Indonesia akan Jadi Tamu Kehormatan Pameran Internasional di Arab Saudi

Jakarta – Indonesia akan menjadi tamu kehormatan dalam acara pameran franchise internasional di Arab Saudi. Paviliun Indonesia seluas 144 meter persegi akan menghadirkan perusahaan-perusahaan Indonesia dari berbagai sektor yang potensial menjual merk franchise Indonesia ke Arab Saudi, mulai dari sektor makanan, minuman, hingga pakaian.

“Indonesia ditunjuk sebagai Guest of Honor dalam World Franchise Exhibition 2019 yang akan diselenggarakan di Dhahran International Exhibition Center, Kota Al Khobar, Arab Saudi pada tanggal 27-29 April 2019,” ujar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Arab Saudi dan OKI, Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/3/2019).

Pameran ini diselenggarakan oleh General Authority for Small and Medium Enterprises Arab Saudi dan Pemerintah Propinsi Timur di bawah patron Pangeran Ahmed Bin Fahd Bin Salman bin Abdulaziz, Wakil Gubernur Propinsi Timur. Maftuh mengungkapkan, Indonesia menjadi tamu kehormatan World Franchise Exhibition 2019 pada tahun ini atas upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh.

“Dengan berpartisipasi dalam pameran ini, diharapkan akan semakin banyak merek franchise produk Indonesia yang dipasarkan di Arab Saudi. Saat ini sudah banyak merek produk-produk Indonesia yang cukup sukses di Arab Saudi, antara lain Indomie, J-C0, ABC, Sasa, dan lain-lain,” katanya.

Diketahui, pameran World Franchise Exhibition 2019 akan diikuti peserta pameran dari merk lokal dan internasional. Ada 150 perusahaan dan 600 merek yang akan berpartisipasi. Diharapkan jumlah pengunjung yang hadir mencapai 100,000 orang dari berbagai wilayah Arab Saudi dan negara-negara Teluk di sekitarnya.

“Indonesia dan Arab Saudi saat ini berada di masa keemasan, di mana Indonesia mendapat tempat khusus di mata pemerintah dan masyarakat Arab Saudi. Indonesia baru saja menyelesaikan tugas besar menjadi Guest of Honor Festival Budaya Janadriyah yang merupakan diplomasi budaya terbesar dalam 68 tahun terakhir. Sekarang Indonesia kembali ditunjuk sebagai Tamu Kehormatan dalam pameran franchise berskala internasional. Ini sangat membanggakan,” imbuhnya.

Festival Janadriyah merupakan festival budaya dan warisan terbesar di Timur Tengah. Indonesia ditunjuk oleh Raja Salman bin Abdul Aziz sebagai Guest of Honor dalam Festival tersebut. Lebih dari 10 juta pengunjung hadir dalam pelaksanaan Festival Janadriyah ke-33 selama 21 hari pada tanggal 20 Desember 2018 hingga 9 Januari 2019.

Paviliun Indonesia seluas 2.500 meter persegi menampilkan beragam kekayaan seni dan budaya dari berbagai propinsi di Indonesia. Banyak pengamat menilai keterlibatan Indonesia dalam forum bergengsi ini adalah diplomasi budaya terbesar abad 21.

“Partisipasi Indonesia dalam World Franchise Exhibition 2019 merupakan upaya KBRI Riyadh menggenjot promosi di sektor ekonomi, menyusul upaya promosi budaya yang telah dilaksanakan melalui Festival Janadriyah. Promosi di sektor ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata sangat krusial bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui masuknya devisa negara,” jelasnya.
(nvl/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *