Jokowi Tegaskan Harmonis dengan Anies, Tim Prabowo: Ujungnya Suara

Jakarta – Presiden Jokowi menegaskan bahwa memiliki hubungan baik dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, penegasan itu merupakan strategi menggaet pendukung Anies.

“Ini kan strategi ya. Bagaimana pun juga Pak Jokowi ingin menang pemilu. Kita tahu Pak Jokowi pro Ahok. Jokowi dan seluruh partai pendukung dan relawannya itu pendukung Ahok. Pak Prabowo dan partai koalisinya adalah pendukung Anies Baswedan,” kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade saat dimintai tanggapan detikcom, Rabu (9/1/2019).

Andre menyebut penegasan kedekatan Jokowi dengan Anies tak lain berkaitan dengan Pilpres 2019. Analisis dia, Jokowi berharap pendukung Anies bisa beralih ke Jokowi.

“Dengan berstrategi, ini analisis ya, bahwa beliau (Jokowi) mendekati Anies, jalan bersama Anies, menunjukkan bahwa Pak Jokowi punya hubungan baik dengan Anies, tidak punya masalah dengan Anies, harmonis lah kesannya yang dibangun, dekat lah. Dalam pilpres ini ujung-ujungnya kita tahu, ujung-ujungnya kan suara lah,” papar Andre.

“Harapannya pemilih Anies yang akan memilih Pak Prabowo kalau bisa pindah lah ke Pak Jokowi. Mungkin itu strateginya,” imbuhnya.

Jokowi dan Anies diketahui pernah bersama-sama dalam satu kubu. Anies merupakan juru bicara timses Jokowi-Jusuf Kalla untuk Pilpres 2014. Setelah pilpres usai, Anies berada dalam kabinet pemerintahan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada 2016, Anies di-reshuffle sebagai menteri oleh Jokowi. Dua bulan berselang, tepatnya pada September 2016, Anies maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan diusung Gerindra-PKS, dua parpol yang berseberangan dengan pemerintah ataupun Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019.

Karena itulah isu-isu liar bahwa hubungan Jokowi dengan Anies sudah tidak harmonis berembus. Namun, Jokowi menepisnya.

“Orang banyak yang mengira saya dan Pak Anies itu ada masalah. Padahal tiap hari ketemu guyonan (bercanda),” ujar Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Gedung Serbaguna Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Barat, Cengkareng, Rabu (9/1).

Saksikan juga video ‘Becek-becekan, Jokowi-Anies Tinjau Warung Nasi Uduk di Tambora’:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/fdu) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *