Jokowi Sebut MRT Fase Kedua dan Ketiga Akan Dikerjakan Paralel

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pembangunan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) fase kedua Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota Tua dikerjakan secara paralel dengan fase ketiga East-West. Rute MRT fase ketiga yaitu Kalideres-Ujung Menteng.

Hal tersebut dikatakan Jokowi usai meresmikan MRT fase pertama rute Bundaran HI-Lebak Bulus. Peresmian dilakukan di Kawasan Bunderan HI Jakarta Pusat.

“Segera ini akan kita lanjutkan fase ke utara. Fase yang kedua dan paralel nanti dengan east west-nya, barat timurnya akan kita juga kerjakan dengan beriringan,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin dalam 10 tahun kedepan proyek MRT telah tebangun hingga 231 kilometer. Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan anggaran Rp 571 triliun untuk pembangunan transportasi berbasis rel ini.

“Anggarannya hampir Rp 571 (triliun) termasuk penataan ruang, termasuk penataan permukiman, termasuk juga masalah yang berkaitan dengan irigasi, dengan drainase di dalam kota,” jelas Jokowi.

Jokowi berharap dengan dioperasikannya proyek MRT ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Sebab, transportasi di Jakarta dan sekitarnya telah terintegrasi.

“Harapan kita itu, ke bandara gak usah bawa mobil, menyebabkan macet bisa naik MRT turun di dukuh atas pindah ke kereta bandara, moda yang terintegrasi inilah yang teruuuus kita otak atik agar segera bisa tersambung terintegrasi betul,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *