Imbas Kasus Khashoggi, Gates Foundation Batalkan Kerja Sama dengan Pangeran Saudi

The Gates Foundation bekerjasama dengan MiSK Grand Challenges untuk sebuah tantangan bernilai USD 10 juta (Rp 149,6 miliar).Tantangan ini menawarkan hadiah sebesar USD 100 ribu (Rp 1,49 miliar) untuk 100 inovator yang bekerja di bidang kependudukan global, pendidikan, dan isu lainnya.

Juru bicara Gates Foundation menyatakan akan memenuhi pendanaan pertama sebesar USD 1,5 miliar untuk penerimanya, namun tidak akan berpartisipasi pada pendanaan selanjutnya.

Kerjaan Saudi berusaha untuk menempatkan jarak antara pembunuhan Khashoggi dengan Pangeran Mohammed yang merupakan wajah dari reformasi ekonomi dan sosial Arab Saudi. Beberapa orang yang diduga sebagai pembunuh Khashoggi telah dikaitkan dengan sang pewaris tahta, yang juga mengawasi pertahanan dan intelijen di negeri minyak itu.

Sejumlah filantropis lainnya, termasuk pendiri Virgin Group Richard Branson juga telah menarik diri dari kerjasama dengan Arab Saudi. Branson awalnya berencana melakukan pembicaraan investasi sebesar USD 1 miliar (Rp 14,9 triliun) dengan Saudi.

Puluhan pebisnis, tokoh berpengaruh, dan perusahaan media juga menarik diri dari investment summit yang diadakan di Arab Saudi bulan lalu sebagai bentuk reaksi terhadap kasus pembunuhan Khashoggi. (Felicia Margaretha)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut bahwa pembunuhan Jamal Khashoggi merupakan operasi terencana dari Arab Saudi dan menuntut agar orang yang memberi perintah dimintai pertanggungjawaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *