Istri Resik dan Suka Meluangkan Waktu untuk Suami, Kunci Rumah Tangga Harmonis

Liputan6.com, Jakarta Menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis merupakan impian setiap pasangan suami istri. Namun, untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis, sepasang suami istri sering kali harus menghadapi masalah atau tantangan terlebih dahulu.

Menurut dokter kandungan Ardiansjah Dara Sjahruddin, salah satu masalah rumah tangga yang paling sering terjadi adalah masalah biologis. Masyarakat Indonesia yang mengikuti Adat Ketimuran, sering kali merasa canggung berbicara soal seks kepada suami. Akibatnya, kebutuhan biologis masing-masing kurang terpenuhi.

“Karena itu, penting untuk punya waktu khusus ngobrol berdua sama suami. Selain untuk membicarakan masalah keluarga dan anak-anak, juga untuk membicarakan masalah lain yang butuh waktu panjang (seperti seks). Ini jadi kunci keharmonisan rumah tangga,” ujarnya, dalam acara Women’s Talk ‘Istri Resik, Keluarga Harmonis’, di 89 Coffee & Eatery, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (29/9/2018).

Blogger, Fifi Alvianto, pun memiliki pendapat serupa. Dia sendiri sangat mengutamakan kesempatan untuk memiliki quality time dan mengobrol berdua sang suami.

Karena itu, anak-anaknya sudah dilatih untuk tidur di kamar sendiri sejak usia tiga atau empat tahun. Dengan begitu, Fifi dan suami punya waktu luang untuk berbincang-bincang sebelum tidur.

“Kalau aku enggak pernah (canggung berbicara soal seks) sih. Sejak awal nikah, kebetulan sekarang sudah sembilan tahun, malah aku yang sering ngisengin suami. Terutama kalau kita berdua lagi di tempat terpisah. Karena itu yang bikin kangen,” ucapnya.

Begitu juga dengan artis dan pemilik brand jilbab Moya, Herfiza Novianti. Perempuan yang sedang mengandung anak ke-tiganya ini mengaku nyaman berbicara soal seks dengan sang suami. Mereka bisa melakukannya di mana saja, selama momennya sedang pas dan sedang berdua.

Herfiza pun berbagi sedikit tips tentang cara yang nyaman untuk berbicara soal seks dengan suami.

“Paling kalau anak-anak sudah tidur, paling pas kan di kamar dan lagi rileks dua-duanya. Biasanya kalau kayak gitu sih sambil ngobrol aja. Harus liat juga waktu dan tempatnya. Atau, ketika lagi berduaan di mobil terus lagi ngobrolin hal-hal yang nyerempet ke hubungan pernikahan ya enggak apa-apa juga. Jadi, jangan ditutup tapi harus liat juga kondisinya,” kata dia.

Selain meluangkan waktu untuk berbincang berdua dengan suami, hal lain yang dapat dilakukan seorang istri untuk menjaga keharmonisan rumah tangga adalah menjaga kebersihan dirinya. Dengan kata lain, menjadi seorang istri resik.

Menurut Dr. Dara, seorang istri perlu menjaga kebersihan area kewanitaannya. Setiap wanita perlu memperhatikan apakah area kewanitaannya dalam keadaan normal atau tidak.

“Berbicara soal jalan lahir atau vagina itu memang ada bau khasnya. Bau area kewanitaan itu agak beda, cuma bukan bau yang tidak enak. Nah, kalau area kewanitaan umpamanya tidak sehat, di situlah keluar bau tidak enak,” ujarnya.

Dokter Dara melanjutkan, ciri lain dari area kewanitaan yang kurang sehat antara lain terasa gatal, keputihan berubah warna menjadi kuning kehijauan, atau keputihan berwarna putih tapi teksturnya seperti bubur basah dan menggumpal. Guna mengatasi permasalahan itu, imbuhnya, area kewanitaan perlu dibersihkan oleh dokter.

Namun, para wanita juga bisa membersihkan sendiri area kewanitaannya menggunakan cairan pembersih kewanitaan.

“Pembersih kewanitaan itu membantu wanita untuk mengatasi permasalahan yang dimiliki, tapi yang pasti pilih pembersih kewanitaan yang pHnya sama dengan pH kewanitaan kita. Di area kewanitaan kita kan ada bakteri-bakteri yang harus kita jaga, kalau pHnya nggak sesuai dengan (area) kewanitaan kita, maka bisa membunuh bakteri yang kita perlukan,” ucap Senior Public Relation Manager Kino, Yuna Eka Kristina.

Salah satu cairan pembersih yang dapat digunakan adalah Resik V. Pasalnya, menurut Yuna, dari dulu brand Resik V sudah dipercaya sebagai pembersih kewanitaan yang alami, teruji klinis, dan halal. Varian yang dapat digunakan untuk mencegah keputihan adalah Resik V Godokan Sirih, sedangkan untuk yang telah menikah, dapat menggunakan Resik V Manjakani Whitening yang mengandung manjakani asli Persia dan ekstrak bengkoang, yang terbukti 2x efektif mencerahkan dan lebih mengencangkan.

Walaupun begitu, ia mengingatkan bahwa Resik V merupakan produk untuk penggunaan luar. Untuk menjaga area kewanitaan, selain menggunakan produk yang tepat, juga harus membersihkannya dengan cara yang benar, seperti membasuh dari area depan ke belakang, mengeringkan area kewanitaan setelah buang air kecil, dan mengganti 3-4 jam sekali.  

Sebagai informasi, Liputan6.com dan Resik V mengadakan Women’s Talk bersama para blogger dan anggota komunitas dengan mengangkat tema “Istri Resik, Keluarga Harmonis”. Kegiatan ini membahas kesehatan area kewanitaan dan rumah tangga harmonis.

Selain talkshow dengan para narasumber di atas, para peserta juga diajak melakukan kegiatan seru, yaitu membuat pop up decoration photo peserta dengan suami atau keluarga. Para peserta pun bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga tercintanya.

Yuk, luangkan waktu berkualitas dengan suami dan jadi seorang istri yang resik demi keluarga harmonis!

(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *