Istana Tangkis Tuduhan Sebar Ketakutan

Jakarta

Istana menepis dugaan soal pemerintah menakut-nakuti masyarakat terkait aksi 22 Mei yang bertepatan dengan pengumuman hasil Pemilu oleh KPU.
“Kita bukan menakut-nakuti, justru kita ingin memberikan informasi yang sesungguhnya bahwa memang ada indikasi-indikasi akan terjadi sesuatu yang dilakukan oleh kelompok tertentu. Sudah sering kita dengar kepolisian telah menangkap teroris dan dia mengaku akan memanfaatkan situasi pengumpulan massa ini menjadi target,” kata Kepala Staf Kepresidenan Meoldoko di kantornya, gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Penegasan ini disampaikan Moeldoko atas pernyataan Anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon. Fadli menilai ada intimidasi terhadap rencana sejumlah pihak yang ingin menggelar demonstrasi pada 22 Mei 2019. Salah satunya, pihak yang ingin demo itu ditakut-takuti isu adanya teror bom.

“Hak rakyat untuk menyatakan pendapat, misalnya memprotes kecurangan Pemilu, bahkan bukan hanya telah dihalang-halangi, tapi mengalami intimidasi sedemikian rupa. Ancaman itu selain terlontar dari sejumlah menteri juga aparat kepolisian. Terakhir bahkan masyarakat yang ingin memprotes kecurangan Pemilu pada 22 Mei nanti ditakut-takuti dengan kemungkinan adanya aksi teror bom oleh teroris. Selain itu, ada sweeping, razia, dan pencegahan masyarakat yang akan datang ke Jakarta,” papar Fadli, Minggu (19/5).

Menepis dugaan-dugaan itu, Moeldoko menegaskan pihak intelijen menerima informasi dan mengungkap adanya upaya penyelundupan senjata. Orang yang berusaha menyelundupkan senjata itu juga telah ditangkap.

“Kita tangkap, ada senjata. Orangnya lagi diproses. Tujuannya pasti untuk mengacaukan situasi. Seperti apa? Ya bisa melakukan menembak pada kerumunan akhirnya seolah-olah tembakan dari aparat keamanan, TNI, Polri. Itu menjadi trigger (pemicu) berawalnya sebuah kondisi chaos,” katanya.
<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *