Ikon Kenamaan Amsterdam yang Akan Jadi Kenangan

Amsterdam – Berkunjung ke Belanda, tak sedikit traveler yang berfoto di tulisan besar Amsterdam. Namun, semua itu hanya akan jadi kenangan.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (6/12/2018), kini tulisan besar I Amsterdam yang berlokasi di depan Rijkmuseum telah dipindahkan pada Senin lalu (3/12) seperti diberitakan media Daily Mail.

Diketahui, tulisan ikonik yang senada dengan bunyi slogan marketing Amsterdam tersebut telah berdiri di sana sejak 14 tahun silam. Tak sedikit turis yang berfoto di sana saat berkunjung ke Amsterdam.

Menurut postingan di laman Instagram iamsterdam, ikon tersebut dipindahkan dari depan Rijkmuseum atas permintaan dari pihak Pemerintah Amsterdam. Alasannya karena dianggap terlalu individual.

“Pesan dari I Amsterdam adalah kita sebagai bagian individual dari sebuah kota. Kami ingin menunjukkan sesuatu yang berbeda, keberagaman, toleransi dan solidaritas,” ujar salah satu anggota Pemda Amsterdam, Femke Roosma.

Dengan hilangnya ikon I Amsterdam di depan Rijkmuseum, kini traveler hanya bisa menjumpai ikon serupa di Bandara Schiphol dan sejumlah event-event khusus.

Di tahun 2017 silam, sekitar 21 juta turis berkunjung ke Amsterdam. Di tahun 2025, jumlah turis yang ada diperkirakan meningkat hingga 23 juta wisman.

(rdy/aff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *