Ini yang Akan Diselidiki dari CVR Lion Air untuk Ungkap Penyebab Kecelakaan

Dalam kesempatam serupa, Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan, CVR juga merekam semua suara yang terdengar di dalam kokpit termasuk pembicaraan antarpilot bahkan pilot dengan ATC.

Ada 4 channel dalam CVR yaitu suara yang masuk di mikrofon atau headsetnya Kapten, yang kedua di tempatnya kopilot, yang ketiga kokpit area Mic (semua suara yang ada di sekitar atau di dalam kokpit ) dan yang terakhir adalah komunikasi dengan pramugari.

“Jadi 4 channel ini akan direkam. Nanti akan kita dengarkan semua sebenarnya apa yang ada di dalam kokpit,” ujar Nurcahyo.

Dia menjelaskan, apabila nanti di dalam rekaman terlihat bahwa pilot dan kopilot mengalami kesulitan menerbangkan pesawat, nanti dapat dengarkan sebenarnya apa saja diskusi dalam kokpit.

“Apa sih kesulitannya, bagaimana kerja sama di dalam sana, inilah yang ingin kita cari. Kemudian apabila ada warning ada suara-suara yang lain yang aneh, ini juga kita pingin untuk mendapatkan. Kemudian dari situ nanti kita bisa melihat bagaimana apakah kerja samanya efektif , apakah kerja samanya kurang , apakah prosedurnya sesuai dan lain lain,” terang Nurcahyo.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video menarik berikut ini:

Ditemukannya bagian black box Lion Air JT 610 PK-LQP menjadi sorotan publik. Apa tanggapan Ikatan Pilot Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *