian Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *