Jarak Elektabilitas Menipis, Timses Jokowi Tetap Optimis Menangkan Pilpres

Delapan hari menuju hari pencoblosan, Voxpol Center Research and Consulting mirilis hasil survei elektabilitas para pasangan capres-cawapres 2019. Dalam survei itu, selisih elektabilitas antara Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terpaut 5,5 persen.

Dalam survei yang digelar pada 18 Maret hingga 1 April 2019 itu, Jokowi-Ma’ruf mendapat 48,8 persen dan Prabowo-Sandi 43,3 persen. Sementara, pemilih yang belum menentukan pilihan atau undecided voters sebesar 7,9 persen.

“Dari segi elektabilitas menunjukkan peta politik semakin kompetitif, selisih elektabilitas kedua pasang kandidat sudah semakin dekat,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Dari angka strong voters pemilih capres maupun pemilih partai politik, sambung dia, baik Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi memiliki tingkat loyalitas pemilih di bawah 50 persen. Persentasi strong voter kedua kandidat masing-masing sebesar 43,1 persen untuk Jokowi-Ma’ruf dan 40,9 untuk Prabowo-Sandi.

Menurut Pangi, dengan selisih yang begitu kecil, kedua pasangan calon sama-sama memiliki kemungkinan untuk kalah maupun menang.

“Jika pemilu dilakukan hari ini Pak Jokowi menang. Jika 17 April, Pak Jokowi punya peluang menang, dan peluang kalah. Pak Prabowo ada kemungkinan menang dan kemungkinan kalah,” kata Pangi.

BPBD Sleman Buat Aplikasi Jarak Aku dan Merapi untuk Pantau Status Vulkanik

Liputan6.com, Sleman – Guguran awan panas dan lava pijar hingga kini terus terjadi di Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, BPBD setempat membuat aplikasi yang bisa membantu warga untuk mendeteksi aman tidaknya posisi warga.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (5/4/2019), BPPTKG Yogyakarta mencatat Gunung Merapi mengeluarkan tujuh kali guguran sepanjang Jumat pagi. Aktivitas vulkanik Gunung Merapi terus terjadi secara fluktuatif.

Untuk mencegah adanya korban akibat aktivitas Gunung Merapi, BPBD Kabupaten Sleman membuat aplikasi untuk warga bernama Jarak Aku dan Merapi.  

Dengan aplikasi yang bisa diunduh di telepon genggam, warga bisa mengetahui apakah posisinya aman atau tidak dari ancaman bencana Gunung Merapi. Warga pun bisa melakukan upaya yang diperlukan untuk menyelamatkan diri.  

Selain bisa mengetahui jarak pengguna dengan Merapi, warga juga bisa mengetahui lokasi pengungsian atau tempat aman terdekat.  

Saat ini, warga dilarang beraktivitas kurang dari radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Tarif Ojol Terbit Senin, Jarak 5 Km Pertama Kena Tarif Rp 10.000

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal tarif ojek online (ojol). Keputusan soal tarif bakal dikeluarkan pada Senin pekan depan.

Tarif ini mulanya bakal dirilis minggu ini menyusul terbitnya aturan ojol yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019. Dengan demikian, keputusan soal tarif sedikit mundur.

Meski mundur, Kemenhub menyampaikan sejumlah informasi terkait tarif tersebut. Salah satunya soal tarif yang dibayarkan untuk jarak tempuh maksimal 5 kilometer (km).

Simak berita selengkapnya seperti dirangkum detikFinance:

(ang/ang)

Jarak 11,8 Persen di Survei Jadi ‘Cambuk’ Jokowi

Jakarta – Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut hasil survei yang memposisikan dirinya unggul 11,8 persen atas rivalnya, Prabowo Subianto, jadi bahan evaluasi dan koreksi. Jarak yang kian menipis itu menjadi ‘cambuk’ bagi capres nomor urut 01 itu.

Hasil survei elektabilitas tersebut dirilis oleh Litbang Kompas pada Rabu (20/3) kemarin. Survei digelar pada 22 Februari hingga 5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden, yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia.

Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 49,2%, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berada di angka 37,4%. Sedangkan responden yang masih merahasiakan pilihannya sebesar 13,4%.


Atas raihan itu, Jokowi enggan pesimis. Semua hasil survei yang ada, kata Jokowi akan jadi bahan evaluasi. Hasil survei tersebut juga jadi pemicu semangat bekerja.

“Saya kira semua survei kita lihat sebagai bahan koreksi, sebagai bahan evaluasi untuk mendorong bekerja lebih baik lagi,” kata Jokowi, saat ditemui wartawan di Sekretariat DPD PDIP DKI Jakarta, Jl Tebet Raya, Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Jokowi mengatakan, justru hasil survei yang baik bisa melemahkan. Hasil tersebut bisa membuat pihaknya terlena dengan raihan yang ada.

“Ya itu, justru kalau saya hasil yang baik justru bisa melemahkan kita, justru menjadikan kita tidak waspada,” ujarnya.

Sementara, hasil survei yang tidak baiklah yang justru bisa menjadi pemicu semangat timnya bekerja lebih baik di lapangan. Apalagi, kata Jokowi, waktu pencoblosan terhitung tidak lebih dari sebulan lagi.

“Ya survei banyak sekali kan. Ada berapa? Mungkin ada lebih dari 10. Semuanya kita pakai untuk evaluasi, untuk koreksi, untuk memacu bekerja lebih baik lagi,” kata Jokowi.

“Tetapi hasil survei yang tidak baik atau kecil malah mendorong-memicu seluruh relawan dan kader untuk bekerja lebih militan lagi,” pungkasnya..
(mae/aik)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

AS Memulai Program Rudal Jarak Jauh Pasca-Keluar dari Perjanjian Nuklir Perang Dingin

Liputan6.com, Washington DC – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah mulai membuat bagian-bagian rudal jelajah baru yang diluncurkan di darat, guna mengantisipasi berakhirnya perjanjian perang dingin yang melarang senjata tersebut.

Sebelumnya, pemerintahan Donald Trump menyatakan pada 1 Februari lalu, bahwa pihaknya tidak lagi terikat oleh perjanjian Nuklir Jangka Menengah (INF), dan akan mundur sepenuhnya pada Agustus nanti.

Keputusan itu, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (12/3/2019), merujuk pada penempatan rudal baru milik Rusia yang dikeluhkan AS selama lebih dari enam tahun, dan dituding sebagai pelanggaran perjanjian.

Sebulan setelah Amerika Serikat menyatakan keluar dari perjanjian era Perang Dingin itu, Presiden Rusia Vladimir Putin turut menangguhkan kewajiban serupa.

Michelle Baldanza, seorang juru bicara Pentagon, mengatakan pada hari Senin bahwa fabrikasi telah dimulai pada komponen-komponen untuk rudal jelajah peluncur darat (GLCM) yang baru, yang pertama kali dilaporkan oleh majalah Aviation Week.

Ini adalah pertama kalinya AS membuat senjata seperti itu sejak 1980-an ketika rudal jelajah dikerahkan di Eropa, menyusul ketegangan meningkat terhadap rudal SS-20 buatan Soviet.

Baldanza mengatakan bahwa dalam menanggapi pelanggaran Rusia terhadap perjanjian tersebut, kementerian pertahanan AS memulai “penelitian dan pengembangan yang sesuai dengan perjanjian rudal konvensional yang diluncurkan di akhir 2017”.

Dia menekankan bahwa rudal yang tengah diusahakan itu adalah konvensional, bukan nuklir.

Baldanza menambahkan bahwa karena AS sebelumnya telah mengamati perjanjian INF, maka pekerjaan penelitian berada pada tahap awal. Tetapi, ketika kini Gedung Putih tidak terikat oleh kewajiban INF, maka hal tersebut bergerak maju ke arah upaya pembangunan.

Dia mengatakan Amerika Serikat telah mulai membuat “komponen untuk mendukung pengujian pengembangan sistem ini”, menambahkan bahwa pekerjaan tersebut “tidak akan konsisten dengan kewajiban kami di bawah perjanjian”.

“Penelitian dan pengembangan ini dirancang untuk dapat diralat, jika Rusia kembali ke kepatuhan penuh dan dapat diverifikasi sebelum kami menarik diri dari perjanjian pada Agustus 2019,” kata Baldanza.

Simak video pilihan berikut: 

Ini penampakan torpedo nuklir Posseidon milik Rusia yang konon bisa memicu tsunami mematikan (Ministry of Defence of the Russian Federation)

Klasemen Liga Italia: AC Milan Perlebar Jarak dengan Inter

Liputan6.com, Milan – AC Milan memperlebar jarak dengan rival sekota mereka, Inter Milan di klasemen Liga Italia. Tim asuhan Gennaro Gattuso ini unggul empat poin dari Inter Milan.

Pada Minggu (10/3/2019) dini hari WIB, AC Milan menang 2-1 atas tim juru kunci di klasemen Liga Italia, Chievo di Stadio Marc’Antonio Bentegodi.

Pada pekan ke-27 Liga Italia itu, Krzysztof Piatek yang sempat absen mencetak gol untuk AC Milan kembali mencatatkan namanya di papan skor. Piatek mencetak gol kedua AC Milan setelah memanfaatkan umpan Samu Castillejo.

Satu gol AC Milan lainnya dicetak oleh Lucas Biglia. Sedangkan gol balasan Chievo dicetak oleh Hetemaj.

Tentunya, kemenangan itu membuat AC Milan mantap di posisi ketiga. Mereka sudah mengumpulkan 51 poin dari 26 pertandingan di Liga Italia.

Lihat klasemen Liga Italia selengkapnya di halaman berikut.

Isi Daya Cuma 5 Menit, Mobil Listrik Ini Bisa Menempuh Jarak 120 Km

Liputan6.com, Jakarta – Mengisi daya mobil listrik mungkin bisa menghabiskan waktu beberapa jam, berbeda dengan mobil konvensional yang bisa langsung diisi dengan bahan bakar bensin atau solar.

Tapi jika mobil listrik itu Tesla mungkin bisa hanya butuh beberapa menit. Sebab, Tesla baru saja mengenalkan sistem pengisian daya supercepat.

Namanya V3 Supercharging. Sistem itu bisa mengisi daya hingga bisa menjangkau jarak 120 kilometer hanya dalam waktu 5 menit. Tapi sistem ini baru berlaku untuk Tesla Model 3.

Sementara Model X dan Model Y baru bisa menggunakan sistem ini pada quartal kedua. Model Y sendiri baru akan dirilis pada kuartal kedua di Amerika Utara, pada kuartal ketiga di Eropa, dan akhir tahun nanti di kawasan Asia Pasific.

Dengan adanya sistem ini, Tesla bisa melayani dua kendaraan per hari di akhir tahun 2019 nanti, jika dibandingkan dengan saat ini. Sistem ini diklaim akan memberikan banyak manfaat bagi para pemilik Tesla di seluruh dunia.

Sumber: Otosia.com

Tesla Model S yang ditawarkan Prestige Image Motorcars merupakan edisi terbaru.

Klasemen Liga Inggris: Man City Jaga Jarak dari Liverpool

Sabtu, 9 Maret

19:30 WIB, Crystal Palace vs Brighton Albion

22:00 WIB, Cardiff Ctiy vs West Ham United

22:00 WIB, Huddersfield Town vs AFC Bournemouth

22:00 WIB, Leicester City vs Fulham

22:00 WIB, Newcastle United vs Everton

22:00 WIB, Southampton vs Tottenham Hotspur

Tanpa Ada Jarak, Menpora Asyik Bercengkrama dan Makan Bersama Pengamen

Liputan6.com, Semarang Bukan seorang Menpora Imam Nahrawi jika tak senang dan suka saling menyapa untuk beramah tamah. Ketika berada di rumah makan Pamularsih Raya, Semarang, Menpora menyapa para pengamen rumah makan Tripel A dengan ikut bernyanyi dan mengajak makan bersama. Seperti tanpa ada jarak diantara mereka, sangat akrab.


Tiba di Kota Semarang, Jawa Tengah Rabu (6/3) pagi Menpora langsung bercengkrama dengan para pengamen yang sedang bernyanyi di salah satu rumah makan di bilangan Pamularsih Raya, Semarang 


“Bisa lagunya pak, ini lagu khas Semarang kayaknya,” tanya Menpora kepada salah satu pejabat setempat, usai bergembira bersama ia pun meminta para pengamen itu turut sarapan bersama.


“Rasanya seneng, bangga karena kita sebagai musisi kecil disapa Pak Menteri beliau ini mau bergaul sama siapa saja sangat ‘lembah manah’ (ramah tamah, rendah hati) dan kami berterima kasih sudah ditraktir soto,” kata Arman, Arian dan Andre, para pemuda yang tergabung dalam Triple A ini.


Kedatangan Menpora di Kota Semarang, Jawa Tengah Rabu (6/3) pagi dalam rangka kunjungan kerjanya di Kota Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya serta pemberian santunan kepada Almarhum atlet baseball Asian Games Ramon Setyono di Pemalang.


Menpora didampingi Staf Ahli Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal bersama Ketua Umum Perbasasi Andika Monoarfa, Kadispora Kota Semarang dan Dirpel BPJS Ketenagakerjaan Krisna Syarif.

BMKG: Gempa Solok Selatan Dipicu Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis 28 Februari 2019. Hasil pemutakhiran parameter menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa Solok Selatan ini, merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

“Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatera tepatnya dari Segmen Suliti,” jelas Daryono kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

“Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut-tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault),” ujar dia.

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini.

“Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti tidak banyak, tetapi pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak dalam catatan sejarah pernah terjadi 2 kali gempa dahsyat, yaitu Gempa Kerinci 1909 (M=7,6) dan 1995 (M=7,0),” ucap Daryono.

2 dari 2 halaman

Sejarah Gempa 1909

Salah satu peristiwa gempa dahsyat di Perbatasan Sumatera Barat, Bangkulu, dan Jambi adalah gempa merusak yang terjadi pada 4 Juni 1909, sekitar 7 tahun setelah wilayah ini diduduki Hindia-Belanda.

“Gempa tektonik yang dipicu akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya di segmen Siulak ini berkekuatan M=7,6. Gempa ini menjadi gempa darat paling kuat yang mengawali abad ke-20 di Hindia-Belanda. Peristiwa gempa dahsyat ini banyak ditulis dan diberitakan dalam berbagai surat kabar Pemerintah Hindia Belanda saat itu,” terang Daryono.

Jumlah korban jiwa meninggal akibat gempa Kerinci saat itu sangat banyak mencapai lebih dari 230 orang. Sementara korban luka ringan dan berat dilaporkan juga sangat banyak.

“Sejarah gempa dahsyat yang melanda Kerinci tahun 1909 kemudian terulang kembali pada tahun 1995. Gempa Kerinci 1995 berkekuatan M 7,0 terjadi terjadi pada 7 Oktober 1995 yang mengakibatkan kerusakan parah di Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci,” kata Daryono.

Gempa ini menyebabkan 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Untuk itu, ia menilai ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan termasuk catatan gempa Kerinci 1909 dan 1995. Bahwa, keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai.

“Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk,” ucap Daryono.


Saksikan video pilihan berikut ini: