Partisipasi WNI di Chicago AS Ikuti Pemilu 2019 Naik 300%

Jakarta – Pelaksanaan Pemilu 2019 di Midwest Amerika Serikat berjalan dengan lancar. WNI yang mengikuti pemungutan suara di TPS Chicago naik 300% dibanding dengan Pemilu 2014 lalu.

Ada 471 WNI yang menggunakan hak suaranya di TPS Chicago yang dibuka di TPS Chicago yang dibuka di Indonesian Cultural Center, Chicago, Sabtu (13/4/2019). Antusias WNI cukup terasa di TPS ini karena mereka sudah mengantre sejak pukul 08.00 pagi waktu setempat.

“KJRI Chicago, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Chicago, Panwaslu Chicago dan KPPS LN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) Chicago bekerjasama untuk memastikan penyelenggaraan pemilu untuk masyarakat Indonesia di Midwest bisa berlangsung dengan baik, tertib dan transparan,” ujar Konsul Jenderal RI di Chicago, Rosmalawati Chalid dalam keterangan tertulis KJRI Chicago, Selasa (16/4/2019).
Sementara itu menurut Ketua PPLN Chicago, Martino Tangkar, partisipasi WNI yang mengikuti Pemilu 2019 jauh lebih banyak dibanding pemilu sebelumnya. Peningkatannya cukup signifikan.

Partisipasi WNI di Chicago AS Ikuti Pemilu 2019 Naik 300%Foto: Cendol makin semarakkan Pemungutan Suara di Chicago AS. (Dok KJRI Chicago).

“Partisipasi pemilih Chicago tahun ini meningkat 300% dibandingkan yang datang ke TPS pada tahun 2014. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia di Midwest, yang telah memberikan dukungan bagi terselenggaranya pemilu dengan lancar dan tertib hari ini,” ujar Martino, dalam keterangan tertulis yang sama.

Selainn diawasi oleh Panwaslu, Pemilu di Chicago juga dihadiri saksi dari dua pasangan kandidat di Pemilu 2019. Pemungutan suara di TPS Chicago ditutup pada pukul 18.00. Seluruh surat saura, termasuk yang diterima melalui pos, akan dihitung pada hari Rabu (17/4) di Indonesian Cultural Center, Chicago, sejak pukul 08.00.

Para WNI yang mengikuti pemungutan suara di Chicago sangat bersemangat datang. Mereka menempuh perjalanan yang cukup jauh dari tempat tinggalnya untuk bisa menggunakan hak pilih mereka.

Partisipasi WNI di Chicago AS Ikuti Pemilu 2019 Naik 300%Foto: Pemungutan Suara di Chicago AS. (Dok KJRI Chicago).

Mereka tetap bersabar mengantre sejak pagi hari pukul 08.00. Selain untuk menyemarakkan pesta demokrasi, bagi WNI, pemilu di luar negeri juga sekaligus merupakan kesempatan untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan masyarakat Indonesia lainnya. Di kesempatan inilah, mereka bisa melepaskan kerinduan mereka terhadap tanah air.

Pemungutan suara di TPS Chicago juga dilengkapi makanan khas Indonesia. Tentu saja ini semakin mengobati rindu WNI yang tinggal di Midwest AS.

“Antreannya panjang. Tapi nggak kerasa, soalnya bisa ketemu teman-teman di sini,” ujar salah satu WNI yang mencoblos di TPS Chicago, Ivan.

Mahasiswa Indonesia yang tinggal di Urbana tersebut menempuh perjalanan ke Chicago untuk menggunakan hak pilihnya. Ivan berangkat bersama tema-temannya.

“Tambah asyik, karena ada cendol durian dan nastar,” kata dia.
(elz/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Erick Thohir Jenguk Relawan yang Dirawat Usai Ikuti Kampanye di GBK

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir menjenguk sejumlah pendukung Jokowi-Ma’ruf yang dirawat karena kecapaian usai menyaksikan kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu 13 April 2019.

Erick menjenguk para pendukung itu di RS Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Dia juga menyempatkan untuk mengobrol kepada para relawan yang mendapatkan perawatan itu.

“Apresiasi kepada para anggota partai, relawan dan masyarakat yang militan dukung paslon 01 di GBK kemarin,” kata Erick di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Sebelumnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dipadati massa yang menyaksikan kampanye akbar Jokowi- Ma’ruf Amin bertajuk Konser Putih Bersatu. Area lapangan tengah SUGBK yang awalnya kosong kini penuh sesak.

Panitia penyelenggara beberapa kali menyiram air ke ribuan pendukung, mencegah dehidrasi di tengah teriknya matahari. Namun, tidak sedikit pula pendukung yang memadati SUGBK sejak pagi hari kelelahan menanti sang calon presiden petahana menyampaikan orasi politiknya.

Survei Median: Prabowo Menang Jika Undecided Voters Ikuti Pola Pilgub DKI

Jakarta – Lembaga survei Median merilis hasil survei elektabilitas capres cawapres jelang masa tenang. Jokowi-Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo-Sandi di survei, namun ada skenario yang bisa membalik keadaan.

Survei Median digelar pada 31 Maret-7 April 2019. Ada 1.500 responden yang dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling. Margin of error survei ini +/- 2,6% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasilnya:
01. Jokowi-Amin 47,2% dengan
02. Prabowo-Sandi 39,5%
Tidak Jawab 13,3%

Data 13,3% responden yang tidak menjawab dinyatakan undecided voters. Dari data itu, kemudian Median membuat dua skenario.

Skenario 1
Bila undecided voters tersebar secara proporsional, maka hasilnya Jokowi-Amin menang. Berikut prediksi hasil akhirnya:

01. Jokowi-Amin 54,5% dengan
02. Prabowo-Sandi 45,6%

Skenario 2
Bila pemilih nonpetahana dan undecided voters mengikuti pola Pilgub DKI 2017, maka Prabowo-Sandi menang. Untuk memahami skenario 2 ini, maka harus lebih dulu memperhatikan hasil Pilgub DKI 2017

Hasil Pilgub DKI putaran pertama:

Ahok-Djarot 42,96%
Anies-Sandi 39,97%
Agus-Sylvi 17,06%

Survei Median Pilgub DKI di putaran kedua:

Ahok-Djarot 43,5%
Anies-Sandi 49,8%
Undecided Voters 6,7%

Hasil Pilgub DKI putaran kedua:

Ahok-Djarot 42,04%
Anies-Sandi 57,96%
(tor/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ikuti Saran Klopp, Liverpool Bakal Perpanjang Kontrak Origi

Liputan6.com, Liverpool – Divock Origi bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2015. Sayangnya pemain internasional Belgia itu kesulitan untuk bisa mendapat kesempatan main secara reguler di skuat Jurgen Klopp.

Bahkan Origi sempat dipinjamkan ke VfL Wolfsburg pada musim 2017-18 lalu. Setelah kembali ke Inggris, sempat ada kabar bahwa Origi akan dilepas Klopp. Namun ternyata ia tetap dipertahankan karena Klopp justru melego Danny Ings.

Sejak pertengahan musim ini Origi mulai cukup sering mendapat kesempatan bermain sebagai cadangan. Ia pun sempat memberikan kontribusi penting, termasuk gol kemenangan dramatis Liverpool ke gawang Everton pada Desember lalu.

Dilansir Football Insider, Klopp kabarnya sangat terkesan dengan sikap yang ditunjukkan Origi dalam sesi latihan serta pertandingan.

Klopp pun ingin mempertahankan Origi di skuatnya pada musim depan. Karena itu, Liverpool bersiap memberikan kontrak baru pada pemain 23 tahun tersebut.

Berbagi Tips Sukses, Sandiaga: Ikuti Saya, Jangan Pernah Menyerah

Medan – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno hadir dalam acara Medan Young Entrepreneur Summit (YES) 2019. Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada generasi milenial untuk mengejar peluang dan memanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kesempatan itu harus dicari karena kesempatan itu tidak pernah menghampiri kita. Kita tidak pernah tahu sebelum kita mencobanya. Kesempatan itu harus diciptakan lebih baik kita berusaha yang sesuai dengan passion dari awal,” papar Sandiaga di Medan YES 2019, Minggu (7/4/2019).

Sebagai salah satu tokoh muda sukses di Indonesia, Sandiaga pun memanfaatkan momen kampanye akbar di Kota Medan ini untuk membagikan kisah menariknya. Di balik kesuksesannya saat ini, ia berbagi pengalaman saat mengambil peluang ketika krisis moneter tahun 1997.

“Saya berbagi pengalaman, coba bayangin teman-teman, di tengah krisis ekonomi tahun 1997. ada yang sudah lahir tahun 97? Passion saya adalah di bidang usaha. Bidang usaha yang saya tekuni yaitu bidang usaha yang berkaitan dengan keuangan dan investasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan krisis moneter itulah, Sandiaga mengambil peluang usaha tanpa menunggu krisis selesai. Dan hal itu berbuah manis, hingga bisa menjadi pengusaha sukses seperti saat ini.

“Alhamdulillah dari banyak perusahaan kecil jadi perusahaan investasi salah satu yang terbesar di Indonesia. Dari 3 karyawan jadi 30 ribu karyawan. Seandainya pada saat itu saya menunggu kesempatan itu datang menunggu krisis ekonomi itu selesai, tentu saya tidak akan berdiri di sini. Butuh keberanian, ketekunan, kesabaran dan siap mengejar peluang,” ungkapnya.

“Dan yang paling penting jangan pernah menyerah. Ikuti saya, jangan pernah menyerah,” imbuhnya.

Medan YES 2019 yang digelar di Pardede Hall Jl. Dokter TD Pardede, Petisah Hulu, Medan Baru, Kota Medan ini juga menghadirkan tokoh-tokoh muda sukses, untuk berbagi pengalamannya kepada milenial Medan.

Di antaranya ada Aditya Surya Pratama, Zaskia Sungkar, Irwansyah, Dimas Seto, Denia Ponti, Priamanaya Djan yang merupakan CEO Tanah Abang Grosir sekaligus Sekjen HIPMI, dan Laja Lapian yang merupakan Bendahara Umum OK OCE. Di pengujung acara Medan YES 2019 juga dimeriahkan oleh penampilan dari penyanyi muda dan cantik yaitu Nissa Sabyan.

Sebelumnya rangkaian YES 2019 juga diselenggarakan di beberapa kota, di antaranya Surabaya, Bandung, Sragen, dan Makassar. Usai digelar di Medan, direncanakan juga akan digelar di kota lainnya seperti Lombok, Jakarta dan Palembang.
(ega/ega)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pilot Ethiopian Airlines Sudah Ikuti Pedoman Boeing Soal MCAS Sebelum Jatuh

Addis Ababa – Pilot pesawat Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Ethiopian Airlines ternyata telah mengikuti pedoman langkah-langkah darurat yang dibuat oleh Boeing, namun gagal mengendalikan pesawat hingga akhirnya jatuh.

Demikian diberitakan media The Wall Street Journal (WSJ) yang mengutip sumber-sumber yang mendapat penjelasan mengenai temuan awal penyelidikan jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines. Pesawat tersebut jatuh tak lama setelah lepas landas pada 10 Maret lalu di Ethiopia dan menewaskan 157 orang. Itu merupakan kecelakaan mematikan kedua yang melibatkan pesawat Boeing 737 MAX 8 dalam waktu kurang dari enam bulan, hingga menyebabkan penghentian sementara penerbangan Boeing 737 MAX secara global.

Usai kecelakaan pertama — pesawat Lion Air yang jatuh di Indonesia pada Oktober 2018 dan menewaskan 189 orang — Boeing mengeluarkan buletin yang mengingatkan para operator tentang pedoman darurat untuk membatalkan sistem anti-stall MCAS yang dikembangkan secara khusus di pesawat jenis MAX.


Menurut laporan WSJ seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (3/4/2019), pilot-pilot Ethiopian Airlines awalnya mencoba mengendalikan pesawat dengan mengikuti prosedur untuk mematikan Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS). Namun upaya itu gagal untuk mendapatkan kembali kendali atas pesawat. Pilot-pilot kemudian menghidupkan kembali sistem MCAS ketika mereka mencoba menemukan cara lain untuk mengendalikan pesawat sebelum akhirnya pesawat jatuh.

Sumber-sumber mengatakan perincian terbaru itu didasarkan pada data yang diunduh dari rekaman kotak hitam pesawat.

Pemerintah Ethiopia mengatakan laporan awal mengenai kecelakaan itu kemungkinan akan dikeluarkan pada minggu ini.

MCAS diyakini menjadi faktor kunci dalam dua kecelakaan Boeing 737 MAX 8. Sistem ini dirancang untuk secara otomatis menurunkan hidung pesawat jika mendeteksi stall atau kehilangan kecepatan udara.

Berdasarkan perekam data penerbangannya, sebelum jatuh, pilot Lion Air 737 MAX juga berjuang untuk mengendalikannya ketika MCAS berulang kali mendorong hidung pesawat ke bawah.

Baik pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines yang sama-sama merupakan model Boeing 737 MAX 8, dilaporkan sempat terbang tinggi dan kemudian terjun dengan cepat, serta kecepatan udara yang berfluktuasi, sebelum jatuh tak lama setelah lepas landas.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kawal Pilpres, Relawan Prabowo di Eropa Ikuti Pelatihan Saksi

London – Saksi anggota dan simpatisan partai yang tergabung di Koalisi Adil Makmur serta relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang tersebar di sejumlah negara di Eropa, Asia, dan Australia mengikuti pembekalan dan pelatihan saksi pemilu di London. Tak hanya dilakukan secara langsung, pembekalan juga dilakukan melalui telekonferensi bagi relawan dan simpatisan yang tinggal di luar London.

“Relawan Prabowo-Sandi yang berada di Inggris hadir secara langsung di London, sementara perwakilan saksi Partai Gerindra dan relawan yang berada di Swiss, Jerman, Belgia, Australia, dan Taiwan mengikuti secara simultan melalui telekonferensi. Ini adalah bagian dari upaya kami agar para relawan siap ketika ditugaskan menjadi saksi dan paham secara teknis pelaksanaan pemungutan suara di lapangan, misalnya yang terkait dengan pencoblosan dan penghitungan kartu suara,” ujar Chichi Gani dikutip dari Antara, Senin (1/4/2019).

Aktivis Partai Berkarya di Inggris itu mengatakan, dalam pelatihan itu ditunjukkan kriteria suara yang sah dan yang tidak sah sesuai dengan peraturan pemilu. Dia pun menyebut para peserta merasa sangat terbantu dengan acara yang digelar bersama Pusat Layanan dan Informasi PKS di Inggris Raya, Partai Gerindra, Partai Berkarya, dan relawan Prabowo-Sandi yang tergabung di Fordisak (Forum Diskusi dan Aksi) dan Rumah Juang Inggris Raya.
“Kami sangat berharap tidak akan ada kecurangan. Dengan bekal dari pelatihan ini, kami ingin para relawan Prabowo-Sandi bisa mengawal suara Prabowo-Sandi,” katanya.

Chichi mengungkapkan, para pembicara dan instruktur berasal dari pengurus atau aktivis yang berpengalaman menjadi saksi pemilu. Antara lain, Hendri Lucky, pengurus PKS Inggris yang menjadi saksi Pemilu 2014 dan 2009 di Inggris dan telah pula mengikuti pembekalan saksi pemilu di Indonesia.

Sementara itu, aktivis Fordisak, Eko Kurniawan, mengatakan pelatihan itu juga sebagai sarana berbagi pengalaman. Sebab, berbagi pengalaman sangat penting bagi yang ingin mengawal suara dan yang menjadi saksi Pemilu 2019.

“Kami juga ingin menggunakan kegiatan pelatihan sebagai medium pendidikan politik warga. Tentunya menjadi harapan kita semua proses pemilu bisa berlangsung secara jujur dan adil,” ujar Eko.

Selain berbagi pengalaman, dibagikan pula buku panduan kawal TPS. Buku panduan kawal TPS tersebut disusun oleh Badan Pemenangan Prabowo-Sandi. Kemudian juga dibagikan buku saku saksi peserta Pemilu 2019 yang dibuat Bawaslu.
(mae/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandi Pilih Ikuti Jokowi Soal Arahan Baju Putih

Jakarta – Seruan untuk memakai baju putih saat datang ke TPS sama-sama disuarakan kubu Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto. Ajakan ini awalnya disampaikan Jokowi pada pendukungnya. Sejurus kemudian, cawapres Sandiaga Uno juga meminta pendukungnya memakai baju putih.

Arahan Jokowi untuk mengenakan baju putih itu disampaikan saat ia berkampanye di GOR Ken Arok, Jalan Mayjen Sungkono, Malang, Jawa Timur, Senin (25/3). Kala itu, Jokowi mengajak pendukungnya datang ke TPS pada 17 April 2019 dengan menggunakan kostum putih.

Jokowi mengatakan kostum putih sudah menjadi ciri khas dirinya bersama sang cawapres, Ma’ruf Amin. Jokowi tidak mau baju putih yang sudah menjadi ciri khasnya sejak awal Pilpres 2019 diklaim orang lain.
“Ajak mereka semuanya ke TPS memakai baju putih, memakai baju putih, karena yang akan dicoblos itu bajunya juga putih. Karena putih adalah kita, kita adalah baju putih,” kata Jokowi.

“Ini nanti (khas baju putih) diambil yang lain. Kita sudah baju putih sejak awal, (malah) dipakai yang lain, enak saja,” imbuh dia.
<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

Ikuti Pemerintah, Pengusaha Siap Gugat Kampanye Hitam Sawit Eropa

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengumpulkan pengusaha sawit di kantornya. Pertemuan tersebut membahas langkah yang akan ditempuh untuk melawan kampanye hitam kelapa sawit yang dilakukan oleh Uni Eropa (UE).

“Untuk memutuskan sesuatu kita berikan saja informasi mengenai perkembangan terakhir mengenai langkah-langkah Eropa,” kata Darmin di kantornya, Senin (25/3/2019).

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) MP Tumanggor menyebutkan pengusaha nasional siap mendukung semua langkah yang akan diambil pemerintah dalam melawan UE.

“Mendukung pemerintah, apapun yang dilakukan pemerintah. Apapun yang dilakukan pemerintah pengusaha siap mendukung dan pengusaha ikut serta bersama pemerintah,” jelas dia.

Seperti diketahui, pemerintah akan menggugat UE melalui organisasi perdagangan dunia atau World Trade Organization (WTO). Namun pemerintah juga mendorong para pengusaha melakukan gugatan bisnis melalui pengadilan setempat.

Senada, Wakil Ketua Umum III Gapki, Togar Sitanggang mengatakan pengusaha akan terus menjalin komunikasi dan berdiskusi dengan pemerintah mengenai sikap atau tindakan yang akan ditempuh.

“Kita akan pertimbangkan semua saran pemerintah. Kita sebagai mitra pemerintah akan terus saling berbicara dan berdiskusi langkah-langkah yang kita ambil,” jelas dia.

Namun demikian, dia menyatakan pengusaha perlu waktu untuk mempelajari lebih jauh sebelum melayangkan gugatan.

Selain itu, menurutnya, gugatan baru bisa dilakukan setelah UE mensahkan European Union’s Delegated Regulation di tingkat parlemen mereka. Jika sudah disahkan, aturan tersebut dapat menjadi payung hukum bagi UE melakukan diskriminasi sawit.

“Begitu mereka sahkan, kita akan melakukan langkah-langkah litigasi terhadap mereka. Ada banyak hal yang kita diminta laksanakan untuk litigasi. Kita akan pelajari semuanya,” tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

7 Waketum PPP Disebut Siap Jadi Plt Ketum, tapi Ikuti Mbah Moen

Bogor – Penunjukan Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum PPP mendapat penolakan dari beberapa kader karena dianggap menyalahi aturan rumah tangga (ART) soal syarat Plt harus diisi waketum PPP.

Sebenarnya, 7 dari 8 Waketum PPP bersedia dan siap mengisi posisi itu. Salah satu pihak yang menyebut para waketum PPP tak bersedia menjabat Plt Ketum ialah Ketua DPP Rudiman. Waketum PPP Amir Uskara menepis anggapan itu.

“Bukan tidak bersedia, bukan posisi tidak bersedia tapi kita sangat menghargai, sangat menghormati fatwa Ketua Majelis Syariah. Waketum tidak bersedia itu kurang tepat karena dari 8 Waketum hampir semua bersedia, hanya 1 yang menyatakan saya tidak bersedia. Ibu Reni menyatakan dia tidak bersedia,” kata Arwani di lokasi Mukernas, Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Rabu (20/3/2019).

Delapan Waketum PPP adalah M Mardiono, Ermalena, Wardatul Asriah, Amir Uskara, Reni Marlinawati, Arwani Thomafi, Fernita Jubahar Amirsyah dan Mansyur Kardi.

Amir menegaskan, para Waketum paham risiko mengenai jabatan mereka dan harus siap ketika mesti menjabat Plt Ketum. Meski demikian, para Waketum ketika itu telah sepakat dalam rapat internal untuk mengikuti fatwa Ketua Majelis Syariah PPP Maimoen Zubair.

“Tapi dalam kesepakatan rapat internal para Waketum kemarin kita sepakat karena ada permintaan dari Mbah Moen Ketua Majelis Syariah, buat kami sebagai pengurus itu adalah fatwa sehingga menyatakan lebih bagus ikuti fatwa,” kata Amir.

“Jadi bersedia, siap, posisi waktu itu ada permintaan dari Ketua Majelis Syariah, dengan segala pertimbangan,” tegas dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PPP Rudiman menolak penunjukan Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum PPP karena menganggap itu melanggar AD/ART partai. Rudiman juga menyebut para Waketum PPP ketika itu tidak bersedia menjabat Plt Ketum.

“Jadi kemarin itu di dalam rapat PH hari Sabtu itu, saya mengatakan apabila di antara para wakil ketua umum itu tidak bersedia untuk menjadi pelaksana tugas, maka saya siap sebagai ketua DPP dan sebagai kader, siap untuk mengambil alih itu dan mengantar sampai Muktamar luar biasa dan untuk mengambil keputusan mengangkat kembali ketua umum,” sebut Rudiman.
(gbr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>