Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Siaga III

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara berstatus Siaga III. Tinggi muka air disebutkan 175 cm dengan kondisi MT (mendung tipis).

Dilihat detikcom, Kamis (4/4/2019), informasi itu disampaikan BPBD DKI Jakarta lewat akun Twitter resmi @BPBDJakarta. Status Siaga III di kawasan Pintu Air Pasar Ikan dinyatakan pada Rabu (3/4) pukul 22.00 WIB.

“Kronologis Kenaikan #TinggiMukaAir PA. Pasar Ikan Siaga 3. Rabu, 03 Maret 2019, pukul 22.00 WIB,” cuit BPBD DKI.
Status Siaga III ini merujuk pada tabel batas siaga BPBD DKI. Siaga III Pintu Air Pasar Ikan ada di ketinggian 171-200 cm.
BPBD DKI juga memberikan peringatan dini untuk sejumlah wilayah pesisir Jakarta. Di antaranya Kapuk Muara, Pluit, dan Ancol.

“#PeringatanDiniJKT: Antisipasi wilayah pesisir (Kapuk Muara, Kamal Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru & Kamal),” tulis BPBPD DKI.

(tsa/tsa)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pelindo III Lebarkan Sayap ke Bisnis Migas

Liputan6.com, Jakarta – PT Pelindo III (Persero) melebarkan sayap bisnis dengan memberikan layanan terminal pendukung industri minyak dan gas (migas) dengan menyediakan terminal gas alam cair atau Liqufied Natural Gas (LNG).

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Toto Nugroho mengatakan, setelah mengoperasikan terminal LNG terapung di Pelabuhan Benoa Bali. Kemudian belum lama ini juga bersinergi dengan sesama BUMN, yakni Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk memulai pembangunan terminal LNG di Terminal Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Infrastruktur pelabuhan sangat penting untuk disinergikan untuk melayani kebutuhan logistik energi nasional. Karena pelabuhan merupakan pintu masuk yang dapat berkontribusi untuk menekan cost recovery dari industri migas di Indonesia,” kata Toto, di Jakarta, Rabu (3/4/2019).

Toto menambahkan, kerja sama pengembangan fasilitas pelabuhan untuk mendukung operasional di hulu industri migas potensinya sangat besar, karena banyak lahan konsesi Pelindo III yang berada di waterfront atau berbatasan langsung dengan laut.

Pelindo III bahkan sudah menyiapkan lini usaha khusus, yaitu Pelindo Energi Logistik (PEL), yang akan fokus mengembangkan integrated services shorebase terminal atau terminal pelabuhan dengan sejumlah layanan yang siap mendukung logistik pelaku industri migas. Terminal Gresik di Jawa Timur sudah siap dengan dedicated area untuk memberikan layanan terintegrasi dari kegiatan di laut, seperti kapal sandar, hingga kegiatan di darat, untuk lokasi penyimpanan misalnya,” paparnya.

Melalui konsep integrated services shorebase terminal tersebut, layanan PEL akan di-back up oleh lini usaha Pelindo III Group lainnya. Mulai dari layanan armada kapal offshore, transportasi truk, mooring-unmooring(penambatan), loading-unloading (bongkar muat), penyediaan alat berat, perawatan dan suku cadang peralatan. Termasuk penyediaan tenaga kerja professional operasional, pengamanan, kebersihan, dan transportasi.

Bahkan hingga jasa klinik kesehatan dan catering untuk pekerja di lokasi khusus. Dengan lengkapnya layanan dalam satu kawasan yang terdedikasi untuk kegiatan industri migas yang menuntut standar keselamatan yang tinggi, maka potensi efisiensi yang dicapai cukup besar.

Seri III Srikandi Cup: Penentu ke Babak Play Off

Liputan6.com, Jakarta Seri ke 3 Srikandi Cup musim 2018-2019 akan digelar di GOR Sahabat Semarang tanggal 1 hingga 6 April 2019 nanti. Seri ini akan menjadi kunci penentuan akhir sebelum bergulirnya babak playoffs yang akan di selenggarakan pada tanggal 22 April mendatang di Jogjakarta.

Seri Semarang ini merupakan seri yang sangat penting guna menentukan pembagian pool di babak playoffs yang rencananya akan menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi. Deddy Setiawan, ketua koordinator Srikandi Cup mengibaratkan, GOR Sahabat Semarang akan menjadi “panas” oleh karena persaingan semua tim yang akan mencoba meraih kemenangan demi mengamankan posisi klasemen akhir di babak regular season ini. 

“Sebelumnya, kami keluarga besar Srikandi Cup mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah Sahabat Semarang atas pelaksanaan seri 3 ini. Jika diibaratkan, seri Semarang ini adalah seri “neraka”, oleh karena semua tim akan pasti akan berusaha mencari kemenangan sebanyak mungkin untuk mendapatkan posisi yang lebih baik jelang babak playoffs nanti. Srikandi Cup juga telah bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta untuk penyediaan GOR UII sebagai penyelenggaraan babak playoffs. Sedangkan untuk babak playoffs nanti akan mengunakan sistem setengah kompetisi dan dibagi dalam dua pool yakni Pool A (peringkat 1,2 dan 7) dan Pool B (peringkat 3,4,5,6), Nantinya dua tim teratas akan melaju kebabak semifinal dan juara pool A berhadapan dengan runner up pool B, demikian juga dengan sebaliknya,” keterangan resmi Deddy Setiawan.

Bagi tuan rumah Sahabat Semarang yang saat ini berada diperingkat ketiga klasemen sementara, seri ini akan di jadikan sebagai ajang pembuktian kematangan para pemainnya. Xaverius Wiwid, pelatih Sahabat Semarang bahkan menegaskan bahwa GOR Sahabat dipastikan “tidak akan bersahabat” bagi lawan-lawannya.

“Semua lawan Sahabat Semarang di seri tiga ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Ini memang seri terpanas karena seri terakhir regular season. Saya harap bermain di rumah sendiri anak-anak akan tampil lebih bersemangat dan bukan justru terbebani. Kami akan sekuat tenaga untuk bisa mencuri peringkat kedua. Tapi yang terpenting kami harus fokus bermain dengan baik disetiap pertandingan, “ ujar Xaverius Wiwid saat memberikan keterangan kepada awak media di GOR Sahabat, Minggu (31 Maret 2019).

Jokowi Dinilai Nikmati Letupan Emosi Prabowo di Sesi III

Jakarta – Capres 02 Prabowo Subianto dinilai tampil sangat emosional di sesi debat ketiga. Capres 01 Jokowi dinilai menikmati emosi Prabowo itu.

“Ini titik terendah penampilan Prabowo dari semua sesi debat yang dijalani selama ini,” kata kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019).

Yunarto mengatakan, Prabowo seolah menunjukkan semua mitos soal karakter pribadinya yang selama ini hanya menjadi asumsi-asumsi. Bagi Yunarto, Jokowi tampil temperamental.

“Ketakutan sebagian orang akan karakter temperamental dan impulsif Prabowo seolah ditampilkan. Ketika dia emosional, dia lupa terhadap apa yang diperdebatkan. Saat bicara soal diplomasi, dia masuk lagi ke pertahanan karena emosi dikritik Jokowi soal tidak percaya kepada TNI,” ulas Yunarto.

Bagi Yunarto, penampilan emosional Prabowo akan berdampak elektoral. Dia meyakini penampilan emosional Prabowo akan membuatnya dijauhi swing voters.

“Lemahnya penguasaan mental Prabowo terhadap dirinya sendiri selama ini sering dikritik, sering diasumsikan, kini ditampilkan. Ketika emosi itu terjadi, dia merendahkan dua, latar belakangnya, TNI, yang digeneralisasi tidak bisa dipercaya, dan diplomat yang dinyatakan dibayar untuk baik-baik,” ulas Yunarto.

“Bisa berdampak elektoral terhadap swing voters. Artinya, bisa saja sebagian dari mereka kecewa terhadap kebijakan Jokowi, tapi ada mitos terkait dengan karakter kepemimpinan Prabowo yang agak berbahaya bisa membuat mereka memilih Jokowi,” imbuhnya.

“Kalau menurut saya Jokowi bisa menikmati emosi Prabowo yang muncul sekarang, yang selama ini tidak muncul di skala, bahkan dari 2014 sekalipun,” pungkas Yunarto soal sesi III.
(tor/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pemilihan Calon Hakim MK di Komisi III DPR Hari Ini Kemungkinan Voting

Liputan6.com, Jakarta – Komisi III DPR segera mengumumkan calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang terpilih setelah melalui proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test 6-7 Februari lalu. Pengumuman itu akan dilakukan hari ini, Selasa (12/3/2019).

“Kami Komisi III DPR sudah menerima masukan dari empat ahli terkait dengan nama-nama dari 11 yang mendaftar untuk calon Hakim MK di kamar DPR,” kata Wakil Ketua Komisi III Erma Ranik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Erma belum bisa memastikan terkait bagaimana mekanisme pengambilan keputusan calon hakim ini. Namun, kemungkinan besar pengambilan keputusan akan dilakukan secara voting.

“Saya belum tahu, yang jelas apakah mau voting atau mau musyawarah. Tapi bedasarkan kesepakatan dan tata tertib pertama harus musyawarah dulu, enggak selesai musyawarah baru kita voting,” ungkap dia.

“Mudah-mudahan selesai di musyawarah. Saya juga kurang tahu, tapi kayaknya mungkin voting karena ini debatnya terlalu panjang,” sambung Erma.

Politikus Partai Demokrat ini menegaskan, keputusan akhir nantinya akan berada di tangan masing-masing fraksi. Dia yakin setiap fraksi sudah memiliki pemikiran yang sama untuk memilih Hakim Konstitusi berintegritas dan konsisten.

“Tapi benang merahnya kami sudah ketemu, kami ingin dapat hakim Mahkamah Konstitusi yang berintegritas tinggi kami ingin dapat yang punya pengetahuan konstitusi yang bagus dan juga konsistensi berpikir yang bagus karena mereka ini adalah orang-orang yang menjaga konstitusi kita,” ucapnya.

Jika Perang Dunia III Terjadi, Ini 10 Lokasi Paling Aman Untuk Bersembunyi?

Liputan6.com, Jakarta – Perang Dunia III adalah kekhawatiran banyak orang yang ada di muka bumi. Sebab ada sejumlah negara di dunia yang bersitegang. Menyimpan sejata nuklir yang ditakutkan akan menghancurkan dunia.

Menurut blog Invest With Alex, AS pada khususnya adalah negara yang kemungkinan akan terkena serangan nuklir, demikian dikutip dari laman express.co.uk, Kamis (7/3/2019).

Blog tersebut menyatakan: “Jika Anda tinggal di negara yang akan menghadapi serangan paling berat, seharusnya Anda mempertimbangkan untuk memindahkan keluarga dan orang terdekat ke lokasi yang jauh lebih aman.”

Kanada adalah salah satu negara teraman jika Perang Dunia III menduduki peringkat 10 besar negara paling damai di dunia.

Negara-negara Nordik termasuk Denmark dan Norwegia juga dianggap lebih aman daripada negara-negara lain untuk bersembunyi.

Slovenia juga secara mengejutkan masuk kategori aman. Sebab, negara ini mengandalkan tenaga surya yang akan memungkinkannya untuk mempertahankan diri dalam hal sumber daya.

Negara mana saja yang diklaim aman sebagai tempat persembunyian kala Perang Dunia III pecah? Berikut ini urutannya:

1. Islandia

2. Selandia Baru

3. Australia

4. Portugal

5. Denmark

6. Kanada

7. Republik Ceko

8. Singapura

9. Jepang

10. Irlandia


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Lokasi Potensi Perang Dunia

Laut China Selatan telah lama menjadi wilayah perebutan antara Amerika Serikat dan China. Untuk saat ini, konflik itu terjadi karena adanya sanksi perdagangan yang dijatuhkan AS terhadap China.

Sebagai bentuk pembalasan, Tiongkok pun tak segan berlaku ‘kasar’ terhadap perusahaan-perusahaan AS yang bermarkas di Negeri Tirai Bambu.

Sampai sekarang, baik AS dan China, kedua negara ini masih akrab dengan perang dagang dan perselisihan yang sedang berlangsung di Laut China Selatan.

Jika RRC (Republik Rakyat China) dan AS menyimpulkan bahwa hubungan perdagangan mereka berada pada risiko yang substansial, dan juga menyimpulkan bahwa konflik lebih lanjut tidak dapat dihindari, maka salah satu dari mereka mungkin memutuskan untuk “menabuh genderang perang” di Laut China Sealatan.

Gelar Fashion Show, Menaker Hanif Ingin Populerkan Kain Sarung

Liputan6.com, Jakarta Suasana kantor Kementerian Ketenagakerjaan pada Jum’at (1/3/2091) pagi, tak seperti biasanya. Perayaan Hari Sarung Nasional yang bertema ” Sarung is My New Denim” berlangsung dengan meriah.

Menaker M Hanif Dhakiri, pejabat eselon I, II dan III Kemnaker secara bergiliran berlenggak-lenggok di halaman kantor Kemnaker dengan mengenakan kain sarung/kain khas Nusantara di atas karpet merah yang digelar

Disaksikan ratusan pegawai Kemnaker yang juga mengenakan kain sarung dan berdiri di sisi karpet merah, Hanif Dhakiri, Sekjen Khairul Anwar, Dirjen PHI Jamsos Haiyani Rumondang, Dirjen Pengawasan K3 Sugeng Priyanto, Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono secara bergiliran bagaikan peragawan/peragawati bergaya berjalan di atas catwalk.

Dalam sambutannya, Menteri Hanif mengatakan pihaknya ingin mempopulerkan kain sarung sebagai salah satu busana nasional Indonesia. Semakin populer dan dikenalnya sarung serta diminatinya sarung oleh generasi milenial, maka akan menimbulkan dampak ekonomi dan lapangan kerja akan luar biasa.

“Hari ini kita sarungan bersama dalam acara bertema Sarung is My New Denim. Selama ini Denim identik dengan jeans. Hari ini kita berbagai macam ragam dari jenis kain. Indonesia kaya betul dengan berbagai macam kain sarung, berbagai macem jenis dan bentuk. Ini jadi potensi ekonomi dan budaya,” ujarnya.

Hanif menambahkan sejarah sarung sangat panjang. Tapi sekilas, sarung sejak dulu digunakan oleh kaum nasionalis dan santri. Tapi lambat-laun, hanya kaum santri saja yang mengenakan sarung dan tiba-tiba sarung dianggap kampungan atau Ndeso.

“Sarungan bukan ndeso atau kampungan. Sarungan itu keren. Kita harus keluarkan sarung dari citra negatif dan dianggap hanya mewakili kelompok tertentu. Sarungan ini untuk semua orang karena sarungan bagian dari budaya nasional,” ujarnya.

Menaker Hanif juga mengajak pegawai Kemnaker untuk mengenakan sarung setiap hari Jum’at. “Monggo di Kemnaker, tiap hari Jum’at pakai sarung, itu tak masalah. Saya tidak akan mewajibkan untuk bersarung tapi kalau hari Jum’at pakai sarung, kita kasih jempol,” kata Hanif seraya memperagakan jari jempolnya ke hadapan pegawai Kemnaker dan disambut applaus.

Hanif menjelaskan sarung bisa digunakan untuk berbagai macam jenis aktivitas. Misalnya untuk ibadah sholat dan aktivitas lain.

“Tapi intinya, kita ingin sarung ini kembali populer menjadi budaya nasional dan membantu penciptaan lapangan kerja di bidang produksi sarung. Mari kita harus bangga dengan jatidiri Indonesia,” katanya.


(*)

4 Kebijakan Anies Usai Ditinggal Sandi hingga yang Menuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta – Memimpin Jakarta sendirian, itulah yang dilakukan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI sepeninggal Sandiaga Uno yang memilih mendampingi Prabowo sebagai cawapresnya di Pilpres 2019.

Kurang lebih 7 bulan sudah, terhitung dari Agustus 2018, Anies menata Ibu Kota tanpa seorang wakil gubernur. Satu harapannya untuk sosok yang akan menemaninya memimpin DKI Jakarta, kerja keras dan all out.

“Kemudian kalau (di) Jakarta harus mau kerja keras, jadi jangan tanggung. Harus all out, tuntas,” kata Anies.

Sempat diwarnai tarik ulur antara Gerindra dan PKS selaku partai pengusung, kini dua nama telah dipastikan akan memperebutkan posisi orang nomor 2 di DKI Jakarta sebagai pendamping Anies Baswdean. Mereka adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaiku. Fit and proper test juga sudah dilakukan.

Sejak ditinggal Sandi sejak Agustus 2018, tak sedikit kebijakan penting telah diwujudkan untuk mengubah wajah Jakarta oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Tidak hanya perubahan drastis dari sisi pembangunan di perkotaan maupun birokrasi, kebijakannya dengan merotasi ribuan pejabat di lingkungan Pemprov DKI belakangan ini masih jadi sorotan. Bahkan ada yang menilainya kebijakan tersebut berbau politis.

Berikut sejumlah kebijakan Anies Baswedan selama memimpin Jakarta sendiran dalam hal menata Ibu Kota sekaligus yang tuai kritikan:

2 dari 6 halaman

1. Rotasi Ribuan Pejabat DKI

Tercatat ada sekitar 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI yang dirotasi, Senin, 25 Februari kemarin di halaman Balai Kota. Terdiri dari 15 pimpinan tinggi pratama atau eselon II (setingkat kepala dinas), 274 administrator atau eselon III (setingkat camat) dan 836 pengawas atau eselon IV (setingkat lurah).

Banyak pihak yang menilai kebijakan tersebut sangat kental aroma politis. Salah satunya diungkap oleh Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi.

Pras menduga pencopotan pejabat DKI yang dilakukan Anies karena faktor like and dislike.

“Ini aneh ini buat saya dan tempat-tempat itu kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetio di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa, 26 Februari 2019.

Perombakan jabatan di level kepala dinas memang menjadi hak diskresi gubernur. Namun, lanjut Pras, pencopotan pejabat eselon III seperti camat dan eselon IV dinilai tidak bijak.

Terkait tudingan tersebut, Anies pun angkat bicara. Di sisi lain Anies mengatakan, dirinya tak bisa melarang siapapun untuk mengemukakan pendapat. Namun, perihal rotasi serta mutasi yang dilakukannya terhadap jajarannya didasarkan atas evaluasi kinerja, bukan personal.

“Ini adalah semua soal kinerja selama satu setengah tahun ini. Dan imajinasi orang boleh-boleh saja ya,” ungkap Anies Baswedan.

3 dari 6 halaman

2. Copot Pejabat DKI Terlibat Jual Beli Jabatan

Selain rotasi jabatan, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi ini belum lama ini menyatakan akan mencopot pejabat Pemprov DKI Jakarta bila terbukti terlibat dalam jual beli jabatan lurah dan camat.

Dia menyebut itu bentuk penyuapan jika pejabat memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan kedudukan.

“Kalau dia tidak lapor dan kemudian hari ketahuan, langsung saya copot. Karena berarti itu penyuapan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

Akan tetapi, Anies menyebut itu pemerasan bila terdapat pejabat dipaksa untuk memberikan kepada oknum ketika proses rotasi.

4 dari 6 halaman

3. Serahkan 500 Sertifikat Tanah

Bertempat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 500 sertifat tanah kepada warga Cipayung dan Makasar. Penyerahan sertifikat berdasarkan arahan dari program pemerintah pusat.

Selain itu, lanjut Anies, sertifikat tersebut merupakan bentuk kepastian hukum, sehingga tidak mudah untuk diakui oleh pihak lain.

“Jangan sampai Bapak Ibu terima sertifikat, habis itu ada yang datang dengan iming-iming, malah langsung dijual. Malah langsung laku, langsung gak punya tanah lagi nanti,” kata Anies Baswedan, Kamis (18/2/2019).

5 dari 6 halaman

4. Resmikan 3 JPO Senilai Rp 53 M

JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan, dua jembatan yang kini telah direvitalisasi oleh Anies Baswesdan. Selain untk menghadirkan fasilitas untuk masyarakat, Anies menyebut JPO dapat menjadi salah satu ikon Ibu Kota.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, JPO Bundaran Senanya, JPO GBK dan JPO Polda Metro secara resmi dibuka,” ucap Anies di Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Tak seperti JPO pada umumnya, dua jembatan yang baru saja diresmikan ini memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya memiliki lampu LED dan lampu sorot warna warni RGB, CCTV 24 jam, tong sampah, dan disertai lift yang ramah wanita hamil dan penyandang disabilitas.

“Saya selalu menggarisbawahi (JPO) dirancang untuk bisa ramah bagi disabilitas. Kesataraan fasilitas bagi semua warga ibu kota, kususnya penyandang disabilitas,” ujar dia.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

BMKG: Gempa Solok Selatan Dipicu Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis 28 Februari 2019. Hasil pemutakhiran parameter menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa Solok Selatan ini, merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

“Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatera tepatnya dari Segmen Suliti,” jelas Daryono kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

“Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut-tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault),” ujar dia.

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini.

“Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti tidak banyak, tetapi pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak dalam catatan sejarah pernah terjadi 2 kali gempa dahsyat, yaitu Gempa Kerinci 1909 (M=7,6) dan 1995 (M=7,0),” ucap Daryono.

2 dari 2 halaman

Sejarah Gempa 1909

Salah satu peristiwa gempa dahsyat di Perbatasan Sumatera Barat, Bangkulu, dan Jambi adalah gempa merusak yang terjadi pada 4 Juni 1909, sekitar 7 tahun setelah wilayah ini diduduki Hindia-Belanda.

“Gempa tektonik yang dipicu akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya di segmen Siulak ini berkekuatan M=7,6. Gempa ini menjadi gempa darat paling kuat yang mengawali abad ke-20 di Hindia-Belanda. Peristiwa gempa dahsyat ini banyak ditulis dan diberitakan dalam berbagai surat kabar Pemerintah Hindia Belanda saat itu,” terang Daryono.

Jumlah korban jiwa meninggal akibat gempa Kerinci saat itu sangat banyak mencapai lebih dari 230 orang. Sementara korban luka ringan dan berat dilaporkan juga sangat banyak.

“Sejarah gempa dahsyat yang melanda Kerinci tahun 1909 kemudian terulang kembali pada tahun 1995. Gempa Kerinci 1995 berkekuatan M 7,0 terjadi terjadi pada 7 Oktober 1995 yang mengakibatkan kerusakan parah di Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci,” kata Daryono.

Gempa ini menyebabkan 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Untuk itu, ia menilai ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan termasuk catatan gempa Kerinci 1909 dan 1995. Bahwa, keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai.

“Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk,” ucap Daryono.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Anies Baswedan Akan Copot Pejabat DKI yang Terlibat Jual Beli Jabatan

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mencopot pejabat Pemprov DKI Jakarta bila terbukti terlibat dalam jual beli jabatan lurah dan camat.

Sebab, dia menyebut itu bentuk penyuapan jika pejabat memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan kedudukan.

“Kalau dia tidak lapor dan kemudian hari ketahuan, langsung saya copot. Karena berarti itu penyuapan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

Akan tetapi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut ada pemerasan bila terdapat pejabat dipaksa untuk memberikan kepada oknum ketika proses rotasi.

Karena hal itu, Anies meninta pejabat tersebut melaporkannya, sehingga dapat diusut tuntas.

“Kalau dia lapor, berarti dia korban pemerasan. Kalau korban pemerasan, maka kita akan usut,” jelas Anies Baswedan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah memastikan tidak ada jual beli jabatan di Pemprov DKI. Sebab, Saefullah merupakan Ketua Badan Pertimbangan Jabatan (Baperjab) yang memproses pengangkatan, mutasi ataupun demosi pejabat DKI.

“Saya jamin sama sekali tidak ada permainan uang,” kata Saefullah di Senayan, Jakarta Pusat.

2 dari 3 halaman

Tarif untuk Rombak Jabatan

Sebelumnya, penasihat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengaku pihaknya menerima keluhan adanya tarif untuk perombakan jabatan lurah dan camat di Pemprov DKI Jakarta.

Rotasi 1.125 pejabat eselon II, III dan IV Pemprov DKI dilaksanakan di lapangan Balai Kota, Jakarta Pusat pada Senin, 25 Februari 2019.

“Info di bawah begitu, banyak keluhan dari lurah (soal tarif),” kata Hasbiallah saat dihubungi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: