Pantau Pintu Air Manggarai, Anies: Sampahnya 170 Ton Kurang 24 Jam

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan. Anies mengatakan jumlah sampah yang ada di pintu air tersebut mencapai 170 ton dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Anies memantau bersama Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Djafar Muchlisin dan Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada Faizal di Pintu Air Manggarai, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019). Anies mengatakan sampah di pintu air Manggarai melebihi dari hari biasa.

Pantau Pintu Air Manggarai, Anies: Sampahnya 170 Ton Kurang 24 JamFoto: Kondisi sampah Pintu Air Manggarai (Fida-detikcom)

“Di hari sebelumnya tidak ada volume sampah sebesar ini. Dari informasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup volumenya sampai sekitar 170 ton sampah dalam waktu kurang 24 jam. Ini volume yang luar biasa besar tapi tim bekerja terus,” kata Anies.

Anies mengatakan jajarannya bekerja nonstop sejak semalam. Dia bersyukur banjir tidak dibarengi naiknya permukaan air laut.

“Ada satu yang perlu saya sampaikan kita bersyukur sekali berkat doa semuanya alhamdulillah ketinggian permukaan air laut tadi pagi menurun. Jika volume air dari hulu besar, lewat masuk ke Jakarta. Lalu permukaan air laut sedang pasang maka bisa menjadi malapetaka bagi kita,” jelasnya.

Anies memperkirakan air laut tidak akan naik malam ini. Dia berharap banjir di Jakarta bisa segera diselesaikan.

“Bila dari Bogor kiriman airnya banyak, lalu lautnya pasang. Maka air itu akan berhenti di Jakarta dan menimbulkan banjir besar. Kita bersyukur itu tidak terjadi tadi pagi. Insyallah ini juga tidak terjadi di malam ini dan besok,” sebutnya.
(fdu/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Air di Bendungan Katulampa Bakal Sampai ke Pintu Air Manggarai 2 Jam ke Depan

Liputan6.com, Jakarta – Ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat naik pada Kamis (25/4/2019) malam. Ketinggian air mencapai 220 sentimeter atau berstatus siaga 1. Sementara hingga saat ini hujan masih terus mengguyur Puncak, Bogor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta melalui siaran persnya menyebut, antisipasi air akan sampai ke Pintu Air Manggarai pada 2 hingga 5 jam ke depan.

Wilayah yang akan di lalui sebagai berikut :

– Srengseng Sawah

– Rawajati

– Pengadegan

– Cikoko

– Pejaten Timur

– Kebon Baru

– Bukit Duri

– Balekambang

– Cililitan

– Cawang

– Bidara Cina

– Kampung Melayu

– Manggarai

Sementara, upaya yang sudah dilakukan BPBD DKI adalah menyebarkan informasi kepada lurah serta warga yang tinggal dibantara kali atas kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa 220 cm melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, dan Website.

Kemudian, pemberitahuan kepada camat dan lurah melalui group Whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Sementara, penyebaran informasi pada masyarakat yang berada di bantaran sungai ciliwung melalui SMS Blast.

Pria Skotlandia Ereksi 22 Jam Setelah Suntikan Suplemen

Dokter melakukan suntikan ke penis pasien setiap lima menit sekali dan mengobatinya dengan obat yang membantu meringankan ereksi. Sebelum mencapai dosis maksimal obat, ereksi pria itu pun mulai mereda.

Ia dirawat di rumah sakit untuk pemantauan, tetapi ia ingin pulang. Tindak lanjut kemudian melalui telepon, sang pria mengalami pembengkakan selama dua minggu dan tidak mengalami ereksi sama sekali.

Selama minggu keempat, ia mulai memperhatikan beberapa kali ereksi spontan meski singkat dan tidak dapat bertahan lama. Pasien mengakui, tidak tahu petunjuk tentang efek samping potensial menggunakan suntikan suplemen.

“Pasien kami menyampaikan, jika dia tahu tentang priapisme sebagai efek samping potensial, maka dia tidak akan pernah mempertimbangkan menggunakan melanotan,” ujar Barend.

Di sisi lain, pasien sudah pernah menggunakan suntikan suplemen dan biasanya tidak ada masalah.

“Meskipun pasien ini mengklaim dia tidak minum obat lain. Mungkin saja dia juga menyalahgunakan obat lain dari toko binaraga, yang bisa saja sebabkan disfungsi ereksi,” tutup Barend.

Usai Teror Bom Gereja dan Hotel, Sri Lanka Berlakukan Jam Malam

Kolombo – Pemerintah SriLanka menerapkan jam malam di seluruh negeri hingga waktu yang tidak ditentukan menyusul serangan terkoordinasi di sejumlah gereja dan hotel pada Minggu (21/04).

Hingga kini sedikitnya 207 orang meninggal dunia dan 450 lainnya mengalami luka dalam serangan bertepatan dengan perayaan Paskah itu.

Menteri Pertahanan Ruwan Wijewardane mengatakan larangan keluar pada malam hari diberlakukan “hingga pemberitahuan lebih lanjut”.

“Kami akan menempuh segala tindakan yang diperlukan untuk melawan kelompok ekstrem yang beroperasi di negara kami,” tegasnya.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas peristiwa itu. Kementerian Pertahanan mengatakan serangan kemungkinan dilakukan oleh satu kelompok, tanpa merinci kelompok yang disebut.

Selain memberlakukan jam malam, pihak berwenang juga memblokir sementara akses ke media sosial sebagai langkah mencegah berbagai spekulasi atau informasi menyesatkan terkait serangan tersebut.

‘Tidak ada informasi WNI yang menjadi korban’

Di antara 207 orang yang meninggal terdapat 27 warga negara asing. Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok mengatakan seorang warga negaranya meninggal dunia. Adapun kantor berita Turki Anadolu melaporkan dua warga negara Turki juga turut menjadi korban meninggal dunia.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam pernyataannya pada Minggu (21/04) mengatakan, “Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut.”

Menurut Kemenlu RI, terdapat sekitar 374 WNI di Sri Lanka, termasuk sekitar 140 orang di antaranya berada di Kolombo.

Bagi keluarga dan kerabat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, Kemenlu menyarankan agar mereka menghubungi nomor hotline KBRI Kolombo +94772773127, akan tetapi sambungan telepon gagal masuk ketika BBC News Indonesia mencoba menghubungi nomor tersebut beberapa kali.

Kecaman dunia

Masih dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia, disebutkan bahwa Indonesia mengecam keras aksi pengeboman di berbagai lokasi di Sri Lanka.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban.”

Delapan ledakan dilaporkan terjadi, termasuk di tiga gereja di Negombo, Batticaloa dan Kochchikade di Kolombo ketika dilangsungkan perayaan Paskah.

Serangan bom juga menyasar empat hotel, termasuk tiga hotel mewah di ibu kota: Shangri-La, Kingsbury dan Cinnamon Grand.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengunggah pernyataan lewat Twitter dengan mengatakan “aksi kekerasan di gereja-gereja dan hotel-hotel di Sri Lanka benar-benar mengerikan”.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan “duka cita mendalam” atas “serangan teroris yang mengerikan”.

Paus Fransiskus mengecam serangan sebagai “kekerasan yang begitu kejam” dengan sasaran umat Kristen yang sedang merayakan Paskah.

Kardinal Kolombo, Malcolm Ranjith, mengatakan kepada BBC: “Situasi ini sangat sulit dan sangat menyedihkan bagi kami semua karena kami tidak pernah memperkirakan hal ini akan terjadi dan khususnya di Hari Paskah.”

Di jajaran pemerintahan, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe juga mengutuk serangan.

“Saya mengutuk keras serangan pengecut terhadap rakyat kami hari ini. Saya menyerukan kepada seluruh rakyat Sri Lanka untuk tetap bersatu dan kuat dalam situasi tragis ini.”

Agama di Sri Lanka

Buddha Theravada tercatat sebagai agama terbesar di Sri Lanka. Berdasarkan sensus terbaru, sekitar 70,2% penduduk negara itu memeluk agama Buddha.

Agama itu dianut oleh etnik Sinhala yang merupakan etnik mayoritas. Buddha mendapat tempat utama dalam hukum di Sri Lanka dan bahkan secara khusus dicantumkan dalam konstitusi.

Selain Buddha, terdapat pula penganut Hindu sekitar 12,6% dan Muslim sekitar 9,7% dari total penduduk.

Berdasar sensus tahun 2012, sekitar 1,5 juta penduduk Sri Lanka beragama Kristen, sebagian besar adalah Katolik Roma.


(dnu/dnu)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pasca-Kebakaran Bandara Ngurah Rai Beroperasi 24 Jam

Jakarta – Hingga malam ini, Terminal Domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali belum bisa beroperasi normal. Pihak Bandara Ngurah Rai pun memberlakukan operasional selama 24 jam.

“Untuk malam ini terminal domestik belum bisa digunakan. Namun kami akan berusaha bahwa besok pagi terminal domestik dapat dioperasikan kembali dengan melakukan langkah-langkah teknis maupun operasional malam ini. Jadi malam ini persiapannya harus selesai,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono di Bali, Jumat (19/4/2019).

Pasca-Kebakaran Bandara Ngurah Rai Beroperasi 24 JamFoto: Konferensi pers PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai (Dita-detikcom).

Akibat kebakaran di area ATM Center Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai sore tadi ada 19 penerbangan domestik yang terdampak. Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan AirNav dan Kantor Otoritas Bandara IV Bali Nusra terkait operasional bandara selama 24 jam.
“Kemudian malam ini kami mendeclare menotamkan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai beroperasi 24 jam, untuk memberikan kesempatan bagi penerbangan-penerbangan yang mengalami penundaan untuk bisa beroperasi di I Gusti Ngurah Rai,” ucap Haruman.
Dari 19 penerbangan yang terdampak itu, hingga malam ini masih ada 9 penerbangan yang masih tertunda. Haruman memastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini.

“Yang lebih penting bahwa alhamdulilah tidak ada korban cidera apalagi yang meninggal. Alhamdulilah semua bisa beroperasi dengan baik yang ada hanya penundaan-penundaan,” terang Haruman.

Kebakaran di area Terminal Domestik itu terjadi pukul 16.50 Wita dan berhasil dipadamkan pukul 17.20 Wita. Hingga saat ini petugas masih menginvestigasi penyebab kebakaran tersebut dan untuk sementara keberangkatan penerbangan domestik melalui terminal internasional.
(ams/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Miliarder Kerja Tak Kenal Waktu, Karyawan Minta Jam Kerja Dipangkas

Liputan6.com, Beijing – Kerja keras tak kenal lelah sudah lama menjadi salah satu kunci kesuksesan para pengusaha ternama. Miliarder terkaya di dunia seperti Jack Ma, Elon Musk dan Jeff Bezos masih bekerja keras mengelola bisnisnya.

Namun, tak semua orang tertarik bekerja tanpa mengenal waktu. Para miliarder yang sudah hidup bergelimang harta hobi bekerja tak kenal waktu, tetapi tren karyawan di seluruh dunia justru menuntut pemangkasan waktu kerja.

Melansir laman Business Insider, Rabu (17/4/2019), miliarder asal China Jack Ma mengatakan, orang-orang yang bekerja 72 jam per minggu merupakan orang-orang yang ‘diberkahi’. Tapi sejumlah pakar produktivitas dan karyawan di berbagai dunia justru menuntut hal yang sebalikya.

Ma baru saja mendapatkan sindiran dan kritik, setelah mengatakan jam kerja dari pukul 9 pagi hingga 9 malam selama 6 hari per minggu sebagai berkah tersendiri. Khususnya bagi para karyawan muda.

Meski ia mendorong karyawan untuk bekerja dengan rentang waktu tersebut, dalam blog yang berbeda ia mengatakan bahwa mendorong siapapun untuk bekerja lembur merupakan sikap yang tak manusiawi.

Banyak karyawan yang memiliki pandangan berbeda dengan Ma. Sebuah laporan dari South China Morning Post mengungkapkan bahwa para pekerja muda memiliki sedikit waktu di rumah setelah bekerja. Itu lantaran perjalanan pulang ke rumah membutuhkan waktu lama.

Tak hanya itu, setelah bekerja mereka juga mengaku tak punya cukup waktu untuk tidur.

Awal tahun ini, para karyawan di bidang teknologi juga memprotes pekan kerja ‘996’ pada kode situs GitHub, di mana mereka memblokir sejumlah perusahaan termasuk Alibaba. Seluruh perusahaan tersebut dianggap memiliki budaya kerja dengan waktu berlebihan.

“Kami menghabiskan banyak waktu libur akhir pekan kami di kantor,” tulis seorang karyawan China pada eksekutif senior di One Tencent Holdings.

Sudah 5 Jam, Kebakaran di Pasar Lawang Belum Bisa Dipadamkan

Malang – Sudah hampir lima jam api membakar ratusan kios di Pasar Lawang, Kabupaten Malang. Tujuh unit PMK yang didatangkan berjibaku menjinakkan api namun belum membuahkan hasil.

Kios di bagian lantai dua yang lebih dulu terbakar diketahui menjual beragam barang dagangan. Menurut polisi, lapak yang diduga menjadi sumber api berasal dari kios pracangan atau menjual bahan-bahan kebutuhan rumah tangga.

Banyaknya barang mudah terbakar membuat api cepat merembet ke bagian lain. “Barang-barang yang dijual banyak yang mudah terbakar, seperti pakaian, pecah belah dan lain-lain,” kata Kapolsek Lawang Kompol Gaguk Sulistyo kepada detikcom di lokasi, Rabu (17/4/2019) malam.

Pihaknya belum dapat menghitung berapa jumlah kerugian dari kebakaran itu. Setelah api bisa dikendalikan atau dipadamkan, pihak kepolisian akan segera melakukan pendataan dengan melibatkan pengelola pasar.

“Berapa kerugiannya masih belum bisa dihitung. Kita fokus pada pemadaman dulu,” imbuhnya.

Tujuh unit PMK sudah dikerahkan untuk bisa memadamkan api. Mereka berasal dari PMK Pemkab Malang, Kota Malang, PT Bentoel dan bantuan dari Pemkab Pasuruan.

“Ada tujuh PMK, salah satunya bantuan dari Pasuruan. Semoga bisa segera dipadamkan apinya,” tambah Gaguk.

Seperti pantauan detikcom, warga dan pedagang masih berjubel di lokasi untuk menyaksikan langsung upaya pemadaman.

“Tadi masih banyak yang buka, belum tutup. Karena biasanya baru jam 9, pedagang yang di lantai bawah maupun atas menutup kios mereka,” kata Tutik (60), salah satu pedagang yang ditemui detikcom di lokasi, Rabu (17/4/2019) malam.

Menurut Tutik, kebakaran terjadi setelah dirinya beberapa saat menutup kiosnya. Ia menambahkan, area yang pertama kali terbakar merupakan kios-kios yang menjual bahan-bahan makanan, ikan, dan barang lainnya.

“Saya baru saja tutup, terus dapat kabar pasar terbakar. Tentunya yang lain masih banyak yang buka saat terbakar,” ujar perempuan yang sudah berjualan sejak 1993.

Ia melanjutkan, sebenarnya masa kontrak pedagang sudah habis. Sejak tiga tahun ini, pedagang hanya diminta uang membayar uang sewa sebesar Rp 500 ribu setiap bulannya.

“Kontraknya sudah habis, kita hanya diminta bayar sewa. Pasar juga dalam kondisi sepi. Karena banyak yang jualan di luar,” lanjutnya.

Camat Lawang Eko Wahyu Widodo tak mengetahui secara pasti jumlah pedagang di Pasar Lawang. Serta berapa jumlah kios yang terbakar.

“Jadi belum tahu berapa jumlah pedagang di pasar ini, termasuk kios yang terbakar. Kami masih fokus untuk bisa memadamkan api,” pungkas Eko terpisah.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Terkendala Logistik, Pemilu di Banyuasin Molor hingga 5 Jam

Liputan6.com, Palembang – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 belum digelar di Kelurahan Kenten, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel), karena tidak adanya logistik yang tersedia di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baru pada Rabu (17/6/2019) siang sekitar pukul 11.50 WIB, seluruh panitia TPS di Kelurahan Kenten mendatangi ruko di Pasar Azhar Kelurahan Kenten, tempat pembagian kotak suara.

Iwan, panitia TPS 25 Jalan Lubuk Batang Kelurahan Kenten, Kabupaten Banyuasin mengatakan, ada lima kotak suara yang diambilnya dari panitia.

“Dari pukul 10.00 WIB tadi kami menunggu di sini untuk mendapatkan logistik Pemilu 2019. Baru satu jam kemudian dapat, karena seluruh panitia TPS antre untuk mendapatkan kotak suara ini,” ujarnya kepada Liputan6.com.

Dia bersama dua panitia terpaksa menggunakan kendaraan mobil pribadi, agar lebih cepat mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke TPS-nya.

Ada dua RT yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tempatnya. Bahkan, sejak pagi hari, para warga Kelurahan Kenten, Kabupaten Banyuasin Sumsel, sudah mendatangi TPS, untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dari pagi warga sudah datang dan menunggu. Ini semua warga pada kesal, karena menunggu logistik suara,” katanya.

Dengan terburu-buru, Iwan langsung mengantarkan logistik Pemilu 2019 ke TPS 25. Agar para warga yang sudah lama menunggu, tidak mengurungkan niatnya untuk mencoblos Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Sama halnya dengan Rudi, panitia TPS 09 di Kelurahan Kenten Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin Sumsel.

Dia membawa tiga orang panitia untuk menggotong kotak suara ke lokasi pemilihan suara. Mereka bahkan membawa logistik Pemilu 2019 ini menggunakan sepeda motor ke TPS 09, Kelurahan Kenten, Kabupaten Banyuasin Sumsel.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Tok! MK Bolehkan Quick Count 2 Jam Setelah TPS di Indonesia Barat Tutup

Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) melarang quick count digelar sejak pagi hari. Hal ini sesuai dalam UU Pemilu dan baru boleh diumumkan sore hari.

UU Pemilu melarang quick count sejak pagi hari. Pasal yang melarang adalah Pasal 449 ayat 2 UU Pemilu:

Pengumuman hasil survei atau jajak pendapat tentang Pemilu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang dilakukan pada Masa Tenang.

Adapun Pasal 449 ayat 5 berbunyi:

Pengumuman prakiraan hasil penghitungan cepat Pemilu hanya boleh dilakukan paling cepat 2 (dua) jam setelah selesai pemungutan suara di wilayah Indonesia bagian barat.

UU ini digugat ke MK oleh sejumlah stasiun televisi dan Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia (AROPI). Apa kata MK?

“Pemohon memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan a quo. Menolak permohonan provisi pemohon 1-6 untuk seluruhnya,” kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang di Gedung MK, Selasa (16/4/2019).

(asp/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Petugas KPU 13 Jam Berjalan Kaki demi Distribusi Logistik Pemilu

Liputan6.com, Gorontalo – Menjelang hari pemungutan suara Pemilu pada 17 April 2019, KPU Bone Bolango mendistribusikan logistik Pemilu ke Kecamatan Pinogu. Berbeda dengan lokasi lain yang proses pendistribusiannya bisa diakses dengan kendaraan bermotor, lokasi Kecamatan Pinogu hanya bisa diakses dengan berjalan kaki.

Maklum, wilayah yang dikenal sebagai penghasil kopi tersebut berada di tengah hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Kondisi jalan menuju ke Pinogu cukup sulit dilewati.

“Lokasi memang jauh dan terpencil dengan medan yang sulit sehingga kita tempuh dengan berjalan kaki,” kata Sofyan Rahmola, anggota KPU provinsi Gorontalo, usai melepas tim distribusi logistik Pemilu 2019 ke Kecamatan Pinogu pada Minggu pagi, 14 April 2019.

Ia menjelaskan sebanyak 24 orang dilibatkan untuk membantu mengangkut seluruh logistik pemilu 2019 ke kecematan tersebut. Mereka akan berjalan kaki selama 13 jam menyusuri hutan hingga tiba di kecamatan Pinogu.

“Ada warga yang memikul satu kotak, ada yang dua kotak, bahkan ada warga yang memikul sampai empat kotak,” Sofyan menjelaskan.

Ia mengatakan pihaknya sebenarnya bisa mengunakan jasa ojek motor untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019 tersebut. Namun, hal itu memiliki risiko mengingat lokasi jalan yang terjal dan berbahaya sehingga justru akan membuat logistik pemilu yang diangkut berpotensi rusak dan terjatuh.

“Kita harus menjaga logitsik pemilu maka diputuskan dengan berjalan kaki,” dia menegaskan.