Jelang Debat, BNPT Beri Jokowi Masukan Soal Penanganan Terorisme

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius mengatakan telah memberikan masukan kepada Joko Widodo atau Jokowi soal penanganan terorisme untuk materi debat capres cawapres perdana pada Kamis (17/1/2019).

“Kita sudah beri masukan apa yang kita kerjakan selama ini,” kata Suhardi di sela-sela Rapat Kerja dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja BNPT seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, salah satu masukan yang diberikan adalah upaya penanggulangan terorisme melalui soft approach atau pendekatan secara halus. Metode pendekatan ini, kata Suhardi, diapresiasi dunia internasional.

“Bahkan kita menjadi role model, Indonesia menjadi role model pasca Presiden Jokowi menjadi pembicara di Riyadh di Arab Islamic American Summit tahun 2017. Penanganan terorisme tidak hanya pendekatan tunggal, yakni hard approach, tapi juga soft power approach,” terang dia.

Pendekatan secara halus ini, kata Suhardi, meliputi deradikalisasi dan sosialisasi melalui pendidikan. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan dengan BNPT semata, melainkan harus merangkul kementerian dan lembaga terkait.

“Kita mengidentifikasi hulu masalah, jangan bermain di hilir terus. Apa yang menyebabkan terorisme itu yang kita garap, kita sinergikan dengan kementerian dan badan terkait,” ucap Suhardi.

Suhardi meyakini, Jokowi mampu menguasai sejumlah materi tentang penanggulangan terorisme yang selama ini telah dilakukan pemerintah.

“Memang kami yang siapkan, tapi betul-betul speech beliau kebijakan yang sudah dikembangkan selama ini program deradikalisasi, termasuk kontranya,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Sinergitas Tangkal Terorisme

Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemanan Wiranto membenarkan pentingnya sinergitas antara lembaga terkait dalam menanggulangi terorisme. Dengan ditekannya peredaran terorisme di masyarakat dapat berpengaruh dengan kemanan dan sistem politik negara.

“Kita sekarang harus mempertahankan stabilitas politik dan keamanan. Karena ada korelasinya keamanan nggak beres, maka politik nggak beres,” kata Wiranto.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

OSO Diberi Waktu hingga 22 Januari untuk Mundur, Hanura: KPU Berpolitik

Jakarta – KPU memberikan waktu kepada Oesman Sapta Odang (OSO) untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketum Hanura hingga 22 Januari 2019 jika ingin lolos masuk ke Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif DPD. Hanura keberatan dengan ultimatum KPU itu.

Ketua DPP Partai Hanura Benny Rhamdani menduga ada konspirasi dan kepentingan politik dalam keputusan KPU itu. Mengingat, PTUN dan MA telah memutuskan agar nama OSO dimasukkan ke DCT.

“Sejak awal kami katakan KPU berpolitik. KPU sejak awal kami menduga ada upaya terkait untuk menjegal Pak OSO ini kan hasil dari sebuah dari operasi konspirasi politik dari pihak-pihak tertentu gitu. Ada oknum di Mahkamah Konstitusi (MK), ada oknum di KPU dan ada kekuatan politik di luar dua itu,” kata Benny kepada detikcom, Rabu (16/1/2019).

“Kan Pak OSO itu menang lho di PTUN, di Mahkamah Agung itu memang lho, tapi tidak dilaksanakan padahal itu berkuatan hukum tetap tidak dilaksanakan bahkan KPU mencari-cari alasan atas putusan MK,” imbuhnya.

KPU sebelumnya memutuskan tetap tidak meloloskan OSO dalam pencalonan anggota legislatif DPD. Alasannya, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) melarang pengurus partai politik maju sebagai caleg DPD.

Benny menilai, alasan KPU itu mengada-ada dan tidak tepat. Sebab, putusan itu keluar ketika tahapan pemilu sudah berjalan.

“Kami pada prinsipnya setuju dengan putusan MK, jangan diputar, kita setuju. Tapi yang kita tolak ada pemaksaan untuk pemberlakuannya di 2019, pada saat putusan MK keluaran tahapan pemilu sudah jalan, itu yang kita lawan,” ujar Benny.

Sementara, Kuasa Hukum OSO, Herman Kadir mengatakan KPU tidak patuh pada putusan hukum. Menurutnya, KPU telah melakukan pembangkangan konstitusi.

“KPU kami nilai telah melakukan pembangkangan terhadap konstitusi, KPU tidak patuh pada hukum. kan negara kita ini negara hukum siapa saja harus patuh kepada hukum.Putusan pengadilan adalah perintah hukum, harus tunduk pada putusan PTUN, Bawaslu. KPU telah melakukan pembangkangan konstitusi,” kata Herman kadir.

Ia mengatakan dalam waktu dekat PTUN akan segera mengeluarkan surat eksekusi atas putusan yang memenangkan gugatan OSO atas KPU. Surat itu akan dikirim ke KPU.

“PTUN dalam waktu dekat ini akan keluarkan surat eksekusi. itu akan dikirim ke KPU untuk melakukan putusan PTUN,” ujarnya

(ibh/mae) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Macam Macam Puisi Lama dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Puisi merupakan salah satu karya sastra yang banyak digemari orang. Mulai dari usia belia, remaja hingga orang tua. Para penyuka sastra pasti sudah tak asing lagi untuk mengenali apa itu puisi.

Nah, bagi kamu yang baru menyukai dan ingin bergelut di bidang salah satu hasil karya sastra ini, kamu harus tahu tentang puisi. Sebelum membahas macam-macam puisi, perlu tahu arti puisi. 

Puisi adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan. Isi dari pesan ini bisa berupa suatu ungkapan atau sebuah pesan dari seseorang ke orang lain atau ke khalayak.

Di dalam puisi terdapat aturan tertentu. Diantaranya rima, jumlah baris dan juga makna yang tersirat di dalam pusisi tersebut. Jadi puisi mementingkan bunyi, struktur dan maknanya.

Untuk macam-macam puisi terdapat dua yang membedakan berdasarkan bentuknya yakni puisi lama dan puisi baru. Kali ini Kamis (17/1/2019), Liputan6.com membahas salah satu macam-macam puisi yaitu puisi lama dan macam-macam puisi lama, yang dirangkum dari berbagai sumber. 

2 dari 5 halaman

Pengertian Puisi Lama

Puisi lama atau kerap disebut puisi konvensional adalah salah satu jenis macam-macam puisi yang ada. Jenis puisi ini masih terikat oleh persajakan, pengaturan larik dalam setiap bait, dan jumlah kata dalam setiap larik, serta musikalitas puisi sangat diperhatikan.

Puisi lama sudah muncul sejak zaman dahulu dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Ketentuan dari puisi lama yakni:

1. Jumlah kata dalam 1 baris

2. Jumlah baris dalam 1 bait dapat 2, 4 atau lebih

3. Banyaknya suku kata

4. Rima dan irama

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Puisi Lama

Selain dapat dilihat dari ketentuan puisi lama tadi, terdapat ciri-ciri dari puisi lama, antara lain:

1. Terlihat kaku karena harus mengikuti aturan

2. Biasanya tidak diketahui pengarangnya karena merupakan hasil karya turun temurun

3. Disampaikan secara lisan dari mulut ke mulut

4 dari 5 halaman

Macam-macam Puisi Lama: Mantra, Pantun, Karmina

Macam-macam puisi lama terdapat tujuh bentuk yaitu Mantra, Pantun, Karmina, Gurindam, Syair, Seloka dan Taliban. Mari kita bahas satu persatu.

1. Mantra

Macam-macam puisi lama yang pertama adalah Mantra. Mantra adalah sejenis puisi tua yang terkadang dianggap memiliki kekuatan ghaib seperti sebuah doa. Karya sastra ini memiliki rima dan irama yang terkenal edngan sifatnya yang misterius.

Biasanya menggunakan majas metafora. Contohnya:

InsyaAllah… Wabarakallah…

Nangis jangan sejadi-jadinye

Marah jangan sengamuk-ngamuknye

Otak jangan selupe-lupenye.

Hati jangan sekosong-kosongnye.

Darah jangan sekotor-kotornye.

Puah! Alhamdulillah

(dikutip dari Sapardi Djoko Damono “Bilang Begini Maksudnya Begitu.” (2016))

2. Pantun

Pantun adalah salah satu macam-macam puisi lama yang populer hingga kini dan dikenal luas oleh masyarakat. Ciri khas pantun adalah bersajak a-b-a-b, 1 bait terdiri dari 4 baris, setiap baris terdapat 8 sampai 12 kata dan 2 baris awal merupakan sampiran, 2 baris berikutnya adalah isi.

Pantun sendiri juga memiliki jenis-jenis seperti pantun jenaka, pantun anak, pantun nasehat dan lain-lain.

Contoh :

Pergi ke pantai siang bolong

Pakai motor punya si Parman

Janganlah kau suka berbohong

Jika tidak ingin dijauhi teman

3. Karmina

Macam-macam puisi lama selanjutnya adalah karmina. Karmina sering disebut sebagai pantun kilat karena ia adalah sebuah pantun namun isinya pendek. Biasanya karmina hanya memiliki dua baris ditiap baitnya, terdiri atas 8 sampai 12 suku kata ditiap baris, baris pertama sampiran dan baris kedua adalah isi serta bersajak a-a.

Contoh:

Pak Sulam pergi ke Cina

Selamat malam buat yang di sana

5 dari 5 halaman

Gurindam, Syair, Seloka, Talibun

4. Gurindam

Selanjutnya adalah Gurindam. Jika Karmina adalah pantun kilat atau pantun singkat, maka gurindam adalah syair singkat. Gurindam biasanya berisi suatu nasehat dengan aturan 2 baris ditiap baitnyadan bersajak a-a dan tiap baris adalah isi.

Contoh :

Jika belajar besungguh-sungguh Keberhasilan akan kau rengkuh

Jangan hanya pandai saja di benak Namun juga harus pandai di tindak

Kalau engaku tidak tahu Maka harus cari ilmu

5. Syair

Berikutnya adalah Syair. Syair sendiri berasal dari Arab dengan ciri khas terdiri dari 4 baris dalam 1 bait dengan sajak a-a-a-a. Syair biasanya berisi tentang sebuah cerita dengan nasehat didalamnya. Contoh :

Apabila engkau kesulitan

Dan menerima segala cobaan

Memohonlah kepada Tuhan

Pasti Tuhan mengabulkan


Ilmu bukanlah untuk harta semata,

Ilmu tak akan lekang oleh usia,

Sebab ilmu akan membuatmu terjaga,

Dan ilmu akan membuatmu dewasa, 

6. Seloka

Seloka adalah salah satu macam-macam puisi lama yang berisikan pepatah maupun perumpamaan yang mengandung sindiran, senda gurau bahkan ejekan. Seloka merupakan bentuk puisi Melayu yang ditulis dalam 4 baris atau lebih.

Contoh :

Sudah bertemu kasih sayang Duduk terkurung malam siang Hingga setapak tiada renggang Tulang sendi habis berguncang 

7. Talibun

Macam-macam puisi lama yang terakhir adalah Talibun. Talibun adalah pantun yang lebih panjang dari pantun pada umumnya. Memiliki baris yang lebih panjang seperti 6baris, 8 baris, 10 baris dan seterusnya.

Contoh :

Burung elang terbang tinggi

Membidik mangsa di daratan Jawa

Makanan hilang di tengah rawa

Wahai kalian para muda mudi

Jangan lengah dan terperdaya

Dengan rayuan sesat dunia 

Demikian penjelasan tentang macam-macam puisi lama dan contoh singkatnya. Semoga artikel ini menambah pengetahuanmu seputar karya sastra puisi lama.


Reporter: Loudia Mahartika

5 Tata Cara Berhijab Segi Empat Simpel yang Bisa Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta Bagi perempuan muslim, berhijab merupakan suatu kewajiban pada setiap wanita. Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat, tentu tak mengherankan jika hijab di Indonesia memiliki banyak variasi, dari bahan, model hijab hingga penggunaanya. 

Bukanlah suatu yang mengherankan, melihat Indonesia merupakan salah satu kiblat fashion hijab di dunia.

Apakah kamu sedang belajar menggunakan hijab? Kamu tidak perlu khawatir, dengan membaca artikel ini tetunya kamu dapat mengetahui tata cara berhijab segi empat yang membuatmu terlihat lebih menawan.

Apakah kamu salah satu yang lebih suka memaki hijab segiempat? Kain segiempat yang simple memang masih menjadi favorit untuk para wanita muslim. Kali ini Kamis (17/1/2019) Liputan6.com akan menjelaskan tata cara berhijab segi empat, hijab segi empat juga bisa digunakan untuk kegiatan formal, glamour ataupun kegiatan sehari-hari.

Simak terus artikel tata cara berhijab segi empat dibawah ini ya. Jangan lupa untuk berbagi artikel tata cara berhijab segi empat kepada keluarga, teman dan orang tersayang, agar mereka juga bisa mengetahui tata cara berhijab segi empat dan tampil lebih kece!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tata cara berhijab segi empat yang perlu kamu coba.

2 dari 6 halaman

1. Hijab ala Laudya Cintya Bella

Wanita cantik kelahiran Bandung, 24 Februari 1988. Pada awal Februari 2015, Bella telah memutuskan untuk menutup mahkotanya dengan Hijab. Paska berhijab, Bella semakin aktif dalam berperan di banyak film dan iklan, serta merambah ke dunia bisnis.

Gaya hijab Bella selalu terlihat simple dan modis. Berikut tutorialnya

1. Kamu bisa merentangkan kain, kemudian lipat berbentuk segitiga dan buat sisi sama panjang

2. Jangan lupa untuk sematkan jarum peniti

3. Ambil bagian sisi kiri dan letakkan  ke bawah sisi kanan kemudian tarik kebelakang, hingga memutar

4. Selipkan pada lipatan jilbab dan lakukan hal yang sama pada sisi yang kanan.

5. Setelah selesai, rapihkan jilbab untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Jilbab ala laudya cintya bella siap menyambut harimu!Penggunan jilbab yang dililtkan ke leher ala Ludya Cintya Bella ini cocok untuk kamu yang berwajah bulat karena akan membuat leher telihat lebih jenjang.

3 dari 6 halaman

2. Hijab ala Natasha Rizky

Hijab ala pemeran film Radio Galau ini juga tak kalah simple dengan hijab ala Bella. Kamu hanya perlu membutuhan sekitar 1 menit saja untuk memggunakan hijab ala Natasha Rizky.

1. Kamu bisa merentangkan kain, kemudian lipat berbentuk segitiga dan buat sisi sama panjang

2. Jangan lupa untuk sematkan jarum peniti.

3. Tarik dua sisi jilbab ke belakang

Hijab ala Natasha Rizky ini cocok untuk kamu yang ant ribet, karena hijab ini sangat simple, tidak membutuhkan wkatu yang lama dan cocok untuk kegiatan sehari-hari.

4 dari 6 halaman

3. Hijab ala Ria Miranda

Ria sendiri suka dengan gaya hijab yang sederhana. Nah, kamu bisa menirunya untuk tampilan yang terlihat simple namun menawan.

1. Step pertama, kamu bisa melipat hijab persegi menjadi segitiga. Kemudian tarik sisi kiri kanan dan sematkan jarum.

2. Selanjutnya tarik hijab sisi kanan ke bagian kiri. Namun, di bagian luar agar tertutup sisi kirinya.

3. Kamu bisa juga menyematkan bros, jika tak suka, kamu bisa menggunakan jarum pentul.

4. Voila! Style hijab sederhana pun sudah siap.

Dilansir dari vemale.com Ria Miranda merupakan desainer yang memiliki ciri khas rancangan dengan warna-warna pastel. Menurutnya warna pastel ini memberikan kesan yang lembut dan juga manis.

5 dari 6 halaman

4. Hijab ala Alysa Soebandono

Istri dari Dude Herlini ini semenjak berhijab sering menampilkan foto hijab syari dalam akun instagramnya. Jika kamu salah satu pengguna hijab syari kamu bisa mengikuti tutorial hijab ala Alysa Soebandono.

1. Step pertama, kamu bisa melipat hijab persegi menjadi segitiga.

2. Kiri lebih pendek dari yang kanan, masukkan bagaian kiri ke dalam bagian kanan.

3. Sisi kanan putar ke bekang dan peniti dibagian atas.

6 dari 6 halaman

5. Hijab ala Shireen Sungkar

Aktris Indonesia berdarah Arab-Minang, Shireen semenjak tampil tertutup tidak lantas membuat Shireen jadi mati gaya. Justru gaya Shireen mulai ditiru oleh para hijabers. Berikut tutorial hijab ala Shireen Sungkar yang bisa kamu coba.

1. Step pertama, kamu bisa melipat hijab persegi menjadi segitiga

2. Bagi dua sisi, dengan sisi kiri lebih pendek dari sisi kanan.3. Selanjutnya tarik hijab sisi kanan ke bagian kanan bahumu, dan letakkan bros.

4. Style hijab sederhana pun sudah siap.

Nah, 5 tata cara hijab segiempat diatas ala Laudya Cintya Bella, Natasha Rizki, Ria Miranda ataupun Shireen Sungkar bisa langsung kamu coba ya. Kamu juga bisa sesuaikan dengan bahan atau warna yang sesuai dengan baju yang kamu pakai. Selamat mencoba!


Reporter: Tyas Titi Kinapti

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak Lemot

Jakarta – Sebagai layanan pesan populer, khususnya di Indonesia, sangat mungkin WhatsApp menjadi aplikasi yang paling sering dilirik pengguna smartphone setiap harinya.

Nah, yang terkadang jadi perkara adalah bahwa spesifikasi ponsel pun beda-beda, secara khusus dalam hal memori atau kapasitas penyimpanannya. Riwayat chat dan file WhatsApp yang sudah menumpuk bisa saja bikin HP jadi lemot.

Untuk mengecek berapa penyimpanan WhatsApp memakan kapasitas di ponselmu, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:
Ketuk titik tiga di WhatsApp lalu secara bertahap pilih > settings/setelan > data and storage usage/penggunaan data dan penyimpanan > storage usage/penggunaan penyimpanan.

Di bagian ini storage usage/penggunaan penyimpanan itu kamu akan melihat riwayat chat kamu dibagi berdasarkan seberapa besar penyimpanan WhatsApp. Jika sering berbagi video atau foto, khususnya di grup, jangan kaget jika ternyata ukurannya cukup besar.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

Setelah mengetahui besaran penyimpanan WhatsApp masing-masing chat secara umum, setelah ini kamu juga bisa melihat satu per satu riwayat chat tersebut. Khususnya jika kamu mau menghapus file-file chat itu sekaligus banyak.

Untuk itu, masuk saja ke salah satu chat. Di sini akan muncul rincian antara lain jumlah text messages/pesan teks antara kamu dengan teman chatmu/grup itu, juga seberapa banyak kalian berbagi stiker WhatsApp, file foto, GIF, video dan lain-lain.

Di bagian paling bawah kamu akan menemukan tulisan manage messages/kelola pesan. Mengetuk tulisan tersebut akan memunculkan opsi untuk menghapus file chat sekaligus banyak berdasarkan kategorinya.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

Dengan cara ini maka kamu, misalnya, bisa sekaligus menghapus seluruh file chat WhatsApp berupa GIF dan stiker WhatsApp di salah satu chat/grup, tetapi tetap menyimpan percakapan itu dan foto-fotonya.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

(krs/afr)

Sushigroove Luncurkan 40 Menu Baru yang Beragam dan Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta – Menyambut tahun baru 2019, restoran bernuansa Jepang Sushigroove menghadirkan inovasi terbaru. Restoran yang sudah beroperasi sejak 2004 ini meluncurkan lebih dari 40 menu atau variasi sushi terbaru dengan sentuhan modern.

Menu baru ini meliputi sushi Nigiri, Rolls, Gunkan dan Inari serta sushi Moriawase. Untuk menu pembuka, ada salted egg salmon skin untuk penyuka segala makanan berbumbu telur asin. Potongan kulit salmon yang digoreng cukup tebal, tapi masih tetap renyah saat disantap.

Saus mentaiko (telur ikan) yang gurih jadi pelengkap gyoza, kudapan Jepang yang biasanya terdiri dari irisan kubis, daging dan bawang putih dibalut pangsit. Lalu ada Nigiri yang biasanya terdiri dari potongan ikan mentah segar yang diletakkan di atas nasi.

Namun di restoran ini dagingnya disajikan matang. Potongan nasi untuk menu Nigiri cukup padat, pun dagingnya tebal. Kalau ingin yang lebih mengenyangkan, bisa memesan Salmon Cheese Roll.

Menu ini berisi delapan potong sushi ini terdiri dari perpaduan salmon, kani, dan mentimun Jepang plus topping cream cheese yang gurih.

“Kali ini kita hadirkan sesuatu yang baru, tidak cuma salmon saja. Ada juga sushi perpaduan scallop, ebi, tuna sampai telur asin,” terang Cynthia Utami, brand manager Sushigroove di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2019.

2 dari 2 halaman

Sushi Topping Kerang

Kalau Anda datang beramai-ramai, jangan lupa coba sushi moriawase. “Kalau moriawase ini penggabungan sushi rolls, nigiri dan aneka sushi lainnya dalam satu piring. Jadi bisa untuk beberapa orang, bisa buat sharing,” terang Cynthia.

Buat penyuka kerang, wajib mencoba Scallop Dynamite Roll yang terdiri dari sushi roll dengan topping kerang serta saus yang creamy. Untuk harga termasuk terjangkau, mulai dari Rp 9 ribu sampai Rp 100 ribu.

Sebagai pencuci mulut, ada Japanese Chesse Cake dan Snow Ice Cream yang pas sebagai penetralisir mulut usai menyantap berbagai sushi yang lezat dan gurih dari Sushigroove.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Vinicius Tuai Pujian, Pelatih Real Madrid Minta Jangan Terbawa Perasaan

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, terus memuji penampilan penyerang mudanya Vinicus Junior. Tapi, Solari juga mengingatkan perkembangan Vinicius harus tetap diperhatikan.

Solari menegaskan Real Madrid harus terus memberinya dukungan. Pelatih asal Argentina ini, menyatakan bahwa penting bagi pemain senior di klub untuk membantunya terus berkembang.

“Kita harus memberinya dukungan yang Vinicius butuhkan,” kata Solari, seperti dikutip Diario AS.

“Dia memiliki semua bakat di dunia dan menunjukkan dia juga baik dalam pelatihan, dan yang paling penting, dalam pertandingan,” katanya.

“Tapi dia baru berusia 18 tahun dan dia sudah banyak berkembang di sini, jadi kita harus mengakui itu tetapi juga jangan terlalu terbawa perasaan,” ujar Solari.

“Kadang-kadang remaja tumbuh sangat cepat ketika mereka menghadapi situasi ini, tetapi mereka mendapat dukungan dari pemain tim utama,” kata pelatih Real Madrid ini.

2 dari 3 halaman

Termahal Kedua

Real Madrid merekrut Vinicius pada 2017 lalu. Dia diboyong ke Santiago Bernabeu dengan nilai transfer 46 juta Euro dan jadi pemain Brasil termahal kedua setelah Neymar.

Namun, Vinicius tidak gampang mendapat tempat di tim utama Real Madrid. Bahkan saat Los Blancos masih ditangani Julen Lopettegui, Vinicius ditempatkan di Real Madrid Calissta.

3 dari 3 halaman

Skuat Inti

Vinicius akhirnya berubah saat Real Madrid memecat Lopetegui. Di bawah era Santiago Solari, Vinicius Jr semakin sering masuk dalam skuat inti Los Blancos.

Hingga saat ini, Vinicius telah mengemas 3 gol. Dua gol di Copa del Rey dan 1 gol lagi di La Liga.

Mengenal Sosok Pilot di Balik Aksi Penurunan Paksa Pesawat Ethiopian Airlines

Pekanbaru – Kisah heroik tercatat dalam upaya penurunan paksa pesawat Ethiopian Cargo yang diduga terbang tanpa izin di Batam. Ada dua pilot yang menerbangkan pesawat tempur F16 Fighting Falcon berhasil menurun paksa pesawat kargo Ethiopian Airlines, Senin pagi, 14 Januari 2019,

Satu di antara dua pilot itu ternyata putera Riau kelahiran Pekanbaru. Tak tanggung-tanggung, putera Riau tersebut menjadi pemimpin penurunan paksa pesawat asing kargo Ethiopian Airlines masuk wilayah udara Indonesia tanpa ada izin tersebut. Pilot itu bernama Kapten Penerbang (Pnb) Barika Harma.

Putra pasangan Mahyudin dan Zulhasmili ini menjalani jenjang pendidikannya di Riau. Saat SD, ia bersekolah di SDN 002 Sungai Pinang tamat 1999, kemudian dia melanjutkan ke SMPN 02 Rimbo Panjang (2002), serta SMAN Plus Riau (2005). Alasan Barika jadi tentara, ingin mengabdi kepada negara sebagai penerbang pesawat tempur.

Keberhasilan anak Riau dalam menjaga kedaulatan udara wilayah Indonesia tersebut dengan memaksa pesawat kargo Ethiopian Airlines mendarat itu, mendapat apresiasi dari Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN Plus Provinsi Riau, Husnul Kausarian.

“Suatu kebanggaan buat keluarga besar SMAN Plus Provinsi Riau, termasuk bagi Riau sendiri, ketika mengetahui penerbang TNI AU tersebut merupakan alumni SMAN Plus,” kata Husnul kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 15 Januari 2019.


Baca berita menarik lainnya di Riauonline.co.id

2 dari 2 halaman

Pemberi Motivasi

Husnul menjelaskan, Kapten Pnb Barika Harma merupakan lulusan SMAN Plus Riau angkatan ke-5. Kapten Barika, tutur Husnul, lahir di Pekanbaru, 28 Agustus 1987.

Walau lahir di Pekanbaru, jelas Husnul, tetapi kampung halamannya di Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Husnul menceritakan, sebagai alumnus, Barika tetap aktif memberikan pandangan dan bertukar pikiran serta memotivasi adik-adiknya untuk menjadi terbaik.

“Di Alumni SMAN Plus Provinsi Riau, Barika sering berinteraksi sangat intens dengan adik-adiknya. Bentuk keaktifan Kapten Pnb Barika ia pernah membawa pameran dirgantara ke Kampus SMAN Plus Provinsi Riau di Kubang,” kata Husnul.

Dilansir dari laman Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kapten Pnb Barika Harma merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) tahun 2009.

Pada Kamis, 3 November 2016, saat masih berpangkat Lettu, Barika Harma telah merampungkan pendidikan konversinya sebagai penerbang pesawat F16.

Pendidikan konversi Barika, ketika itu, ditutup langsung oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi, di shelter Skadron Udara 16.

“Jangan cepat berpuas diri, jadikan hal ini sebagai cambuk motivasi meningkatkan kemampuan guna mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas,” pesan Henri Alfiandi yang kini menjabat Pangkoopsau II kepada Barika dan rekan-rekan.


Simak video pilihan berikut ini:

Kala Menpora Imam Kena Tipu Gocekan Bola di Tasikmalaya

Liputan6.com, Tasikmalaya – Ada pemandangan menarik saat kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, ke Lapangan Sepakbola Lodaya Sakti yang berlisensi FIFA, di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dipandu dua mantan pemain nasional Atep Rizal dan Tantan yang tengah memberikan coaching clinic, puluhan anak-anak pelajar sekaligus peserta sekolah sepakbola (SSB) terlihat  menikmati  teknik passing, shooting dan kontrol bola yang diberikan dua pemain Persib tersebut.

Di tengah keseriusan itu, Menteri Imam sepertinya terpanggil untuk gabung ikut dalam salah satu game, ia kemudian mengajak Atep bagaimana menunjukkan operan yang baik, sekaligus cara menendang yang benar di antara peserta didik.

“Horeee…,” teriakan salah satu peserta pelatihan meneriaki Menteri Imam, setelah berhasil melintasi kedua kakinya, sekaligus mengelabui sang Menteri dengan riang. “Kamu memang bagus,” ujar Imam, sambil memeluk salah satu anak yang telah berhasil mengelabuinya itu.

Menurut Imam, perbaikan sejumlah fasilitas lapangan sepakbola di tiap desa sangat dinantikan masyarakat. Untuk mendukung itu, bahkan pemerintah tidak ragu menggelontorkan dana desa yang cukup besar, agar kehadiran infrastruktur yang memadai benar-benar dinikmati seluruh masyarakat.

“Silahkan para Kepala Desa mencontoh desa Cisayong,” kata dia.

Lapangan Bola Lodaya Sakti desa Cisayong ini memang tengah menjadi buah bibir saat ini, menggunakan jenis rumput lapangan Zoysia Matrella dari Eropa, yang biasa digunakan stadion di benua biru, Lapangan bola Cisayong memang pengecualian dibanding seluruh lapangan bola milik desa di Indonesia.

Dengan jenis rumput itu, lapangan sepakbola lebih optimal digunakan seluruh pemain. Selain empuk, karena memiliki ketebalan dan kerapatan rumput yang seimbang, juga memiliki elastisitas dalam menahan beban.

Kemudian rumput itu memiliki pemulihan diri lebih cepat dalam pertumbuhan sehingga ketebalan tetap terjaga, yang memungkinkan terjadinya resiko cedera pemain bisa dihindari sejak dini.

“Ini bukan standar Tasik lagi tetapi standar internasional,” ujar dia yang disambut gelak tawa dan tepuk tangan penonton yang hadir.


2 dari 2 halaman

Berharap Penambahan Fasilitas Lapangan

Sejak pertama kali dibuka tahun lalu, animo masyarakat untuk menggunakan lapangan sepakbola berstandar FIFA itu memang tidak terelakan lagi, meskipun tribun penonton belum terbangun akibat minimnya anggaran. Namun keinginan mereka menikmati main sepakbola di lapangan tersebut tinggi.

Untuk itu, Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin selaku penggagas dan pengelola lapangan baru tersebut, meminta adanya tambahan bantuan anggaran untuk mempercantik kondisi Lapangan Cisayong.  “Sekarang ada space lima meter di sebelah utara dan selatan lapangan, nanti bisa dibangun tribun untuk kapasitas 1000 orang lah,” ujarnya.

Imam yang sejak awal memasuki lapangan, langsung menjajal kualitas rumput. Di sela-sela itu, Ia pun memberikan isyarat adanya bantuan untuk memenuhi permintaan Yudi, meskipun tidak seluruhnya.

“Kita lihat dulu yang lima meter itu seperti apa, tetapi yang paling mungkin, apa dulu yg perlu kita bantu lebih awal, kamar ganti, tribun, atau apa,” papar dia.

Dengan semakin baiknya fasilitas lapangan, Imam berharap dalam waktu dekat Lapangan Cisayong bisa menjadi salah satu alternatif kejuaraan nasional dan internasional.

“Dengan saya hadir, nambah semangat saya untuk terus bantu masyarakat di sini,” ungkap dia bangga.

Coaching Clinic  Pemain Persib

Selain didatangi Menpora Imam Nahrowi, keceriaan lain yang dirasakan ratusan anak –anak yang hadir di tengah lapangan Cisayong, adalah transfer ilmu yang diberikan dua pemain Persib Bandung Atep Rizal dan Tantan.

Bahkan untuk menguji kemampuan dua mantan pemain timnas itu, panitia penyambutan kunjungan Menpora sengaja membuat laga antara Menteri Iman yang dibantu Atep, Tantan dan satu pemain timnas U15 asal Ciamis, melawan tiga tim SSB sekaligus dibawah usia 10 tahun.

Menurut Atep, latihan teknik permainan sepakbola mesti dilakukan dengan penuh suka cita tanpa tekanan siapapun. Ia mencontohkan Leonel Messi, Cristiano Ronaldo, dua masetro pesepakbola terbaik dunia saat ini, nampak menikmati seluruh pertandingan yang mereka jalani. “Tetapi tetap saja dari semua itu, anak-anak harus bekerja keras agar bisa meraih mimpi,” ujar dia.

Ia pun tak pelit berbagi ilmu, beberapa teknik dasar bermain sepakbola mulai shooting, operan pendek hingga game kecil, ia perlihatkan di depan puluhan siswa didik. “Latihan itu jangan terbebani, ketika teman-teman punya mimpi besar tapi tidak bekerja keras, maka akan sulit meraihnya,” papar dia.

Dengan pola latihan penuh kerja keras, serta memahami dan menguasai teknik permainan sepakbola yang benar, Atep berharap suatu saat ini, dari desa Cisayong akan lahir pemain sepakbola dunia.

“Saya doakan satu di antara peserta yang banyak ini nanti akan menjadi pemain nasional,” ujar dia yang diamini seluruh peserta siswa SSB yang hadir.

Hudson-Odoi Sempat Unggah Bantahan Kabar Transfer ke Bayern, Lalu Dihapus

JakartaBayern Munich dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Chelsea demi Callum Hudson-Odoi. Tapi si pemain sempat membantah lewat instagram, lalu menghapusnya.

Bukan rahasia lagi jika Bayern berminat dengan winger belia tersebut. Direktur Keolahragaan Bayern Hasan Salihamidzic sudah mengungkapkan bahwa ada pembicaraan dengan Chelsea.

Namun tak lama setelah kabar ini muncul, Hudson-Odoi mengunggah pernyataan di Instagram Story. Pernyataan yang menyiratkan bantahan itu hanya muncul sebentar, karena langsung dia hapus.

“Jangan selalu percaya dengan apa yang Anda dengarkan!” tulis Hudson-Odoi.

Sepanjang musim ini Hudson-Odoi mulai sering muncul di tim senior, walau jam terbangnya masih minim. Ia baru empat kali jadi starter dan empat sisanya tampil sebagai pemain pengganti.

Opsi hengkang untuk sang pemain cukup masuk akal menengok Chelsea memiliki tiga winger senior yang sulit digeser, yakni Eden Hazard, Pedro Rodriguez, dan Willian.

Kabar yang beredar Hudson-Odoi dihargai 35 juta pound sterling. Jika memang ke Jerman, ia akan mengikuti dua pemain muda Inggris yang sudah terlebih dahulu sukses di sana macam Jadon Sancho (Borussia Dortmund) dan Reiss Nelson (Hoffenheim).

(raw/rin)