Jalur Politik Pak Kiai

Saat Partai NU dilebur dalam Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 1973, Ma’ruf menjadi Ketua Fraksi PPP di DPRD DKI Jakarta. Selama mewakili PPP di DPRD Tingkat I Jakarta, ia banyak menelurkan gagasan seperti sistem plat nomor kendaraan yang disesuaikan dengan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan, masalah dana pasar, standarisasi madrasah dan sekolah, dan soal tanah makam wakaf serta periode pembongkaran makam. Ma’ruf kembali terpilih masuk DPRD DKI Jakarta pada Pemilu 1977.

Seiring semakin besarnya kekhawatiran Soeharto pada PPP, kekuatan NU di partai berlambang Kabah pelan-pelan dilucuti oleh ‘tangan-tangan’ pemerintah. Ma’ruf Amin pun terkena imbasnya. Namanya tak dipasang untuk daftar calon legislatif pada Pemilu 1982. Ia kemudian memilih tak aktif lagi di PPP. Munculnya seruan kembali ke Khittah 1926 membuat banyak tokoh NU ditarik masuk Golkar. Ada yang bersedia, tapi tak sedikit yang menolak termasuk Kiai Ma’ruf. “Mantan tokoh PPP kok jadi ke Golkar, kurang pantes,” ujar Ma’ruf.

Guru besar ilmu politik Universitas Airlangga Surabaya Kacung Marijan menyebut Kiai Ma’ruf sebagai tokoh NU dengan kemampuan lengkap. Secara kultural Kiai Ma’ruf menuntut ilmu di pesantren-pesantren NU. Kemudian secara struktural, Kiai Ma’ruf pernah memegang jabatan dari tingkat paling bawah sampai terakhir jadi Rais Aam PBNU. Kiai Ma’ruf juga terlibat dalam banyak dinamika di NU. Ketika NU terlibat politik dia juga terlibat di dalamnya. “Beliau termasuk sosok NU yang lengkap. NU kultural iya pasti, struktural iya, tapi juga terlibat dalam dinamika politik peran-peran NU. Ketika pasca reformasi orang NU mendirikan PKB beliau termasuk kiai yang di-BKO-kan ke bidang politik,” kata Kacung.

Mantan tokoh PPP kok jadi ke Golkar, kurang pantes

Dari pengalaman beragam tersebut menurut Kacung tak heran Kiai Ma’ruf punya kematangan emosional yang baik. Ditambah sebagai ahli fikih, Ma’ruf memiliki kemampuan berargumentasi dan berdiskusi yang mumpuni. “Jadi wajar jika Kiai Ma’ruf terlibat dalam lobi-lobi politik. Apalagi dia juga sosok yang tidak meledak-ledak dan bisa berinteraksi dengan banyak orang,” ujar mantan Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional yang juga ahli tentang NU itu.

Sejak tersingkir dari PPP, Ma’ruf memilih jeda dari dunia politik. Ia memilih berkonsentrasi di NU. Pada Muktamar NU ke-28, di Pondok Pesantren al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta, November 1989, Kiai Ma’ruf terpilih menjadi Katib Aam Syuriah PBNU. Ayah dari delapan orang anak itu juga mulai aktif di Majelis Ulama Indonesia pada 1990 sebagai anggota Komisi Fatwa.

Sebagai “orang baru” di MUI, Ma’ruf langsung aktif dalam Lokakarya Bunga Bank dan Perbankan yang diselenggarakan MUI pada 1990. Waktu itu yang bicara soal fikih perbankan adalah Ketua Komisi Fatwa MUI KH Ibrahim Hosen. Kesimpulannya terdapat tiga pendapat soal bunga bank yakni halal, subhat, dan haram. Yang menganggap bunga itu halal sudah tersedia bank konvensional. Sedang yang berpendapat subhat dan haram belum ada penyalurannya. Karena itu dirasa penting mendirikan bank syariah. Sejak itu Kiai Maruf menekuni dan aktif terlibat dalam pengembangan ekonomi syariah.

Kiai Ma’ruf aktif menggagas perlunya lembaga khusus untuk mengeluarkan fatwa terkait bisnis dan keuangan syariah. Setelah dua tahun dibahas, pada Februari 1999 terbentuklah Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Kiai Ma’ruf terpilih jadi Ketua Badan Pelaksana Harian DSN. Di bawah kendali Ma’ruf, tak sampai satu tahun, DSN menelurkan empat fatwa yang dikeluarkan bersamaan. Yakni fatwa tentang giro, tabungan, deposito, dan mudharabah.

Ketika terpilih jadi Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indoneia, Ma’ruf mengeluarkan fatwa bunga bank haram pada Desember 2003. Berbagai perdebatan muncul. Ia juga harus berhadapan dengan sejumlah tokoh ormas Islam yang berbeda pandangan termasuk dari kalangan ulama NU sendiri seperti Gus Dur. Namun Ma’ruf tak mundur. DSN di bawah Kiai Maruf aktif memproduksi fatwa. Saat ia menjabat sebagai Ketua Umum MUI, Kiai Ma’ruf tetap membantu perkembangan ekonomi syariah dengan mendorong terbentuknya Komite Nasional Keuangan Syariah.

Selain soal fatwa bunga bank, Ma’ruf Amin juga dikenal melahirkan sejumlah fatwa yang memunculkan kontroversi seperti fatwa pluralisme, sekularisme dan liberalisme agama serta fatwa mengharamkan aliran Ahmadiyah. “Saya kira Kiai Ma’ruf bukan kategori ulama konservatif dengan adanya fatwa-fatwa itu. Fatwa MUI itu keputusan lembaga. Mencerminkan jalan tengah yang diambil dari aneka perspektif yang ada di dalam MUI,” ujar Kacung Marijan.

Petugas Gabungan Buka Jalur Lokasi Helikopter Jatuh di Tasikmalaya untuk Investigasi

Liputan6.com, Tasikmalaya – Petugas TNI dan Polri dibantu warga Minggu siang membuka jalur menuju lokasi jatuhnya helikopter BO 105M di Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (17/3/2019), hal ini untuk memudahkan investigasi yang dilakukan Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Tim KNKT mengevakuasi GPS sejumlah mesin pesawat dan kotak hitam heli.

Sejumlah barang dari dalam kokpit juga diamankan. Selanjutnya, kotak hitam akan dibaca untuk mengetahui penyebab pasti jatuhnya pesawat yang diklaim terbang dalam keadaan baik.

Usai identifikasi, bangkai helikopter akan dievakuasi menuju Landasan Udara Wiriadinata.

Lumpuh Sejak Kemarin, Jalur Jakarta-Bogor Akhirnya Dilintasi KRL Lagi

Jakarta – Lintasan kereta Jakarta-Bogor-Jakarta sempat lumpuh pada Minggu (10/3) karena ada KRL terguling. Pagi ini, jalur tersebut sudah kembali dilintasi KRL.

Pantauan detikcom di lokasi, Kebon Pedes, Bogor, Senin (11/3/2019), hingga pukul 06.35 WIB sudah ada tiga rangkaian KRL yang melintas dari arah Bogor menuju Jakarta. Kemudian pada pukul 06.50 WIB, ada satu rangkaian KRL melintas dari arah sebaliknya.

Saat ini, KRL relasi Jakarta-Bogor-Jakarta hanya beroperasi di satu jalur. KRL melintas bergantian. Hal ini sebelumnya disampaikan VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa. KRL beroperasi sejak pukul 05.00 WIB.
“Seluruh kereta yang anjlok selesai dievakuasi, sebagian KRL mulai beroperasi hingga Stasiun Bogor mulai pukul 05.00 WIB menggunakan satu jalur bergantian,” kata Eva, hari ini.
Sementara itu, rangkaian KRL yang terguling kini sudah dievakuasi. Tiga gerbong yang terguling telah dievakuasi kereta penolong pagi ini ke Dipo KRL Bogor. Selain itu, lima gerbong lainnya telah dievakuasi pada Minggu (10/3) ke Dipo KRL Depok.

Saksikan juga video ‘Perbaikan Lajur KRL Bogor Dikebut, Ditargetkan Segera Normal’:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/rna)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KRL Rute Jakarta-Bogor Sementara Hanya Gunakan Satu Jalur

Kota Bogor – KRL rute Jakarta-Bogor sudah bisa berangkat dari dan sampai ke Stasiun Bogor lagi hari ini. Meski begitu, baru satu jalur yang digunakan jadi kereta harus antre saat akan lewat.

“Untuk perjalanan KRL di lintas Bogor pada Senin 11 Maret 2019 direncanakan pemberangkatan KRL dari Stasiun Bogor baru dapat dilayani mulai pukul 05.00 WIB menggunakan satu jalur bergantian,” kata VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa, Senin (11/3/2019),

“Dengan kondisi tersebut maka hanya sebagian KRL yang pemberangkatannya dapat dilakukan dari Stasiun Bogor, sementara sebagian perjalanan KRL lainnya yang biasanya dijadwalkan pemberangkatan dari Stasiun Bogor akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi dengan pemberangkatan dari Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Citayam dan Depok,” tutur Eva.


Tiga gerbong yang tersisa dari rangkaian yang anjlok telah dievakuasi pagi ini ke Dipo KRL Bogor. Tiga gerbong tersebut dievakuasi dengan dibantu oleh kereta penolong ‘Djoko Tingkir’.

“Kereta tersebut akan ditarik ke Dipo KRL Bogor untuk pemeriksaan dan perbaikan lanjutan,” tutur Eva.

“Setelah proses evakuasi sarana KRL yang mengalami anjlokan tersebut selesai, perbaikan prasarana perkeretaapian seperti jaringan kabel Listrik Aliran Atas (LAA), jalur rel, dan pemasangan tiang LAA yang terdampak peristiwa ini juga terus dilakukan oleh PT KAI Daop 1 dan PT KCI,” jelasnya.
(rna/tsa)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PT KAI Pastikan Senin Pagi Satu Jalur KRL Bogor-Jakarta Bisa Dilalui

Liputan6.com, Bogor – Seluruh rangkaian kereta Commuter Line yang anjlok di Kebon Pedes, Kota Bogor sudah berhasil dievakuasi, Minggu (10/3/2019). Tiga gerbong yang sempat terguling kini sudah berada di atas rel. 

Rangkaian KRL tujuan Manggarai-Bogor tersebut selanjutnya ditarik menuju Depo Stasiun Depok. 

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengatakan, setelah selesai evakuasi tiga gerbong KRL, tahap selanjutnya melakukan normalisasi jaringan akibat dua tiang listrik aliran atas (LAA) roboh dihantam Commuter Line.

“Tahap selanjutnya mengaktifkan kembali LAA, ini kan putus,” kata Edi di lokasi kejadian.

Dia berharap malam ini jaringan LAA selesai diperbaiki, sehingga Senin pagi perjalanan KRL Commuter Line relasi Bogor-Jakarta maupun sebaliknya sudah bisa dilintasi kembali. Minimal, kata Edi, satu jalur bisa dilalui KRL secara bergantian.

“Ini kan duoble track ya, LAA-nya juga ada dua. Paling tidak yang jalur sini (bisa dilalui), itu tidak masalah. Kalau yang putus kan sebelah kiri (jalur Jakarta-Bogor) sampai tongkatnya kebawa,” terang Edi.

Perjalanan KRL Commuter Line nantinya akan diatur sedemikian rupa agar pelayanan terhadap masyarakat khususnya pengguna setia kereta tidak terganggu.

“Kami berharap tetap bisa memberikan pelayanan, karena biasanya kalau hari Senin pagi itu sangat padat,” terang dia.

 

Dipulangkan, Andi Arief Langsung Ancam Seret Mahfud Md ke Jalur Hukum

Liputan6.com, Jakarta – Setelah diperbolehkan pulang oleh polisi, politikus Partai Demokrat Andi Arief langsung menyerang Mahfud Md di media sosialnya. Melalui akun Twitternya, Andi Arief mengancam mantan Ketua MK itu jika terus berspekulasi soal proses hukum yang tengah dia jalani.

Pak Prof @mohmahfudmd, anda jangan berspekulasi dan sok tahu soal kejadian yg sedang saya alami.Saya bisa tuntut anda dalam jalur hukum dan meminta lembaga yang memberi anda gelar profesor mencabut gelar itu karena sok tahu dan sok bener,” tulis dia.

Setelah berita tertangkapnya Andi Arief karena mengonsumsi narkoba, Mahfud Md menanggapi sejumlah pernyataan warganet terkait kasus narkoba yang menjerat Andi Arief setelah sempat menyerangnya.

Andi Arief pun meminta agar kasusnya diserahkan ke polisi dan tak menyimpulkan secara pribadi.

Serahkan dan percayakan pada Polri yang sedang sedang menangani yang saya alami. Saya ini belum diadili dan belum ada putusan hukum soal saya, bagaimana gelar Profesor bisa menyimpulkan secara sembarangan Pak Prof,” tulis Andi Arief.

Saat dikonfirmasi Liputan6.com lewat sambungan telepon, Mahfud mengaku tak ingin memperpanjang perdebatan tersebut. Dia mengatakan tidak ada hal yang harus diributkan.

“Enggak ada, sudah lah itu sudah, itu kita kan sudah selesai,” singkat Mahfud.

2 dari 3 halaman

Cuitan Mahfud Md

Melalui akun twitter, Mahfud menanggapi pernyataan warganet terkait kasus narkoba yang menjerat Andi Arief setelah sempat menyerangnya. Mahfud juga mengingatkan kaum milenial agar menghindari narkoba yang membunuh masa depan.

“Sejak saya bilang, berita 7 kontainer surat suara itu hoaks AA tiap hari nyerang saya dengan hal-hal yang melawan akal sehat. Maka saya tak nanggapi lagi AA tapi saya menjawab dengan pesan kepada anak-anak milenial agar tak main-main narkoba karena narkoba itu merusak akal. Tuips, tolong recall & repost cuitan saya itu,” tulis Andi Arief.

Pada 2 Januari 2019, Andi Arief sempat menarik perhatian lantaran kicauannya yang menyebut ada surat suara yang sudah dicoblos dalam 7 kontainer di Tanjung Priok. Saat kabar ini tengah menjadi sorotan, Mahfud MD mengaku pernah diserang Andi Arief terkait hoaks itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Caleg Livy Dikaitkan dengan Andi Arief, NasDem akan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta – Partai NasDem bakal menempuh jalur hukum terkait dikaitkannya caleg NasDem untuk DPR, Livy Andriany dengan penangkapan Andi Arief terkait kasus narkoba. Livy sudah membantah beredarnya foto perempuan terkait Andi Arief merupakan dirinya.

“NasDem akan mengambil langkah hukum atas pencemaran nama baik kader dan merusak reputasi partai,” ujar Sekjen NasDem Johnny G Plate, Senin (4/3/2019).

Livy sebagaimana keterangan yang diteruskan Plate menegaskan dirinya tidak terkait dengan penangkapan Andi Arief di Hotel Menara Peninsula, Minggu (3/3).

“Dengan ini saya, Livy Andriany, caleg DPR RI Partai NasDem menyesalkan dan menyayangkan beredarnya foto saya dengan narasi saya lah perempuan yang ada di dalam kamar hotel saat Andir Arief ditangkap polisi pada Minggu (3/3),” kata Livy.

Livy-saat penangkapan Andi Arief sekitar pukul 18.30 WIB-sedang berada di kediamannya bersama keluarga.

Livy meminta agar tidak ada yang menyebarluaskan fotonya dan dikaitkan dengan penangkapan Andi Arief. Livy berencana membawa urusan penyebarluasan foto yang dikait-kaitkan dengan penangkapan Andi Arief ke ranah hukum.

“Jika masih ada orang atau netizen yang melanggar privasi saya, maka saya akan bawa ke ranah hukum. Sampai saat ini saya masih sibuk melakukan kegiatan sebagai caleg DPR Partai NasDem di Dapil Jateng IV,” paparnya.

Andi Arief disebut Polri masih menjalani pemeriksaan terkait kasus narkoba. Polisi punya waktu 3×24 jam untuk menentukan status Andi Arief yang saat ini masih terperiksa.

Andi Arief ditangkap seorang diri di kamar Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat, sekitar pukul 18.30 WIB, Minggu (3/3). Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menegaskan penangkapan dilakukan setelah tim Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menindaklanjuti informasi dari masyarakat.

“Benar bahwa yang ada di kamar tersebut adalah Saudara AA. Beberapa yang diduga barbuk seperangkat alat untuk menggunakan narkoba sudah kami sita,” kata Iqbal terpisah di Mabes Polri.
(fdn/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Adik Almarhumah Rina yang Wisuda Digantikan Ayah Ditawari Masuk UIN Tanpa Tes

Banda Aceh – Kisah Bukhari (59) mengikuti prosesi wisuda untuk menggantikan almarhunah putrinya Rina Muharrami membuat haru banyak orang. Pihak rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini memberikan undangan masuk UIN tanpa tes untuk adik Rina.

“Kita memberikan panggilan undangan untuk masuk ke UIN kepada adiknya pada saat nya nanti. Masuk melalui jalur undangan tanpa tes. Ini kita melihat ada adiknya yang sedang belajar di pesantren atau setara dengan SMA,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin, kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Menurut Warul, pemberian undangan itu sebagai bentuk penghargaan kepada orang tua Rina yang telah berjuang menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi. Selain itu, Rina juga meninggal saat tengah menuntut ilmu.

“Dia masih sedang berada di bangku kuliah. Dia meninggal pada 5 Februari lalu karena sakit, sehingga belum sempat merasakan yudisium dan mengikuti proses wisuda seperti teman-temannya yang lain,” jelas Warul.

“Kemudian sang ayah rela mewakili sang ananda untuk mengambil ijazahnya. Ini sebagai pertanda orang tua memberikan atensi dan perhatian yang sangat tinggi terhadap pendidikan anak. Bahkan Rina sudah tiada, tapi berkenan hadir untuk menerima ijazah yang dianugerahkan oleh kampus,” ungkap Warul.

Pihak rektorat juga sudah berkunjung ke rumah duka pada Kamie 28 Februari kemarin. Rektor menyerahkan baju toga kepada keluarga almarhumah Rina.

“Kami memberikan baju toga adalah sebagai wujud dari kecintaan semua komunitas kampus,” kata Warul.

Seperti diketahui, cerita tentang sosok almarhumah Rina dan kedatangan sang ayah untuk mewakili di acara wisuda diceritakan di situs UIN Ar-Raniry, Kamis (28/2/2019). Rina adalah mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Tarbiyah.

Rina menjalani sidang skripsi pada 24 Januari 2019 pukul 12.00 WIB. Tetapi, 13 hari setelahnya yaitu pada 5 Februari 2019 sebelum Subuh, perempuan kelahiran 16 Mei 1996 itu meninggal pada usia 22 tahun. Rina meninggal dunia setelah menderita penyakit tifus stadium akhir hingga berujung pada saraf.
(agse/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BMKG: Gempa Solok Selatan Dipicu Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis 28 Februari 2019. Hasil pemutakhiran parameter menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa Solok Selatan ini, merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

“Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatera tepatnya dari Segmen Suliti,” jelas Daryono kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

“Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut-tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault),” ujar dia.

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini.

“Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti tidak banyak, tetapi pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak dalam catatan sejarah pernah terjadi 2 kali gempa dahsyat, yaitu Gempa Kerinci 1909 (M=7,6) dan 1995 (M=7,0),” ucap Daryono.

2 dari 2 halaman

Sejarah Gempa 1909

Salah satu peristiwa gempa dahsyat di Perbatasan Sumatera Barat, Bangkulu, dan Jambi adalah gempa merusak yang terjadi pada 4 Juni 1909, sekitar 7 tahun setelah wilayah ini diduduki Hindia-Belanda.

“Gempa tektonik yang dipicu akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya di segmen Siulak ini berkekuatan M=7,6. Gempa ini menjadi gempa darat paling kuat yang mengawali abad ke-20 di Hindia-Belanda. Peristiwa gempa dahsyat ini banyak ditulis dan diberitakan dalam berbagai surat kabar Pemerintah Hindia Belanda saat itu,” terang Daryono.

Jumlah korban jiwa meninggal akibat gempa Kerinci saat itu sangat banyak mencapai lebih dari 230 orang. Sementara korban luka ringan dan berat dilaporkan juga sangat banyak.

“Sejarah gempa dahsyat yang melanda Kerinci tahun 1909 kemudian terulang kembali pada tahun 1995. Gempa Kerinci 1995 berkekuatan M 7,0 terjadi terjadi pada 7 Oktober 1995 yang mengakibatkan kerusakan parah di Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci,” kata Daryono.

Gempa ini menyebabkan 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Untuk itu, ia menilai ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan termasuk catatan gempa Kerinci 1909 dan 1995. Bahwa, keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai.

“Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk,” ucap Daryono.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Penguatan Dolar AS Turunkan Harga Emas

Liputan6.com, London – Harga emas turun mendekati level terendah dalam dua minggu dipicu penguatan Dolar Amerika Serikat (AS) dan data ekonomi AS yang lebih kuat dari prediksi. Ini membuat harga emas di jalur penurunan bulanan pertama dalam lima bulan terakhir.

Melansir laman Reuters, Jumat (1/3/2019), harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1.314 per ons, setelah mencapai titik terendah USD 1.312,43, terlemah sejak 15 Februari. Adapun emas berjangka AS turun 0,4 persen menjadi USD 1.316,1 per ounce.

“Emas lebih banyak didorong oleh data saat ini. Kami memiliki data produk domestik bruto (PDB) yang lebih baik dan itu adalah pendorong terbesar untuk mundurnya emas. Emas terluka oleh kenaikan dolar setelah rilis data,” kata Phil Streible, Ahli Strategi Komoditas Senior RJO Futures di Chicago.

Dolar menguat versus enam mata uang utama lainnya, setelah laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan kenaikan tahunan sebesar 2,6 persen dalam produk domestik bruto untuk kuartal keempat.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB akan tumbuh 2,3 persen di kuartal keempat.

Data PDB yang kuat datang setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan bank sentral tidak terburu-buru untuk memutuskan kenaikan suku bunga di masa depan.

“Dari sudut pandang teknis, penurunan di bawah USD 1.320 dapat membuka ruang untuk penurunan lebih lanjut ke posisi USD 1.300, area yang kemungkinan akan menghentikan skenario bearish jangka pendek,” kata kepala analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa dalam sebuah catatan.

Investor juga tetap memantau ketegangan antara India dan Pakistan yang terlibat dalam serangan balasan, dan perkembangan pembicaraan perdagangan AS-China.

Emas dianggap sebagai aset yang aman selama masa ketidakpastian ekonomi atau politik.

Di antara logam mulia lainnya, harga paladium naik 0,9 persen menjadi USD 1.542 per ons, setelah mundur dari puncaknya sepanjang masa di USD 1.565,09 yang diskalakan pada awal pekan ini. Logam ini mencatat kenaikan persentase bulanan terbesar sejak November 2016.

“Palladium adalah bitcoin logam. Setiap kemunduran akan menjadi peluang pembelian daripada peluang penjualan, ”kata Eli Tesfaye, ahli strategi pasar senior untuk broker RJO Futures di Chicago.

Sementara harga perak turun 1 persen menjadi USD 15,58 per ounce dan turun sekitar 3 persen untuk bulan ini, terlemah sejak Agustus.

Harga platinum naik 0,3 persen menjadi USD 867, setelah mencapai level tertinggi sejak 7 November di USD 876 pada awal sesi. Harga juga menandai kenaikan bulanan terbesar sejak Januari 2018, setelah naik lebih dari 5 persen.