Undang Erdogan ke Pernikahannya, Bentuk Protes Ozil ke Jerman

Jakarta Kisruh antara Mesut Ozil dengan negaranya, Jerman, sepertinya akan kembali memanas. Kabar terbaru menyebutkan bahwa gelandang Arsenal tersebut mengundang presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ke acara pernikahannya.

Masih jelas teringat di benak publik bagaimana Ozil keluar dari Timnas Jerman dengan cara yang kurang menyenangkan. Dalam pernyataan resminya, pemain berumur 30 tahun tersebut berkata bahwa dirinya mendapat perlakuan tak menyenangkan sebagai imigran Jerman.

“Bila kami menang, saya adalah orang Jerman. Tapi bila kami kalah, saya adalah seorang imigran,” tulis Ozil dalam pernyataan mundurnya dari Timnas Jerman pasca Piala Dunia 2018 lalu, dikutip dari Telegraph.

Foto antara Ozil dengan Erdogan menjadi biang permasalahan pada saat itu. Mantan penggawa Real Madrid tersebut dianggap melakukan kesalahan karena bertemu dengan Erdogan yang sedang dirundung masalah hak asasi manusia.

Momennya tidak tepat. Foto itu tersebar saat Timnas Jerman tengah melakukan persiapan untuk melakoni laga-laga Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia bulan Juli lalu. Sialnya, performa Die Panzer hancur-hancuran pada fase grup.

Kiprahnya dimulai dengan kekalahan 0-1 atas Meksiko. Tapi peluang untuk melaju ke babak selanjutnya sempat terbuka setelah pasukan Joachim Loew tersebut mengalahkan Swedia dengan skor tipis 2-1. Sayang, mereka kembali menelan kekalahan di partai terakhir.

Jerman dipastikan tersingkir, padahal mereka datang dengan status juara bertahan. Publik lalu menyasar Mesut Ozil sebagai kambing hitam karena dinilai memiliki kontribusi minim dalam tim dan mengungkit soal fotonya bersama Erdogan dulu.

Muslim di Jerman Dilanda Kecemasan Usai Teror Masjid New Zealand

Berlin – Komunitas muslim di Jerman merasa khawatir akan keselamatan mereka menyusul serangan teroris di dua masjid di kota Christchurch, New Zealand (Selandia Baru).

“Sejak serangan di dua masjid di New Zealand, para anggota komunitas kami menelepon kami untuk mendapatkan informasi mengenai situasi keamanan di Jerman,” ujar Burhan Kesici, Ketua Dewan Islam untuk Republik Federal German.

“Banyak muslim cemas akan situasi dan mereka takut bahwa sesuatu yang mirip dengan serangan di Selandia Baru tersebut mungkin juga terjadi di sini,” imbuhnya dalam sebuah statemen seperti dilansir media Turki, Anadolu Agency, Selasa (19/3/2019).


Sebanyak 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam penembakan brutal yang terjadi di dua masjid di kota Christchurch pekan lalu. Pelakunya diidentifikasi sebagai Brenton Tarrant, warga Australia berumur 28 tahun.

Kesici mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir, insiden serangan verbal dan fisik terhadap muslim meningkat signifikan di Jerman. Tak pelak lagi, pembantaian mengerikan di Christchurch telah meningkatkan ketakutan dan kecemasan di kalangan komunitas muslim di negara tersebut.

Kesici pun meminta para politisi untuk mengambil sikap yang jelas terhadap meningkatnya Islamofobia dan rasisme dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Menurut Anadolu Agency, Kepolisian Jerman mencatat 578 kejahatan kebencian terhadap muslim antara Januari dan September 2018 lalu. Setidaknya 40 muslim terluka dalam serangan-serangan, yang sebagian besar dilakukan oleh para ekstremis sayap kanan.

Jerman yang berpenduduk lebih dari 81 juta jiwa, memiliki populasi muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis. Hampir 4,7 juta jiwa warga muslim bermukim di Jerman, dengan sekitar 3 juta jiwa di antaranya berasal dari Turki.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Jerman: Bantai Mainz, Bayern Kembali ke Puncak

MunichBayern Munich menggeser Borussia Dortmund dari puncak klasemen Bundesliga. Ini setelah Die Roten menggilas Mainz 6-0.

Pada laga yang dihelat di Allianz Arena, Senin (18/3/2019) dinihari WIB, Bayern dibayang-bayangi kegagalan lolos ke perempatfinal Liga Champions. Mereka melakukan lima pergantian dalam starting eleven.

Bermain menyerang sejak menit awal, Bayern sudah unggul pada menit ketiga ketika crossing David Alaba disambut sontekan Robert Lewandowski yang menjebol jala Florian Mueller.

Bayern sama sekali tak memberikan Mainz kesempatan mengembangkan permainan dan mereka terus menekan pertahanan lawan. Tapi, gol kedua baru didapat pada menit ke-33. Joshua Kimmich memberikan umpan silang kepada Leon Goretzka yang lantas menerima dengan dadanya dan diberikan kepada James Rodriguez yang menuntaskan lewat sepakan terukur ke gawang Mainz.
Bayern menutup babak pertama dengan keunggulan tiga gol saat Kingsley Coman menggiring bola membelah pertahanan Mainz dari sisi kiri dan melakukan cut-in sebelum melepaskan sepakan keras kaki kanan yang menjebol jala Mueller pada menit ke-39.

Masuk di babak kedua, Bayern masih tanpa ampun menyerang Mainz untuk mencari gol keempat yang didapat pada menit ke-51. James mencetak gol keduanya lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti dan tak bisa dihalau Mueller.

James! Pemain asal Kolombia itu menggenapkan hat-tricknya pada menit ke-55. Miskomunikasi antara Mueller dengan bek Mainz membuat James dengan mudah mencuri bola dan mencungkilnya ke gawang.

Pemain muda Alphonso Davies tak mau ketinggalan untuk ikut dalam pesta gol tersebut. Davies pada menit ke-70 berhasil menyambar bola rebound sepakan Lewandowski untuk membuat skor jadi 6-0.

Tak ada lagi gol tercipta hingga akhir laga dan Bayern pun menang enam gol tanpa balas untuk naik ke puncak klasemen. Tim Bavaria itu punya poin 60 poin, sama dengan Dortmund, tapi unggul selisih gol. Mainz di posisi ke-13 dengan 30 poin.

Susunan pemain

Bayern Munich: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Niklas Sule, David Alaba (Alphonso Davies 59′); Thiago Alcantara, Leon Goretzka, Thomas Muller, James Rodriguez (Rafinha 73′), Kingsley Coman (Franck Ribery 66′); Robert Lewandowski.

Mainz: Florian Mueller; Daniel Brosinski, Moussa Niakhate, Alexander Hack, Stefan Bell; Levin Oztunali (Giulio Donati 75′), Jean-Philippe Gbamin, Danny Latza, Jean-Paul Boetius (Pierre Kunde 46′); Jean-Philippe Mateta (Aaron Martin 63′), Karim Onisiwo.

(mrp/rin)

Hasil Liga Jerman: Tertinggal Dua Kali, Dortmund Menang Dramatis atas Hertha

JakartaBorussia Dortmund bangkit dari dua kali ketertinggalan untuk menaklukkan Hertha Berlin. Gol Marco Reus di masa injury time memberikan kemenangan dramatis.

Bertandang ke OlympiaStadion, Minggu (17/3/2019) dinihari WIB di lanjutan Liga Jerman, Dortmund langsung terdesak selepas kick-off. Usai ancaman beruntun dari Marko Grujic dan Maximilian Mittelstadt, Dortmund kebobolan di menit keempat.

Sepakan jarak dekat Salomon Kalou mengoyak gawang Dortmund.

Dortmund merespons di menit ke-13 dan peluang Jacob Bruun Larsen dihalau Rune Jarstein. Semenit berselang, mereka menyamakan skor lewat serangan cepat yang diakhiri sepakan Thoma Delaney dengan kaki kiri.

Kedudukan berubah lagi di menit ke-35. Dortmund memberikan penalti ke Hertha setelah Julian Weigl melakukan hand ball. Kalou maju sebagai eksekutor dan mencetak gol keduanya.

Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Hanya semenit selepas sepak mula babak kedua, Dortmund kembali menyamakan skor. Umpan silang Jadon Sancho disambar Dan-Axel Zagado.

Dortmund mencoba meningkatkan intensitas serangan dan menjaga momentum. Sepakan dari Christian Pulisic dan Jadon Sancho membentur pemain Hertha, sementara upaya Larsen diamankan kiper.

Hertha balas mengancam di menit ke-57 melalui Grujic. Sepakannya cuma mengenai tiang gawang.

Peluang beruntun dari Pulisic sejak menit ke-71 belum membuahkan hasil. Upaya mereka baru membuahkan hasil di masa injury time.

Menerima umpan Sancho, Reus menaklukkan kiper dan membawa Dortmund berbalik memimpin di menit ke-92.

Hertha mencoba menyelamatkan poin di sisa waktu, tapi malah dihukum kartu merah. Vedad Ibisevic diusir wasit dan Dortmund pun mengunci kemenangan.

Dengan kemenangan ini, Dortmund sementara memuncaki klasemen dengan 60 poin dari 26 laga. Mereka unggul tiga poin dari Bayern Munich yang belum memainkan laga ke-26.

Sementara Hertha ada di posisi 10 dengan 35 poin.

Susunan pemain:

Hertha: Jarstein – Stark, Rekik, Torunarigha – Lazaro, Grujic, Maier, Mittelstädt – Duda (Lustenberger 90+2′) – Selke (Leckie 77′), Kalou (c) (Ibisevic 77′)

Dortmund: Buerki – Wolf (Hakimi 78′), Akanji, Zagadou, Diallo – Weigl, Delaney – Sancho (Toprak 90+6′), Pulisic, Bruun Larsen (Guerreiro 75′) – Reus
(raw/din)

Jerman: Huawei Tak Bisa Dipercaya Garap Jaringan 5G

Lebih lanjut, Korea Selatan disebut-sebut akan menjadi negara pertama di dunia yang menggelar layanan 5G secara komersial. Langkah ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Korsel, Hong Nam-ki, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan laporan kantor berita Yonhap, rencana itu diumumkan oleh Hong Nam-ki saat bertemu dengan sejumlah pejabat senior. Saat itu, dia berbicara mengenai inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dikutip dari Nikkei, rencananya Korea Selatan siap menggulirkan layanan 5G pada akhir Maret 2019. Informasi ini diketahui dari sumber anonim yang dekat dengan operator asal Korea Selatan, KT.

Dari penuturannya, tiga operator Korea Selatan dan vendor smartphone sudah membahas kemungkinan menghadirkan layanan 5G di negara tersebut. Rencana itu juga diungkap oleh KT beberapa waktu lalu.

Sebelumnya di Mobile World Congress (MWC) 2019, Chairman KT, Hwang Chang-gyu, mengatakan KT akan menjadi operator pertama untuk merilis layanan 5G yang sebenarnya di dunia. Dalam peluncuran layanan 5G pertama ini, KT dilaporkan akan bekerja sama dengan perusahaan jaringan SK Holdings dan LG, serta vendor smartphone Samsung.

Sebelumnya, KT sempat menyebut berencana untuk menggulirkan layanan 5G ke konsumen pada April hingga Juni. Namun, rencana itu berubah karena Samsung sudah mengumumkan Galaxy S10 yang mendukung layanan 5G.

Sekadar informasi, saat olimpiade musim dingin 2018 di Pyeongchang, KT sudah memulai uji coba perdana sistem 5G. Uji coba itu disebut menjadi yang pertama di dunia.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Pada 2022 Indonesia akan buka lelang pita frekuensi 5G sekaligus akan merilis layanannya. Ini dia fakta-fakta dari konektivitas 5G.

TNI AL dan Tentara Jerman Latihan Bersama di Laut Mediterania

Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar latihan bersama dengan tentara Jerman menggunakan kapal perang masing-masing di Laut Mediterania. Latihan itu bertujuan memberikan pelatihan bagaimana menambah dukungan logistik yang habis tanpa harus kembali ke pangkalan.

“Latihan bersama mailbag transfer yang dilaksanakan antara KRI Sultan Hasanuddin-366 dan FGS Oldenburg F-263 merupakan bagian dari latihan pembekalan di laut dengan tujuan untuk memberikan tambahan dukungan logistik kepada unsur kapal yang membutuhkan agar tetap bisa melaksanakan tugas di laut tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan,” ujar Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K UNIFIL Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/3/2019) malam.

Lebih lanjut, Cecep mengatakan latihan bersama ini menggunakan lebih dari satu kapal dengan pembagian tugas yang berbeda. Ada kapal yang bertugas pemberi dan ada juga berlaku sebagai penerima bantuan.

“Latihan ini dilakukan oleh dua kapal atau lebih dengan salah satu unsur kapal sebagai delivering ship atau kapal pemberi, sedangkan unsur kapal yang lain sebagai receiving ship atau kapal penerima,” ucapnya.

TNI AL dan Tentara Jerman Latihan Bersama di Laut Mediterania KRI Sultan Hasanuddin-366 dan FGS Oldenburg F-263 asal Jerman gelar latihan bersama di Laut Mediterania (Foto: Dok. Istimewa)

Selain memperkuat profesionalisme prajurit, jelas Cecep, tujuan latihan bersama ini juga berguna untuk mempererat hubungan diplomasi Indonesia dengan Jerman.

“Latihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dan mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman,” paparnya.

Dalam latihan mailbag transfer ini, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/UNIFIL melibatkan 120 prajurit pengawak KRI Sultan Hasanuddin-366 dan Helikopter Dauphin AS-365 N3+ on board di KRI yang saat itu dilibatkan dalam kegiatan latihan.
(eva/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Liga Inggris: Firmino Mandul, Liverpool Lirik Striker Jerman

Liputan6.com, Jakarta – Klub raksasa Liga Inggris Liverpool mulai menurun kinerjanya sejak Februari 2019. The Reds pun kini terlempar dari tampuk klasemen sementara Liga Inggris.

Liverpool turun ke posisi dua di klasemen Liga Inggris setelah dikudeta Manchester City. Pasukan Jurgen Klopp kini tertinggal satu poin dari City. 

Menurunnya performa Liverpool tak lepas dari mulai mandulnya lini depan. Roberto Firmino jarang membuat gol. Mohamed Salah juga kerap dimatikan pemain lawan.

Liverpool kemungkinan akan belanja pemain depan. Mereka membutuhkan striker haus gol untuk menggantikan Firmino dan menemani Salah serta Mane di lini depan.

SportBild mengklaim salah satu pemain yang akan coba direkrut Liverpool adalah striker muda Jerman Timo Werner dari Red Bull Leipzig.

2 dari 3 halaman

Tolak Munchen

Werner kebetulan memang ingin pergi dari Leipzig. Dia telah menolak tawaran kontrak baru. Kontrak Werner akan habis pada akhir musim depan.

Leipzig kemungkinan akan menjualnya musim panas nanti. Bos Leipzig Ralf Rangnick sudah menegaskan tidak akan melepas pemuda 23 tahun itu ke Bayern Munchen. Peluang Liverpool mendapatkan Werner pun cukup besar.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Dua WNA dari Jerman dan Filpina Masuk DPT KPU Kota Cilegon

Liputan6.com, Cilegon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Banten menyatakan, ada dua Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Cilegon. Mereka berasal dari Jerman dan Filipina.

“Dua WNA ini dari negara yang berbeda,” kata Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi, Rabu 6 Maret 2019.

Irfan mengatakan, kedua nama mereka telah dihapus dari daftar pemilih agar tidak menyalahi aturan. Sebab, mereka yang memiliki hak pilih hanya Warga Negara Indonesia (WNI).

“Benar, dari pendataan kita (KPU) ada dua WNA tercatat masuk ke DPT. Dari kedua WNA ini sudah kami coret keberadaanya, agar tidak menyalahi aturan,” tegas dia. Kedua WNI tersebut memiliki hak pilih di Daerah Pemilihan (Dapil) satu dan empat, Kota Cilegon.

Dia mengaku, pihaknya telah melapor dan berkoordinasi dengan KPU RI untuk tindaklanjutnya DPT tersebut. “Ini ranahnya di KPU RI. Kita hanya menunggu arahan dari pihak pusat saja untuk hal ini,” kata Irfan.

2 dari 3 halaman

Tinggal Hapus

Kementerian Dalam Negeri telah menyerahkan data 103 warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) kepada KPU dan Bawaslu. Data tersebut telah diserahkan dalam rangka membantu KPU untuk mewujudkan DPT yang akurat.

Bawaslu mengatakan, pihaknya juga sudah ikut menelusuri keberadaan WNA yang masuk dalam DPT. Misalnya di daerah Trenggalek, Jawa Timur.

“Kami juga melakukan pelacakan. Di Trenggalek ada satu orang yang dia warga negara asing tapi masuk DPT juga. Kemudian di Yogyakarta ada sekitar 7,” ucap Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifudin, dalam sebuah diskusi di bilangan Cikini, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Menurut dia, poin pentingnya bukan pada banyaknya WNA yang masuk DPT. Tapi bagaimana semua pihak berusaha terus menerus memperbaiki DPT sebelum hari H pemungutan suara pada 17 April 2019.

Oleh karena itu, dia meminta masalah ini tidak dibesar-besarkan. Terlebih, nama-nama dapat langsung dihapus dari DPT.

“Ini kan bagian dari koreksi data DPT, yang sebenarnya kita sama-sama ubah sebelum hari H. Tidak mungkin kita terlalu defensif, kemudian menyalahkan. Tinggal data diberikan, dihapus dalam DPT, selesai,” ungkap Afifudin.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Mueller, Hummels, dan Boateng Tak Lagi Masuk Rencana Jerman

Munich – Tak akan ada lagi nama Thomas Mueller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng di timnas Jerman. Joachim Loew ingin Jerman diisi wajah-wajah baru.

Ketiga pemain Bayern Munich tersebut merupakan bagian dari skuat yang mengantar Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Namun empat tahun kemudian, Jerman gagal total di Piala Dunia 2018 usai tersingkir di fase grup.

Loew mengunjungi Munich untuk memberi tahu secara pribadi kepada Mueller, Hummels, dan Boateng tentang keputusannya itu. Loew ingin membangun fondasi baru untuk masa depan Die Mannschaft.


“Jerome Boateng, Mats Hummels, dan Thomas Mueller tak akan lagi ada di skuat tim nasional (Jerman). Saya berterima kasih kepada Mats, Jerome, dan Thomas untuk tahun-tahun luar biasa, unik, dan penuh kesuksesan yang kami habiskan bersama,” ujar Loew kepada Bild seperti dilansir Sky Sports.

“Tapi, timnas sekarang adalah tentang membangun fondasi untuk masa depan. Kami ingin memberikan tim wajah-wajah baru dan saya cukup yakin ini adalah langkah tepat,” tambah dia.

Manajer Jerman, Oliver Bierhoff, mendukung keputusan Loew. Meski demikian, ia yakin Mueller, Boateng, dan Hummels akan tetap sukses bersama Bayern.

“Thomas, Mats, dan Jerome telah meraih banyak hal sampai sekarang untuk sepakbola Jerman. Mereka akan melanjutkan itu di level klub. Saya merasa masih terkoneksi dengan mereka dan bersyukur akan waktu yang sempat dihabiskan bersama-sama di timnas,” kata mantan striker Jerman tersebut.

Boateng (30 tahun), Hummels (30 tahun), dan Mueller (29 tahun) memperkuat Jerman dalam periode yang bersamaan. Sampai saat ini, Boateng punya 76 caps, Hummels 70 caps, dan Mueller 100 caps bersama timnas Jerman.

(nds/raw)

Hasil Liga Jerman: Bayern Libas Moenchengladbach 5-1

MoenchengladbachBayern Munich menyamai poin Borussia Dortmund selaku pemuncak klasemen. Hasil itu didapat setelah menang 5-1 atas Borussia Moenchengladbach.

Bertandang ke Borussia-Park, Minggu (3/3/2019) dinihari WIB, Bayern sudah unggul 1-0 saat laga baru berjalan dua menit. Javi Martinez merobek gawang Moenchengladbach usai menuntaskan umpan James Rodriguez.

Di menit ke-11, Thomas Mueller menggandakan keunggulan Bayern. Mueller melesakkan gol dari jarak dekat dengan kaki kanannya.


Moenchengladbach sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 di menit ke-37. Lars Stindl merobek gawang Bayern dengan memanfaatkan umpan Thorgan Hazard. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Bayern menggila di babak kedua. Giliran Robert Lewandowski yang membobol gawang tim tuan rumah, yang kali ini memanfaatkan umpan Thiago Alcantara. 3-1 Bayern memimpin.

Serge Gnabry menjadi pemain keempat yang melesakkan gol ke gawang Moenchengladbach. Gol dari mantan pemain Arsenal itu tercipta di menit ke-75.

Bayern mendapat penalti di injury time. Lewandowski maju sebagai eksekutor untuk menutup pertandingan dengan kemenangan Die Roten 5-1.

Kemenangan ini membuat Bayern mengoleksi 54 poin, sama seperti Dortmund. Namun, Dortmund masih berada di puncak klasemen karena sukses mengalahkan Bayern di putaran pertama.

(ran/raw)