JK: Negara Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Sendiri Tanpa Ekspor-Impor

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang berjanji tak melakukan impor jika jadi presiden. Menurut JK, dunia membutuhkan perdagangan impor dan ekspor.

“Dunia ini butuh perdagangan, impor-ekspor, jadi kita suatu negara tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri (tanpa impor-ekspor), karena itu harus mengimpor,” kata JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Namun untuk membayar impor yang masuk dari negara lain, pemerintah harus mendorong ekspor. Untuk itu negara tentu harus melakukan impor dan ekspor.

“Negara apa pun, tidak ada negara yang hanya mengekspor melulu,” ujarnya.

JK menilai maksud dari pernyataan Prabowo tak perlu melakukan impor adalah di bidang pangan.

“Barangkali yang dimaksud (Prabowo) ialah pangan atau beras. Ya itu usaha pemerintah juga untuk meningkatkan produktivitas,” tutur JK.

JK mengungkapkan, tujuan untuk mengurangi atau tidak melakukan impor bahan pangan seperti beras dan jagung adalah benar. Namun JK mengingatkan produktivitas kebutuhan dasar pangan harus dinaikkan, untuk tidak lagi melakukan impor.

JK juga mengingatkan, impor akan dilakukan tergantung dengan keadaan. “Bahan pangan itu tergantung kepada luas lahan, tergantung cuaca, tergantung perawatannya, pupuknya dan macam-macam. Walaupun semua (menanam) tapi kalau cuaca jelek, bagaimana?,” ujarnya.

“Atau terjadi (badai) el nino. Jadi kita tidak bisa mengatakan tidak akan impor. Kita ‘iya’ (impor), tapi faktornya banyak,” imbuhnya.

Sebelumnya, Prabowo melontarkan janji terkait pangan dan bahan bakar. Jika terpilih pada 2019, Prabowo mengatakan dia akan membuat Indonesia berdiri di atas kaki sendiri dan tidak perlu mengimpor apa pun.

“Sebagai alat, saya mengerti tugas saya menjalankan amanah dari rakyat. Tugas kami adalah sebenarnya sangat sederhana, dua tugas kami. Satu, menghilangkan kemiskinan dari bangsa Indonesia; dan kedua, menegakkan keadilan, keadilan untuk seluruh rakyat Indonesia,” ucap Prabowo di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/11).
(nvl/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *