Kado Istimewa dari Mapala Kediri pada Hari Bumi Sedunia

Liputan6.com, Kediri – Pada kegiatan Car Free Day di sepanjang Jalan Raya Pertokoan Doho, Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (21/4/2019) pagi, ada satu kegiatan yang banyak menyita perhatian pengunjung.

Kegiatan itu adalah penukaran sampah yang ada di sekitar lokasi dengan bibit pohon. Kegiatan ini digagas oleh sejumlah pemuda yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Lintas Universitas se-Kota Kediri.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Bumi Sedunia yang jatuh pada Senin (22/4/2019) besok, kebetulan ada car free day di sini jadi kita sesuaikan,” kata ketua pelaksana kegiatan, Bayu Tri Aji Wibisono di lokasi kegiatan. 

Dia menjelaskan kegiatan ini bermaksud untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan lebih mencintai kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya keberadaan pohon sebagai paru-paru bumi.

“Kegiatan tentang sosialasi kesadaran membuang sampah pada tempatnya, penanaman pohon terus ada penukaran sampah dengan bibit pohon biar, terus ada musiknya juga untuk menghibur masyarakat,” katanya.

Jumlah bibit pohon yang diberikan kepada masyarakat sebanyak 180 kantong, ratusan bibit ini diterimanya dari salah seorang penggiat pencinta alam. Jenis bibit yang diberikan di antaranya pohon sengon, trembesi, nangka, buah-buahan serta tanaman obat atau toga.

“Sampah yang ditukarkan dengan bibit pohon, kurang lebih satu kresek jenis sampah kering,” ucapnya.

Sampah yang terkumpul nantinya dipilah lalu dipisahkan jenisnya kemudian diberikan ke bank sampah. Pada momentum peringatan Hari Bumi, Mapala Lintas Universitas se-Kota Kediri menitipkan pesan kepada masyarakat agar tidak terlalu  berlebihan dalam penggunaan plastik yang menyebabkan menimbunnya sampah.

“Harapanya agar masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam penggunaan sampah plastik, terus sadar pentingnya untuk menanam pohon,” ucapnya.

Saksikan juga video menarik pilihan berikut ini:

Setiap hari, jumlah volume sampah yang masuk ke TPST Bantargebang sebanyak 6.500-7.000 ton dari Provinsi DKI Jakarta.

Rudiantara Sebut Ada Pihak Tak Ingin Yogya Istimewa

Kulon progo – Rudiantara menghadiri acara kampanye Pro Jokowi di lapangan Alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (DIY). Ia hadir sebagai juru kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf Amin. Saat berorasi, Rudiantara menyebut ada pihak yang tidak ingin Yogyakarta berstatus istimewa.

“Masyarakat Yogya mendapatkan keistimewaan, karena secara budaya, secara sejarah, memberi kontribusi akan adanya NKRI. Ada pihak-pihak yang tidak menginginkan keistimewaan Yogyakarta, artinya tidak menginginkan keistimewaan dari wilayah di mana saudara-saudara tinggal,” kata Rudiantara di hadapan kader dan simpatisan Pro Jokowi yang memadati Alun-alun Wates, Minggu (7/4/2019).

“Kita akan sama-sama jaga Yogyakarta menjadi daerah istimewa, dan itu harus kita lakukan sama-sama oleh pemerintah pusat yang akan datang, dan pemerintah daerah beserta masyarakat di Yogya maupun masyarakat Indonesia pada umumnya,” lanjutnya.

Saat ditemui wartawan seusai acara untuk konfirmasi siapa pihak yang disebut tidak menginginkan keistimewaan Yogyakarta, begini jawaban Rudiantara.

“Begini, biar bagaimanapun kan Indonesia beragam, ada yang mempertanyakan keistimewaan Yogya. Ya Yogya itu istimewa bisa dilihat dari kultur, dari budaya, maupun dari sejarah keberadaan negeri ini. Dulu itu Indonesia ibu kotanya sempat pindah ke Yogyakarta, keistimewaannya kan banyak, kita harus hormati keistimewaan itu, tetapi dalam koridor NKRI tentunya,” ujarnya.

“Saya percaya kepada Pak Gubernur (DIY), kemarin mengeluarkan kebijakan mengenai masalah yang berkaitan bagaimana kita harus memperlakukan perbedaan, kita harus selalu menerima,” sambung Rudiantara.

(bgk/bgs)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Geger Guru Sodomi Siswa dengan Imingi Nilai Istimewa

Payakumbuh – FY, guru honorer di Sumatera Barat ditangkap polisi karena menyodomi belasan anak didiknya yang merupakan siswa SD Negeri. FY melancarkan aksinya dengan iming-iming nilai istimewa.

Tersangka tercatat sebagai guru honorer di salah satu SD Negeri di Kabupaten 50 Kota. Namun, kawasan itu masuk wilayah hukum Polres Kota Payakumbuh.

FY menyodomi murid-murid cowok itu sejak 2018 lalu. Terakhir dia beraksi pada Februari. Sebagian korban bahkan kini sudah duduk di bangsu SMP.

“Korban ada yang masih duduk di sekolah dasar dan SMP. Untuk korban SMP, karena sudah lulus,” kata Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastyawan kepada detikcom, Kamis (28/3/2019).
Sejauh ini sudah ada 10 korban yang diperiksa polisi. Orang tua korban juga sudah dimintai keterangan.

“Ada 10 korban yang sudah diperiksa. Kita juga periksa saksi dan orang tua,” kata Endrastyawan.

Beberapa orang tua murid yang mendapat kabar anaknya jadi korban sodomi lalu mengepung rumah dinas sang guru pada Sabtu (23/3) sore. Beruntung polisi berhasil mengamankan tersangka dari amukan orang tua.

“Pelaku ini memang betul melakukan perbuatannya di rumah dinas dan di sekolah. Berulang kali di rumah dinas,” ujarnya.

FY sudah ditetapkan jadi tersangka. Dia juga sudah ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Modus bejat sang guru pun terungkap. Iming-iming nilai bagus jadi akal bulus tersangka untuk memperdaya para korban.

“Pemeriksaan awal, kita menemukan modus tersangka menawarkan nilai bagus untuk murid-muridnya,” kata Kasat Reskrim Polres Payakumbuh AKP Ilham Indarmawan kepada detikcom, Kamis (28/3).

Ilham mengatakan tawaran nilai bagus itu diberikan kepada anak-anak yang mau ikut pelajaran tambahan. Sementara, aksi cabul itu dilakukan tersangka di sekolah dan rumah dinas.

“Pelajaran tambahan hanya upaya tersangka mendekati korban. Di (saat) tambahan pelajaran tersebut dilakukan perbuatan cabul,” ujarnya.
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prediksi Persija Vs Kalteng Putra: Lawan Istimewa

Jakarta Juara bertahan Piala Presiden, Persija Jakarta, bertemu Kalteng Putra, klub promosi dari Liga 2, pada babak delapan besar Piala Presiden 2019.

Laga yang akan dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (28/3/2019), dan disiarkan langsung Indosiar ini, ibarat pertarungan David versus Goliath.

Kalteng Putra tentu bukan lawan sepadan bagi Persija. Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran itu perlu waspada. Lupakan sejenak status Kalteng Putra sebagai tim terbaru di Liga 1. Nyatanya, Patrich Wanggai dan kawan-kawan berhasil mempermalukan sejumlah klub besar di babak penyisihan grup Piala Presiden.

PSM Makassar dan Persipura Jayapura telah merasakan hegemoni tim berjuluk Laskar Isen Mulang tersebut.

Persija pun menjadi was-was. Belum lagi ditambah, Macan Kemayoran terancam tanpa diperkuat lima pemainnya, dengan dua di antaranya telah dipastikan absen. Novri Setiawan dan Sandi Darman Sute masih bergelut dengan cedera.

Dengan Riko Simanjuntak, Andritany Ardhiyasa, dan Rohit Chand masih diragukan kebugarannya seusai membela timnas masing-masing.

“Pasti untuk mereka (para pemain timnas) akan sangat sulit. Terutama Riko yang bermain cukup banyak dengan Persija dan melakukan perjalanan jauh dari Myanmar,” ujar pelatih Persija, Ivan Kolev pada konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Patriot, Rabu (27/3/2019).

“Juga Rohit yang baru tiba dari Kuwait (setelah membela Timnas Nepal). Sangat disayangkan Novri dan Sandi tidak bisa bermain karena cedera,” kata arsitek asal Bulgaria itu.

Lolos 8 Besar Piala Presiden 2019 Terasa Istimewa bagi Pelatih Kalteng Putra

Jakarta Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, memuji penampilan anak asuhnya setelah secara mengejutkan menang 3-1 atas Persipura Jayapura di laga terakhir Grup C Piala Presiden yang ditayangkan Indosiar. Kemenangan ini sekaligus memastikan langkah mereka ke perempat final.

Gomes de Oliveira, melihat kesuksesan tim asuhannya bermakna istimewa.

Kalteng Putra finis di puncak klasemen Grup C Piala Presiden 2019, mengungguli Persipura Jayapura, PSIS Semarang, dan PSM Makassar.

Bahkan jelang laga terakhir kontra Persipura, peluang Kalteng Putra sangat tipis. Mereka wahib menang atas Persipura untuk lolos.

Meski sempat tertinggal, Kalteng Putra membobol gawang Persipura hingga tiga kali. Kemenangan 3-1 mengantar Kalteng Putra melangkah ke perempat final. Mereka menjadi satu-satunya tim dari luar Pulau Jawa yang melangkah ke delapan besar Piala Presiden 2019.

“Berhasil lolos ke babak berikutnya merupakan sesuatu yang istimewa. Kami baru membangun sebuah tim baru, dan saat ini mereka tahu bagaimana berjuang bersama-sama dalam latihan dan pertandingan,” ujar Gomes de Oliveira.

Selain Kalteng Putra, tujuh tim lain yang lolos ke perempat final Piala Presiden 2019 merupakan tim-tim dari Pulau Jawa.

Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Tira-Persikabo menjadi tim-tim dari wilayah barat Pulau Jawa yang lolos ke perempat final Piala Presiden 2019, sementara empat tim lainnya berasal dari Jawa Timur, yaitu Arema FC, Madura United, Persela Lamongan, dan Persebaya Surabaya.

Sumber: bola.com

Berita video Kalteng Putra berhasil mengalahkan Persipura pada pertandingan Piala Presiden 2019 dengan hasil akhir 1-3.

Deretan Momen Istimewa Zidane di Real Madrid

3.Disambut Fans

Setelah resmi jadi pelatih, Zidane melakukan tugasnya di hari berikutnya. Dia pun mendapatkan sambutan dari 5 ribu fans yang memadati tempat latihan Madrid, Valdebebas.

Dia juga mengucapkan selamat untuk semua pemain di ruang ganti Valdebebas. Pemain-pemain itu pula yang membantunya raih 3 gelar juara Liga Champions secara beruntun.

4. Pembuktian Cinta

Satu hal yang mengejutkan terjadi lima hari usai Real Madrid rayakan gelar juara Liga Champions tiga kakli secara beruntun. Hari itu, 31 Mei 2018, Zidane tampil di depan media bersama Presiden Florentino Perez.

Dia mengumumkan kepergiannya dari Real Madrid. Namun ternyata perpisahan itu tak lama karena dia jumpa kembali dengan Perez 9 bulan berikutnya atau 11 Maret lalu.

“Sekarang saya siap melatih Real Madrid lagi dan saya diberi kesempatan untuk bersama klub ini, klub yang sangat saya cintai,” ujarnya.

Zinedine Zidane akhirnya kembali ke pelukan Real Madrid. Sempat memutuskan mundur di awal musim, Zidane kembali ke Bernabeu setelah sembilan bulan absen melatih.

Kalahkan Marquez, Dovizioso Merasa Kemenangan di MotoGP Qatar Istimewa

Musim lalu Dovizioso juga menjadi kampiun MotoGP Qatar, lagi-lagi juga dengan mengalahkan Marc Marquez. 

“Kami memahami harus melakukan perubahan. Hal yang normal, Anda harus mengerjakan banyak hal di tim pabrikan, berusaha terus menerus mengembangkan motor,” kata Dovizioso. 

“Kami banyak menunjukkan kemajuan pada akhir pekan dan tak mudah melakukan hal seperti itu di Qatar. Alasannya, karena Anda berkendara pada siang, kemudian malam, ada angin. Bekerja baik sepanjang akhir pekan menjadi pembeda,” imbuh dia. 

Menurut Dovizioso, performa Marquez pada akhir pekan lalu sebenarnya sangat kuat. Apalagi jika dibandingkan musim lalu. 

“Saya rasa Marc lebih kuat pada balapan kali ini dibanding pada 2018. Tapi, dia tak khawatir. Dia tahu perubahan yang dilakukan pada motor dan mereka bisa mengendalikan situasi. Saya juga tak khawatir,” tegas Dovizioso.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Berita video MotoGP Qatar 2019 yang berlangsung sengit antara Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso.

Istimewa, Bata Fashion Weekend 2019 Akan Diselenggarakan di Praha

Liputan6.com, Jakarta Merek sepatu Bata siap mengadakan kembali event tahunannya, Bata Fashion Weekend 2019, pada 12 – 14 April 2019. Penyelenggaraan tahun ini bakal lebih spesial karena dilakukan bersamaan dengan ulang tahun Bata ke – 125. Pimpinan Bata, selebritas, dan desainer dari seluruh dunia dipastikan akan ikut memeriahkan perayaan istimewa ini.

Pemilihan tempat penyelengaraannya juga tak kalah spesial. Bata Fashion Weekend akan diadakan di Zofin Palace, Praha. Zofin Palace merupakan bangunan bergaya neorenaissance dan memiliki dekorasi interior begitu kaya. Tempat ini juga memiliki arsitektur indah dan kekayaan sejarah.

Konsep Zofin Place tersebut akan menjadi latar belakang style acara Fashion Weekend 2019, yaitu presentasi merek modern dalam bangunan bersejarah. Juga merepresentasikan bahwa merek bersejarah seperti Bata terus berevolusi hingga bisa melahirkan desain sepatu modern setiap tahunnya.

Head of Global Marketing Bata, Jana Chadova Barbati, menjelaskan tema yang akan diangkat dalam event tahun ini.

Setelah tema ‘The Essence of Style’ di tahun 2017 dan ‘The Sound of Style’ di tahun 2018, tema tahun 2019 adalah ‘The Evolution of Style’. Evolusi sangat tepat menggambarkan merek Bata, yang tetap berpegang pada akar dan membuktikan bahwa merek dengan warisan budaya yang kuat dan sejarah yang sangat panjang dapat juga menjadi modern, fresh, inovatif, dan dinamis,” ujarnya, dalam keterangan rilisnya.

Selain fashion show, Bata Fashion Weekend juga akan menjadi saksi pengumuman pemenang Bata Young Designer’s Challenge 2019. Kompetisi ini diikuti mahasiswa desain paling kreatif dari tiga negara yang berpartisipasi, yaitu Republik Ceko, Italia, dan Kenya. Mereka berlomba menciptakan desain sepatu yang paling unik dan karya pemenang akan diproduksi dan dijual di toko-toko Bata pilihan di seluruh dunia.

Penasaran dengan keseruan dan koleksi terbaru Bata? Seluruh rangkaian Bata Fashion Weekend dapat dinikmati via live stream di channel Bata. Pantau terus akun Facebook Bata, Instagram @bataindonesia, dan www.bata.id untuk informasi lebih lengkapnya.

(Adv)

Cara Membuat Scrapbook Sendiri, Hadiah Istimewa Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Memberi hadiah kepada orang-orang yang disayang memang sangat menyenangkan. Seseorang memberikan hadiah sebagai wujud kasih sayang saat berulang tahun, kelulusan, pernikahan dan momen momen bahagia lainnya.

Nah, salah satu hadiah yang akan membuat orang tercintamu terkesan adalah serangkaian scrapbook yang berisi banyak kenangan. Scrapbook sendiri adalah seni menempel foto dan hiasan lainnya hingga menjadi sebuah karya yang menarik.

Scrapbook tak hanya sekadar album foto, tapi juga sebuah karya seni yang memiliki kenangan. Dan yang paling penting, scrapbook adalah ekspresi citya dan kasih sayang.

Seiring dunia makin barbasis digital. Scrapbook buatan tangan juga makin digemari. Hal ini karena banyak tutorial atau cara membuat scrapbook yang bebas diakses. Bahkan pilihan dan variasi desain scrapbook dapat ditemukan dengan mudah.

Scrapbook cukup menarik dijadikan hadiah. Selain memberi kesan eksklusif dan handmade, cara membuat scrapbook juga terbilang mudah.

2 dari 7 halaman

Mengenal Scrapbooking

Scrapbooking adalah pembuatan dan pendokumentasian menggunakan buku dengan halaman kosong dan menambahkan foto, memorabilia, penjurnalan, dan hiasan.

Scrabooking dikenal juga sebagai cropping, tujuan utama scrapbooking adalah untuk mengemas sebuah kenangan untuk generasi mendatang, tujuan lain dari kegiatan scrapbooking adalah untuk melatih kreativitas saat menyusun scrapbook itu sendiri.

Scrapbooking telah menjadi hobi yang ada sejak abad ke 15 dan 16. Pada awalnya, scrapbooking hanyalah sebuah kegiatan mengoleksi sesuatu dalam sebuah buku. Koleksi-koleksi ini bisa termasuk resep, kartu ucapan, potongan memorabilia kertas, tiket, atau playbill.

Seiring perkembangannya, scrapbook menjelma sebagai media mendokumentasikan kenangan berupa foto-foto yang di rangkai sedemikian rupa dengan sentuhan seni.

Di Amerika Hobi ini menjadi sangat populer dari tahun 2001 hingga 2005. Hobi ini kemudian memunculkan lebih dari 1.600 industri yang menciptakan produk scrapbooking senilai $ 2,5 miliar pada tahun 2003. Munculnya blogger juga menjadi kemungkinan scrapbook semakin populer.

Scrapbook digital juga makin populer, ini memungkinkan orang untuk membagikan secara online dan cetak hard copy dari sebuah scrapbook. Dengan berbagai kemudahan yang didapat membuat cara membuat scrapbook sendiri lebih mudah dilakukan.

Nah setelah mengenal singkat apa itu scrapbook, mungkin kamu tertarik untuk membuat scrapbookmu sendiri atau untuk orang-orang spesialmu. Cara membuat scrapbook cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (2/3/2019), cara membuat scrapbook sendiri di rumah

3 dari 7 halaman

Kumpulkan Alat dan Bahan

Cara membuat scrapbook sendiri yang pertama adalah menyiapkan peralatan. Untuk mulai membuat scrapbook kamu tak hanya sekadar memerlukan kumpulan foto dan buku kosong. Kamu juga membutuhkan alat tulis, perekat, gunting, dan hiasan untuk memberi sentuhan seni pada scrapbook. Pilih kertas yang sesuai dengan model scrapbook yang kamu inginkan.

4 dari 7 halaman

Pilih Tema

Cara membuat scrapbook sendiri agar menarik dan berkesan adalah menentukan tema. Pertama kamu harus menetukan tema apa yang akan kamu gunakan di scrapbookmu.

Mulailah dengan sesuatu yang lebih spesifik.Pikirkan apakah scrapbook yang akan kamu fokus pada hal apa. Misal untuk kelulusan, ulang tahun, atau mungkin pernikahan. Pikirikan tentang pengalaman dan momen berharga bersama orang tercinta.

5 dari 7 halaman

Kumpulkan Foto dan Hiasan

Setelah memilih tema, saatnya beralih ke pilihan foto. Kumpulkan sebanyak mungkin foto yang terkait dengan tema yang kamu pilih. Kamu juga bisa menghubungi teman atau anggota keluarga untuk menanyakan apakah mereka memiliki foto-foto spesial lainnya dan bersedia membaginya denganmu. Lebih baik memiliki lebih banyak foto dari yang perlukan sehingga kamu akan memiliki banyak pilihan.

Untuk mempermudahnya kamu dapat mengatur semua foto dalam koleksi menjadi beberapa grup. Misalnya foto saat bayi, foto liburan, foto kerja, dan lainnya. Jika foto dikelompokkan, itu akan membuat pemilihan foto lebih cepat dan lebih saat mulai menyusunnya di scrapbook.

Perbedaan terbesar antara scrapbook dan album foto biasa adalah hiasan yang diberikan. Hiasan dapat berupa potongan renda, kertas bermotif,stiker, glitter, manik-manik, bunga kering, dan benda-benda menarik lainnya.

Kamu juga bisa menggambar langsung jika mempunyai sentuhan seni tinggi. Selain itu kamu juga bisa mencetak sendiri hiasan berupa gambar-gambar untuk scrapbook yang tersedia gratis di internet.

6 dari 7 halaman

Tentukan Ukuran

Menentukan ukuran scrapbook akan membantumu menentukan berapa banyak foto dan hiasan yang akan digunakan. Pastikan juga ukuran foto pas dengan scrapbook.

Scrapbook tak memiliki batasan ukuran. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran scrapbook yang kamu buat. Tentukan ukuran yang tidak terlalu besar namun juga tak terlalu kecil untuk scrapbookmu.

Dua ukuran paling populer untuk scrapbooking adalah 12×12 inci dan 8,5 x -11 inci. Yang pertama akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk berkreasi. Pilihan kedua adalah pilihan yang baik jika Anda tak memiliki banyak ide untuk mengisi tiap halaman.

7 dari 7 halaman

Atur Tata Letak dan Halaman

Tentukan tata letak yang ingin kamu pilih. Kamu bisa menyusu tata letak secara kronologis pada tiap halamannya. Dengan mengatur tata letak akan membantumu memilih foto mana yang hendak dipilih.

Mendesain tata letak bisa menjadi tantangan terbesar scrapbooking. Pilih titik fokus pada tiap halamannya. Ke mana kamu ingin mata tertuju terlebih dahulu di sebuah halaman? Jika fokus tersebut adalah satu foto tertentu, atur desain agar foto itu terlihat menonjol.

Jika kamu memiliki banyak foto, rapikan! Gunakan kolase, kisi dan foto yang lebih kecil untuk mendapatkan lebih banyak foto di halaman scrapbook.

Jika Anda benar-benar bingung bagaimana cara menata halaman scrapbook, situs-situs seperti Page Maps menawarkan sketsa-sketsa indah yang dapat menjadi inspirasi desain untukmu. Kustomisasi templat dengan foto dan gayamu sendiri.


Raih 800 Ribu Penonton di Hari Pertama Tayang, Dilan 1991 Pecahkan Rekor Baru

Liputan6.com, Jakarta Dilan 1991 akhirnya tayang serentak pada 28 Februari 2019. Sesuai espektasi, film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini mampu merebut hati banyak pecinta film Tanah Air.

Setelah di hari perdana penayangan, Dilan 1991 telah mendapat 800 ribu penonton. Angka ini merupakan akumulasi dari jumlah penonton saat premier di Bandung sebesar 80 ribu, dan jumlah penonton di hari pertama tayang, 720 ribu.

Kabar menggembirakan ini disampaikan langsung oleh sutradara Dilan 1991, Fajar Bustomi. Ia mengucap terima kasih atas apresiasi yang begitu besar terhadap film yang dibintangi Iqbaal Ramadan dan Vanesha Prescilla tersebut.

“Alhamdulillah terima kasih ya Allah. Terima kasi kepada semua yang terlibat, semua yang mendukung, semua teman-teman wartawan, sponsor, para pemilik karyawan bioskop. Dan semua yang menonton film Dilan,” tulisnya di Instagram, Jumat (1/3/2019).

2 dari 2 halaman

Judul Ketiga

Pencapaian ini membuat Dilan 1991 menjadi film yang meraih rekor box office sepanjang masa. Film sebelumnya, Dilan 1990 juga mendapat jumlah penonton tinggi.

Dilan 1990 turun layar dengan angka penonton mencapai 6,3 juta leboh. Hal ini menjadikan film produksi Max Pictures ini sebagai film terlaris sepanjang masa kedua setelah Warkop DKI Reborn yang mendapat 6,8 juta penonton.

Kisah antara Dilan dan Milea tak berhenti sampai Dilan 1991 saja. Cerita khas anak SMA ini masih berlanjut di film ketiga yang berjudul Milea.