Jokowi: Saya Tidak Tahu Kenapa Pengerjaan Tol Bocimi Makan Waktu 21 Tahun

Fokus, Bogor – Jalan Tol Ciawi-Sukabumi atau dikenal dengan nama Tol Bocimi akhirnya mulai bisa digunakan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sabtu siang, meresmikan Jalan Tol Bocimi seksi satu, yaitu mulai dari Ciawi hingga Cigombong di gerbang tol Cigombong 1, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (2/12/2018, didampingi sejumlah menteri pejabat daerah, Jokowi meresmikan Jalan Tol Bocimi seksi 1 ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer.

Jokowi menyambut baik pengoperasian ruas tol ini karena bisa mengurai kemacetan mulai dari Bogor, Ciawi hingga Cigombong. Sedang untuk ruas Ciawi hingga Cigombong yang biasanya memakan waktu tempuh 1 hingga 2 jam, kini bisa ditempuh hanya dalam waktu 20 menit.

Presiden sempat menyinggung lamanya proses pengerjaan tol ini hingga mencapai 21 tahun sejak 1997 lalu.

“Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini,” ujar Jokowi.

Total keseluruhan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi nantinya mencapai 54 kilometer yang pembangunannya ditargetkan rampung pada 2021.

Tol ini akan memangkas waktu tempuh Bogor-Sukabumi sejauh 67 kilometer melalui jalan arteri dari semula 4 hingga 5 jam menjadi hanya sekitar 40 menit.

Ke depannya, ruas Tol Bocimi diharapkan bisa terus menyambung hingga Cianjur, Bandung, dan Cilacap. (Muhammad Gustirha Yunas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *