Jokowi: Tol Bocimi akan Tersambung ke Bandung hingga Cilacap

Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) bisa menyambung sampai ke Cilacap, Jawa Tengah. Hal itu diungkapkannya usai meresmikan tol Bocimi seksi I ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer (km), Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018).

“Ini jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi kita harapkan akan bersambung Sukabumi ke Cianjur, akan sambung ke Bandung langsung ke timur ke Cilacap,” kata Jokowi.

Jokowi menuturkan, proses pembangunan jalan tol dengan total panjang 54 km ini menghabiskan banyak waktu, kurang lebih lelang investasinya sudah dilakukan sejak 21 tahun lalu.Jokowi menambahkan, seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km ini juga diharapkan bisa meningkatkan mobilitas, baik angkutan penumpang dan angkutan barang.

“Oleh sebab itu ucapkan kepada siang hari ini bisa meresmikan jalan tol Ciawi-Sukabumi seksi satu Ciawi-Cigombong,” jelas dia.

Sebagai informasi, jalan tol sepanjang 54 km ini telah memiliki sejarah panjang, dari mangkrak, hingga gonta-ganti investor. Penetapan pemenang lelang investasi jalan tol ini telah dilakukan sejak tahun 1997.

Namun, tanda tangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) oleh Konsorsium Bukaka Teknik Utama baru dilakukan pada tahun 2007, atau berselang 10 tahun sejak penetapan pemenang. Investor pun sempat berkali-kali bergantian untuk proyek ini hingga akhirnya pada tahun 2015, Waskita melalui anak usahanya Waskita Toll Road secara bertahap mengambil alih kepemilikan jalan tol-jalan tol yang dikuasai MNC Toll Road.

Pada Februari 2015, groundbreaking dilakukan untuk konstruksi seksi I jalan tol Bocimi dengan rute Ciawi-Cigombong. Groundbreaking kali ini menjadi yang terakhir karena sejak saat itu pekerjaan fisik jalan tol mulai benar-benar menunjukkan wujudnya. (hek/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *