JK: 1,8 Juta Peserta Tes CPNS Ikut Tahap Berikutnya

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan dari 4 juta yang melamar tes seleksi CPNS, hanya 1,8 juta orang yang dinyatakan lulus untuk ikut tes berikutnya. Sementara itu yang diterima hanya 8 persen dari 1,8 juta peserta yang ikut tes berikutnya.

“Saya baru menerima laporan dari Menteri PAN-RB tadi pagi tentang hasil ujian masuk PNS. Dari 4 juta yang melamar, yang intinya yang sesuai administrasi, yang boleh ikut ujian 1,8 juta orang,” kata JK saat memberikan key note speech di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

JK mengatakan dari 1,8 juta peserta, nantinya yang lulus hanya kurang lebih 100 ribu peserta. Sementara itu yang dibutuhkan untuk menjadi CPNS sekitar 200 ribu orang.

“Dari total itu hanya 8 persen yang bisa lulus, itu kurang lebih 100 ribu, padahal butuh 200 ribu,” ujarnya.

Hasil tes CPNS menunjukkan perbedaan yang jelas antara yang terbaik dan kurang baik. Ada kesenjangan di bidang pendidikan antara yang di Jawa dan luar Jawa.

“Pendidikn kita mengalami gap yang besar antara Jawa dan luar Jawa. Walau kita selalu berusaha tingkatkan itu,” tuturnya.

Menurut JK, ke depan negara juga harus mendidik masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi tidak dapat dihentikan, tinggal bagaimana manusia bisa bekerja lebih baik dari teknologi.

“Jadi bagi kita semua bukan hanya utamakan revlusi 4.0, tapi semua tetap berjalan, diperbaiki, dimajukan dengan intinya kepada SDM yang kitta miliki,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *