Jokowi Bangga Industri Sepeda Motor Indonesia Tumbuh

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga atas perkembangan industri sepeda motor di Indonesia. Hal itu diungkapkannya setelah puas berkeliling di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

“Pertama, saya ke sini karena ingin melihat progres kemajuan dibidang produksi sepeda motor. Sekarang produksi nasional kita sudah 6.500.000 unit sepeda motor, dan hampir 600.000-nya itu ekspor. Ini bagus,” kata Jokowi di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

“Tadi saat berkunjung saya selalu tanya, mana nih yang ekspor. Mereka tunjukkan, yang ini, yang ini, ini. Negara yang dimasuki oleh sepeda motor rakitan kita juga sudah hampir 45 negara. Nah torehan ini merupakan suatu yang sangat baik karena Indonesia mampu ekspor sebanyak itu,” tambahnya.

Untuk yang kedua, Jokowi juga terus menanyakan akan lokal konten pada beberapa motor yang ditujunya.

“Lokal konten sepeda motor kita hampir 95 persen, di atas 90 persen. Ini sangat bagus sekali. Sehingga kita tinggal memikirkan bagaimana caranya bisa masuk ke pasar-pasar baru yang sesuai,” ujar Jokowi.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman, dikesempatan yang sama juga mengungkapkan bahwa Jokowi sempat kaget bahwa industri sepeda motor di Indonesia makin besar.

“Pak Jokowi tadi agak surprise, ternyata industri sepeda motor ini demikian banyak pesertanya. Ini terbesar juga di Indonesia (IMOS). Beliau juga tadi berbicara tentang lokal konten dan ekspor sepeda motor,” paparnya. (ruk/lth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *