Jangan Berlebihan, Ini Batas Konsumsi Gula dalam Sehari

Liputan6.com, Jakarta Di hari ini kira-kira sudah berapa sendok gula tambahan yang masuk dalam tubuh? Pastikan Anda tak berlebihan agar tak menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

Pakar nutrisi dan Guru Besar IPB Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS menerangkan bahwa Kementerian Kesehatan RI menganjurkan dalam sehari konsumsi gula untuk orang di Indonesia adalah 50 gram. Setara dengan empat sendok makan perhari. Sedangkan, anjuran WHO, hanya 25 gram per hari.

“Kalau ibu kasih anak cake, kue manis-manis harus diperhatikan. Karena makananan tersebut mengandung banyak gula,” tambahnya.

Ali juga mengatakan penting bagi orangtua membiasakan diri dan mengajarkan anak sejak kecil untuk mengurangi asupan gula. Pola hidup sehat sejak dini dapat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, bahkan menjamin kualitas hidup si Kecil ketika dewasa.

“Sebagai contoh, anak yang telah terbiasa menerapkan pola makan sehat pada saat dewasa akan memiliki risiko lebih rendah terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti obesitas, hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung,” papar Ali saat ditemui dalam peluncuran Nestle Milo Baru, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Penulis: Anisha Saktian Putri/Fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *