Theresa May: Inggris akan Keluar dari Uni Eropa Sesuai Jadwal

Liputan6.com, London – PM Inggris Theresa May menyatakan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa dengan perjanjian yang menguntungkan, sesuai jadwal bulan depan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (1/3/2019) Perdana Menteri Theresa May mengatakan hari Rabu (27/2) bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa sesuai jadwal bulan depan, walaupun ada isyarat ia akan memungkinkan diadakannya pemungutan suara untuk menunda langkah Brexit itu.

May agaknya setuju dengan tekanan dari partai konservatif, dan akan mengizinkan pemungutan suara untuk menunda keluarnya Inggris tanggal 29 Maret dari Uni Eropa, kalau DPR tidak setuju.

Tapi May secara pribadi menentang ditundanya batas waktu itu dan mengatakan Inggris akan tetap keluar dari Uni Eropa kalau DPR berani dan tegas.

Kata May dalam tulisan yang dimuat harian Daily Mail, perundingan dengan Eropa untuk mengubah syarat-syarat Brexit supaya bisa diterima oleh DPR “telah mulai mendapat hasil.”

Parlemen Inggris dengan perbandingan suara yang sangat besar bulan lalu menolak perjanjian yang dicapai May dengan Uni Eropa, tentang jaminan untuk tetap membuka perbatasan

Inggris di Irlandia Utara dengan Irlandia, yang merupakan anggota Uni Eropa.

Tapi Uni Eropa mengatakan perjanjian yang dicapai dengan Inggris itu tidak bisa diubah lagi, walaupun perunding Eropa terus mengadakan pertemuan dengan jaksa agung Inggris tentang perbatasan dengan Irlandia itu hanyalah suatu langkah sementara.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Upaya Theresa May

Kemarin, Theresa May setuju bahwa DPR harus diberi kekuasaan lebih luas untuk mencegah anggota yang pro-Uni Eropa keluar dari pemerintahannya.

Ia mengatakan bahwa DPR akan mengadakan pemungutan suara sebelum tanggal 12 Maret. Kalau DPR menolak, akan diadakan pemungutan suara lagi untuk menentukan apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau menundanya selama tiga bulan lagi.

Langkah May itu membuat marah para anggota DPR yang pro-Brexit, yang khawatir tiap penundaan akan menjurus pada tidak jadinya Inggris keluar dari kelompok itu.

Kelompok yang setuju dengan Brexit mengatakan, perjanjian tentang perbatasan dengan Irlandia itu akan terus mengikat Inggris dengan perjanjian perdagangan Eropa, dan karenanya tidak akan bisa membuat perjanjian baru dengan negara lain.

Kesepian dan 4 Penyebab Kegagalan Jalani Hubungan Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta – Meski perkembangan alat komunikasi berkembang pesat, tapi bukan jaminan seseorang berhasil dalam menjalin hubungan jarak jauh (long distance relationship/LDR). Jarak menjadi salah satu penentu hubungan tetap harmonis.

Berbeda dengan hubungan cinta pada umumnya, hubungan jarak jauh membutuhkan usaha yang lebih besar. Berikut beberapa alasan mengapa orang tak berhasil dalam menjalin hubungan jarak jauh.

Komunikasi Tak Lancar

Alat komunikasi saat ini bukan lagi jadi masalah. Kemajuan teknologi dapat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan pasangannya. Namun, beberapa orang punya kesibukan yang bisa jadi sulit menyamakan waktu untuk berkomunikasi sehingga mau tak mau hubungan jadi merenggang.

Jarang Bertemu

Intensitas bertemu jadi makin jarang dilakukan karena perbedaan tempat tinggal, baik pulau atau negara. Kondisi itu membuat hidup masing-masing dalam dunia yang berbeda.

Teman Baru

Teman baru bisa menjadi salah satu yang bisa menggoyahkan cinta seseorang. Apalagi, teman baru itu bisa memberikan rasa nyaman.

Kesepian

Rasa kesepian yang datang pada pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh bisa memengaruhi untuk mengakhiri hubungan. Jika orang lain bisa bertemu dengan kekasih atau pacarnya tiap minggu, bahkan setiap hari, lain halnya dengan Anda. Punya pasangan, tapi berada di tempat yang jauh.

Sibuk

Kesibukan juga bisa memengaruhi mereka yang menjalani hubungan jarak jauh. Komunikasi yang jarang akibat kesibukan bisa membuat cinta kian memudar. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wanita Ini Rela Palsukan Penyakit demi Uang

Liputan6.com, Jakarta – Seorang wanita asal Kentucky Utara, Amerika Serikat bernama Jessica Marie Krecskay dituduh memalsukan penyakit kanker yang dia derita demi mendapatkan uang

Menurut Attorney Rob Sanders dari Kenton Commonwealth, wanita yang bekerja di Urgent Care ini berkata dia mengidap kanker dan meminta uang untuk pengobatan penyakitnya.

Dilansir dari Cincinnati, Jumat (22/02/2019), pengadilan mendakwa Krecskay pada 7 Februari lalu atas tuduhan pencurian dan penipuan. Dia terancam hukuman 10 tahun penjara.

Krecskay dituduh telah mengambil uang sebesar USD 10 ribu atau sekitar Rp 140 juta dalam kurun waktu empat tahun, antara 2013 hingga 2017.

Uang tersebut didapat dari kerabat dan karyawan kantornya. Menurut Sanders, Krecskay tidak pernah memberi tahu perkembangan pengobatan yang dilakukan dengan uang tersebut atau mengajak mereka berdiskusi soal penyembuhan penyakit.

2 dari 2 halaman

Dilaporkan karena curiga

“Karena orang-orang pernah membaca berita tentang orang yang mengambil keuntungan dari penyakit palsu, maka kerabat dan rekan kerjanya (Krecskay) curiga dan memutuskan melaporkannya,” ujar Sanders.

Krecskay kini keluar dari penjara dengan jaminan USD 2.500 atau sekitar Rp 35 juta dan dijadwalkan akan didakwa pada 4 Maret mendatang di Pengadilan Negeri Kenton.

Hal yang sama terjadi tahun 2017 lalu, dimana seorang mantan pelajar Northern Kentucky University berusia 20 tahun dituduh memalsukan penyakit kanker demi mendapatkan uang.

Berita inilah yang kemudian membuat kerabat dan rekan Krecskay melaporkan dirinya karena kasusnya hampir sama.

“Ketika seseorang menggunakan penyakit sebagai senjata untuk mendapatkan uang, hal tersebut tentu akan memancing amarah orang-orang yang benar-benar berjuang memerangi kanker,” pungkas Sanders.

“Hal itu juga akan membuat para dermawan yang berniat mendonasikan uangnya takut, dan siapa yang paling dirugikan? Orang yang benar-benar menderita kanker itu,” tambahnya.

Ferdy Hasiman Anggap Divestasi Freeport Lewat IPO Bukan Langkah Tepat

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, yang mengatakan bahwa dirinya menganjurkan agar skema divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI) melepas saham melalui pasar modal atau Initial Public Offering (IPO) adalah langkah yang tidak tepat dan cermat. Peneliti Alpha Research Database dan penulis buku Freeport: Bisnis Orang Kuat Vs Kedaulatan Negara, Ferdy Hasiman, mengatakan bahwa mekanisme pelepasan melalui pasar modal tak pernah dianjurkan oleh UU No.4/2009, tentang Mineral dan Batubara.

“Kalau saham Freeport dilepas melalui mekanisme IPO di pasar modal, yang dapat untung hanya pengusaha kaya. Pelaku pasar modal hanya 0,6 persen penduduk Indonesia. Sudah begitu, banyak investor yang beli saham di pasar modal juga adalah investor asing. Itu makanya kalau krisis di Indonesia, ada capital outflow besar-besaran,” ujarnya.

Jika melalui IPO, saham Freeport akan menjadi rebutan antara pengusaha lokal yang memiliki banyak uang dan para politisi. Ferdy memberikan contoh pengalaman pelepasan saham Garuda Indonesia.

Pada IPO saham Garuda, Mantan Bendahara Partai Demokrat, M. Nazarudin, memborong 400 juta saham atau Rp 300 miliar lewat lima perusahaan miliknya. Setelah IPO, salah satu pengusaha kakap mendapat pinjaman Credit Suisse dan memborong 351,6 juta lembar (10 persen saham Garuda Indonesia).

“Fakta ini mau menunjukan bahwa opsi divestasi sahamPTFI melalui IPO bukan solusi cerdas, tetapi solusi instan,” ucap Ferdy. 

Soal perpanjangan kontrak sampai 2041, itu adalah keputusan bisnis. Tanpa ada perpanjangan kontrak, Freeport tidak akan berinvestasi di tambang underground yang mencapai angka 17 miliar dollar AS dan pembangunan smelter tak berjalan.

“Jadi, nalar politik tak akan pernah mempu memahami mengapa pemerintah harus memperjang kontrak Freeport sampai tahun 2041. Mekanisme korporasi yang dilakukan pemerintah untuk mengambil alih saham PTFI adalah langkah paling elegan,” kata Ferdy. 

Pemerintah Indonesia melalui perusahaan Holding Industri Pertambangan Inalum resmi memiliki 51,23 persen persen saham PTFI pada akhir tahun lalu. Pemerintah kemudian menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dengan catatan, perpanjangan kontrak sampai 2041 wajib membangun smelter tembaga serta jaminan kepastian fiskal dan investasi bagi Freeport.

Perpanjangan kontrak sampai 2041 dianggap masuk akal karena Inalum masih membutuhkan Freeport mengolah tambang underground yang berteknologi dan memiliki infrastruktur canggih. Tambang underground di Grasberg dengan metode block caving menurut para geolog pertambangan memang sangat berisiko tinggi dan membutuhkan dana investasi besar.

Banyak geolog kelas dunia mengatakan, tambang underground di Grasberg tak boleh berhenti. Sekali berhenti, akan meningkat an tegangan dan mengakibatkan runtuhnya terowongan. Itulah mengapa Freeport di tambang underground membangun terowongan bawah tanah sampai ribuan kilometer. Jika proses tambang underground terhenti, maka akan terjadi kerugian besar mencapai 5-10 miliar dollar AS.



(*)

Usai Kunjungi Muslim Xinjiang, Ini Langkah Delegasi Indonesia

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) beserta Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah mengunjungi Provinsi Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, pekan lalu. Kunjungan itu memberikan sebuah perspektif dan harapan terkait kebebasan beribadah bagi muslim Uighur.

“Setelah kami lakukan kunjungan, mendengar, melihat dan berinteraksi dengan masyarakat lokal itu terutama dengan yang mengikuti kegiatan vokasi menyimpulkan antara lain konstitusi Republik Tiongkok sangat sekuler, artinya memberi kebebasan kepada warga negara untuk beragama atau tidak,” kata Ketua Bidang Luar Negeri MUI Muhyiddin Junaidi saat dihubungi, Selasa (26/2/2019).

“Kedua, dia memisahkan antara agama daripada masalah pemerintahan. Jadi agama itu masalah pribadi, urusan publik ini tak punya urusan dengan agama,” sambungnya.

Selama di China, delegasi Indonesia diberi kesempatan untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan para tokoh ulama, tokoh masyarakat, serta kunjungan ke Xinjiang Islamic Institute beserta beberapa masjid. Delegasi juga sempat mengunjungi balai latihan vokasi yang ada di Xinjiang.

“Balai latihan ini yang disinyalir sebagai kamp konsentrasi atau re-education center,” tuturnya.

Junaidi melihat sikap pemerintah China ini tak terlepas dari trauma dengan peristiwa teror yang terjadi di Negeri Tirai Bambu tersebut. Balai latihan latihan tersebut berisi pria dan wanita yang disinyalir terpapar radikalisme.

“Secara garis besar dipahami bahwa konstitusi China itu sangat mudah disalahtafsirkan. Jadi umat Islam itu tidak boleh menerapkan agamanya dengan baik di ruang publik. Maka tidak diperkenankan pakai jilbab atau salat di ruang publik. Kalau ketahuan, dimasukkan ke kelompok radikal. lalu dimasukkan ke dalam kamp vokasi itu, dianggap tidak nasionalis,” ucap Junaidi.

Balai latihan ini banyak diisi warga muslim Uighur. Mereka diberikan pelatihan keterampilan di sana. Fakta yang didapat di sana, para peserta latihan memang tidak bisa beribadah secara bebas di ruang publik termasuk di balai latihan tersebut.

“Kalau orang puasa, salat, dianggap radikal. Di kamp itu tidak boleh. Mereka baru bisa salat, baca Alquran itu jika sudah pulang ke rumahnya. Masalah agama masalah pribadi, tidak boleh ditunjukkan di publik,” ujarnya.

Jika melanggar aturan tersebut, berpotensi dimasukkan ke dalam kategori radikal hingga berujung dimasukkan ke dalam balai latihan. Junaidi mendapati kebebasan beribadah bagi muslim bisa dilakukan di dalam lembaga pendidikan khusus muslim atau masjid.

Kondisi ini tentu saja membuat seorang muslim serba terbatas dalam beribadah. Dia mengatakan jika hal ini diteruskan berjalan, pendangkalan akidah agama jadi sebuah keniscayaan.

“Tapi apa yang terjadi kalau ini terus berjalan? Pendangkalan akidah. Karena agama akan tercabut dari akarnya. Apalagi di China itu ditetapkan orang tua tidak boleh memaksakan anak beragama kecuali sudah 18 tahun. Padahal dalam Islam dianjurkan mengajarkan agama kepada anak sejak dini,” ungkapnya.

Junaidi berpendapat, dibutuhkan kearifan untuk memahami kondisi ini. Pasalnya, jika dibandingkan dengan konstitusi di Indonesia, situasi kebebasan beragama memang betul-betul kontras.

Menurutnya, dibutuhkan pendekatan persuasif agar pemerintah China bisa memberikan ruang beribadah yang lebih baik bagi muslim yang ada di sana. Selain itu, dia berharap lembaga keagamaan juga dilibatkan dalam memberikan tafsir ‘radikal’.

“Kami berharap pemerintah China memberi kesempatan kepada umat Islam untuk melakukan ibadah ritual di sela mereka mengikuti pelatihan. Peserta juga berhak mendapatkan makanan muslim. Kedua agar CIA (China Islamic Association) itu diikutsertakan dalam proses pengeluaran fatwa soal radikalisme, sudut pandang agama. Ketiga kita minta dan berharap agar Pemerintah Tiongkok tidak menggeneralisir umat Islam yang menjalankan ibadah terkait radikalisme,” papar Junaidi.

Hal senada diutarakan Ketua PBNU Robikin Emhas. Robikin berharap organisasi keagamaan dan pihak terkait lainnya dilibatkan dalam menetapkan indikator ‘ektremis’ dan ‘radikal’. Sehingga tidak ada orang yang menjalankan agama dengan baik namun masuk kategori radikal.

Robikin yang juga ikut dalam delegasi menyatakan turut senang karena pemerintah China berkomitmen untuk antiradikalisme dan antiterorisme. Dia juga mendukung program deradikalisasi yang dijalankan. Meski begitu, dia berharap pemerintah China memberi jaminan kebebasan beribadah.

“Kami amat sangat berharap jaminan konstitusional warga negara untuk memeluk agama, bisa menjalankan peribadatannya sesuai agama masing-masing. Kami paham pemerintah Tiongkok memisahkan agama dan negara. Tetapi karena kebebasan beragama dijamin konstitusi diharapkan warga negara juga diberi kebebasan menjalankan ibadah,” tutur Robikin.

Sebagai tindak lanjut atas kunjungan ini, Robikin mengatakan delegasi akan menyampaikan hasil kunjungan ke pemerintah. Hingga kemudian catatan dan harapan bisa disampaikan ke otoritas China.

“Insyaallah baik PBNU, Muhammadiyah, MUI punya pandangan sama dan gagasan sama sebagai follow up. Akan menyampaikan kepada pemerintah RI, dan pemerintah RI menyampaikan ke Tiongkok baik langsung maupun lewat kedubes. Tentu penyampaiuan dengan tetap menghormati konstitusi yang berlaku di sana,” tutur Robikin.

Selain mengunjungi balai latihan dan Xinjiang Islamic Institute, delegasi Indonesia juga sempat salat Jumat di salah satu Masjid Jiamai di Hotan, bertemu Gubernur Daerah Otonom Uighur Xinjiang Shohrat Zakir, mengunjungi museum barang antik, hingga menyaksikan kesenian tradisional Uighur. Sebelumnya di Beijing, delegasi juga sempat berbincang dengan Ketua China Islamic Association dan Dubes RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun.

(jbr/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sahroni DPR: Pembangunan Infrastruktur Pakai Dana BPJS Hoax

Liputan6.com, Jakarta – Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni menegaskan bahwa rumor penggunaan dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur di era kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah informasi sesat alias hoax.

Masyarakat diminta cerdas mengonsumsi informasi yang bertujuan memecah belah bangsa, terlebih menjelang Pemilu Serentak 2019.

Pernyataan itu disampaikan politisi muda Partai Nasdem pada saat temu warga di masa reses DPR yang berlangsung di Jalan Kalibaru Timur Rt 04 Rw 02, Cilincing, Jakarta Utara, merespons pertanyaan warga seputar penggunaan dana BPJS untuk pembangunan infrastruktur, Rabu (27/2/2019).

“Saya pastikan itu hoax,” ucap Sahroni.

Mantan Anggota Komisi XI ini menuturkan, pemerintah telah membangun jalan baru sepanjang 2.650 kilometer (km), jalan tol 1.000 km, serta pemeliharaan jalan sepanjang 46.770 km.

Tak hanya infrastruktur jalan, pembangunan jalur kereta api juga digarap sepanjang 3.258 km di pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, hingga Kalimantan.

Di sektor udara, pemerintah, kata Sahroni, juga membangun 15 bandara baru dan pengadaan 20 pesawat perintis. Demikian halnya di sektor laut membangun 24 pelabuhan baru, pengadaan 26 kapal barang perintis, serta pengadaan kapal ternak dan 500 unit kapal rakyat.

“Ini semua tujuannya untuk pemerataan pembangunan. Seluruh rakyat merasakan pembangunan, tidak lagi hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa,” kata Sahroni.

2 dari 2 halaman

Sumber Pendapatan

Ditambahkannya, untuk merealisasi pembangunan infrastruktur tersebut pemerintah melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 menggelontorkan dana sebesar Rp 4.700 triliun. Lantas darimana dana sebesar itu diperoleh?

Sahroni merinci sumber pembiayaan diperoleh dari APBN, pengampunan pajak (tax amnesty), kerja sama dengan investor asing dan utang luar negeri.

“Kontribusi dari APBN sebanyak 41,3% atau sebesar Rp 1.941 triliun. Kemudian BUMN sebesar 22% atau 1.034 triliun, dan kontribusi swasta sebesar 36,7% atau senilai Rp 1.725 triliun. Jadi nggak ada dana BPJS yang dipakai untuk pembangunan infrstruktur,” jelasnya.

Sahroni lebih jauh mengingatkan masyarakat untuk cerdas dan bijak mencerna informasi dari sosial media yang kerap dipertanyakan validitas datanya.

“Seringkali informasi di medsos itu bertujuan memecah belah kita untuk kepentingan politik sesaat. Mari bapak dan ibu kita bijak mencerna informasi,” imbuh Sahroni.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Bagian Ini Bermasalah, Mitsubishi Indonesia Tarik Delica dan Outlander Sport

Liputan6.com, Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program penarikan kembali untuk perbaikan terhadap 680 Mitsubishi Delica dan 1.650 Outlander Sport tahun produksi 2015-2016. Perbaikan ini terkait penggantian pada Electrical Power Control Relay.

Adapun permasalahan yang memaksa penggantian part yang disebutkan di atas lantaran ditemukan potensi kurang kuatnya titik pengelasan antar komponen internal Engine Electrical Power Control Relay / Engine Electronic Control Unit (ECU) Relay. Hal ini menyebabkan bagian pengelasan tersebut berpotensi lepas.

Kondisi tersebut dapat membuat mesin mati mendadak saat kendaraan berjalan dan tidak dapat dinyalakan kembali. Namun hingga saat ini tidak ada laporan adanya insiden terkait dengan kondisi tersebut.

Penyempurnaan pun telah dilakukan pada suku cadang baru Electrical Power Control Relay dengan menggunakan komponen material internal yang lebih kuat.

Disebutkan, program ini dilakukan sebagai wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur didalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” terang Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI dalam keterangan resminya, Rabu (27/2/2019).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

MMKSI melalui dealer-dealernya akan mengirim surat undangan penggantian suku cadang kepada konsumen yang kendaraannya terdampak. Penggantian komponen mulai dilaksanakan per hari ini (27/2/2019) dengan estimasi durasi perbaikan selama 30 dan tanpa dikenakan biaya apapun.

“Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di dealer resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya,” kata Irwan.

Untuk mempermudah mendapatkan informasi dan kontak dealer terdekat dapat dilihat di www.mitsubishimotors.co.id/cari-dealer.

Bendungan Leuwikeris akan Pasok Air 3 Kabupaten di Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mendukung Jawa Barat untuk terus menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

Langkahnya antara lain dengan membangun bendungan untuk menjamin suplai air irigasi yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan meningkatkan kapasitas tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke sawah terjaga.

“Saat ini dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya 11 persen yang mendapatkan jaminan air dari bendungan. Melalui program pembangunan 65 bendungan maka akan bertambah menjadi 19-20 persen,” ujar dia, Rabu (27/2/2019).

Salah satu bendungan yang tengah dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Ditjen Sumber Daya Air yakni Bendungan Leuwikeris yang terletak di dua kabupaten yakni Ciamis dan Tasikmalaya. Bendungan multifungsi ini memiliki kapasitas tampung 81,44 juta m3.

Bertindak sebagai kontraktor pelaksana yakni untuk Paket I PT PP dan PT Bahagia Bangun Nusa lewat Kerjasama Operasi (KSO), Paket II PT Waskita Karya–PT Adhi Karya (KSO) dan Paket III dikerjakan oleh PT Hutama Karya.

Manfaat keberadaan bendungan tersebut yakni mengairi jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara Seluas 6.600 hektare (ha) dan DI Manganti seluas 4.616 ha. Air yang ditampung juga menjadi sumber air baku Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis sebesar 845 liter per detik.

Keberadaan Bendungan Leuwikeris juga akan mereduksi banjir periode 25 tahunan sebesar 11 persen, dari semula 509 m3 per detik menjadi 450 m3 per detik. Selain itu memiliki potensi pembangkit listrik tenaga air sebesar 20 MW, konservasi air tanah dan pariwisata.

2 dari 2 halaman

Anggaran

Dibangunnya Bendungan Leuwikeris membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,94 triliun yang pekerjaannya telah dimulai 2016 dan ditargetkan selesai 2021. Progres konstruksinya hingga Februari 2019 sudah mencapai 36,7 persen.

Disamping itu, Kementerian PUPR juga memulai Program Padat Karya Tunai P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) di Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya.

Melalui program ini, masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) diberdayakan untuk melakukan pembangunan jaringan irigasi tersier sepanjang 402 meter yang dikerjakan oleh 20 orang per hari. Saat ini sudah selesai dikerjakan 139,5 meter atau sekitar 30 persen.

Berikan Experience Living, Podomoro Park Wujudkan Impian Milenial

Jakarta

Generasi milenial cenderung lebih cepat dalam meng-collect experience daripada meng-collect asset. Sebagian besar penghasilannya lebih banyak dialokasikan untuk hangout di coffee shop yang kekinian bersama teman-teman dan membeli barang-barang yang fashionable. Tak hanya itu, traveling seolah menjadi tujuan hidup.

Ketika menemukan destinasi wisata baru yang instagramable tentunya, milenial tak menunggu lama untuk langsung merencanakan perjalanan dengan estimasi lama liburan, waktu keberangkatan, tiket dan booking hotel. Bahkan hingga mencari spot-spot yang akan dikunjungi dan waktu kepulangan.

Tak lupa juga, milenial gemar update gadget terbaru. Istilah zaman now, ‘no gadget no life’. Tak asik kalau ada momen menarik yang terlewat diabadikan di bingkai kamera tercanggih. Bukan sekadar untuk dokumentasi, tapi untuk diunggah ke media sosial.


Kebiasaan lain yang sering dilakukan adalah berkumpul dengan komunitas hobi, misalnya dengan komunitas mobil dan motor. Tak heran jika generasi milenial akan berusaha menabung untuk membeli mobil atau motor terkini.

Berdasarkan data Bank of America Merrill Lynch, generasi Baby Boomers mengalokasikan 10% pendapatannya untuk kebutuhan properti, generasi X sebesar 7,3%, dan milenial sebesar 4,5%.

Bagi generasi milenial, collecting experience is more important than collecting asset. Bila dilihat dari sisi positifnya, memang hal tersebut bermanfaat untuk jangka waktu tertentu karena semua pengalaman yang diperoleh bisa menjadi investasi pengetahuan.

Apakah kamu juga seperti itu?

Tahukah kamu bahwa ada satu opsi investasi yang membuat milenial bisa collect experience dan collect asset sekaligus, yaitu hunian ala milenial. Dengan punya rumah sesuai gaya, kamu tidak hanya meng-collect experience untuk diri sendiri, tapi juga dengan pasanganmu. Indah bukan?

Sebagian besar milenial mendambakan tinggal di kawasan yang berada di lokasi strategis dan memiliki fasilitas terbaik yang dapat menunjang tuntutan generasi energik ini. Jawabannya adalah Podomoro Park Bandung yang berlokasi di Bandung Selatan. Kepemilikan properti sejak dini di hunian resort ini akan meningkatkan gaya hidup milenial ke level lebih tinggi.

Lokasinya sangat strategis karena letaknya hanya 2 kilometer dari exit Tol Buahbatu Bandung dan hanya 9 kilometer dari Gedung Sate Bandung. Kemudahan akses juga akan ditunjang dengan jalur koridor selatan LRT Bandung Raya yang terkoneksi dengan kereta cepat Jakarta – Bandung.

Berikan Experience Living, Podomoro Park Wujudkan Impian MilenialFoto: dok. Podomoro Park

Rumah Impian Milenial

Sebagai generasi kekinian, sudah pasti hunian yang dipilih pun harus mencerminkan karakter milenial. Untuk menjawab kebutuhan dan mewujudkan impian milenial, Agung Podomoro Land meluncurkan produk baru yaitu Cluster PADMAGRIYA dalam kawasan hunian resort Podomoro Park.

Rumah bergaya minimalis modern ini ditawarkan dengan harga di bawah Rp 1 miliar. Konsep hunian tersebut sangat cocok dengan selera milenial yang menyukai desain bergaya minimalis, bahkan dipadukan dengan interior bermaterial alam.

Cluster ini memberikan garansi untuk menikmati me time, karena letak cluster yang berada dilokasi private. Hunian dan kawasan terintegrasi yang menjamin milenial bisa melepas penat sepulang bekerja atau aktivitas lainnya.

Hunian ini sangat cocok bagi milenial atau keluarga muda yang mengedepankan gaya hidup sehat di tengah kawasan bernuansa alam yang didukung koneksi jaringan internet. Kawasan ini akan menstimulus mood generasi milenial untuk beraktivitas dan lebih produktif.

Berikan Experience Living, Podomoro Park Wujudkan Impian MilenialFoto: dok. Podomoro Park

Kawasan Resort Kelas Dunia

Mengusung konsep Harmony with Nature, Podomoro Park merupakan kawasan yang memiliki luas lebih dari 100 hektare. Ditata dengan kemewahan perpaduan lima elemen alam yang menjadikannya kawasan hunian resort terbaik di Bandung.

Elemen pertama adalah danau buatan nan megah yang terbentang di tengah kawasan. Didesain sangat alami dan memiliki keamanan yang terjaga. Naik gondola layaknya di Venezia Italia dapat dinikmati, untuk menelusuri danau megah sepanjang 1 kilometer ini.

Ada pula gazebo, viewing deck, garden by the lake dan jogging track di sekeliling danau yang akan menjadi lokasi instagramable yang digemari milenial. Milenial dapat menyalurkan gaya hidup sehat dengan melakukan aktivitas jogging atau sekedar bersantai di pinggir danau sambil ber-selfie dengan latar pemandangan danau yang indah.

Nikmati pula kenyamanan dari elemen kedua, yakni keteduhan alami dari banyaknya pepohonan rindang dan collective garden yang juga dapat menjadi paru-paru kawasan dan menciptakan atmosfer yang bersih setiap saat. Estetika kawasan yang indah pun tercipta dan sekejap akan memberikan kenyamanan siapapun yang memandangnya.

Tak hanya itu, ada juga area terbuka hijau yang merupakan elemen ketiga ini memiliki luas sebesar 50% dari total kawasan. Hal tersebut juga sebagai salah satu bentuk dedikasi Podomoro Park terhadap lingkungan.

Sejalan dengan karakter milenial yang menyukai alam, kawasan ini memiliki elemen keempat yaitu pemandangan alam Pegunungan Malabar dan Patuha yang terlihat jelas indah mempesona. Dilengkapi elemen kelima berupa hawa segar dari hembusan wind tunnel pegunungan.

Tak tanggung-tanggung, konsep utama Podomoro Park terinspirasi dari kawasan hunian berkelas dunia, yaitu Woodbrige di Irvine California serta desain masterplan dan landscape oleh Palmscape Singapore. Pantas jika Podomoro Park dapat dikategorikan sebagai a world class home resort.

Selain dikelilingi oleh keindahan alam Bandung Selatan, Podomoro Park dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan para milenial. Kawasan hunian ini memiliki commercial destination seluas hampir 10 hektare, di antaranya akan hadir Living Plaza dengan tenant-tenant ternama, seperti Informa, Ace Hardware, Toys Kingdom, Chatime, dan akan diikuti dengan kehadiran brand ternama lainnya yang akan menjadi tempat hangout favorit para milenial.

Berikan Experience Living, Podomoro Park Wujudkan Impian MilenialFoto: dok. Podomoro Park

Seluruh kawasan ini dikelola secara professional dengan dilengkapi sistem keamanan yang bekerja selama 24 jam, CCTV di setiap sudut kawasan, one gate access untuk masuk ke setiap cluster dan patroli keamanan berkala. Setiap rumah pun memiliki panic button yang bisa digunakan saat penghuninya mengalami keadaan darurat.

Mengetahui tingginya kebutuhan milenial dalam mengakses internet, kawasan ini memiliki instalasi fiber optic sebagai jaringan utama untuk mendukung koneksi internet yang cepat, jaringan telepon, dan TV kabel.

Keunggulan elemen alam dan ketersediaan fasilitas premium yang lengkap tersebut menjadikan Podomoro Park meraih penghargaan The Best Premium Home Resort in West Java dalam ajang Property & Bank Award 2018 dan penghargaan di ajang Housing Estate Award 2018 dalam kategori Most Favoured Premium Housing Estate in Bandung.

Dekat dan bersentuhan langsung dengan alam dipastikan akan meningkatkan kualitas generasi milenial di tengah hiruk-pikuk aktivitas yang padat. Udara yang bersih mendorong kesehatan penghuni semakin bugar. Di samping itu, tinggal di hunian resort yang dibangun oleh pengembang terdepan Agung Podomoro Land tentu menjadi prestise tersendiri.

“Saya memilih hunian di Podomoro Park karena nama besar Agung Podomoro Land sebagai pengembang terdepan dan terpercaya di Indonesia, selain itu konsep kawasannya sangat sesuai dengan kebutuhan gaya hidup saya yang dinamis. Suasana alam tentunya akan membantu saya berelaksasi setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang sangat padat,” ungkap Lely Aulia (25), konsumen muda yang berprofesi sebagai fashion designer.

Berikan Experience Living, Podomoro Park Wujudkan Impian MilenialFoto: dok. Podomoro Park

Terlebih, Podomoro Park Bandung adalah kawasan komplit yang menawarkan one stop living. Bagaimana tidak, di dalam kawasan tersedia fasilitas kesehatan, pendidikan, ruang bermain anak, dan lain-lain. Podomoro Park memang kawasan hunian yang benar-benar memberikan experience living. Added value lainnya, cluster tersebut sangat tepat sebagai pilihan investasi properti yang dapat dijadikan sebagai rumah sewa atau tabungan masa depan.

Mengenai perhitungan investasi, tentunya tak perlu diragukan lagi. Percepatan pembangunan infrastruktur tersebut menjadikan Bandung Selatan sebagai kawasan sunrise properti yang memiliki nilai investasi tinggi. Diperkirakan hunian Podomoro Park akan memiliki capital gain sekitar 15-20% per tahun.

Itu pula yang diyakini Kendy Saputra (25), seorang pengusaha muda terkemuka di Kota Bandung yang memilih Podomoro Park sebagai huniannya. Sebab, selain dibangun oleh pengembang yang terpercaya, kawasan hunian ini juga terletak di lokasi strategis sehingga memberikan jaminan akan nilai investasi yang tinggi.

Segera raih kesempatan untuk memiliki hunian resort mewah dengan harga di bawah Rp 1 miliar ini dan dapatkan kesempatan terbatas dalam kemudahan cara bayar program cash keras dengan keringanan 12 kali cicilan.

Untuk informasi lebih lengkap, segera hubungi 022 7152 0888 / WhatsApp 0813 8888 2700. Kunjungi juga Marketing Gallery di Podomoro Pavilion di Jalan Diponegoro No. 27 Bandung, lokasi site project di Jalan Terusan Buahbatu Bandung, dan membuka situs resmi Podomoro Park di www.podomoropark.com.

Podomoro Park, harmony with nature.

[Gambas:Youtube]

(adv/adv)

JK Sebut 3 Kartu Sakti Jokowi Sudah Masuk Anggaran 2019

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan akan mengeluarkan tiga kartu sakti untuk penyaluran bantuan sosial. Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan anggaran tersebut sebelumnya sudah ada di APBN 2019.

“Itu kan bansos, itu dalam anggaran 2019 sudah ada. Saya tidak hapal tapi bansos sudah ada,” kata JK di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (26/2/2018).

Dia juga menjelaskan dengan munculnya kartu sakti tersebut, nantinya dana bansos lebih baik, karena anggaran bantuan sosial akan diperluas.

“Itu bansos yang diperluas,” kata JK.

Sementara, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno yakin tiga program ‘kartu sakti’ Jokowi tidak akan mengganggu APBN. Sebab, kata dia, progam kartu-kartu tersebut sudah dibahas DPR.

“Ya tidak karena programnya sudah dibahas di DPR,” kata Hendrawan saat dihubungi merdeka.com, Selasa (26/2/2019).

Anggota Komisi XI ini menjelaskan, segala bentuk program jaminan kesejahteraan masyarakat juga sudah direncanakan untuk masuk ke APBN. Sehingga, lanjut dia, keberadaan kartu-kartu tersebut tidak akan mengganggu APBN.

“Program jaminan kesejahteraan masyarakat atau jaring pengaman sosial (social safety net) sudah direncanakan dalam APBN. Jadi sudah dibicarakan di DPR,” ungkapnya.

2 dari 3 halaman

3 Kartu Sakti

Diketahui, Jokowi memiliki tiga kartu sakti untuk masyarakat jika nantinya terpilih sebagai Presiden 2019. Ketiga kartu tersebut adalah sembako murah, kartu Indonesia pintar untuk perguruan tinggi, dan kartu pra kerja untuk pelatihan vokasi.

Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga menilai tidak ada yang baru dari wacana 3 kartu sakti yang disampaikan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Nizar Zahro menyebut 3 kartu itu hanya ganti nama dari program-program pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Jadi 3 kartu baru Jokowi itu hanya ganti nama dari bidik misi, raskin dan PKH, tidak ada yang baru. Hanya ganti nama dan 3 program itu di mulai sejak zaman Pak SBY,” kata Nizar saat dihubungi, Selasa (25/2/2019).

Reporter: Sania Mashabi, Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: