Jokowi Minta Kemendes Berinovasi Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi

Liputan6.com, Tangerang – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT) agar dana desa yang disalurkan, dapat menciptakan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Menurut Jokowi, pemberdayaan ekonomi dapat melalui kerja sama dengan perusahaan. Misalnya dengan menerima atau membeli hasil berbagai produk dari masyarakat desa.

“Ini mulai ditingkatkan, ada inovasi pemberdayaan ekonomi, kalau bisa pemberdayaan ekonomi kerja sama dengan pabrik,” kata Jokowi saat acada Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa‎ di Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (‎4/11/2018).

Jokowi mengatakan dengan kerja sama perusahaan, produk yang dihasilkan masyarakat desa dapat sesusai dengan permintaan pasar.

“Mau namen jagung silakan, tapi ada yang beli enggak? Kalau sudah kerja sama, hasilnya dapat terserap, sudah ada pasarnya,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan adanya dana desa dapat mempermudah pemerintah mengentaskan kemiskinan.

“Bank Dunia bilang beberapa negara kepingin niru kita‎, cara penggunanaanya seperti apa? Transfernya seperti apa?, mereka ingin belajar ke kita,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *