JK Bersyukur Tahun Politik Tak Berpengaruh Negatif ke Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersyukur Indonesia di tahun politik tidak seperti di Filipina, Pakistan atau Thailand yang menyebabkan konflik besar. Di Indonesia, kata JK, hanya konflik media sosial saja dan tidak berpengaruh pada ekonomi negatif.

“Di kita ada konfliknya tapi selalu di media sosial, tidak di lapangan. Kita memulai sistem ekonomi saling berpengaruh. Tapi tidak berpengaruh kepada yang negatif, politik boleh berjalan dengan sistemnya, Ekonomi berjalan dengan sendiri,” kata JK di Ritz Calton, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Dia menilai, apapun tahunnya ekonomi tetap berjalan. JK berharap di tahun politik ini akan menambah konsumsi. Seperti contoh, di 800 TPS nanti akan dibutuhkan 30 saksi yang rata-rata diberikan Rp 200 ribu per orang.

“Berapa triliun uang untuk keluar meningkatkan uang masyarakat berkembang. Jadi penting juga konsumsi dorongan ekonomi. Bukan hanya kepentingan politik belaka. Karena itu kita bersyukur,” kata JK.

Tetapi sebaliknya menurut JK, masalah ekonomi dapat menimbulkan ketidakadilan. Yang bisa-bisa jadi masalah.

“Jadi itulah negeri kita, masalah politik tidak masalah di bidang ekonomi. Itulah situasi yang menguntungkan. Tetapi apabila kita mengambil tindakan yang adil. Dengan yang baik,” kata JK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *