Bekas Lab Sekolah di Kembangan Jadi Gudang Narkotika Selama 6 Bulan

Jakarta – Sekolah di Kembangan, Jakarta Barat dijadikan gudang penyimpanan narkoba sejak enam bulan lalu. Ruangan yang dipakai adalah bekas laboratorium yang terbengkalai.

“Ada gedung bekas laboratorium, di dalam situ ada kamar tidak terpakai. Itu yang digunakan,” ucap Kanit Reskrim Polsek Kembangan, Iptu Dimitri Mahendra, saat dihubungi detikcom, Selasa (15/1/2019).

Kakak-adik DL dan CP serta temannya, AJ awalnya hanya menggunakan sekolah sebagai tempat konsumsi narkoba. Kemudian, mereka mulai mengedarkan psikotropika dengan imbalan Rp 100 sampai Rp 400 ribu jika barang yang mereka jual habis. Sementara itu, penjualan sabu baru pertama kali dilakukan. Namun, mereka keburu tertangkap oleh Tim Reskrim Polsek Kembangan.


“Kalau psikotropika, sudah dilakukan sepuluh kali menerima barang. Sementara sabu baru pertama kali,” ucap Dimitri.

Sebelumnya, kakak-adik DL dan CP serta temannya, AJ, menjadi pengedar dan menyimpan narkoba di lingkungan sekolah di Jakarta Barat. Mereka memilih sekolah sebagai ‘gudang’ karena dinilai lebih aman.

Polisi menyita barang bukti 355,56 gram sabu dan 7.910 butir psikotropika Golongan IV dari keduanya. Barang bukti tersebut didistribusikan oleh jaringan dari sebuah Lapas.
(aik/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kapolres di Sumsel Pakai Narkoba, Ahli Pidana: Hukuman Harus Berat

JakartaAKBP Agus Setiawan, dicopot sebagai Kapolres Empat Lawang karena hasil tes urinenya positif narkoba. Pakar hukum Pidana Prof Hibnu Nugroho, menganggap, perilaku kapolres tersebut sudah keterlaluan dan wajib dihukum lebih berat dari pelaku kasus narkoba lainnya.

“Ini sangat fatal, apalagi dia setingkat kapolres, hukumannya tidak bisa disamakan dengan umumnya. Harus lebih berat,” ucap pakar hukum pidana dari Universitas Jenderal Sudirman, Prof Hibnu Nugroho, saat diwawancara detikcom, Rabu (16/1/2019).

Dia menjelaskan, polisi sebagai penegak hukum harusnya menjauhi narkoba. Dia menjelaskan, kapolres tersebut harus dibawa ke peradilan umum meski statusnya hanya pemakai narkoba.

“Jadi jangan dibawa di etik saja, harus dibawa ke peradilan umum. Hukumannya harus lebih berat,” paparnya.

Selain itu, lanjut Hibnu, Polri jangan hanya melakukan penegakan hukum kepada AKBP Agus saja. Menurutnya, harus dibongkar semua jaringan narkoba di Empat Lawang.

“Jangan cuma di kapolres saja, jangan-jangan karena pakai narkoba ada kerja sama dengan pengedar, bandar dan itu yang harus dibongkar,” tuturnya.
(rvk/aik)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sindikat AN Cs Pakai Sabu di Sekolah

Liputan6.com, Jakarta – Polsek Kembangan Jakarta Barat menyita 355 gram sabu dan 7910 butir dan psikotropika golongan IV serta obat-obatan daftar G. Totalnya 7.910 butir.

Barang tersebut ditemukan sebuah laboratorium sebuah sekolah di Jakarta Barat. Adalah DL dan CP, kakak beradik yang mendesain tempat tersebut menjadi gudang penyimpanan narkoba sekaligus tempat tinggal.

“Barang disimpan di dalam laboratorium. di situ ada sebuah ruangan yang dialihfungsikan jadi gudang dan tempat tidur,” kata Kapolsek Kembangan, Komisaris Joko Handono, Selasa (15/1/2019).

Joko mengatakan, pihaknya meringkus DL dan CP Kamis 10 Januari 2019 di sebuah sekolah kawasan Jakarta Barat. Hasil pengembangan dari tersangka lainnya.

“Total ada tiga tersangka yang kami amankan,” ujar dia.

Joko menjelaskan peran masing-masing tersangka. Sabu dan psikotropika golongan IV serta obat-obatan daftar G dipasok oleh seorang bandar narkoba berinisial BD yang kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dari Lembaga Pemasyarakatan.

Tersangka AN yang akan berkomunikasi melalui sambungan telepon dengan bandar tersebut. Lalu, bandar akan menyuruh tangan kepercayaan untuk menaruh sabu di tempat-tempat yang telah ditentukan. Di tempat tersebutlah, AN mengambil dan menyerahkan kepada DL dan CP.

“Antara tangan kepercayaan bandar dengan kurir (AN) tidak saling kenal. Sebab barang-barang selalu diambil di suatu tempat. Mereka tidak pernah bertemu,” terang dia.

“Kami mengetahuinya jaringan Lapas karena dari pembicaraan saat ditangkap komunikasi diantara mereka intens,” imbuh dia.

2 dari 3 halaman

Instruksi dari Lapas

Joko menambahkan, terakhir adalah tugas dari DL dan CP. Mereka berdua mengantarkan sabu sesuai list yang telah dibuat oleh Bandar.

“Sabu dipecah menjadi beberapa bagian sesuai instruksi dari Lapas. Kemudian diantarkan juga sesuai dengan petunjuk dari Lapas,” terang dia.

Joko menuturkan, sekali antar mereka berdua akan mendapatkan imbalan berupa uang tunai dan beberapa paket sabu. “Nah sabu itu pakai oleh mereka bertiga di lingkungan sekolah oleh tiga tersangka saat situasi sudah sepi,” ujar dia.

Joko membeberkan, DL dan CP merupakan karyawan dari sekolah tersebut. Status keduanya pegawai harian lepas.

Sejak enam bulan terakhir tinggal di laboratorium sekolah. Keduanya memanfaatkan salah satu ruangan yang disulap menjadi tempat tinggal sekaligus gudang penyimpanan narkoba.

“Mereka menumpang tanpa izin. Sekolah tidak keberatan mungkin karena orangtua mereka seoranf pejabat di sekolah tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

9 Macam-macam Jaringan Komputer dan Fungsinya, Sesuai Aspek Penggunaan

Liputan6.com, Jakarta Komputer saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, peran internet menjadi lebih besar dalam kehidupan masa kini.

Dengan adanya internet, penyebaran informasi menjadi lebih cepat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan nih, dengan internet bisa menyebarkan informasi bagi mereka yang tinggal jauh di berbeda benua dengan kita.

Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sampai saat ini masih digunakan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas mereka. Baik itu untuk berkomunikasi, bisnis dan lain sebagainya. Tidak hanya internet, ternyata ada banyak macam-macam jaringan komputer. Berikut macam-macam jaringan komputer yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 5 halaman

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih, yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.

Istilah jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan tepat, cepat dan akurat.

Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer sendiri terbagi atas 4 kelompok. Berikut 4 kelompok jaringan komputer:

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

– LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja. Biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

– MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan komputer ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.

– WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

2. Berdasarkan Media Transmisi Data

– Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

– Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi/data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Jaringan Komputer

3. Berdasarkan Distribusi Sumber Data/Informasi

– Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat adalah jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri biasanya hanya berfungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk.

– Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server).

4. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

– Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

– Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini jenis ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

5 dari 5 halaman

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer

Manfaat macam-macam jaringan komputer juga akan membantu kamu untuk mempertimbangkan dengan baik pemasangan jaringan tersebut dalam sistem yang diaplikasikan. Tentu berbagai kemudahan akan kamu dapatkan dengan pengaplikasian yang tepat. Berikut manfaat penggunaan jaringan komputer:

• Pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien.

• Mempermudah akses file yang dimiliki sendiri dan orang lain serta mempermudah proses penyebarluasannya melalui jaringan yang dipasangkan.

• Dapat memudahkan akses informasi secara lebih cepat dan akurat.

• Jika digunakan di kantor bisa menghemat pengeluaran kantor untuk akses informasi serta printer contohnya, karena hanya dengan satu alat bisa digunakan untuk kebutuhan semua komputer yang ada.

• Dapat melakukan pengiriman foto, video atau file lainnya secara real time.

• Dapat mengakses berbagai jenis file bahkan dari negara yang berbeda.



Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Cek Fakta Pidato Prabowo: Gaji Sebagian Jukir DKI di Atas Sebagian Dokter

Jakarta – Calon Presiden Nomor urur 02 Prabowo Subianto menyinggung gaji sebagian dokter yang lebih kecil dari juru parkir (jukir). Untuk Provinsi DKI Jakarta sebagian jukir menerima upah minimum provinsi (UMP).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mengakui sebagian dokter umum masih bergaji di bawah Rp 3 juta. Gaji tersebut lebih kecil dari sebagian jukir di Jakarta yang bergaji UMP. UMP DKI di 2019 sebesar Rp 3.940.973.

Dari data UPT Perparkiran DKI Jakarta, terdapat 1.564 jukir yang terdata. 268 Orang jukir di tempat parkir elektronik mendapat gaji UMP. Sedangkan yang lainnya menerima melalui sistem bagi hasil, tergantung wilayahnya.
“Petugas parkir di lokasi Tempat Parkir Elektronik (sudah bergaji UMP) 268 orang,” kata Humas UPT Perparkiran DKI Jakarta Ivan Falentino saat dikonfirmasi, Selasa (15/1/2019).

Ivan mengatakan penggolongan parkir diatur melalui peraturan gubernur Nomor 188 tahun 2016 Tentang Tempat Parkir yang Dikelola Pemerintah Daerah. “(Bagi hasil) tergantung lokasinya. Di Pergub 188/2016 terdapat penggolongan kawasan jalan,” sebut Ivan.

Prabowo Subianto sebelumnya menyampaikan janji untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Prabowo berbicara tentang gaji beberapa dokter yang menurutnya lebih kecil dibanding orang yang menjaga parkir mobil.

Prabowo awalnya mengatakan ingin memberantas kemiskinan. Tak hanya yang tampak, dia berjanji menumpas kemiskinan hingga ke akar.

“Fokus kedua meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Kami akan perangi kemiskinan sampai ke akar-akarnya,” kata Prabowo dalam pidato kebangsaan ‘Indonesia Menang’ di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (14/1).

Prabowo lalu menyinggung cara untuk mengurangi jarak antara orang kaya dan orang miskin di Indonesia. Dia juga menyinggung tata kelola BPJS. Di momen inilah Prabowo menyebut banyak dokter yang kini bergaji lebih kecil ketimbang tukang jaga parkir mobil.

“Kami akan perbaiki tata kelola BPJS dan jaringan sosial lainnya untuk mencegah defisit dan meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Dokter-dokter kita harus dapat, harus dapat penghasilan yang layak.

“Sekarang banyak dokter-dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil,” sebut Prabowo.

Saksikan juga video ‘Prabowo-Sandi Garap Isu Ekonomi di Setiap Debat’:

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/tor) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Vanessa Angel dan Fakta Baru yang Bisa Menyeretnya jadi Tersangka

Surabaya – Untuk pertama kalinya, Vanessa Angel kembali mendatangi Polda Jatim usai tertangkap basah terlibat dalam prostitusi online beberapa waktu lalu.

Vanessa tiba di Polda Jatim sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (14/1/2019) bersama kuasa hukum dan manajernya. Ia langsung menuju Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim.

Saat tiba, Vanessa tak banyak bicara. Namun menurut keterangan polisi, wanita berusia 27 tahun itu tengah memenuhi wajib lapor dan menjalani pemeriksaan lanjutan.

“Iya (wajib lapor), diperiksa juga,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Wajib Lapor, Vanessa Angel Kembali Datangi Polda Jatim

Setelah kurang lebih 9 jam berlalu, pemeriksaan lanjutan terhadap Vanessa akhirnya selesai digelar. Ia terpantau keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 19.00 WIB. Namun di sela pemeriksaan, Vanessa sempat keluar ruangan dan menuju bank untuk meminta rekening korannya.

Usai diperiksa, hanya senyum tipis yang menemani Vanessa. Kepada awak media, Vanessa mengaku menyerahkan seluruhnya pada penyidik dan kuasa hukumnya.

“Tadi saya udah diperiksa, selebihnya saya serahkan ke penyidik, dan selebihnya menyerahkan ke kuasa hukum saya,” ujar Vanessa.

Dari hasil pemeriksaan, status Vanessa yang semula masih saksi korban bisa saja dinaikkan menjadi tersangka. Polisi beralasan ada beberapa unsur yang dianggap dapat memberatkan Vanessa nantinya.

“Potensi yang memberatkan bakal menjadi tersangka bahwa kegiatan ini melibatkan yang bersangkutan secara aktif, mengupload foto dan gambarnya secara aktif, melakukan chatting tidak sesuai etika dan kesusilaan, yang ketiga yang bersangkutan tidak melakukannya satu dua kali, tapi banyak kali,” ungkap Barung.

Ditambahkan Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, hal ini juga diperkuat dengan hasil pantauan polisi terhadap rekening pribadi Vanessa.

“Yang jelas kami memandang bahwa dari transaksi keuangan yang sedang kita dalami dan keterlibatan dari aksi bisnis prostitusi online ini bahwa VA cukup terlibat, berperan dalam peristiwa ini, dan ini yang akan kami kuatkan dan dalami,” papar Yusep.

Kendati demikian, status Vanessa itu baru dapat ditetapkan setelah gelar perkara yang rencananya akan dilakukan pada hari Selasa (15/1).

“Mungkin besok lah, besok kita tunggu hasil dari kita gelar dulu,” katanya.

Sedangkan terkait 6 artis yang diduga kuat keterlibatannya dalam jaringan prostitusi ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengaku baru dua artis yang menerima surat pemanggilan dari polisi.

Yusep mengungkapkan dua artis yang dimaksud adalah yang berinisial RF dan FG. Mereka dijadwalkan akan hadir pada hari Kamis (17/1) nanti.

“Yang sudah konfirmasi soal pemanggilan 6 artis adalah inisial RF dan FG. Keluarganya menyampaikan akan hadir hari Kamis dan bahkan akan mengantarkan langsung sampai Polda Jatim,” ungkap Yusep.

Namun untuk artis-artis yang belum menerima surat pemanggilan polisi, polisi telah bekerjasama dengan pihak manajemen artis yang bersangkutan. Hal ini untuk mengantisipasi bilamana artis tersebut akan berpindah manajemen atau melarikan diri.

“Kita akan terus, akan komunikasi dengan pihak manajernya. Mungkin pihak manajemennya dengan berusaha mencari mungkin alamatnya, mereka belum berpindah,” paparnya.
(lll/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Minuman Dingin dan Manis Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?

Jakarta – Sebagian orang meyakini kalau suka mengonsumsi minuman manis dan dingin akan membuat badan gemuk. Benarkah? Simak jawabannya dari ahli gizi dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

Ia mengatakan, minuman manis yang dingin memang bisa membuat gemuk tapi bukan karena adanya reaksi antara rasa manis dan suhu dingin. “Kalau dingin itu hanya soal suhu, tapi suhu dingin itu secara psikologis membuat orang jadi ketagihan, badan jadi punya keinginan untuk menyejukkan tubuh kembali,” kata Rita, dilansir Antara, Minggu 13 Januari 2019.

Sebaliknya, rasa manis yang justru membuat gemuk kalau energi dari gula yang dikonsumsi tidak disalurkan melalui aktivitas fisik yang sesuai. “Hormon dan rasa haus jadi tak terkendali. Itu yang bikin tubuh jadi gemuk,” ucapnya lagi.

Minuman manis, disebut Rita, lebih bisa bikin gemuk dibanding makanan karena saat masuk, lambung tak akan merasakan apa-apa lantaran bentuknya yang cair dan bisa langsung terserap. Menurut Rita, gula berlebih dalam tubuh akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak di sejumlah tempat, di bawah kulit, perut dan organ dalam tubuh.

“Lemak sebetulnya esensial, tapi kalau jumlahnya melebihi yang dibutuhkan akan mengganggu metabolisme dan hormon bisa jadi resisten,” ucapnya.

Contohnya, hormon yang memberi sinyal kenyang tak akan lagi sensitif pada mereka yang kelebihan lemak. Metabolisme juga terganggu membuat kemampuan tubuh untuk mengolah energi menurun.

“Akibatnya, orang akan bilang makan segini doang kok gemuk ya? Sehingga semua akan jadi jaringan lemak,” ujar Rita tentang efek minuman dingin dan manis.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Meski Bikin Merinding, Belatung Ternyata Bisa Menyembuhkan Luka

Liputan6.com, London – Kebanyakan orang begidik saat melihat atau membayangkan kerumunan belatung. Apalagi jika larva lalat itu keluar dari organik yang membusuk. Entah itu bangkai hewan, sayur dan buah, atau bahkan jasad manusia yang terurai.

Namun, siapa sangka, hewan bikin bulu kuduk berdiri itu ternyata banyak gunanya. Misalnya, belatung yang ditemukan dalam jasad manusia bisa membantu ahli forensik dan penyelidik menguak waktu kematian korban.

Dan, ternyata, belatung punya kemampuan menyembuhkan. Seperti dikutip dari situs sains LiveScience, Senin (14/1/2019) dalam upaya untuk menyembuhkan serdadu yang terluka di medan perang, pemerintah Inggris akan mengirimkan belatung ke Suriah, Yaman, dan Sudan Selatan, demikian dilaporkan Telegraph.

Belatung, dari beberapa jenis lalat, diyakini bisa memakan daging-daging yang membusuk (gangrene) pada luka yang memungkinkan jaringan yang sehat untuk memulihkan diri. Hewan-hewan itu juga akan menyebarkan air liurnya yang mengandung antibakteri.

Perawatan mengerikan ini mungkin terdengar tidak biasa. Namun, sejatinya belatung telah digunakan dalam pengobatan pada zaman kuno.

Misalnya, masyarakat Aborigin di Australia menggunakan belatung untuk membersihkan luka. Dan, selama Perang Dunia I, para tentara yang menyerang dan bertahan di parit menggunakan hewan tersebut untuk merawat cedera yang dialami.

Terapi tersebut bisa membantu mereka yang memiliki luka bernanah tetap bebas dari infeksi. Proyek senilai US$ 250 ribu tersebut juga mungkin bisa membantu orang yang mengalami cedera bisa menjaga anggota badan mereka. Sebab, infeksi sekunder dari cedera dan operasi dapat mengarah pada amputasi.

“Mereka yang hidup di tengah konflik dan krisis kemanusiaan harus sekarat akibat luka yang sebenarnya dapat dengan mudah disembuhkan dengan akses yang tepat ke perawatan,” kata Menteri Urusan Pembangunan Internasional Inggris, Penny Mordaun kepada Telegraph.

Untuk mewujudkan proyek tersebut, Inggris akan mengerahkan rumah sakit lapangan untuk membiakkan belatung di lokasi target. Setelah dikeluarkan, telur-telur lalat akan disterilkan dan diinkubasi selama dua hari.

Ketika belatungp-belatung itu dalam kondisi prima, makhluk-makhluk itu bisa diletakkan langsung pada luka atau ditempatkan di BioBag — yang kemudian dipakai untuk membungkus luka.

Belatung yang telah disterilkan akan sangat berharga di tempat-tempat yang memiliki perawatan medis dasar atau terbatas.

Bahwa larva lalat itu bisa memakan jaringan yang rusak atau mati diungkap dalam laporan Journal of Plastic Surgery. Belatung konon bahkan dapat membersihkan luka lebih cepat daripada yang bisa dilakukan ahli bedah. 

2 dari 2 halaman

Hanya Sekali Pakai

Namun, untuk mencegah penyebaran penyakit, belatung-belatung itu tak bisa digunakan dua kali. Hanya sekali pakai.

Para peneliti menganjurkan agar larva dibuang dalam wadah klinis setelah digunakan. Jika ada yang melarikan diri ke alam liar, itu seharusnya tidak menjadi masalah. Sebab, belatung menjalani proses sterilisasi alami ketika mereka menjelma menjadi lalat.

Jika rencana tersebut terwujud, rumah sakit lapangan akan membiakkan belatung dalam waktu satu tahun, menyediakan cukup larva lapar untuk mengobati 250 luka per hari, demikian menurut Frank Stadler, seorang peneliti di Griffith University di Australia.

Universitas tersebut memberikan masukan ilmuan dalam proyek mengubah belatung menjadi obat.

Pada 2021, tim ilmuwan bahkan berharap bisa membuat starter kit belatung, yang memungkinkan masyarakat di daerah terpencil membiakkan larva bermanfaat itu sendiri.

Ada Pengendali Pikiran, Ini 7 Proyek Rahasia CIA yang Bocor ke Publik

Liputan6.com, Washington DC – Sebagian besar orang-orang di dunia tahu bahwa pemerintah Amerika Serikat, lewat militer dan CIA, punya banyak proyek rahasia yang tak diketahui publik. Mereka juga disebut kerap terlibat dalam sejumlah teori konspirasi.

Pada tahun 2013, ada dokumen-dokumen yang terungkap ke publik tentang keberadaan proyek-proyek CIA itu. Mulai dari yang dianggap lucu, hingga yang berakibat mengerikan.

Apa saja? Berikut 7 proyek rahasia militer AS atau CIA yang terkuak ke publik, yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 8 halaman

1. Proyek Manhattan

Ini adalah proyek yang berujung pada kematian ratusan ribu orang. Dimulai diam-diam pada tahun 1939, Proyek Manhattan, menghasilkan bom atom pertama di muka Bumi.

Riset dipimpin fisikawan Amerika Julius Robert Oppenheimer, kendali proyek secara keseluruhan ada di tangan Mayor Jenderal Leslie Groves dari US Army Corps of Engineers.

Meski melibatkan 30 tempat riset dan produksi yang berbeda, Proyek Manhattan sebagian besar proyeknya dilaksanakan di tiga tempat rahasia: Hanford di Washington, Los Alamos di New Mexico, dan Oak Ridge di Tennesse –yang lokasinya dirahasiakan sampai akhir Perang Dunia II.

Proyek Manhattan menghasilkan rancangan, produksi, dan peledakan dari tiga bom nuklir pada 1945. Yang pertama, menggunakan plutonium dibuat di Hanford, dites pada 16 Juli di Situs Trinity, tes nuklir pertama dunia, dekat Alamogordo, New Mexico. Ledakan menciptakan awan cendawan (jamur) yang membentang selebar 12.200 meter. Kekuatannya setara dengan 15 ribu TNT.

Sebulan kemudian Jepang jadi lokasi uji coba. Bom uranium disebut Little Boy diledakan pada 6 Agustus di kota Hiroshima, Jepang. Yang ketiga, bom plutonium disebut Fat Man, diledakan pada 9 Agustus di atas kota Nagasaki. Sebuah tragedi di akhir Perang Dunia II yang merenggut ratusan ribu nyawa. Dua bom di Jepang adalah satu-satunya senjata nuklir, sampai saat ini, yang digunakan dalam perang.

Hari ketika bom atom meledak, Oppenheimer bersorak atas kesuksesan misinya. Namun beberapa bulan kemudian ia menyesal bukan main. Apalagi, Pemerintah AS menggunakan tragedi Hiroshima untuk mempercepat perlombaan senjata nuklir dan bukan untuk menciptakan perdamaian dunia.

Suatu hari ia bertemu Presiden Harry S. Truman di Gedung Putih dan berkata, “Pak Presiden, aku merasa tanganku berlumuran darah,” kata dia, merujuk pada Tragedi Hiroshima-Nagasaki, seperti dimuat Daily Mail. Pernyataan yang membuat Truman marah dan menyebut Oppenheimer sebagai ‘ilmuwan cengeng’.

Pernyataan yang sama diucapkan Oppenheimer 20 tahun kemudian. “Saat ini aku menjadi Kematian. Penghancur dunia.”

3 dari 8 halaman

2. Operasi Paperclip

Pada September 1946, Presiden Harry Truman memberikan izin berlangsungnya sebuah program yang diberi nama Operasi Paperclip — yang bertujuan ‘mencuri’ ilmuwan dari Nazi Jerman dan memindahkan mereka ke AS.

Para pejabat dari Office of Strategic Services (cikal bakal CIA) merekrut ilmuwan- ilmuwan Jerman untuk membantu pembangunan di Negeri Paman Sam setelah perang — sekaligus memastikan pengetahuan ilmiah yang berharga dan strategis tak jatuh ke tangan Uni Soviet, serta Jerman Barat dan Jerman Timur.

Kala itu, pencapaian teknologi Jerman mengejutkan para ilmuwan Sekutu yang ikut dengan pasukan invasi ke Jerman pada tahun 1945.

Roket supersonik, gas syaraf, pesawat terbang jet, rudal jelajah, teknologi stealth dan bahan lapis baja yang lebih keras adalah beberapa teknologi terobosan yang dikembangkan di dalam laboratorium dan pabrik Nazi, bahkan saat Jerman hampir kalah perang.

Amerika Serikat dan Uni Soviet-lah, pada awal-awal Perang Dingin, yang bersaing dan berpacu dengan waktu untuk menemukan rahasia ilmiah Hitler yang belum terungkap.

Pada Mei 1945, pasukan legiun Stalin berhasil menguasai beberapa laboratorium penelitian atom di Institut Kaiser Wilhelm yang terkenal di pinggiran Berlin. Ini memberi mereka teknologi yang kemudian digunakan untuk membangun gudang senjata nuklir Soviet.

Sementara, Salah satu ilmuwan yang direkrut adalah ahli roket, Wernher von Braun, yang menjadi otak misi Apollo Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Dia mestinya tak masuk kriteria karena keterkaitannya dengan Nazi. Von Braun adalah anggota berbagai organisasi Nazi dan memegang jabatan di pasukan khusus Nazi, SS.

Tidak lama kemudian Mayor Jenderal Hugh Knerr, wakil panglima pada Angkatan Udara AS di Eropa menulis: “Pendudukan lembaga ilmiah dan industri Jerman mengungkapkan kenyataan yang mengejutkan bahwa kami sangat terbelakang dalam banyak lapangan penelitian,” demikian Liputan6.com kutip dari BBC.

“Kalau kami tidak meraih kesempatan ini untuk menguasai alat dan otak yang mengembangkan teknologi itu dan mempekerjakan mereka, kami akan tetap tertinggal bertahun-tahun.”

4 dari 8 halaman

3. Proyek Grudge

Sementara Area 51 tak secara khusus ditujukan untuk meneliti makhluk ekstrateresterial, Angkatan Udara AS diam-diam menyelidiki eksistensi UFO.

Proyek Grudge, adalah program jangka pendek yang diluncurkan pada 1949 untuk menyelidiki benda terbang aneh, seperti piring terbang. Misi ini melanjutkan program sebelumnya yang dinamakan Proyek Sign — yang melaporkan pada 1949 bahwa sebagian penampakan diduga UFO sejatinya adalah pesawat terbang — yang tak ada data khusus untuk menentukan asal usulnya.

Kritik terhadap Project Grudge, bahwa program tersebut semata-mata ditetapkan untuk menghilangkan prasangka laporan UFO — untuk menenangkan masyarakat — dan hanya sedikit penelitian aktual yang dilakukan.

Sebaliknya, banyak pula yang berkata bahwa pemerintah pernah menutup-nutupi proyek ini dari pantauan masyarakat umum, seperti pada awal kasus kecelakaan di Roswell, New Mexico. Pada bulan Juli 1947, pejabat militer mengadakan siaran pers bahwa reruntuhan telah ditemukan dari pesawat luar angkasa asing yang jatuh, namun kemudian menarik kembali pernyataan mereka keesokan harinya.

Dalam bukunya, Edward J. Ruppelt, Kapten Angkatan Udara sekaligus direktur proyek menulis, “Tak butuh banyak waktu saat mempelajari dokumen UFO lama, untuk melihat bahwa prosedur standar intelijen tidak diikuti dalam Proyek Grudge. Segala sesuatu yang dievaluasi dengan premis bahwa UFO sejatinya tak ada. Apapun yang Anda lihat atau dengar, jangan percaya.”

Setelah bubar, Proyek Grudge bermetamorfosa menjadi “Blue Book Project” yang pada tahun 1969 resmi diakhiri oleh pemerintah Amerika Serikat.

5 dari 8 halaman

4. Area 51

Seperti halnya Segitiga Bermuda, Area 51 adalah salah satu tempat paling misterius di muka Bumi. Banyak teori konspirasi beredar soal lokasi pangkalan militer rahasia AS di Nevada itu.

Ada yang menduga area 51 adalah lokasi perakitan UFO yang jatuh, tempat penelitian alien yang tertangkap. Ada juga yang mengira lokasi itu adalah tempat pengujian senjata rahasia AS, termasuk senjata pengendali cuaca, juga penelitian mesin penjelajah waktu. Bahkan, ada yang menduga area 51 adalah markas organisasi rahasia, Majestic 12, yang bercita-cita mendirikan pemerintahan tunggal di dunia.

Pada Juli 2013, dokumen CIA yang status kerahasiaannya dicabut, mengakui keberadaan Area 51 untuk pertama kalinya. Dalam dokumen disebut, situs rahasia tersebut digunakan untuk menguji berbagai pesawat mata-mata, termasuk U-2 — pesawat pengintai terkenal.

Lokasi terpencil di gurun yang mengelilingi Danau Groom dipilih karena berdekatan dengan fasilitas pengujian nuklir. “U-2 sangat rahasia,” kata jurnalis pertahanan Inggris, Chris Pocock, dan penulis sejarah program pengembangan pesawat U-2 tersebut, kepada BBC. “Mereka mencoba untuk menyembunyikan semua hal tentang itu.”

Pesawat U-2 yang dibuat untuk memata-matai Uni Soviet dimasa perang dingin, masih diterbangkan oleh Angkatan Udara AS hingga saat ini.

Dokumen ini mencatat bahwa pengujian pesawat U-2 pada 1950 –dengan ketinggian yang jauh lebih tinggi daripada pesawat komersial — menyulut “peningkatan yang signifikan terhadap laporan benda terbang yang tak dikenal (UFO)”.

“Pada saat itu, tidak ada yang percaya penerbangan berawak bisa terbang di atas 60.000 kaki (seperti U-2), sehingga tidak ada yang menyangka akan melihat sebuah benda yang begitu tinggi di langit,” catatan penulis Gregory Pedlow dan Donald Welzenbach.

6 dari 8 halaman

5. Proyek MK-ULTRA

Pada tahun 1950-an, CIA meluncurkan program superrahasia, MKULTRA. Tujuannya mencari obat atau teknik yang bisa digunakan untuk mengendalikan pikiran manusia. Lebih dari dua dekade selanjutnya, lembaga intelijen itu menggunakan halusinasi, kondisi kurang tidur ekstrem, dan alat kejut listrik sebagai upaya pencucian otak sempurna.

Ilmuwan CIA melakukan lebih dari 149 proyek riset sebagai bagian dari MKULTRA. Salah satunya, mereka mengetes efektivitas LSD dalam situasi sosial tertentu dengan cara, diam-diam membubuhkan obat di sebuah bar di New York atau San Francisco. Atau menawarkan heroin pada pecandu agar mereka bisa berhalusinasi.

Dihantui skandal Watergate, pada tahun 1973 Direktur CIA, Richard Helms memerintahkan dokumen yang terkait dengan proyek tersebut dimusnahkan. Namun, sejumlah dokumen berhasil lolos, pada 1977 atas nama UU Kebebasan Informasi, sebanyak 20.000 halaman dirilis.

7 dari 8 halaman

6. Proyek Iceworm

Pada tahun 1960-an, Angkatan Darat AS memulai sebuah misi rahasia untuk membangun serangkaian situs peluncuran rudal nuklir mobile di bawah lapisan es Greendland. Tujuannya, sebagai landasan rudal jarak menengah untuk menyerang sasaran di dalam Uni Soviet.

Program tersebut diberi kode Project Iceworm, namun, untuk menguji kelayakannya, Angkatan Darat meluncurkan kedok proyek riset yang dinamakan “Camp Century” pada 1960.

Di bawah kedok ini, insinyur membangun jaringan bangunan bawah tanah dan terowongan, termasuk tempat tinggal, dapur, ruang rekreasi, rumah sakit, laboratorium, kamar pasokan, pusat komunikasi dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pangkalan, yang juga dirahasiakan dari pemerintah Denmark, beroperasi selama 7 tahun. Program itu akhirnya dibatalkan pada 1966, akibat geseran es yang menciptakan kondisi tak stabil. Hingga kini, sisa-sisa Proyek Iceworm terkubur di bawah lapisan es Kutub Utara.

8 dari 8 halaman

7. Proyek 1794

Pada tahun 2012, Angkatan Udara AS mengungkap dokumen rahasia, termasuk catatan program rahasia pembuatan pesawat yang bentuknya meniru piring terbang.

Program ambisius itu dinamakan Proyek 1794. Tujuannya,membuat piring terbang yang kuat dan dapat berfungsi untuk melakukan patroli udara. Sekaligus untuk menembak jatuh pesawat pembom Uni Soviet.

Dalam memo tahun 1956 terungkap, pesawat ditargetkan bisa melaju dengan kecepatan maksimal antara Mach 3 dan Mach 4, melayang di ketinggian 100.000 kaki atau 30.000 meter, dan daya jangkaunya maksimal 1.000 mil laut.

Target lain, piring terbang itu bisa terbang di lapisan stratosfer, dengan kecepatan 2.600 mil per jam, kemampuan untuk take-off dan mendarat secara vertikal, dan dikontrol dan distabilkan dengan pendorong jet. Saking cepatnya, perjalanan New York – Miami cukup ditempuh 24 menit.

Lalu bagaimana nasib proyek ini?

Diketahui, para insinyur telah melakukan tahap awal, lalu membangun desain prototipe. Namun pada akhirnya usaha mereka pupus. Proyek ini ditakdirkan gagal, meski para ilmuwan yang terlibat yakin, mereka di jalur yang benar.

Uji coba menunjukkan, desain piring terbang, dari kaca mata aerodinamis, tak stabil dan tak terkendali dalam kecepatan tinggi.

Kendala lainnya adalah soal pembiayaan, untuk meneruskan pembangunan prototipe tersebut membutuhkan uang sebanyak US$3,1 juta atau sekitar US$26,6 miliar jika dibandingkan dengan nilai uang saat ini. Sungguh jumlah yang luar biasa untuk proyek yang belum dipastikan bakal berhasil.

Usai Tutup Gerai, Central Department Store Fokus E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta – PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memutuskan menutup 26 gerai. Usai Hero, Central Departement Store Neo Soho bakal mengikuti langkah sama untuk menutup gerainya.

PR Department Manager PT Central Retail Indonesia, Dimas Wisnu Wardana mengatakan, fokus perusahaan kini akan membangun industri bisnis online atau e-commerce milik perseroan yaitu omni channel.

“Untuk sekarang ini kami penetrasi perlahan ke ranah online, namun fokus kami sekarang hanya melalui omni channel yang kami miliki dulu, karena investasi untuk e commerce juga tidak terbilang murah,” tutur dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Saat ditanya apakah penutupan gerai disebabkan menjamurnya bisnis e-commerce, Dimas menjelaskan perusahaan siap menyesuaikan dengan kebutuhan industri bisnis yang berlaku saat ini.

“Kami melihat e commerce adalah salah satu kanal untuk penjualan dan kami bersiap menghadapi hal tersebut dengan menghadirkan omni channel central lewat central on demand via wassap dan line official account kami di @CentralStoreId,” ujar dia.

“Jadi untuk mengembangkan omni channel kami, maka kami memfokuskan operasional kami hanya di Central Grand Indonesia dan melalui Omnichannel kami tersebut,” ia menambahkan.

Adapun pasca penutupan gerai, perusahaan akan menggelar diskon besar-besaran mulai dari hari ini sampai 17 Februari 2019.

“Tahun ini kami hanya fokus di gerai flagship di Central Grand Indonesia dan total gerai Central Dept Store yang kami miliki di indonesia hanya satu yaitu di Gerai Central Grand Indonesia. Untuk closing down salesnya hingga 90 persen, dimulai 14 Januari sampai 17 Februari 2019,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Central Department Store Tutup Gerai

Perusahaan ritel asal Thailand, Central Department Store ‎memutuskan menutup gerainya di Neo Soho, Jakarta. Sebelum menutup gerainya, Central Department Store menggelar diskon besar-besaran hingga 90 persen.

Public Relations Department Manager PT Central Retail Indonesia, Dimas Wisnu Wardana mengatakan, membenarkan soal penutupan gerai tersebut. Penutupan tersebut berlaku mulai 18 Februari 2019.

“Benar kami akan berhenti beroperasi. Untuk Central NeoSoho akan resmi beroperasi setelah periode closing down sale tersebut mas yaitu 18 Februari 2019‎,” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Sementara untuk diskon besar-besaran, akan berlangsung pada 14 Januari hingga 17 Februari 2019, atau sekitar 1 bulan penuh.

‎”Rangkaian sebelum berhenti beroperasi, kami awali dengan closing down sales up to 90 persen mulai dari 14 Januari-17 Februari 2019,” kata dia.

Dengan penutupan ini, lanjut Dimas, Central Department Store hanya menyisakan satu gerai, yaitu yang berlokasi di Grand Indonesia.

“‎Untuk saat ini gerai kami hanya 1 mas yaitu flagship store kami di Central Grand Indonesia. Central Grand Indonesia akan tetap beroperasi,” tandas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini: