Jam Tangan Mewah Ini Dilelang Sotheby’s Dubai Seharga Rp 2,9 Miliar, Seperti Apa?

Barang antik memang terkenal selalu memiliki harga yang unik dan sangat tinggi bahkan hingga di luar nalar orang biasa. Nilai historis yang terkandung di sejumlah barang antik memang mampu mendorong harganya melambung sangat tinggi.

Tak terkecuali, mangkuk Ruyao Washer yang terjual seharga US$ 26,65 juta atau Rp 354,18 miliar (kurs: Rp 13.290/US$) pada 2015. Saat itu sang pembeli berhasil mengalahkan 8 pembeli lain yang bermaksud membeli cawan keramik kuno itu.

Cawan atau mangkuk berbentuk bunga itu berhasil mencetak rekor baru untuk penjualan keramik dari Dinasti Song dengan harga sangat tinggi. Mangkuk itu kabarnya dibuat dengan dibakar di atas api bersuhu sangat ekstrim.

Apalagi keunikan mangkuk kuno tersebut hingga seseorang rela membayarnya seharga Rp 354 juta? Berikut ulasan singkat mengenai cawan tua itu seperti dilansir dari laman Metro.co.uk, Forbes, The Telegraph dan sejumlah sumber lain, Kamis 18 Juni 2015.

Sekilas, mangkuk Ruyao Washer hampir sama dengan banyak mangkuk lain di dunia yang biasa digunakan untuk menyimpan makanan. Tapi jika Anda melihatnya dengan sinar biru khusus, para pakar dapat mengetahui berapa usia mangkuk kuno itu.

Para peneliti menilai mangkuk tersebut telah berusia 900 tahun dan merupakan alat makan para penduduk China kuno. Mangkuk itu diproduksi secara eksklusif oleh keluarga kerajaan China 900 tahun lalu.

Mangkuk Ruyao dipanaskan dengan temperatur ekstrim oleh para pakar kerajinan tangan yang dipilih oleh raja kala itu. Hingga saat ini terdapat 79 mangkuk sejenis di dunia dan hanya lima yang dimiliki pihak pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *