Bawaslu Imbau Pendukung Capres Tertib Saat Kampanye Umum

JakartaBawaslu mengimbau para pendukung dua pasangan capres-cawapres tertib saat menggelar kampanye umum. Bawaslu menegaskan, jika ada pelanggaran, akan ditertibkan langsung di lokasi.

“Imbauan kami, semua pihak agar menjaga diri, saling memahami posisi masing-masing di antara tim pendukung, peserta pemilu, pelaksana kampanye, khususnya pelaksana kampanye harus banyak menanyakan aturan kepada Panwas yang ada di lapangan. Jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Dia menjelaskan, jika ada pelanggaran di kampanye rapat umum, Bawaslu akan menindak langsung di tempat. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyelesaian masalah terkait kampanye itu.

“(Pelanggaran) diselesaikan di tempat, supaya nggak ada pidana, karena repot harus ada pembuktian dan lainnya, sehingga konflik itu diselesaikan di awal,” katanya.

Selain itu, Bawaslu mempercayakan kesiapsiagaan kepolisian untuk menyiapkan pengamanan kampanye umum kedua paslon.

“Masyarakat juga nikmati sebagai pesta demokrasi, pasti ada yg macet, nikmatikah sebagai pesta demokrasi, lima tahun sekali. Kemungkinan itu ada pengalihan arus, kami meminta masyarakat memahami hal tersebut,” katanya.
(zap/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pascapenembakan di Utrecht, KBRI Den Haag Imbau WNI Waspada

Utrecht – Peristiwa penembakan terjadi di Utrecht, Belanda, yang menewaskan tiga orang. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag mengimbau WNI yang berdomisili di Belanda selalu waspada.
Dalam surat edaran dari KBRI Den Haag, Senin (18/3/2019), ada lima poin imbauan yang disampaikan. Berikut isinya:

1. Agar senantiasa waspada dan selalu memantau perkembangan situasi keamanan di wilayah tempat tinggal/bekerja masing-masing.

2. Agar menghindari kerumunan massa dan daerah-daerah yang menjadi konsentrasi kegiatan massa.

3. Apabila tidak terdapat kepentingan, dimohon agar tidak meninggalkan rumah.

4. Tetap mematuhi hukum yang berlaku dan instruksi/imbauan aparat keamanan setempat.

5. Sekiranya terdapat hal yang perlu diketahui/dilaporkan, dapat menghubungi KBRI Den Haag dengan alamat:

Tobias Asserlaan 8, @517 KC, Den Haag
Hotline KBRI Den Haag : +31 6 28860509
Email : bidkons@indonesia.nl

Terkait insiden ini, seperti dilansir ewn.co.za dari AFP, polisi sudah turun tangan ke lokasi kejadian. Pelaku diduga berasal dari Turki–yang teridentifikasi bernama Gokman Tanis (37).

“Pada tahap ini, kami dapat mengkonfirmasi tiga orang tewas dan sembilan luka-luka, tiga di antaranya luka serius,” kata Wali Kota Utrecht Jan van Zanen dalam sebuah pernyataan video di Twitter.
(dkp/dkp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Uni Eropa Imbau Tak Ada Campur Tangan Militer di Krisis Venezuela

Caracas – Uni Eropa mengatakan aksi militer untuk menyelesaikan krisis di Venezuela tidak bisa diterima. UE juga memperingatkan negara lain sebaiknya tidak ikut campur dalam krisis di Venzuela.

“Kami percaya tanpa campur tangan militer lebih bisa diterima” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Federica Mogherini, saat pertemuan antara UE dengan PBB, seperti dilansir AFP, Rabu (13/3/2019).

Mogherini mengimbau penyelesaian krisis diserahkan pada internal pemerintahan Veneuzuela. Dia mengatakan solusi tidak bisa dipaksakan dari luar pemerintahan Venezuela.

“Solusi (krisis Venezuela) tidak boleh dan tidak bisa dipaksakan dari luar,” jelas Mogherini.

Mogherini mengatakan UE telah membentuk kelompok kontak dengan negara-negara Amerika Latin untuk mendorong proses politik yang akan mengarah pada pemilihan presiden. Dia ingin mengedepankan demokrasi dalam penyelesaian krisis tersebut.

“Krisis yang mempengaruhi negara ini memiliki penyebab politis dan institusional. Ini bukan bencana alam. Solusinya perlu damai, politis dan demokratis,” kata Mogherini.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah berulang kali mengatakan tidak mengesampingkan intervensi militer AS di Venezuela. Menteri Luar Negeri Mike Pompeo juga sudah menarik semua staf yang tersisa dari kedutaan besarnya di Caracas, Venezuela.

Dua dari lima anggota dewan yang memegang hak veto yaitu Rusia dan Cina mendukung keputusan AS untuk Venezuela. Sedangkan Prancis dan Inggrismengecam sikap AS dan mendukung Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

(fdu/gbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Imbau Lembaga Survei Ungkap Sumber Pendanaan Agar Dianggap Kredibel

Liputan6.com, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengimbau lembaga survei untuk transparan dari segi profil lembaga, metode, sampai pendanaan. Hal itu sebagai pertanggungjawaban atas hasil survei yang disampaikan ke publik.

KPU sendiri tidak memiliki kuasa untuk melakukan kontrol terhadap lembaga survei. Namun, imbauan itu dianggap perlu agar hasil survei yang dipaparkan ke publik bisa dianggap kredibel.

“Lembaga-lembaga survei ini yang paling penting adalah kredibel, kemudian bersedia mempublikasikan tentang profil lembaga survei tersebut, kemudian kalau ada biaya yang digunakan untuk survei itu dari mana? Kemudian, metode seperti apa,” ujar Hasyim di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2019).

Selain itu, dia menyebut sanksi terhadap lembaga survei abal-abal bisa dilakukan dalam banyak cara dan tak perlu bersifat langsung. Media, misalnya, memiliki peran untuk tidak mempublikasikan lebih luas hasil survei lembaga yang tidak kredibel.

“Ada peran media enggak keluarkan yang aneh-aneh begini,” ucap Hasyim.

Dia menyebut survei sebenarnya memiliki peran agar publik tahu perkiraan lebih awal dari hasil pemilu. KPU sendiri menurutnya diuntungkan dengan adanya survei pelaksanaan Pemilu 2019.

“Demikian juga survei tentang seberapa besar masyarakat tahu tentang penyelenggaraan pemilu. Berapa banyak pemilih yang sudah tahu, misalkan coblosan Pilpres dilakukan pada 17 April 2019,” jelas Hasyim.

“Kemudian, hasil survei menjadi ukuran bagi KPU. Misalnya sosialisasi KPU masih kurang, misalkan,” lanjut Hasyim.

Kodam Cenderawasih Imbau Warga Tak Takut Ancaman KKB di Nduga

Liputan6.com, Jakarta – Jajaran Kodam XVII/Cenderawasih mengimbau seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Nduga, Papua dan sekitarnya agar tidak takut menghadapi ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi menegaskan, tidak dibenarkan ada kelompok atau organisasi apapun dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memberikan ancaman kepada warga negara.

TNI, katanya, akan berada pada garis terdepan untuk menghadapi setiap ancaman yang membahayakan kehidupan rakyat, termasuk di wilayah Papua.

“Kita sikapi ancaman atau teror-teror semacam itu dengan tetap waspada tapi tidak perlu takut secara berlebihan. Sebab teror psikis yang mereka lakukan itu untuk menimbulkan keresahan dan ketakutan di kalangan rakyat,” kata Kolonel Aidi seperti dilansir dari Antara, Sabtu (9/3/2019).

Ia meminta warga di Kabupaten Nduga agar mengaktifkan pengamanan swakarsa serta aktif berkoordinasi dengan aparat keamanan terdekat saat beraktivitas. Beberapa waktu lalu, katanya, Pemkab Nduga mengirim sejumlah guru untuk mengajar di wilayah Mapenduma tanpa terlebih dahulu berkoordinasi dengan aparat keamanan TNI dan Polri untuk menjamin keamanan dan keselamatan mereka.

Berselang beberapa hari setelah itu, guru-guru yang baru dikirim Pemkab Nduga itu diduga disekap oleh anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Semua aktivitas yang dilakukan, baik oleh pemerintah daerah maupun warga, sebaiknya dikoordinasikan terlebih dahulu dengan aparat keamanan. Jangan sampai sudah terjadi masalah, baru diinformasikan kepada aparat,” kata Aidi.

Menkeu Imbau Wajib Pajak Segera Lapor SPT

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghimbau masyarakat untuk melaporkan SPT Pajak Tahunan sedini mungkin. Hingga saat ini, baru 3 juta wajib pajak yang melaporkan SPT kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dia mengatakan, Maret ini merupakan bulan di mana wajib pajak harus melaporkan SPT. Pelaporan untuk wajib pajak orang pribadi tersebut dibuka hingga 31 Maret 2019.

“Ini bulan di mana seluruh pembayar pajak orang pribadi akan mulai melakukan kewajiban pembayaran pajaknya yang akan berakhir untuk tahun anggaran lalu itu 31 Maret,” ujar dia di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Hingga hari ini, baru 3 juta wajib pajak yang melaporkan SPT-nya ke DJP. Angka ini terhitung kecil mengingat jumlah wajib pajak orang pribadi mencapai lebih dari 17 juta, di mana sebanyak 12,5 juta wajib pajak melaporkan SPT pada tahun lalu.

‎”Karena tahun lalu SPT-nya (yang melapor SPT) lebih dari 12,5 juta. Sampai hari ini sudah lebih dari 3 juta yang melakukan pembayaran SPT-nya. Kami menghimbau masyarakat melakukannya sedini mungkin. Sehingga jangan sampai menunggu pada minggu terakhir, hari terakhir, bahkan jam terakhir. Karena seperti tahun lalu saya datang ke kantor-kantor pajak, kasihan dia harus mengisi dan kadang-kadang mereka panik dan menyebabkan suasana dari wajib pajak menjadi tidak nyaman,” jelas dia.

Menurut Sri Mulyani, sejak 2012, DJP juga telah memperkenalkan pembayaran pajak melalui online, yaitu melalui e-filing. Selain itu, pembayaran pajaknya juga tidak harus ke bank, tetapi isa melalui ATM dengan e-billing.

Melalui dua layanan ini, lanjut Sri Muyani, diharapkan bisa memudahkan masyarakat. Sebab, dengan tingginya penggunaan smartphone di masyarakat, sehingga layanan pembayaran pajak melalui e-billing diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat melakukan kewajibannya secara efisien, tepat waktu dan mengurangi beban administrasi maupun emosional pada masyarakat.

‎”Kami berupaya untuk memperbaiki juga pelayanan meski pun kita tahu nanti akan buka terus sampai jam terakhir. Namun kami menghimbau masyarakat untuk bisa melaksanakannya sedini mungkin. Bahkan mulai Februari lalu sudah bisa,” tandas dia.

2 dari 4 halaman

Penyampaian Laporan Pajak Wajib Gunakan e-Filing

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak telah menerbitkan Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-02/PJ/2019 tentang Tata Cara Penyampaian, Penerimaan, dan Pengolahan Surat Pemberitahuan. Peraturan ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.03/2018, dan menggantikan tujuh ketentuan Dirjen Pajak sebelumnya terkait penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan).

Salah satu pokok perubahan penting dalam PER-02 ini adalah mengenai kewajiban penyampaian SPT melalui e-Filing untuk meringankan beban administrasi wajib pajak sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan kemudahan berusaha. 


“Berdasarkan PER-02 ini Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Madya, KPP di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Khusus, dan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar wajib menyampaikan SPT Tahunan, SPT Masa PPh Pasal 21 / 26, serta SPT Masa PPN melalui e-Filing,” bunyi siaran pers Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan yang dikutip dari laman Setkab, Jumat (8/2/2019).

Selain bagi para Wajib Pajak tersebut, menurut siaran pers itu, kewajiban penyampaian SPT melalui e-Filing juga berlaku bagi Wajib Pajak tertentu antara lain:

(1) Wajib Pajak yang melakukan pemotongan PPh (Pajak Penghasilan) terhadap lebih dari 20 karyawan, wajib menggunakan e-Filing untuk menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 21 / 26; dan

(2) Pengusaha Kena Pajak, wajib menggunakan e-Filing untuk menyampaikan SPT Masa PPN.

Apabila Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT melalui e-Filing ternyata menggunakan cara lain seperti menyampaikan secara langsung atau mengirimkan via pos, menurut siaran pers DJP ini, SPT yang disampaikan tidak dapat diterima, dan harus dikembalikan kepada Wajib Pajak.

3 dari 4 halaman

Lapor SPT: Lebih Awal, Lebih Nyaman

Lewat siaran pers itu, DJP mengimbau wajib pajak untuk dapat menyampaikan SPT lebih awal agar lebih nyaman, sekaligus menghindari risiko terlambat atau lupa lapor.

“Untuk kemudahan wajib pajak, DJP menyediakan fasilitas e-Filing yang dapat digunakan secara online, di mana saja dan kapan saja selama terhubung ke jaringan internet. Selain e-Filing, tersedia pula fasilitas e-Form yang dapat diisi dan disimpan secara offline dan setelah selesai diunggah ke sistem DJP,” bunyi siaran pers itu.

Untuk mendapatkan salinan PER-02 ini dan informasi lain seputar perpajakan serta berbagai program dan layanan yang disediakan DJP, kunjungi www.pajak.go.id atau hubungi Kring Pajak di 1500 200.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2.199 Warga Dumai Riau Kena Infeksi Pernapasan Akibat Kabut Asap

PekanbaruKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau terus meluas. Imbasnya kini, ribuan masyarakat terpapar asap dan mengalami infeksi pernapasan.

Kabut asap paling parah kini menyelimuti kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Kota Dumai walau sejumlah titik api bisa dipadamkan, namun asap datangnya dari kebakaran lahan di Bengkalis yang sampai kini api masih membara.

Kondisi ini, membuat asap mengepung dua wilayah. Asap telah membuat ribuan masyarakat terpapar dan menimbulkan penyakit.

Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, untuk Kota Dumai tercatat ada 2.199 terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Untuk pneumonia ada 7 orang. Asma 52 orang, iritasi mata 58 orang dan iritasi kulit 28 orang.

“Data sementara ini, kota Dumai paling banyak terpapar asap dari kebakaran lahan,” kata Kadis Kesehetan Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada detikcom, Selasa (26/2/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi yang sama juga dirasakan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Data saat ini, ada 247 warga terkena ISPA, asma 15, pneumonia 4, iritasi mata 24 dan iritasi kulit 13.

Untuk Kabupaten Rokan Hilir, ada 42 terkena ISPA, ada 4 orang terkena iritasi mata, dan iritasi kulit 16 orang.

“Untuk wilayah yang kini terpapar asap, kami imbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau harus keluar rumah sebaiknya menggunakan masker,” kata Mimi.
(cha/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

JK: Kita Patut Bersyukur Indonesia Aman dari Konflik

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, masyarakat Indonesia patut bersyukur bahwa Indonesia aman dari konflik. Sementara di wilayah lain, kata JK, banyak negara tak bisa melepaskan diri dari konflik dalam negeri.

“Kita sangat bersyukur di tengah gejala konflik negara-negara Timur Tengah, kita alhamdulillah, Indonesia aman-aman saja dalam artian (dari) konflik,” kata JK dalam sambutannya saat acara silaturahim dengan kiai muda di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Wapres, sejumlah negara berpenduduk mayoritas muslim di kawasan Timur Tengah ada yang masih berkonflik hingga saat ini, seperti Suriah, Afghanistan, Libya, dan Nigeria.

Dia juga menjelaskan, sebesar 80 persen dari anggaran di Afghanistan digunakan untuk sektor keamanan.

“Tapi kita habiskan dana kita untuk mendukung pedesaan, untuk mendukung teknologi, untuk memberikan kesehatan, infrastruktur dan sebagainya. Itu semua terjadi,” kata Kalla seperti dikutip Antara.

Wapres JK mengatakan situasi aman tersebut merupakan anugerah yang harus dijaga. Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia itu juga menjelaskan partisipasi pesantren juga diperlukan selain mendidik agama, juga mendidik iptek kepada para santri.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Daya Saing

Wapres menambahkan pemerintah juga telah memberikan bantuan melalui program Balai Latihan Kerja Komunitas yang dibangun di pondok pesantren.

“Itu penting untuk bersaing dengan negara-negara lain. Kita bersaing dengan Malaysia, Thailand, Vietnam,” jelas Wapres.

Sumber Daya Manusia Indonesia memerlukan pengembangan kemampuan dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan daya saing.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Polisi: Tak Ada Korban Tewas Dalam Insiden Kebakaran Kapal di Muara Baru

Liputan6.com, Jakarta – Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold EP Hutagalung memastikan tidak ada korban jiwa pada kebakaran yang menghanguskan belasan kapal di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, 23 Februari 2019. 

“Korban jiwa tidak ada, karena kami bersama stake holder terkait menjaga agar tetap aman baik untuk pekerja maupun pabrik,” ucap Reynold di lokasi kebakaran. 

Namun, Reynold menyampaikan terdapat dua orang menderita sesak napas karena menghirup asap yang terbawa angin dari lokasi kebakaran. Keduanya, hingga kini telah menjalani perawatan di Rumah Sakit.

“Itu kami imbau. Tadi ada yang mendekat, karena asap yang begitu pekat ada yang menderita sesak napas. Tapi bukan dari kebakaran atau berada di atas kapal,” Reynold menegaskan.

Dia juga meminta kepada warga untuk menjauh dari lokasi kebakaran.

“Kami juga mengimbau warga di sekitar lokasi untuk bergeser agar dapat dilakukan pemadaman segera. Insyaallah api dapat segera dipadamkan,” ucap Reynold seperti dilansir dari Antara. 

 

2 dari 2 halaman

Karena Korsleting Listrik

Reynold menyebutkan dugaan sementara penyebab kebakaran akibat korsleting yang dipicu oleh aktivitas pengelasan di Kapal Motor (KM) Arta Minajaya. Saat ini, polisi juga telah memeriksa enam orang saksi terkait peristiwa kebakaran tersebut.

Mengenai taksiran kerugian materil akibat kebakaran tersebut, Reynold mengatakan belum bisa memberikan angka pasti karena belum bertemu dengan pemilik kapal.

“Belum ditaksir. Karena pemiliknya belum ada,” ujarnya.

Hingga jelang dini hari,upaya pemadaman masih berlangsung. Sementara itu, jumlah kapal yang terbakar dilaporkan mencapai 18 unit. Sebanyak 23 unit kendaraan pemadam kebakaran telah dikerahkan di lokasi kebakaran. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: