Kemendag Temukan Penjualan Gula Rafinasi Secara Online

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan penjualan gula rafinasi melalui situs jual beli online. Penjualan tersebut melanggar aturan mengingat gula jenis ini tidak boleh diperdagangkan secara bebas lantaran bukan merupakan gula konsumsi.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggriono mengatakan, selama melakukan pengawasan, Kementerian Perdagangan menemukan penjualan gula rafinasi melalui situs online. Namun masih dalam jumlah yang kecil.

“Kami temukan selama pengawasan di pedagang-pedagang online, tidak dalam jumlah banyak mereka lakukan perdagangan, tetapi ini melanggar. Ini pedagang gula rafinasi ini kan dikhususkan untuk industri dan tidak seyogyanya di daftarkan di online,” ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Menurut dia, dari hasil pengawasan tersebut, mayoritas dijual di wilayah Jawa, seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk jumlahnya, Veri mengaku masih melakukan pendalaman terkait temuan ini.

“Jumlahnya belum bisa kami pastikan, tapi yang pasti yang melanggar industri penggunanya,” kata dia. 

“Jadi mereka beli dengan jumlah tertentu padahal industrinya hanya keburuhannya 10 ton misalnya, dia ajukan pembelian dengan 20 ton. Karena si industri rafinasinya hanya lihat base on dokumennya saja, tidak memeriksa berapa kebutuhan indsutri makanan dan minuman yang ditemukan,” lanjut Veri.

Sementara untuk sanksi, Veri menyatakan bahwa pedagang yang kedapatan menjual gula rafinasi ini secara bebas ke pasaran akan dikenakan sanksi mulai dari administrasi hingga pidana.

“Sudah diedarkan ke industri penggunanya. Ada mereknya dan itu sudah kita limpahkan ke Polri dan sudah dalam tingkat pengadilan. Saya lupa berapa merek itu,” tandas dia.

2 dari 3 halaman

60 Ribu Ton Gula Rafinasi Rembes ke Pasar

Sebelumnya, Kementrian perdagangan (kemendag) bersama Polri mengungkap kasus penggunaan gula rafinasi yang seharusnya diperuntukkan untuk industri. Gula rafinasitersebut diketahui telah dijual bebas di pasar untuk konsumsi umum.

Jumlah gula rafinasi yang dijual bebas atau bocor di pasaran tersebut mencapai 60 ribu ton. Penemuan tersebut di sejumlah daerah di Pulau Jawa, seperti Yogjakarta, Temanggung, hingga Purworejo.

“Pabrik ini melakukan sebagaimana mestinya, tapi oknum di pabrik ini ada kerjasama dengan tersangka yang kami tahan sekarang ini,” kata Kombes Pol Syahardiantono, Kabagpenum Mabes Polri, saat ditemui di lokasi pabrik PT Permata Dunia Samudera Utama (PDSU), di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, pada Kamis 20 September 2018. 


Di lokasi pabrik ini, Polri bersama Kemendag, menyita 360 ton gula rafinasi yang belum sempat beredar.

Modusnya, menambah jumlah pesanan dari Unit Dagang (UD) I.S dari 6 ribu ton, menjadi 60 ribu ton. Modus ini telah dilakukan sejak 2016.

“Sehingga kami mengejar sampai ke tempat ini, keterangan yang kami dapat dari tersangka, ada kerjasama,” terangnya.

Pihak kepolisian tengah menyelidiki adanya indikasi permainan dari petinggi PT PDSU, untuk meloloskan kecurangan dokumen.

“Kemungkinan ada tersangka lain, kami sudah keluarkan surat penangkapan. Inisialnya menyusul, akan kami sampaikan,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Rileks Jelang Debat, Ma’ruf Amin Bermain dengan Cucu

Jakarta – Jelang debat capres cawapres malam nanti, KH Ma’ruf Amin menjalani hari dengan santai. Cawapres nomor urut 01 itu pun menghabiskan waktu pagi ini dengan berkumpul bersama keluarga.

Ma’ruf hari ini, Kamis (17/1/2019), diketahui berada di kediamannya yang berada di Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. Belum ada agenda Ketum MUI ini bepergian selain menghadiri debat nanti malam.

“Jelang debat hari ini, kegiatan saya biasa aja. Rutin baca koran pagi,” kata Kiai Ma’ruf seperti tertulis dalam keterangan pers Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

Membaca koran merupakan kegiatan Ma’ruf di pagi hari. Ia mengaku tak pernah melewatkan membaca koran setiap harinya.

Pagi ini, Ma’ruf juga menghabiskan waktu bercengkerama dengan keluarga. Ia berbincang dengan putrinya, Siti Haniatunnisa, untuk membahas mengenai rencana perjalanannya ke Tangerang esok hari, Jumat (18/1).

Tak hanya itu, Ma’ruf diketahui menghabiskan waktu bermain dengan sang cucu, Zaitunah yang masih berusia 2,5 tahun. Batita yang akrab disapa Zaza itu merupakan anak Siti Haniatunnisa.

Rileks Jelang Debat, Ma'ruf Amin Bermain dengan CucuFoto: Ma’ruf Amin jelang debat. (Dok TKN Jokowi-Ma’ruf Amin).

Ma’ruf tampak menggendong dan memangku Zaza. Hari ini, ia juga dijadwalkan menerima kunjungan dari penyanyi religi cantik asal Sidoarjo, Veve Zulfikar.

“Veve mau sowan dan minta doa,” kata Ma’ruf.

Sementara itu, pasangan Ma’ruf, Presiden petahana Joko Widodo diketahui akan berada di Istana Bogor hari ini. Jokowi dan Ma’ruf akan berangkat masing-masing dari kediamannya menuju lokasi debat.

Debat capres-cawapres dijadwalkan akan berlangsung pukul 19:00 WIB malam nanti di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema debat pertama ini adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3 Berita Hari Ini: Isi Istana Impian Andre Taulany yang Dibangun Selama 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang rumah Andre Taulany, pengemis kaya Legiman, dan zodiak. Andre Taulany punya hunian mewah yang bak istana di kawasan Tangerang, Banten.

Rumah yang dibangun selama dua tahun tersebut berdesain elegan dengan pemilihan dinding berkeramik bak marmer dan pagar warna hitam. Andre mengatakan, konsep rumahnya mengusung desain American Classic versi modern karena tak terlalu banyak ornamen yang didominasi warna putih dengan interior bergaya modern klasik.

Seorang pengemis, Legiman ramai menjadi perbincangan saat mengaku punya aset miliaran rupiah. Jawa Pos Radar Kudus mencoba menelusuri pengakuan Legiman.

Salah seorang warga, Pujianto, menyebut desa tempat tinggalnya tak terlalu besar dan umumnya warga desa saling mengenal atau setidaknya tahu walau tak akrab.

Selain tentang Andre Taulany dan Legiman, zodiak masih menarik perhatian pembaca. Ada empat zodiak yang terkenal ramah, lemah lembut, dan punya rasa empati dan simpati yang tinggi.

Salah satunya Taurus. Mereka dengan zodiak Taurus umumnya juga sangat menyenangkan, ceria dan tak terlalu mau terpuruk ke dalam masalah yang menimpanya.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Isi Istana Impian Andre Taulany yang Dibangun Selama 2 Tahun

Nama Andre Taulany sekarang ini dikenal sebagai presenter dan komedian. Bersama Sule, Andre sukses memandu acara di sebuah stasiun televisi swasta. Keberhasilan yang diraih Andre tak dicapai dalam waktu singkat.

Ia mengawali kariernya sebagai vokalis band Stinky pada 1997. Setelah itu Andre melebarkan sayapnya di dunia film yang membuat namanya semakin melambung.Kini setelah menjadi salah satu selebriti tersukses di negeri ini, wajar saja rasanya kalau ayah tiga anak ini mempunyai rumah yang mewah dan besar.

Selanjutnya…

Teka-teki Legiman, Pengemis di Pati yang Mengaku Punya Aset Miliaran Rupiah

Seorang pengemis bernama Legiman alias Lek Man Ceker terjaring razia satpol PP di Kota Pati, Sabtu, 12 Januari 2019 malam. Sosoknya seketika viral di dunia maya setelah Legiman diketahui mengantongi buku tabungan dan kartu ATM bernilai mengejutkan.

Dilansir JawaPos.com, saldo di rekening Legiman sebesar Rp 900 juta. Tak hanya itu, ia juga mempunyai rumah senilai Rp 250 juta, tanah seharga Rp 275 juta yang ia klaim berada di Desa Ngawen. Total uang dan asetnya mencapai Rp 1,425 miliar.

Selanjutnya…

4 Zodiak yang Sangat Sabar dan Ramah

Ada beberapa orang yang memiliki kesabaran mengesankan. Namun, ada juga yang mudah terpancing emosi dan amarah. Sikap-sikap ini sebenarnya tak hanya dipengaruhi oleh lingkungan, tapi juga zodiak.

Zodiak juga punya pemgaruh dalam beragam sikap-sikap yang ada di dalam diri seseorang. Dilansir dari yourtango.com, ada empat zodiak yang terlahir dengan kesabaran ekstra atau besar.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jokowi-Ma’ruf Amin Simulasi Debat Pilpres di Djakarta Theater Malam Ini

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi The Ballroom Djakarta Theater Jakarta, Rabu (16/1/2019). Jokowi dikabarkan akan melakukan simulasi debat perdana Pilpres 2019.

Berdasarkan pantauan, Jokowi tiba di Gedung Djakarta Theater pada pukul 19.07 WIB. Jokowi tampak mengenakan kemeja bewarna putih. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan menjawan saat ditanya kedatangannya untuk melakukan simulasi jelang debat perdana.

“Nantilah saya belum tahu disuruh ngapain. Nanti setelah kita bicara di dalam baru,” ucap Jokowi.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko menuturkan pasangan capres nomor urut 01 melakukan latihan pendahuluan dalam menghadapi debat Pilpres 2019.

Menurut dia, latihan pendahuluan sangat diperlukan dalam menghadapi situasi yang jarang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini kan istilahnya khusus, karena kejadiannya jarang dan ada substansi atau materi materi yang memang disiapkan secara khusus, sehingga wajar siapapun akan melakukan itu, rehearsal (latihan) namanya,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Mantan Panglima TNI itu menyebut latihan pendahuluan Jokowi-Ma’ruf menghadapi debat perdana ini turut melibatkan sejumlah ahli yang terkait dengan tema debat. Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menjadi mentor untuk mempersiapkan bidang hukum.

“Ada ahli-ahli ya, ada ahli berkaitan dengan bagaimana berbicara, performance, bagaimana cara penyampaian, bagaimana cara menjawab, macam-macam. Ada pembidangan-pembidangan, ada bidang yang khusus menangani substansi,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan persiapan debat perdana. Dari mulai menetapkan moderator, panelis, dan tema debat capres cawapres.

Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019. KPU juga telah merampungkan enam nama untuk menjadi panelis pada debat perdana Pilpres 2019.

Keenam panelis itu adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik.

Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme. Debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Isi Istana Impian Andre Taulany yang Dibangun Selama 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Nama Andre Taulany sekarang ini dikenal sebagai presenter dan komedian. Bersama Sule, Andre sukses memandu acara di sebuah stasiun televisi swasta. Keberhasilan yang diraih Andre tak dicapai dalam waktu singkat.

Ia mengawali kariernya sebagai vokalis band Stinky pada 1997. Setelah itu Andre melebarkan sayapnya di dunia film yang membuat namanya semakin melambung.Kini setelah menjadi salah satu selebriti tersukses di negeri ini, wajar saja rasanya kalau ayah tiga anak ini mempunyai rumah yang mewah dan besar.

Pria berusia 44 tahun ini punya sebuah hunian mewah bak istana di kawasan Tangerang. Ia pernah beberapa kali mengunggah beberapa sudut bagian rumahnya di akun Instagram dan akun Youtube miliknya.

Tapi yang paling banyak mengungkap bagian rumah Andrea adalah Youtuber Ria Ricis. Itu bisa kita lihat di unggahan Ricis pada 10 Januari 2019. “Liat Rumah Mewah Om Andre Taulany, Istana Nyata-Ricis Kepo,” tulisnya sebagai judul di unggahan tersebut.

Dalam video tersebut kita bisa melihat bagian depan rumah Andre yang berdesain elegan dengan pemilihan dinding berkeramik bak marmer dan pagar warna hitam.  Pria yang sebelumya dikenal dengan nama Andre Stinky ini mengatakan, konsep rumahnya mengusung desain American Classic versi modern karena tak terlalu banyak ornamen.

Rumah ini didominasi warna putih dengan interior rumah bergaya modern klasik. Di ruang tamu terlihat ada lampu kristal gantung yang menambah kesan megah dan elegan. Ria pun makin kagum dan terpesona dengan rumah milik Andre Taulany.

2 dari 3 halaman

Kolam Renang dan Musala

Dari ruang tamu, rumah Andre Taulany terhubung ke taman yang asri dan kolam renang yang dilengkapi tempat bermain anak-anak. “Ini sebenarnya bukan kolam renang karena kolamnya kan nggak bisa berenang, jadi saya bilangnya kobakan, tempat orang berendam,” canda Andre yang disambut tawa Ria Ricis.

Tak jauh dari kolam, Andre menunjukkan ruangan musala yang menurut Ria sangat bagus dan nyaman. Ada ruang keluarga dilengkapi sofa panjang serta Smart TV ukuran besar dan ada ruang makan mewah di bagian belakangnya.

3 dari 3 halaman

Pajangan Berlapis Emas

Di ruang keluarga, ada pajangan berlapis emas, seperti tulisan ‘Allah’ dan ‘Muhammad’ yang dibeli Andre saat ke Mekah. Ada pula ornamen cantik dan klasik pada bagian dinding yang mencuri perhatian.

Ria yang mengaku terinspirasi pada desain rumah tersebut. Andre mengaku membeli tanah kosong untuk membangun rumah impiannya pada 2016. Dalam jangka waktu dua tahun, rumah bak istana dengan luas 1100 meter persegi itu pun rampung dan mulai ditinggali.

Andre Taulany juga sempat memperlihatkan lantai atas rumahnya yang banyak terdapat kamar tidur untuk anaknya maupun tamu-tamu yang datang ke rumahnya yang megah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jokowi Bahas Program Pemerintah Bersama BJ Habibie Lewat Video Conference

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menkopolhukam Wiranto melakukan video conference dengan Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Presidential Lounge, Komplek Istana Negara, Jakarta, Senin sore kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (15/1/2019), selain menanyakan kesehatan Habibie yang sedang berobat di Jerman, Jokowi juga membahas soal program pemerintah yang akan fokus dengan pembangunan sumber daya manusia.

“Intinya beliau memberikan tekanan kepada pendidikan agar betul-betul diberikan perhatian secara khusus, terutama yang berkaitan dengan vokasi dan pelatihan-pelatihan serta pembudayaan, seperti produktifitas, kedisiplinan, dan kerja keras,” ujar Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyatakan, bahwa BJ Habibie menyambut baik program pemerintah tersebut dan menyatakan bahwa pendidikan vokasi harus ditekankan. (Muhammad Gustirha Yunas)

Alat Pendeteksi Bencana Akan Dijaga Anggota TNI

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyetujui usulan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo agar alat pendeteksi bencana alam dijaga oleh TNI.

Jokowi telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengeluarkan surat perintah untuk menjaga dan mengamankan alat pendeteksi bencana.

“Saya laporkan ke Bapak Presiden, kalau boleh alat deteksi ini dianggap ‎sebagai obyek vital nasional yang harus diamankan oleh unsur TNI. Presiden sudah menugaskan Panglima TNI agar mengeluarkan surat perintah bahwa alat ini dijaga oleh unsur TNI,” ujar Doni di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menurut dia, penjagaan ini untuk mencegah alat pendeteksi bencana mengalami kerusakan dan hilang baik karena faktor alam maupun ulah manusia. Doni mengaku pihaknya akan memperjuangkan anggaran untuk pemeliharaan alat pendeteksi bencana.

“Selama ini alat sudah dipasang, dikelola oleh BMKG bersama BPPT. Habis itu tidak ada kontrol, tidak ada yang bertanggung jawab. Menjaga ini kan butuh biaya‎,” katanya.

Doni mengatakan berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) alat pendeteksi bencana alam di sejumlah titik mengalani kerusakan serta hilang. Untuk itu, dia berjanji segera memperbaiki alat pendeteksi yang rusak serta melakukan pengadaan terhadap alat yang hilang.

“Tadi pagi kita sudah rapat, saya katakan kalau boleh kurang dari tiga bulan mulai dari perencanaan sampai pengadaan alat dan tergelar. Kita kan tidak tahu bisa saja terjadi bencana detik ini, jam ini minggu ini bulan depan dan sebagainya,” jelas Doni.

2 dari 3 halaman

Evaluasi

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta jajarannya mengevaluasi sistem peringatan dini bencana yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut dia, sistem peringatan dini juga harus dipastikan dalam kondisi yang baik sehingga masyarakat dapat meminimalisir apabila bencana datang.

“Yang berkaitan dengan sistem peringatan dini, ini agar dievaluasi, dicek di lapangan dan pengujian dan pengorganisasi sistem peringatan dini betul-betul semua pada posisi yang baik. Ini agar rakyat bisa tahu, sehingga korban yang ada bisa minimalkan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas dengan topik ‘Peningkatan Kesiagaan Menghadapi Bencana’ di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1/2019).

Jokowi mengingatkan agar kesiapan manajemen kebencanaan serta koordinasi dan sinergi seluruh lembaga pemerintahan dari pusat hingga daerah diperkuat.Sehingga, kata dia, semua pihak bisa merespons bencana dengan cepat.

“Dan melakukan simulasi penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan, secara rutin,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Segera Dilantik, Ini Harapan untuk Khofifah-Emil Dardak

Liputan6.com, Jakarta DPRD Jawa Timur berharap Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak mampu menorehkan prestasi membanggakan seperti yang telah dilakukan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di dua periode kepemimpinannya.

Soekarwo-Gus Ipul sendiri, akan segera menyelesaikan dua periode jabatannya sebagai gubernur dan wakil gubernur pada 12 Febuari 2019 mendatang. Selanjutnya, digantikan Khofifah-Emil setelah pelantikan tanggal 19 Febuari 2019 di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelum menyambut kehadiran Khofifah-Emil, DPRD Jawa Timur akan menyampaikan terima kasih kepada Soekarwo-Gus Ipul yang telah banyak menorehkan prestasi dan penghargaan. Termasuk Parasamya Purnakarya Nugraha hingga empat kali berturut-turut.

“Itu (Parasamya Purnakarya Nugraha) penghargaan prestisius yang cukup tinggi. Nah, diharapkan ke depan Bu Khofifah juga minimal sama prestasinya,” tegas Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Jawa Timur, Freddy Poernomo, Senin (14/1).

Jabatan yang akan diemban Khofifah-Emil, lanjutnya, bukan ‘hadiah’ tapi pilihan rakyat. “Bu Khofifah-Mas Emil ini pilihan rakyat, tentu kami menyambutnya dengan baik, positif, tanpa lagi melihat rivalitas. Selesai sudah. Tidak ada gubernurnya Golkar, gubernurnya koalisi, tapi gubernur Jatim,” tegas politikus Golkar tersebut.

2 dari 3 halaman

Hubungan Eksekutif dan Legislatif

Selain itu, Freddy berharap ke depan, Khofifah-Emil bisa membangun hubungan baik antara eksekutif dan legislatif seperti saat kepemimpinan Soekarwo-Gus Ipul. “Fraksi boleh beda di DPRD, tapi fraksi kita adalah fraksi Jatim. Bersama-sama kita berikan yang terbaik untuk Jatim,” jelasnya.

Menurut Freddy, sebagai mitra pemerintahan daerah, tidak ada istilah atasan dan bawahan. “Yang ada check and balances. Saling mengontrol dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah. Gubernur bisa mengontrol DPRD, DPRD juga bisa mengontrol gubernur,” tandas Freddy.

Reporter : Moch. Andriansyah

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Prabowo Sebut BUMN Bangkrut, Menko Darmin: Ceroboh, Dasarnya Apa?

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, membantah pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bahwa banyak badan usaha milik negara (BUMN) di ambang kebangkrutan. Menko Darmin justru menyebut penilaian Prabowo sangat ceroboh.

“Itu kesimpulan yang terlalu ceroboh. Tidak ada komen saja kalau sudah begitu,” ujar Darmin di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1).

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini lantas mempertanyakan dasar Prabowo menyebut banyak BUMN yang akan hancur. “Apa nih yang bangkrut. Dasarnya apa?” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meminta Prabowo memberikan bukti bahwa banyak BUMN akan bangkrut. Rini juga meminta mantan Danjen Kopassus itu tidak sekadar berasumsi.

“Buktinya mana? Orang ngomong kan bisa saja. Gampang bicara. Sekarang lihat bukti-buktinya apa,” kata Menteri Rini di Istana Negara, Jakarta.

Menteri Rini memastikan, pemerintah terus bekerja keras untuk menjaga kelangsungan BUMN di Tanah Air. Apalagi, kata dia, BUMN mempekerjakan banyak karyawan yang harus diperhatikan kesejahteraan hidupnya.

“Jangan lupa BUMN itu kan punya kita semua. Kita harus menjaga keberlangsungan BUMN tersebut. Jadi kalau bicara mari lah bicara dengan benar, dengan data yang kuat,” tegas Menteri Rini.

Saat bertemu relawan di Roemah Djoeang, Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Minggu (13/1), Prabowo menyebut banyak BUMN yang akan bangkrut. Dia mengklaim, lesunya BUMN dikarenakan para elite yang doyan makan duit negara.

“Kita lihat BUMN kebanggaan kita, satu-satu hancur, bangkrut, tanya saja Garuda pilot-pilotnya, tanya pertamina, PLN, tanya pabrik milik negara, elite itu tak perlu kau kagumi. Aku tahu satu-satu, lagaknya saja itu,” ucap Prabowo.

Reporter: Supriatin

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Terima Ikatan Dai Aceh, Timses Sebut Jokowi-Ma’ruf Siap Tes Baca Alquran

Liputan6.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf menerima kedatangan perwakilan Ikatan Dai Aceh di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (14/1). Tim Jokowi menegaskan bersedia memenuhi undangan tes membaca Alquran.

Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf, Lukman Edy mengatakan bakal langsung memberikan jawaban melalui surat resmi.

“Kami siap bersedia untuk mengikuti tes yang diinisiasi Ikatan Dai Aceh ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap keinginan masyarakat Aceh, apresiasi kami terhadap kearifan masyarakat Aceh dalam langkah untuk memilih, menentukan, menseleksi, melihat kapasitas kapabilitas capres cawapres yang akan masyarakat Aceh pilih,” ujar Lukman di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Ikatan Dai Aceh dipimpin Ketua Ikatan Dai Aceh Tgk Marsyuddin Ishak bersama rombongan disambut oleh tiga pengurus timses Jokowi. Yaitu, Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy, Direktur Komunikasi Politik Usman Kansong, dan Juru Bicara TKN Zuhairi Misrawi.

Adapun surat yang bakal dibacakan adalah surat Al-Fatehah, dan 30 surat pendek. Menurut Zuhairi, opsi lain bisa juga membaca surat Al-Baqarah, Al-Maidah, atau surat An-nisa.

Ketua Ikatan Dai Aceh Tgk Marsyuddin Ishak, mengatakan tes baca Alquran bakal digelar di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. Teknisnya sendiri masih bakal dibicarakan lebih lanjut.

“Jadi rencananya akan digelar di Masjid Raya Baiturahman. Tes ini rencananya membaca Al-fatihah dan surat pendek, tapi nanti soal teknis dibicarakan lebih lanjut, setelah kami mendapat jawaban resmi,” kata Marsyuddin.

2 dari 2 halaman

Sibuk

Sementara itu, di posko Badan Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di Kertanegara, Jakarta Selatan, Perwakilan Ikatan Dai Aceh tak sempat bertemu dengan calon presiden nomor urut 02.

Mereka berencana menagih undangan tes baca Alquran. Namun tidak mendapatkan jawaban karena Prabowo dan timsesnya tengah sibuk mempersiapkan agenda besar.

Tgk Marsyuddin Ishak beserta rombongan hanya bertemu perwakilan sekretariat di Media Center. Awalnya mereka berusaha mendatangi rumah Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Namun, dialihkan ke kantor Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga di sebelahnya. Sampai kembali diarahkan ke media center yang terletak di seberang kantor BPN dan rumah Prabowo.

“Namun dari pihak sekretariat tadi bapak (Prabowo) sedang di luar mempersiapkan acara yang besar. Mungkin ini akan dirapatkan kembali. Insyaallah dalam waktu dekat mendapatkan jawaban,” ujar Marsyuddin di media center Prabowo-Sandiaga, Jalan Kertanegara VI, Jakarta Selatan, Senin (14/1).

Dalam pertemuan yang berlangsung singkat, Marsyuddin juga tidak mendapatkan jawaban jelas. Dia hanya menyebut dijanjikan bakal ada pertemuan kedua.

“Untuk hari ini dari kawan-kawan sekretariat, Bapak (Prabowo) lagi ada kesibukan kita jadwalkan lain kali,” kata Marsyuddin.

Reporter: Ahda Bayhaqi


Saksikan video pilihan di bawah ini: