JK Dukung Sistem PPDB Zonasi: Supaya Ada Pemerataan

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan sistem zonasi di penerimaan peserta didik baru (PPDB) bertujuan untuk pemerataan. JK menyebut PPDB sistem zonasi dapat meningkatkan kualitas pendidikan antarsekolah.

“Jaraknya (antara rumah dan sekolah) mungkin akan jauh, tapi semua ingin masuk sekolah favorit, agak susah juga (masuk sekolah favorit) tidak mungkin diterima juga. Jadi supaya ada pemerataan, maka jangan anak-anak punya nilai tinggi hanya terkonsentrasi,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).

JK mengatakan siswa dan guru harus didistribusi dengan baik. Dengan cara tersebut, pendidikan berkualitas akan semakin merata.
“Untuk meningkatkan mutu itu harus (ada) anak-anak yang (dapat pendidikan) berkualitas baik. (Pendidikan) juga di sekitarnya baik. Jangan hanya semuanya pintar terkonsentrasi,” ujar JK.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi polemik sistem zonasi dalam PPDB tahun 2019. Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy untuk mengevaluasi kebijakan tersebut.

“Sudah saya perintahkan kepada menteri untuk dievaluasi,” kata Jokowi ditemui wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/6).

Jokowi mengatakan evaluasi perlu dilakukan. Sebab, dia menilai antara kebijakan dengan kondisi di lapangan bisa berbeda.

“Karena antara kebijakan dan lapangan bisa berbeda. Dan setiap daerah memiliki karakter yang berbeda beda. Sudah saya perintahkan dievaluasi,” ujarnya.
(fdu/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *